Contoh Visi Misi dan Program Kerja Calon Kepala Desa
Contoh Visi Misi dan Program Kerja Calon Kepala Desa

Contoh Visi Misi dan Program Kerja Calon Kepala Desa

Sedesa.id Sahabat sedesa, pada tahun 2019, sebagian besar masyarakat Desa kembali akan memilih pemimpinnya untuk menjadi Kepala Desa lima tahun mendatang. Karenanya perlu untuk melihat Contoh Visi Misi dan Program Kerja Calon Kepala Desa yang akan mereka pilih nantinya.

Dalam pelaksanaannya, beberapa daerah akan diadakan pada bulak Oktober dan November 2019. Sebelumnya, di tahun yang sama, desa-desa di Indonesia juga sudah ada yang lebih dahulu mengadakan pemilihan kepala desa secara serentak di awal tahun.

Menjadi menarik, bahwa pemilihan kepada desa pun kini dilakukan secara serentak di tiap kabupaten. Hal ini tentu tidak lepas dari kebijakan yang ada di pusat dan daerah. Seperti kita ketahui bersama, kepala desa sebagai pengampu kebijakan dan pemimpin di skala desa memegang peranan paling penting bagi masyarakat desa. Kepala desa langsung bersinggungan dengan masyarakat, sehingga apa yang akan dikerjakan, sebagai arah dan tujuan desa perlu adanya sinergi antara warga desa dan pemerintah desa dalam hal ini kepala desa.

Oleh sebab itu, dalam suka cita gegap gempita pemilihan kepala desa serentak, jangan sampai salah memilih calon kepala desa. Kita harus paham betul apa yang menjadi visi dan misi dari calon kepala desa. Mengapa ini penting? karena melalui visi dan misi yang ditawarkan kita bakal mengetahui arah dan tujuan desa kita dalam periode enam tahun mendatang.

Maka, bagi Anda yang akan mencalonkan diri sebagai kepala desa, juga berlaku bagi Anda warga desa kiranya perlu memahami contoh-contoh visi misi calon kepala desa. Hal ini sebagai gambaran saja, sebagai contoh visi misi kepala desa, bukan visi misi sebenarnya, karena visi dan misi tentu menyesuaikan dan dibuat berdasarkan arah serta tujuan calon kepala desa berdasarkan cita-cita yang ingin dilakukan untuk desa.

Maka dalam pembahasan kali ini, tim Sedesa.id hanya memberikan contoh visi misi kelapa desa atau calon kepala desa, sebagai gambaran. Sehingga jangan disalahartikan atau ditiru persis seperti yang akan kami uraikan tentang visi dan misi calon kepala desa.

Visi dan Misi

Visi adalah suatu pandangan ke depan tentang arah, target, cita-cita, tujuan pada suatu lembaga, perusahaan, organisasi dan lain-lain, lebih sederhananya visi dapat di artikan sebagai suatu tujuan perusahaan, organisasi atau lembaga, mengenai apa yang harus dilakukan untuk mencapai tujuannya di masa yang akan datang atau masa depan.

Misi adalah suatu pernyataan tentang apa yang harus dikerjakan oleh perusahaan, organisasi atau lembaga sebagai upaya untuk mewujudkan Visi. Misi dapat di artikan sebagai tujuan dan alasan mengapa perusahaan, organisasi atau lembaga itu dibuat. Misi akan memberikan arah sekaligus batasan-batasan dalam proses pencapaian tujuan.

Apa itu Visi Calon Kepala Desa?

Kita telah mengetahui pengertian visi dan misi secara umum. Lantas apa itu visi calon kepala desa? Visi Calon Kepala Desa adalah suatu gambaran atas cita-cita atau impian dari Calon Kepala Desa yang akan dicapai selama menjabat atau menjadi Kepala Desa yaitu dalam jangka waktu 6 (enam) tahun periode masa jabatan.

Pengertian Visi Calon Kepala Desa dalam Permendagri 112 Tahun 2014 (Pasal 28 Ayat 2) adalah “Keinginan yang ingin diwujudkan dalam jangka waktu masa jabatan Kepala Desa”.

