Contoh Unit Usaha BUMDes Jasa Keuangan

4 Contoh Unit Usaha BUMDes Jasa Keuangan

Sedesa.id Ada berbagai jenis usaha yang dapat dijalankan oleh BUMDes. Salah satunya adalah jenis jasa keuangan. Bidang jasa keuangan menjadi menarik untuk dijalankan oleh BUMDes. Dalam kesempatan kali ini saya ingin berbagi Contoh Unit Usaha Bumdes Jasa Keuangan yang dapat dijadikan pilihan sebagai unit usaha BUMDes.

1. Contoh Unit Usaha BUMDes Jasa Keuangan: Unit Usaha BUMDes Simpan Pinjam

Unit usaha BUMDes Simpan Pinjam menjadi sangat menarik untuk dijalankan oleh BUMDes. Jika sebelumnya kita telah mengenal yang namanya koperasi simpan pinjam di desa, maka keberadaan unit usaha BUMDes tidak simpan pinjam tidak jauh berbeda.

Mengapa unit usaha simpan pinjam menjadi menarik? Simpan pinjam adalah salah satu jenis usaha yang mampu menciptakan multi efek bagi perekonomian di desa. Di desa manapun, di wilayah manapun, yang namanya permodalan masih menjadi salah satu persoalan bagi pelaku usaha, utamanya usaha kecil di desa.

Karenanya, keberadaan unit usaha BUMDes Simpan Pinjam dapat menjadi mesin penggerak perekonomian di tingkat desa.

Sebagai unit usaha yang mampu mendukung sistem permodalan para pelaku ekonomi desa, unit usaha BUMDes simpan pinjam ini bisa mendukung segala jenis usaha masyarakat di desa.

2. Menyediakan Jasa Transfer BRI Link

BUMDes melalui unit usahanya bisa menjadi mitra atau agen BRI Link. Usaha ini dapat dijalankan terutama bagi desa yang jauh dari BANK, yang belum ada akses Anjungan Tunai Mandiri.

Jasa transfer BRI Link menjadi bisnis jasa kuangan yang saat ini banyak diminati oleh masyarakat di desa-desa. BRI Link ini semacam program layanan bank tanpa kantor yang memiliki tujuan menjembatani masyarakat untuk bisa mengakses perbankan dengan mudah.

Mekanisme kerja sama antara BRI dan BRI Link ini memberikan EDC BRI dengan menu Mini ATM. Dengan demikian, agen BRI Link dapat melayani masyarakat dalam melakukan transaksi.

Transaksi yang dapat dilakukan oleh BRI Link antara lain:
a. Membayar tagihan
b. Transfer uang
c. Tarik tunai
d. Setor tabungan
e. Pembelian pulsa

Dengan adanya Agen BRI Link dapat memberikan kemudahan bagi nasabah yang mengalami kesulitan dalam mengakses kantor BRI. Misal, jika tidak bisa menjumpai mesin ATM BRI atau tidak ada kantor BRI di daerah tersebut, maka bisa melalui BRI Link.

3. Unit Usaha BUMDes Token Listrik

Unit Usaha BUMDes juga dapat menyediakan jasa token listrik. Saat ini kebutuhan akan listrik telah merata sampai ke desa-desa. Baik untuk kebutuhan rumah tangga, atau pun usaha.

Usaha ini merupakan jasa pembayaran listrik. Misal rumah kalian menggunakan listrik berbasis pulsa, maka bisa melakukan pengisian di tempat token listrik ini.

Kebutuhan akan listrik sudah menjadi kebutuhan dasar bagi masyarakat. Karenanya BUMDes bisa menjalankan usaha token listrik melalui unit usaha yang mereka miliki. Usaha ini dapat dijalankan dengan catatan, jika di daerah atau desa tersebut belum ada penjual token listrik.

4. Unit Usaha BUMDes Pembiayaan Kredit

Di dalam memenuhi kebutuhan atau guna mendapatkan barang yang diinginkan masayrakat sering kali memilih jasa kredit. Seperti misal kebutuhan kepemilikan kendaraan.
BUMDes bisa membuat unit usaha Pembiayaan kredit.

Unit Usaha ini merupakan usaha jasa yang membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhan kepemilikan suatu barang.

Selain itu, usaha ini juga dapat dikerjasamakan dengan menyediakan jasa pembayaran kredit ke berbagai leasing. Hal ini dapat mempermudah bagi masayrakat yang ingin membayar tagihan seperti membayar kreditan motor dan lain sebagainya ke leasing.

Kesimpulan

BUMDes dapat menjalankan jenis usaha jasa keuangan dengan berbagai pilihan seperti yang telah saya jelaskan di atas. Akan tetapi, dalam memilih unit usaha di atas, harus di sesuaikan dengan kondisi dan keadaan di daerah masing-masing. Karenanya perlu melakukan pemetaan potensi usaha dan juga studi atau penilaian kelayakan usaha terlebih dahulu.

Demikian pembahasan kali ini mengenai Contoh Unit Usaha Bumdes Jasa Keuangan. Semoga dapat bermanfaat bagi sahabat sedesa sekalian. Terima kasih. Salam. Ari Sedesa.id

More Stories
Cara Ampuh Memulihkan Usaha yang Bangkrut
Ini Cara Memulihkan Usaha yang Bangkrut dijamin Ampuh