Pertanyaan Untuk Calon Kepala Desa

Pertanyaan Untuk Calon Kepala Desa

Sedesa.id Pemilihan calon kepala desa tidak kalah menarik dari pemilihan calon bupati, Walikota, gubernur dan bahkan Pemilihan Presiden. Mengapa? Karena pemilih kepala desa menjadi ajang pesta demokrasi yang paling dekat dan langsung memberikan dampak kepada para pemilih. Ini adalah waktu di mana masyarakat desa memilih siapa yang akan memimpin desanya selama 6 tahun mendatang. Karenanya, masyarakat perlu menyampaikan pertanyaan untuk calon kepala desa.

Pertanyaan untuk calon kepala desa yang dimaksudkan adalah untuk mengetahui kapasitas dan keseriusan para calon. Kita sebagai pemilih tentu tidak mau membeli kucing dalam karung. Sudah bosan dengan janji manis? Maka saatnya untuk berpikir kritis, mempertanyakan sejak awal bagaimana calon kepala desa memiliki motivasi, visi misi dan juga program kerja. Mempertanyakan bagaimana sepak terjang dari calon kepala desa dalam pembangunan dan pemberdayaan di masyarakat.

Seperti apa si tipe calon kepala desa yang layak kita pilih? Ini adalah pertanyaan yang umum ditanyakan, dan pertanyaan ini juga harus dijawab oleh calon kepala desa. Seperti apa tipe calon kepala desa yang layak kita pilih? Dapat membaca dalam artikel sebelumnya: Tipe Kepemimpinan Kepala Desa yang Layak Kita Pilih

Pertanyaan Untuk Calon Kepala Desa; Motivasi Menjadi Kepala Desa

Pertanyaan untuk calon kepala desa yang umum adalah; Apa yang menjadi motivasi seseorang untuk menjadi kepala desa? Tentu beragam. Mulai dari keinginan untuk memajukan desa, sampai adanya dorongan dari masyarakat yang menunjuk seseorang untuk maju dalam bursa calon kepala desa.

Pertanyaan untuk calon kepala desa mengenai apa yang menjadi motivasi dirinya untuk menjadi kepala desa ini penting ditanyakan. Pertama hal ini akan menjadikan kita sebagai pemilih memahami apa yang menjadi dasar seseorang mencalonkan diri. Kedua tentu kita dapat melihat atau mendeteksi sejak dini jika seseorang sebenarnya memiliki niatan jahat.

Apa ada orang yang mencalonkan diri menjadi kepala desa untuk niatan jahat? Kita tentu tidak pernah tahu niat tulus seseorang. Sebagai pemilih tentu saja kita menginginkan yang terbaik. Karenanya, kita perlu melakukan serangkaian ‘penyelidikan’ untuk mengetahui sepak terjang dari calon kepala desa.

Hal ini salah satunya dapat kita ketahui dengan memberikan pertanyaan untuk calon kepala desa. Pertanyaan yang dapat kita berikan yaitu apa yang menjadi motivasi calon kepala desa. Bagaimana nantinya dalam memimpin desa? Rencana apa  yang akan dikerjakan selama menjadi kepala desa?

Lebih lanjut kita juga dapat memberikan pertanyaan untuk calon kepala desa; Apa saja visi dan misi calon kepala desa? Program kerja apa yang ditawarkan calon kepala desa? Dan berbagai pertanyaan lainnya.

Mempertanyakan Visi Misi Calon Kepala Desa

Sebagai pemilih kita perlu memberikan pertanyaan untuk calon kepala desa yaitu apa visi dan misi calon kepala desa? Melalui visi dan misi calon kepala desa, setidaknya kita bisa mengetahui apakah calon kepala desa ini cocok dengan kriteria yang kita inginkan.

Apakah kita sebagai pemilih memiliki visi dan misi yang sama dengan calon kepala  desa? Apakah visi dan misi calon kepala desa benar-benar rasional? Jangan sampai visi misi hanya sekedar ikut-ikutan, tidak realistis dan jauh dari yang dibutuhkan desa.