Permendagri 112 Tahun 2014 (Pasal 28 Ayat 2)

Sehingga ketika calon kepala desa ini nantinya terpilih menjadi Kepala Desa, sudah memiliki gambaran yang jelas mengenai cita-cita dan tujuan dalam masa menjabat, tanpa perlu bingung lagi, sehingga jalannya pemerintahan dapat berjalan lancar dan sesuai dengan harapan masyarakat.

Apa itu Misi Calon Kepala Desa?

Seperti telah disebutkan sebelumnya, secara umum misi ada karena telah adanya Visi. Misi sebagai strategi atau cara dan proses dalam mencapai visi. Misi Calon Kepala Desa adalah suatu cara atau strategi yang akan dilakukan untuk mendukung pencapaian Visi Calon Kepala Desa.

Pengertian Misi Calon Kepala Desa menurut Permendagri Nomor 112 Tahun 2014 (Pasal 28 Ayat 3) adalah “berisi program yang akan dilaksanakan dalam rangka mewujudkan visi”.

Maka dapat diartikan, Misi Calon Kepala Desa adalah suatu konsep perencanaan, strategi dan disertai tindakan atau program yang akan dilaksanakan untuk menjabarkan atau mewujudkan visi Calon Kepala Desa.

Bagaimana Cara Membuat Visi dan Misi Calon Kepala Desa? – Contoh Visi Misi Calon Kepala Desa

Dalam pembahasan di bawah ini, kita bersama akan belajar bagaimana cara membuat visi dan misi calon kepala desa, seperti sudah kami sebutkan dan jelaskan sebelumnya, ini hanya sebagai gambaran cara membuat visi dan misi calon kepala desa, hanya sebagai contoh visi dan misi kepala desa, sehingga jangan copy paste dan dijadikan visi misi bagi Anda yang akan mencalonkan diri sebagai kepala desa.

Karena seperti telah kita bahas, bahwa visi dan misi adalah cita-cita atau tujuan dan cara mencapai tujuan. Maka tentu saja, visi dan misi Anda akan disesuaikan dengan tujuan Anda, dan tujuan desa Anda serta strategi atau cara yang akan Anda lakukan bersama warga desa dan pemerintah desa dalam periode kepemimpinan Anda sebagai kepala desa nantinya.

Cara Membuat Visi Calon Kepala Desa

Dalam proses membuat visi dan misi bagi kepala desa, setidaknya harus mengacu pada beberapa hal dan langkah-langkah yang akan kita bahas di bawah ini. Untuk seorang Calon Kepala Desa, Anda harus mempertimbangkan beberapa hal dalam membuat sebuah pernyataan visi, di antaranya:

  1. Hindari plagiasi (copy paste) visi Calon Kepala Desa yang lain (sebagai gantinya, Anda bisa mengembangkan (inovasi) dan berkreasi berdasarkan info-info yang Anda dapatkan. Dan dari situ, Anda bisa melahirkan visi yang terbaik dan baru sesuai dengan kepribadian Anda, Desa yang bakal Anda pimpin, serta tupoksi dari seorang Kepala Desa)
  2. Apa yang perlu diubah dari Desa Anda? (masalah umum yang terjadi dan yang Anda anggap perlu diubah)
  3. Apa yang perlu dipertahankan dari Desa Anda? (potensi/sumber daya yang ada dan yang Anda anggap perlu dipertahankan) Kenapa masalah itu harus diatasi atau diubah? Kenapa potensi/sumber daya itu harus dipertahankan? Potensi dan aset apa yang dimiliki oleh Anda dan Desa Anda?
  4. Apa Filosofi dan Sejarah dari Desa Anda? (Jas Merah : jangan sesekali melupakan sejarah, Kata Bung Karno)
  5. Bagaimana gambaran sukses dari Pemerintah Desa yang ingin Anda wujudkan?

