Desa Wisata Lembah Kalipancur Sedesa.id

Desa Wisata Lembah Kalipancur Eduwisata Semarang

Sedesa.id Hai sahabat sekalian, apa kabar? Semoga selalu dalam keadaan baik. Apakah sudah ada rencana untuk liburan ketika situasi sudah membaik nanti? Sebagian besar tentu memiliki rencana ya, untuk memecah kejenuhan selama ini. Namun saat ini tentu saja harus tetap bersabar dulu untuk tidak bepergian atau wisata. Nah, saya ingin berbagi mengenai desa wisata lembah kalipancur di Semarang yang menjadi salah satu eduwisata terbaiknya Kota Semarang.

Apakah sahabat sekalian sudah pernah berkunjung ke Semarang? Jika sudah tentu saja tidak asing lagi dengan kota yang penuh destinasi wisata, baik itu cagar budaya dan kuliner itu. Namun apakah sahabat sekalian sudah pernah berkunjung ke destinasi luar kota Semarang? Mengunjungi Desa Wisata Kabupaten Semarang Desa Tuntang misalnya?

Semarang tidak hanya Lawang Semu, Kota Lama, atau objek wisata pusat kota lainnya. Namun juga menyimpan berbagai objek menarik, salah satunya adalah Desa Wisata Lembah Kalipancur yang menjadi salah satu eduwisata terbaik Kabupaten Semarang.

Seperti apa Desa Wisata Lembah Kalipancur yang sudah tersohor itu? Apa saja yang menjadi atraksi atau wahana wisata Desa Wisata ini? Berikut adalah ulasan Desa Wisata Lembah Kalipancur untuk Anda:

Desa Wisata Lembah Kalipancur Sebagai Eduwisata Keluarga

Gambar Ilustrasi sedesa Japanese Village
Japanese Villages

Menikmati liburan bersama keluarga menjadi salah satu agenda yang kini menjadi tren. Tidak lain karena rutinitas sering kali menjadikan hubungan keluarga renggang. Tidak adanya waktu bersama anak, menjadikan orang tua kurang dekat. Mendekatkan diri kepada anak sembari wisata menjadi salah satu pilihan.

Namun sebagai orang tua juga perlu memilih destinasi yang mendukung tumbuh kembang anak. Maka pilihan terbaik adalah dengan mengunjungi destinasi wisata yang mengusung konsep pendidikan wisata. Seperti yang ditawarkan oleh Desa Wisata Lembah Kalipancur ini.

Desa Wisata Lembah Kalipancur adalah salah satu destinasi wisata yang mengusung konsep eduwisata dengan menawarkan berbagai wahana wisata yang berbeda dari biasanya.

Memiliki luas lahan 11 hektar, Desa Wisata Kalipancur tidak kurang sudah menyediakan 13 Fasilitas wisata edukasi yang bisa pengunjung nikmati.

Destinasi yang luas ini, memang menjadikan Wisata Lembah Kalipancur sangat rekomendasi untuk kegiatan wisata bersama keluarga. Bagi pengunjung lokal, luar kota ataupun pengunjung manca negara.

Salah satu destinasi liburan yang terletak di daerah Manyaran ini, menyuguhkan destinasi wisata alami mulai dari pepohonan yang rindang, taman, area kebun binatang, danau buatan, sampai deretan wisata kuliner.

Desa wisata dengan konsep taman yang luas, dengan balutan edukasi wisata memang sangat cocok untuk wisata keluarga, dan juga untuk kalangan anak sekolah dan mahasiswa. Rombongan studi tur memang menjadi salah satu konsumen yang memiliki minat besar terhadap eduwisata.

Tidak heran jika keberadaan Desa Wisata Lembah Kalipancur sebagai eduwisata keluarga ini sangat ramai pengunjung. Namun tenang, Anda akan tetap nyaman, tidak perlu takut berdesakan, karena lokasi yang sangat luas dan jalur wisata yang suah tertata rapi.