Bagi calon kepala desa Menyampaikan Visi dan Misi merupakan hal yang harus dilakukan. Karena bagi kepala desa yang terpilih nanti harus menyusun Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDes) yang mana RPJMDes ini merupakan penjabaran dari Visi dan Misi pada saat pencalonan kepala desa.

Bagaimana membuat Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDes)? Kita telah membahas sebelumnya, silakan menuju artikel berikut: Cara Membuat Perdes RPJM Desa (Download)

Sebagai pedoman, calon kepala desa dapat menyimak Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 114 Tahun 2014 Tentang Pedoman Pembangunan Desa dan Permendagri Nomor 112 Tahun 2014 Tentang Pemilihan Kepala Desa.

Di dalam Permendagri 114/2014 di Pasal 6 menjelaskan, Rancangan RPJM Desa memuat visi dan misi kepala Desa, arah kebijakan pembangunan Desa, serta rencana kegiatan yang meliputi bidang penyelenggaraan Pemerintahan Desa, pelaksanaan pembangunan Desa, pembinaan kemasyarakatan Desa, dan pemberdayaan masyarakat Desa.

Sementara itu, di Permendagri 112/2014 pada  Pasal 28 juga dijelaskan terkait visi-misi calon kepala desa, yaitu:
1. Kampanye sebagaimana dimaksud dalam pasal 27 ayat (1) memuat visi dan misi bila terpilih sebagai kepala desa.
2. Visi sebagaimana dimaksud pada ayat (1) merupakan keinginan yang ingin diwujudkan dalam jangka waktu masa jabatan kepala desa.
3. Misi sebagaimana dimaksud pada ayat (1) berisi program yang akan dilaksanakan dalam rangka mewujudkan visi.

Contoh visi misi dan program kerja Calon Kepala Desa dapat dilihat dalam artikel berikut: Contoh Visi Misi dan Program Kerja Calon Kepala Desa

Pertanyaan Untuk Calon Kepala Desa; Ujian Tes Tertulis Calon Kepala Desa

Selain masyarakat kritis untuk bertanya. Nantinya calon kepala desa juga akan menjalani tes tertulis dan tes wawancara. Melalui tes ini seleksi bagi calon kepala desa dilakukan oleh panitia pelaksana pemilihan. Bagi calon kepala desa tentu harus dapat memahami soal tes calon kepala desa dan juga menjawab wawancara dengan baik dan benar.

Pengetahuan umum mengenai Desa, Dana Desa, Wawasan Kebangsaan, harus benar-benar dikuasai, dan bukan sekedar dihapalkan namun telah diamalkan dalam kehidupan calon kepala desa.  Dari sini para pemilih dapat melihat, apakah memang calon kepala desa yang ada kompeten menjadi seorang pemimpin atau tidak?

Pertanyaan Untuk Calon Kepala Desa Saat Tes Wawancara bagi calon kepala desa dapat melihat pada artikel Contoh Soal Tes Calon Kepala Desa Dan Materi Wawancara.

Kesimpulan

Kita tentu menginginkan memiliki kepala desa yang benar-benar dapat mengantarkan desa kita menjadi desa mandiri. Hal tersebut dapat dimulai sejak pencalonan kepala desa, yang mana kita sebagai pemilih harus mencari informasi sebanyak mungkin tentang calon kepala desa yang ada.

Memberikan pertanyaan terkait motivasi calon kepala desa, apa yang menjadi visi kepala desa bagaimana misi kepala desa, apa saja program kerja calon kepala desa, apa saja yang menjadi program prioritas calon kepala desa. Perlu ditanyakan. Pertanyaan untuk calon kepala desa ini penting disampaikan, karena kita sudah lelah dengan model janji semata.

Tidak lagi berlaku memilih hanya karena katanya, atau karena manis baner dan sepanduknya. Kita harus menjadi pemilih yang kritis. Karena dengan bersikap kritis, maka kita telah menjadi masayarkat yang aktif dan berpartisipasi dalam kemajuan desa. Demikian pembahasan kali ini mengenai Pertanyaan Untuk Calon Kepala Desa semoga bermanfaat. Salam.  Ari Sedesa.id

More Stories
Buku Pelembagaan Bum Desa - Download
Buku Pelembagaan Bum Desa – Download