Cara Membuat Misi Calon Kepala Desa

  • Setelah membuat visi, maka selanjutnya adalah membuat misi, sebagai jalan atau cara mencapai visi. Untuk seorang Calon Kepala Desa, Anda harus mempertimbangkan beberapa hal dalam membuat sebuah pernyataan misi, diantaranya:
  • Hindari plagiasi/copy paste misi Jangan sampai misi Anda adalah hasil plagiat.
  • Pastikan Pernyataan misi Anda jelas dan sederhana (simpel)
  • Jangan menggunakan kata-kata yang rumit
  • Harus mudah untuk dijelaskan kepada orang lain
  • Dapat memperkenalkan diri Anda
  • Tidak membingungkan dan tidak menyimpang dari pernyataan visi

Perlu diingat bahwa: “Dalam perumusan misi, upayakan misi yang dibuat tersebut, selain harus sesuai dengan visi. Juga dapat disinkronkan atau dimanifestasikan ke dalam program kerja unggulan/program kerja prioritas sesuai klasifikasi bidang program pemerintahan desa, yakni bidang penyelenggaraan pemerintahan desa, pelaksanaan pembangunan desa, pembinaan kemasyarakatan desa, dan pemberdayaan masyarakat desa dengan mempertimbangkan rasionalisasi potensi sumber-sumber penerimaan anggaran desa, serta berkorelasi dengan visi misi Bupati atau program kerja daerah.”

Contoh Visi dan Misi Calon Kepala Desa

Di bawah ini adalah contoh visi dan misi dari calon kepala desa, penggunaan nama Desa Mandiri sebagai contoh saja, jika ada kesamaan nama bukan berarti ini adalah visi dan misi dari nama desa tersebut. Berikut adalah contoh visi dan misi calon kepala desa;

Contoh Visi dan Misi Calon Kepala Desa Periode 2019-2025
Visi “Mewujudkan DESA MANDIRI Sebagai Kawasan Agribisnis dan Mina Bahari Pedesaan Berbasis Teknologi Ramah Lingkungan”

Misi

  1. Menciptakan penataan desa yang berkualitas melalui program tata ruang desa berbasis produktivitas ekonomi
  2. Meningkatkan mutu layanan kesehatan di desa melalui program gerakan desa sehat
  3. Meningkatkan kesadaran hukum masyarakat melalui program masyarakat sadar hukum
  4. Meningkatkan kualitas pendidikan baik formal maupun non formal melalui program gerakan kampung cerdas
  5. Meningkatkan hasil produksi perikanan dan peternakan masyarakat melalui program gerakan mandiri pangan
  6. Meningkatkan ketersediaan sarana dan prasarana umum yang aman dan nyaman melalui program peningkatan sarana prasarana umum berbasis teknologi ramah lingkungan
  7. Meningkatkan pelayanan publik dan keterbukaan informasi melalui program internet desa

Contoh Visi dan Misi Calon Kepala Desa Periode 2020-2026
Visi “Mewujudkan DESA MANDIRI Sebagai Kawasan Ekonomi Kreatif Terintegrasi Kawasan Wisata Bahari, Menuju Desa Sejahtera, Religius, Mandiri dan Berbudaya”

Misi:

  1. Menggenjot potensi wisata bahari di DESA MANDIRI melalui program desa wisata
  2. Mengembangkan ketersediaan fasilitas penunjang desa wisata melalui program peningkatan sarana prasarana destinasi pariwisata bahari
  3. Meningkatkan produktivitas ekonomi masyarakat melalui program peningkatan pengetahuan dan produktivitas keterampilan masyarakat
  4. Mewujudkan sistem usaha mandiri melalui program pengembangan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes)
  5. Menanamkan nilai-nilai religius dan kearifan lokal melalui program pengembangan nilai-nilai spiritual dan adat istiadat.
  6. Menjaga kelestarian terumbu karang dan biota laut di Desa melalui program gerakan masyarakat cinta laut

Visi dan Misi saja Tidak Cukup?

Jika Anda akan mencalonkan diri sebagai kepala desa, maka visi dan misi saja tidaklah cukup. Seperti di atas telah kita sebutkan dan pelajari bersama apa itu visi dan misi secara umum, kemudian apa itu visi dan misi calon kepala desa. Kita juga telah membuat contoh visi dan misi calon kepala desa.

Akan tetapi, bagi calon kepala desa dan tim pemenangan, kiranya tidak cukup hanya berbekal visi dan misi saja. Lebih lanjut harus bisa menjabarkan visi dan misi ke dalam satu dokumen yang akan menjadi petunjuk nanti dalam menjalankan pemerintahan ketika terpilih sebagai kepala desa.