13 Kegiatan Wisata Di Desa Wisata Lembah Kalipancur

Apa saja yang bisa Anda dapatkan ketika berkunjung ke Desa Wisata Lembah Kalipancur? Anda bersama keluarga akan mendapatkan pengalaman yang berbeda, utamanya bagi Anda yang tinggal di pusat kota. Sesampainya di Desa Wisata Lembah Kalipancur Anda akan langsung disuguhi suasana alam pedesaan yang akan memanjakan dan menyegarkan Anda.

Kemudian Anda bisa menikmati berbagai fasilitas wisata atau kegiatan wisata yang ada. Tenang pengelola sudah sangat profesional dalam pengelolaan Desa Wisata Lembah Kalipancur, yaitu dengan membuat jalur pengujung satu arah.

Dengan konsep wisata edukasi dan pengemasan satu arah kunjungan ini, akan memudahkan Anda dalam berwisata tanpa takut kehilangan arah atau pun melewatkan destinasi penting yang ada.

Apa saja kegiatan wi8sata di Desa Wisata Lembah kalipancur? Berikut adalah 13 kegiatan wisata yang dapat Anda nikmati ketika berkunjung ke Desa Wisata Gunung Pati Kabupaten Semarang ini:

1. Kolam Renang Desa Wisata Lembah Kalipancur

Kolam Renang Desa Wisata Lembah Kalipancur

Berlibur bersama keluarga, utamanya bagi Anda yang suah memiliki anak akan sangat menyenangkan bermain bersama di kolam renang. Anak-anak selalu menyukai air, ini juga menjadi momen yang tepat bagi orang tua mengajari anak-anak berenang.

Ketika Anda berkunjung ke Desa Wisata Lembah Kalipancur maka Anda akan disambut oleh keberadaan wahana wisata air berupa kolam renang ini. Ana bisa menjadikan bermain air sebagai pilihan pertama, sebelum nantinya melanjutkan untuk menikmati kegiatan wisata yang ada di Desa Wisata Kalipancur.

Namun perlu menjadi perhatian, ketika anak-anak bermain air biasanya akan lupa waktu. Begitu juga dengan orang dewasa, sudah nyaman berenang dan bermain air sampai lupa waktu. Sehingga penting membuat jadwal dalam menikmati destinasi eduwisata Desa Wisata Lembah Kalipancur

2. Bermain Sepeda Air

Gambar Ilustrasi sedesa Bebek Dayung Desa Wisata Lembah Kalipancur

Masih lokasi yang sama yaitu kolam renang buatan, Anda dan keluarga bisa bermain sepeda air. Tentu saja ini akan menyenangkan bagi Anda yang tidak ingin berbasah-basahan. Ingin menikmati terlebih dahulu suasana Desa Wisata Lembah Kalipancur yang memesona dan sepoi-sepoi.

Tidak hanya sepeda air yang bisa Anda sewa, Anda bisa memilih permainan wahana air lainya, seperti bebek raksasa atau pelampung untuk berenang. Perlengkapan yang telah tersedia akan memudahkan Anda dan keluarga untuk menikmati wahana air yang ada.

Sebagai informasi, kolam renang dan wahana air ini ketika musim kemarau airnya surut, sehingga biasanya tidak beroperasi karena berupa danau buatan yang mana airnya surut. Sehingga hanya tersedia ketika musim penghujat.

3. Kandang Rusa

Gambar Ilustrasi sedesa Rusa Desa Wisata Lembah

Salah satu kegiatan eduwisata adalah mengenalkan berbagai jenis binatang, terutama ketika mengajak anak-anak. Nah di Desa Wisata Lembah Kalipancur Anda bisa mengunjungi kandang rusa untuk memperkenalkan binatang Rusa ini kepada anak-anak.

Rusa yang ada di Wisata Lembah Kalipancur ini tidak sembarang Rusa. Kandang Rusa merupakan bagian dari upaya penangkaran Rusa Timor, terdapat beberapa kandang Rusa Timor yang mana setiap kandang berisi antar 3 sampai 6 ekor Rusa Timor.

