Strategi Kampanye Digital Calon Kepala Desa

Strategi Kampanye Digital Calon Kepala Desa

Sedesa.id Kampanye Digital Calon Kepala Desa. Pemilihan kepala desa serentak memang masih harus menyesuaikan dengan kondisi. Di beberapa daerah Kemendagri telah menghimbau untuk menunda pelaksanaan pemilihan kepala desa, tidak lain karena adanya kondisi pandemi. Namun proses dalam pemilihan calon kepala desa, tetap dapat berlanjut.  Nah, hal ini tentu memunculkan banyak hal baru, salah satunya kampanye calon kepala desa.

Salah satu cara yang dilakukan para kandidat dalam proses pemilihan kepala desa adalah dengan mengadakan serangkaian kampanye. Hal ini tentu untuk memperkenalkan diri lebih dalam, memaparkan visi misi dan program kerja yang ditawarkan. Persoalannya di tengah pandemi bagaimana cara melakukan kampanye?

1. Kampanye Digital Calon Kepala Desa dengan Memanfaatkan Media Sosial

Calon kepala desa perlu memikirkan adanya tim khusus yang siap dalam memasarkan ‘kampanye digital’. Karena adanya keterbatasan mobilisasi masa, maka model kampanye perlu dilakukan melalui cara digital, yaitu memanfaatkan sosial media.

Tim calon kepala desa tidak boleh sembarangan dalam memilih tim yang nantinya akan menjalankan kampanye di media sosial. perlu adanya strategi khusus, karena tentu saja berbeda dengan kampanye secara langsung.

Maka, perlu membuat tim yang mana memiliki kemampuan di dalam penggunaan sosial media. Di dalam tim ini juga harus ada pakar yang benar-benar paham dalam menjalankan strategi kampanye digital.

Dengan kita memanfaatkan media sosial untuk kampanye digital, maka kita bisa tetap menjalankan upaya memperkenalkan diri, memperkenalkan visi misi dan gagasan program kepada calon pemilih.

Anda membutuhkan  tim kampanye digital? Segera hubungi sedesa.id. Kami memiliki tim dan rekanan yang selama ini telah membantu dalam proses kampanye digital, tidak hanya untuk kebutuhan kepala desa, tim kami telah menangani kampanye untuk pemilihan kepala daerah.

2. Membuat Program Distribusi Digital

Setelah memiliki tim yang akan mengerjakan kampanye digital, maka selanjutnya adalah menjalankan distribusi digital. Seperti apa distribusi kampanye digital calon kepala desa?

Membuat program distribusi digital dalam kampanye calon kepala desa dapat dilakukan dengan memilih media yang paling tepat. Tentu memerlukan riset terlebih dahulu, memahami bagaimana warga desa di tempat pemilihan dalam memanfaatkan media sosial.

Kemudian mulai membuat serangkaian program untuk distribusi digital. Misalnya apakah perlu membuat kampanye satu pintu melalui Whatsapp? Atau membuat kampanye secara luas melalui Facebook? Pilihan ini perlu dilihat secara mendalam agar tepat sasaran.

3. Kampanye Digital Calon Kepala Desa dengan menyiapkan Bahan Kampanye Digital

Apa yang akan didistribusikan? Tentu berupa foto, poster, video dan teks. Maka perlu adanya pembuatan bahan kampanye digital. Perlu melibatkan mereka yang bisa membuat foto dan video, selain itu juga bisa melakukan editing.

Tidak cukup hanya melibatkan orang teknis, namun perlu melibatkan orang yang memiliki keahlian komunikasi. Mengapa? Karena foto, poster dan video akan berisi teks yang mana berupa ajakan untuk memilih.

Jangan sampai salah dalam melakukan komunikasi kampanye digital. perlu ada serangkaian strategi dan model komunikasi politik yang disesuaikan dengan calon pemilih. Hal ini memerlukan orang yang memang paham dengan bahasa komunikasi politik.

4. Gunakan Jasa Tim Kampanye Digital

Untuk melangsungkan kampanye calon kepala desa berbasis digital memang tidak mudah. Terutama jika orang yang ada di desa yang masuk dalam tim pemenangan belum terbiasa dengan model kampanye digital. Maka sebaiknya menggunakan pihak ketiga yaitu jasa tim kampanye digital.

Mengapa menggunakan jasa tim kampanye digital ini penting? Karena jauh lebih hemat dari segi biaya, dan juga jauh lebih memahami penggunaan sosial media dan segala kebutuhan serta strategi dalam menjalankan kampanye digital.

Bagi Anda yang membutuhkan tim kampanye digital bisa menghubungi kami di sedesa.id, selama ini kami bersama suaramilenial.id telah menjalankan berbagai program dalam kampanye digital baik tingkat desa, daerah atau pun nasional.

Keuntungan yang didapatkan adalah, Anda tidak perlu pusing membuat materi kampanye, membuat poster, membuat saluran pemasaran ‘kampanye digital’ semua akan dijalankan oleh tim.

Selain itu, pemberitaan secara Online akan dilakukan melalui website kami, sehingga calon pemilih dapat membaca dan melihat serta kenal lebih dalam dengan calon pilihan mereka. Baik dalam  bentuk foto, tulisan dan video.

Kesimpulan Kampanye Digital Calon Kepala Desa

Menjalankan kampanye di tengah pandemi memang membutuhkan strategi khusus, maka adanya keterbatasan untuk melakukan kampanye cara lama, saatnya beralih ke cara baru. Menggunakan strategi kampanye digital bisa menjadi solusi di tengah pandemi.

Jangan ragu untuk menjalankan strategi kampanye digital. Karena saat ini pengguna media sosial sudah sangat umum, warga desa pun sudah sangat terbiasa dengan media sosial. Membangun kedekatan dengan calon pemilih dalam ranah digital ini penting. Lebih lanjut pembahasan ini, bisa menghubungi kami. Terima kasih. Salam. Ari Sedesa.id

Artikel Menarik
Jenis Usaha Bumdes sesuai potensi Desa
Jenis Usaha Bumdes sesuai potensi Desa