Sehingga selain visi dan misi, perlu adanya dokumen program kerja, dan sasaran yang ingin dicapai dari masing-masing bidang kerja. Kenapa demikian, karena hal ini adalah penjabaran atau penerjemahan dari visi dan misi. Sehingga sudah detail dan jelas.

Contoh Visi dan Misi serta Program kerja dan Sasaran yang Ingin Dicapai

VISI DAN MISI
VISI: Gotong Royong Membangun DESA MANDIRI Yang Jujur, Adil, Sejahtera, Berbudaya Dan Berakhlak Mulia.

MISI

  1. Mewujudkan pemerintahan desa yang jujur dan berwibawa dengan pengambilan keputusan yang cepat dan tepat.
  2. Mengedepankan kejujuran dan musyawarah mufakat dalam kehidupan sehari-hari baik dengan pemerintahan maupun dengan masyarakat desa.
  3. Meningkatkan profesionalitas dan mengaktifkan seluruh perangkat desa.
  4. Mewujudkan sarana dan prasarana desa yang memadai.
  5. Mewujudkan perekonomian dan kesejahteraan warga desa.
  6. Meningkatkan pelayanan kesehatan masyarakat desa yang maksimal.
  7. Meningkatkan kehidupan desa secara dinamis dalam segi keagamaan dan kebudayaan

PROGRAM KERJA – Contoh Visi Misi Calon Kepala Desa dan Program Kerja Calon Kepala Desa

A. BIDANG PEMERINTAHAN
Pemerintahan Desa merupakan unit terkecil dari pemerintahan nasional, di mana permasalahan dimulai dari desa. Untuk itulah Pemerintahan desa harus jujur, profesional, amanah, ramah dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat serta cepat dan tegas dalam mengambil keputusan. Untuk menciptakan pemerintahan yang baik seperti di atas, perlu dilakukan beberapa hal;

  1. Pembenahan Aparatur Pemerintahan Desa
    Aparatur pemerintahan DESA MANDIRI perlu dioptimalkan kinerjanya agar masing-masing bidang dapat berfungsi dengan baik dan melaksanakan tugas sesuai tupoksi masing-masing, sehingga tidak terjadi tumpang tindih tugas. Dengan demikian diharapkan Aparatur Desa akan mendapat kepercayaan dari masyarakat.
  2. Transparansi Keuangan
    Untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat kepada kepala desa dan aparatur desa, segala keuangan harus transparan atau terbuka. Transparansi keuangan yang dimaksud adalah di mana masyarakat harus mengetahui sumber-sumber keuangan yang di dapat dengan pengalokasiannya minimal satu kali dalam setahun atas musyawarah masyarakat desa, serta membuat laporan kepada BPD.
  3. Sinergisitas dengan BPD
    Badan Permusyawaratan Desa (BPD) yang anggotanya merupakan tokoh/wakil masyarakat dan sebagai mitra sejajar Kepala Desa serta penampung aspirasi masyarakat harus diajak musyawarah terutama menyangkut masalah-masalah strategis terhadap pembangunan di desa. Selain itu BPD juga diminta pendapat sesuai dengan tugas dan fungsinya.
  4. Peningkatan Pelayanan Publik
    Pelayanan terhadap masyarakat perlu ditingkatkan sehingga masyarakat dengan mudah mendapat pelayanan sesuai dengan kebutuhan dengan tidak membeda bedakan status dalam masyarakat. Sepanjang pelayanan yang dibutuhkan masyarakat tidak bertentangan dengan norma-norma dan hukum yang berlaku.

B. BIDANG PEMBANGUNAN
Pembangunan pada hakikatnya adalah mengadakan perubahan terhadap sesuatu dari yang tidak/kurang baik, menjadi baik, dari yang tidak bermanfaat menjadi manfaat, dan dari yang rusak menjadi bagus. Prioritas utama yang harus dilakukan oleh kepala desa dalam pembangunan desa adalah;