Anda dan keluarga dapat berinteraksi dengan Rusa Timor, memberi makan rusa. Namun perlu menjadi catatan tidak boleh memberi sembarang makanan, harus menggunakan makanan yang telah tersedia.

4. Kandang Sapi dan Kambing

Gambar Ilustrasi sedesa Sapi Mini Zoo Lembah Kalipancur

Sapi dan Kambing menjadi salah satu binatang yang paling umum diketahui anak-anak. Ini menjadi saat yang tepat untuk memperkenalkan kepada anak-anak seperti apa peternakan sapi dan kambing.

Desa Wisata Lembah Kalipancur menyediakan eduwisata peternakan Sapi dan Kambing, lokasi kandang bersebelahan. Anda dan keluarga bisa melihat berbagai jenis sapi yang ada di Indonesia. Tentu Anda juga bisa memberi makan sapi yang ada.

Namun, bagi Anda yang ingin merasakan atau melihat bagaimana proses pemerahan susu sapi, Anda belum bisa melihatnya, karena pengelola Desa Wisata Lembah Kalipancur belum memanfaatkan sapi untuk perah susu.

Nah, bagian Kandang Kambing juga tidak kalah rame, Anda dan keluarga bisa memperkenalkan kepada anak-anak berbagai jenis kambing dan domba Indonesia. Jenis kambing atau domba yang ada seperti; Domba Gibas, Kambing Etawa, Kambing Garut dan berbagai kambing khas Indonesia lainnya.

5. Kandang Kuda

Kandang Kuda Desa Wisata Kalipancuran

“…..Naik Delman Istimewa Kududuk Di Muka…. Mengendarai Kuda Supaya Baik Jalannya… Tuk, Tik, Tak, Tik, Tuk, Tik, Tak, Tik, Tuk,…. Suara Sepatu Kuda.”

Sebagian besar dari kita tentu sudah hafal dengan potongan lirik lagu tersebut. Tidak jarang orang tua yang mewariskan lagu tersebut kepada anak-anak mereka. Pertanyaannya apakah anaknya sudah melihat kuda yang sesungguhnya?

Nah, Desa Wisata Lembah Kalipancur memberikan pengalaman untuk berinteraksi secara langsung dengan kuda. Anda bisa memberikan pengalaman bagi anak-anak untuk mengenal berbagai jenis kuda.

Ada beberapa jenis kuda yang berada di Kandang Kuda Desa Wisata Lembah Kalipancur. Jenis kuda seperti; Kuda Poni, Kuda Balap, dan berbagai jenis kuda lainnya. Menarik adalah setiap kandang kuda sudah memiliki nama dari kuda yang ada, misalnya Ada Kuda yang bernama Si Boy, ada Sherly, Luna dan lain sebagainya.

6. Lembah Kalipancur Farm Zoo

Gambar Ilustrasi sedesa Mini Zoo Lembah Kalipancur

Selain berbagai kandang hewan lokal yang telah disebutkan di atas. Terdapat berbagai jenis hewan lain yang tidak kalah menarik untuk Anda lihat melalui Lembah Kalipancur Farm Zoo seperti kandang angsa dan kandang kelinci.

Melalui Lembah Kalipancur Farm Zoo pengelola ingin menghadirkan mini zoo atau kebun binatang versi kecil, yang mana untuk koleksi hewan yang ada masih terbatas. Namun keberadaannya yang asri, menjadikan mengunjungi Lembah Kalipancur Farm Zoo menjadi berbeda.

Terasa begitu lengkap ketika kita berkunjung ke destinasi wisata yang menyediakan segalanya. Mulai dari wisata air, bermain dan berenang, kemudian dapat belajar berbagai jenis binatang dan berinteraksi dengan binatang yang ada. Ini yang coba disuguhkan oleh Desa Wisata Lembah Kalipancur.

7. Aeroplane Cafe Desa Wisata Lembah Kalipancur

Desa Wisata Lembah Kalipancur Pesawat

Destinasi berupa badan pesawat dalam bentuk Aeroplane Cafe, menjadi tempat makan minum dengan konsep pesawat yang sangat sayang Anda lewatkan. Aeroplane Cafe ini merupakan salah satu destinasi favorit pengunjung Desa Wisata Lembah Kalipancur. Ya, baik untuk sekedar bersantai sebari menikmati pemandangan yang membentang, atau pun untuk berfoto ria mengabadikan momen.

Keberadaan Pesawat Terbang ini memang menjadi menarik pengunjung yang ingin berfoto dan melihat-lihat isi dalam pesawat terbang. Kapan lagi bisa berfoto di atas sayap pesawat terbang.

Kemudian ketika memasuki perut pesawat, masih terdapat interior yang sangat khas pesawat terbang. Terdapat kursi dan meja seperti layaknya pesawat terbang. Selain itu pengunjung pun akan dimanjakan dengan pelayanan ramah khas pramugari pesawat.

8. Western Village

Western Villages Desa Wisata Lembah Kalipancur

Sesuai namanya western vilages akan menyajikan suasana pedesaan daerah barat atau Eropa. Tentu saja sangat menarik perhatian bagi pengujung lokal, karena akan ada bangunan yang sangat berbeda corak arsitekturnya.

Model edukasi wisata yang mengusung miniatur atau replika dari bangunan dan model arsitektur berbagai daerah memang cukup menarik dan ramai pengunjung.

Bagi orang tua sendiri tentu wahana atau kegiatan wisata replika seperti ini akan memudahkan dalam memberikan pengetahuan kepada anak-anak.

Nah, ketika Anda berkunjung ke Desa Wisata Lembah Kalipancur Anda akan menemukan berbagai bentuk bangunan ala pedesaan Eropa dalam destinasi western Wisata.

9. Japanese Villages

Desa Wisata Lembah Kalipancur Japanese Villages

Apakah Anda menyukai arsitektur khas Jepang? Budaya dan Arsitektur serta suasana khas Jepang dapat Anda dan keluarga rasakan ketika berkunjung ke Japanese Villages Desa Wisata Lembah Kalipancur.

Keberadaan Japanese Villages ini memudahkan kita dalam belajar bagaimana suasana dan pedesaan khas Jepang. Terlebih budaya dan arsitektur Jepang sering muncul di Televisi melalui kartun atau anime.

Ini menjadi salah satu destinasi yang tepat untuk bersama anak-anak merasakan dan belajar bagaimana perkampungan, budaya dan arsitektur negeri sakura itu.

8. Texas Village

Jembatan Desa Wisata Lembah Kalipancur
Jembatan Wisata Lembah Kalipancur

Merasakan suasana Texas? Anda bisa menuju Texas Villages versi Desa Wisata Lembah Kalipancur. Ya, replika suasana khas pemukiman negara bagian Amerika Serikat itu terasa begitu nyata dengan aslinya.

Texas sebagai negara terbesar kedua Amerika Serikat memang cukup terkenal dengan berbagai budaya dan arsitektur bangunannya. Dengan berkunjung ke Desa Wisata Kalipancur kita bisa merasakan suasana yang ada di Texas sana.

Jangan lupa untuk mengabadikan momen ketika mengunjungi setiap bangunan yang ada. Lalu unggah ke sosial media, mungkin kerabat atau teman sosial media akan mengira kita benar-benar sedang ke Texas.

9. Balinese Village

Balinese Villages

Belum sempat berkunjung ke Pulau Dewata Bali? Tenang, Anda dan keluarga bisa mencicipi suasana pedesaan Bali dengan mengunjungi Balinese Village ala Desa Wisata Lembah Kalipancur.

Arsitektur bangunan, suasana yang dihadirkan cukup memberikan rasa ‘Bali’ ketika Anda berada di Ballinese Village. Ya, hitung-hitung mencicipi suasananya sedikit, sebelum nanti bisa berwisata ke pulau dewata sungguhan.

10. Hutan Jati

Suasana Hutan Wisata
Suasana Hutan Yang ASRI

Berlibur bersama keluarga untuk menghilangkan suntuk dari rutinitas sehari-hari dengan berjalan-jalan dan menghirup udara segar adalah pilihan yang tepat. Salah satunya dengan berjalan-jalan ke hutan jati.