  1. Pembangunan akhlak
    Pembangunan akhlak diarahkan untuk menjadi manusia yang berakhlak karimah. Sarananya adalah pengajian-pengajian, majelis taklim, serta kegiatan-kegiatan positif seperti mengadakan pembinaan bersholawat bersama. Hal ini perlu mendapat perhatian serius terutama generasi muda untuk menghadapi tantangan jaman yang semakin modern.
  2. Pembangunan fisik
    a. Pembangunan sarana transportasi
    Pembangunan sarana transportasi diarahkan untuk menjaga perekonomian masyarakat yaitu dengan pengaspalan jalan pokok dan jalan lintas persawahan.
    b. Pembangunan sarana pendidikan non formal
    Memberikan kepedulian penuh dengan menambah insentif bagi guru TPA dan TPQ
    c. Pembangunan bidang olahraga
    Memberikan pembinaan bagi keolahragaan di desa dengan cara memberikan aset permodalan untuk bisa dikelola oleh karang taruna desa, sehingga pengembangan potensi pada cabang-cabang olahraga dapat berjalan secara optimal.

C. BIDANG PERTANIAN
Sebagian besar penduduk DESA MANDIRI adalah hidup dari hasil pertanian, sehingga perlu perhatian khusus terhadap apa yang menjadi kendala para petani di desa, seperti sulitnya mendapatkan pupuk bersubsidi, dengan demikian desa akan hadir memberikan peningkatan permodalan melalui BUMDES dan unit koperasi. Sehingga diharapkan nantinya dapat meningkatkan kesejahteraan para petani desa.

D. BIDANG SOSIAL DAN KEMASYARAKATAN
Meliputi;
1. Mengoptimalkan kinerja RT dan RW
2. Pembinaan PKK
3. Memfungsikan BUMDes

SASARAN YANG INGIN DICAPAI

A. BIDANG PEMERINTAHAN
1. Pemerintah Desa menjalankan tugas dengan penuh tanggung jawab, transparan dan amanah.
2. Pelayanan kepada masyarakat cepat, mudah dan ramah
3. Tumbuhnya kepercayaan masyarakat kepada pemerintahan desa baik dalam bidang pelayanan maupun bidang keuangan.

B. BIDANG PEMBANGUNAN
1. Terbentuknya masyarakat yang berakhlak mulia
2. Tersedianya sarana transportasi yang baik, pendidikan TPA dan TPQ lebih maju dengan kedinamisan.
3. Terwujudnya persatuan olahraga desa di bawah kepemimpinan karang taruna desa dengan berbagai cabang olahraga seperti sepak bola dan bola voli dengan sistem keuangan yang baik.

C. BIDANG PERTANIAN
1. Berfungsinya kelompok tani
2. Terwujudnya kelompok tani dengan permodalan yang baik melalui koperasi.

D. BIDANG SOSIAL DAN KEMASYARAKATAN
1. Terwujudnya profesional kinerja RT dan RW
2. Berfungsinya PKK sebagai wadah bagi pembinaan kepada ibu-ibu untuk berkarya.
3. Terbentuknya BUMDes yang transparan.

Kesimpulan Pembahasan

Dengan adanya Visi dan Misi yang lengkap beserta program kerja dan sasaran yang ingin dicapai. Maka calon kepala desa benar-benar telah memahami dan tahu persis apa yang akan dikerjakan dalam periode kepemimpinannya jika terpilih nanti. Tidak dapat dipungkiri bahwa dalam kontestasi pemilihan kepala desa kita sebagai warga pemilih masih belum sadar betul bahwa kita harus memahami calon pemimpin kita.

Salah satu cara memahami adalah dengan melihat kesiapan dari visi dan misi serta program kerja serta sasaran yang ingin dicapai ketika terpilih nanti. Dokumen ini juga menjadi bukti kesiapan, dan menjadi pegangan bagi masyarakat ketika akan menagih janji dari kepala desa. Ketika ada program yang tidak jalan atau tidak sesuai, maka dokumen ini menjadi panduan dalam mempertanyakan kepada pemerintah desa dalam hal ini kepala desa.

File contoh Visi dan Misi lengkap program kerja dan sasaran Dapat diunduh melalui link berikut:  (Klik untuk mendowload)

Demikian pembahasan kali ini, semoga menjadi gambaran dan menambah pengetahuan kita bersama. Semoga bermanfaat. Salam. Ari Sedesa.id

More Stories
Buku Pelembagaan Bum Desa - Download
Buku Pelembagaan Bum Desa – Download