Hutan Jati menjadi salah satu destinasi wisata Desa Wisata Lembah Kalipancur. Karena lokasi Desa Wisata ini memang cukup luas, maka berbagai destinasi bisa hadir, termasuk keberadaan hutan jati.

Menikmati teduhnya hutan jati sembari berjalan atau duduk di bawah pohon yang rindang, tentu akan sangat menyenangkan. Bagi Anda dan keluarga juga bisa mengajarkan kepada anak-anak pentingnya menjaga hutan dan kebutuhan akan pohon bagi kehidupan manusia.

11. Pasar Apung

Perahu Desa Wisata Lembah Kalipancur
Perahu Apung

Pernah melihat iklan salah satu televisi yang sangat populer tahun 2000an? Ya, iklan yang menampilkan suasana pasar terapung. Pasar terapung yang berada di Kalimantan Selatan itu juga bisa Anda rasakan melalui kegiatan pasar apung Wisata Lembah Kalipancur.

Anda akan menaiki perahu kecil yang mana akan Anda gunakan untuk berbelanja, tentu tidak sama persis dengan pasar apung yang sebenarnya. Akan tetapi Anda bisa merasakan rasanya bertransaksi layaknya pasar apung sungguhan.

12. Pemancingan Desa Wisata Lembah Kalipancur

Pemancingan Lembah Kalipancur
Mancing Bersama Keluarga

Hobi memancing? Nah Anda bisa berlibur sekaligus menjalani hobi Anda, tentu saja dengan pengalaman yang jauh lebih menyenangkan karena kali ini Anda memancing bersama keluarga. Melalui kegiatan wisata pemancinganWisata Lembah Kalipancur Anda bisa mengenalkan kepada anak-anak tentang kegiatan memancing.

Memancing di danau yang luas, dengan suasana yang asri tentu akan sangat berbeda rasanya dibanding dengan ketika memancing di usaha pemancingan biasa. Selain itu, tentu saja sembari bercengkerama dengan keluarga, dan menjadikan kegiatan memancing sebagai bagian dari eduwisata yang menyenangkan.

13. Kuliner

Menu Kuliner Wisata Kalipancur Semarang

Selesai memancing saatnya untuk menuju Saung, dan memesan kuliner khas yang Desa Wisata Lembah Kalipancur. Deretan tempat makan di tepian danau ini akan memanjakan lidah Anda dengan berbagai kuliner yang ada.

Anda bisa merasakan berbagai makanan khas Indonesia yang tersedia. Konsep eduwisata yang menyatu dengan tempat makan atau resto dengan deretan saung ini memang sangat menarik. Anda dan keluarga bisa bersantai, menikmati suasana sembari makan bersama.

Pertanyaan Umum Desa Wisata Lembah Kalipancur

Apakah akses jalan Desa Wisata Lembah Kalipancur sampai lokasi?: Jalan mulus sampai lokasi, aman untuk kendaraan pribadi tidak ada kendala.

Berapa Harga Tiket Wisata Lembah Kalipancur?: Tiket masuk gratis, kebutuhan untuk parkir mobil Rp. 5000,- dan motor Rp. 2000,-. Untuk tiket masuk dan wahana jika ada perubahan harga dapat terjadi sewaktu-waktu.

Jam Operasional Wisata Lembah Kalipancur: Pengunjung dapat ke Desa Wisata ini setiap hari, mulai jam 09:00 sampai dengan 20:00 WIB

Apa Objek Wisata Dekat Desa Wisata Lembah Kalipancur: terdapat berbagai objek wisata lain yaitu Curug Lawe, Waduk Jatibarang, Goa Kreo.

Lokasi Desa Wisata Kalipancur: Jl. Raya Kalipancur Manyaran, Kalipancur, Kec. Ngaliyan, Kota Semarang, Jawa Tengah 50183

Perkembangan Desa Wisata Dengan Konsep Eduwisata

Perkembangan Desa Wisata Dengan Konsep Eduwisata

Apa itu eduwisata? Eduwisata adalah kegiatan rekreasi atau liburan yang mana dikombinasikan dengan berbagai aktivitas pendidikan, sehingga kegiatan menjadi menyenangkan dan memiliki pesan atau pembelajaran.

Tujuan dari eduwisata adalah untuk meningkatkan pengetahuan, kreativitas seseorang yang berkunjung ke objek eduwisata. Destinasi atau objek eduwisata bisa berupa; kebun binatang, museum, cagar budaya, perkebunan, pusat penelitian, desa wisata dan kombinasi dari atraksi wisata dengan konsep pendidikan.

Dalam beberapa tahun terakhir, konsep eduwisata ini mulai ramai menjadi salah satu unit usaha atau kegiatan usaha lokal desa melalui Desa Wisata, Kelompok Sadar Wisata, atau Unit Usaha BUMDes Wisata. Tidak lain sebagai wujud atau upaya mengembangkan potensi lokal desa.

Kebutuhan kegiatan wisata dengan konsep eduwisata terus meningkat, hal ini tidak lain sebagai bentuk permintaan wisatawan dalam hal ini ‘konsumen’ yang tidak cukup hanya menikmati objek wisata, namun menginginkan adanya nilai atau pelajaran yang bisa mereka bawa pulang. Berwisata sekaligus belajar dan mendapatkan wawasan baru.

Permintaan akan model eduwisata ini pun telah mendapat respons dari pengelola wisata, baik itu oleh Swasta, Pemerintah atau pun Kelompok Sadar Wisata dan Desa Wisata melalui Badan Usaha Milik Desa. Kita bisa lihat di Kabupaten Malang ada Desa Wisata Pujon Kidul dengan konsep wisata alam desa, budaya dan edukasi wisata.

Lebih lengkap mengenai Desa Wisata Pujon Kidul dapat membaca pada artikel berikut: BUMDes Desa Pujon Kidul Malang

Kemudian bisa juga melihat keberhasilan Desa Wisata Puri Mataram di Kabupaten Sleman dengan konsep alam, resto dan edukasi wisata. Saat ini Puri Mataram menjadi salah satu destinasi ‘wajib’ bagi pengunjung yang sedang berwisata ke Yogyakarta.

Lebih lengkap mengenai Desa Wisata Puri Mataram bisa membaca ulasannya pada artikel berikut: Unit Usaha Wisata Puri Mataram

Nah, untuk Kabupaten Sendiri salah satu eduwisata yang sangat menarik dan lengkap bagi pengunjung dan keluarga untuk merasakan wisata edukasi adalah Desa Wisata Kalipancur. Tentu saja dengan berbagai wahana yang tersedia.

Kesimpulan

Sudah banyak desa yang berhasil dengan konsep desa wisata berbalut edukasi. Memang membutuhkan modal yang tidak sedikit, baik itu modal finansial, modal sosial, dan modal pengetahuan. Namun ketika mampu menjalankan dengan baik, maka desa wisata edukasi bisa memberi dampak jangka panjang bagi perekonomian desa.

Sebagai contoh keberhasilan desa wisata di berbagai daerah dengan konsep eduwisata seperti yang dijalankan Desa Wisata Lembah Kalipancur, bisa menjadi model bagaimana desa melalui BUMDes untuk mendirikan unit usaha Desa Wisata berbasis edukasi.

Kebutuhan akan wisata yang tidak sekedar lihat, jalan dan foto memang kian meningkat. Wisatawan menginginkan ada nilai yang akan mereka dapatkan ketika melakukan kunjungan wisata. Dan desa memiliki segudang nilai lokal, budaya, adat yang dapat menjadi bagian dari kegiatan wisata.

Demikian pembahan kita kali ini mengenai Desa Wisata Lembah Kalipancur Eduwisata Semarang dengan 13 wahana wisata yang dapat menjadi pilihan liburan Anda. Tetap semangat membangun desa. Terima kasih,  Salam. Ari Sedesa.id

Artikel Menarik
Kegiatan KKN Daring
Catatan Menjadi Pemateri Kegiatan KKN Daring