Peluang Usaha Pemancingan Masih Menjanjikan Di Desa

Peluang Usaha Pemancingan Masih Menjanjikan Di Desa

Sedesda.id Usaha Pemancingan Peluang Usaha Menjanjikan Di Desa.Perkembangan usaha di desa kini kian ramai. Tidak lain, karena keterhubungan dan akses yang semakin mudah antara desa dan kota, atau antara desa dan pasar. Pasar yang dimaksud dapat berupa pasar fisik, dan juga pasar bukan fisik.

Keberadaan peluang usaha di desa, pasar yang tercipta lebar, terlebih adanya era serba digital seperti saat ini. Memang menjadikan usaha desa kian menarik untuk diulik. Pelaku usaha desa, memiliki kesempatan yang sama untuk dapat menguasai atau mendapatkan pasar.

Nah dalam kesempatan ini, ada satu usaha desa yang dalam beberapa tahun terakhir ini cukup ramai peminat. Apa itu? Usaha pemancingan. Seperti apa sih usaha pemancingan desa? Modal apa saja yang diperlukan? Bagaimana cara promosi usaha yang satu ini? Mari ikuti pembahasan berikut ini.

Ketersediaan Lahan Kosong Menjadi Peluang Usaha Desa

Ketersediaan lahan kosong di desa, dapat dijadikan peluang usaha, salah satunya adalah usaha kolam pemancingan. Tentu saja, ini sebagai upaya memanfaatkan jika lahan yang kita miliki belum dikelola atau dimanfaatkan.

Selain usaha pemancingan, sebenarnya keberadaan lahan kosong dapat dimanfaatkan untuk kegiatan usaha lain. Namun ketika Anda memiliki lahan kosong di desa, dan bingung usaha apa yang tepat. Coba untuk melakukan survei di sekitar desa Anda. Apa usaha yang paling mungkin, bisa jadi salah satunya adalah usaha pemancingan.

Usaha pemancingan memang memerlukan luasan lahan yang lumayan besar. Tentu tergantung dari keinginan kita dalam menyediakan kolam pemancingan. Selain itu, bisa juga dijadikan sebagai usaha dibidang perikanan di luar pemancingan. Atau bisa juga kombinasi dengan usaha lain.

Misalnya ketika lahan yang Anda miliki cukup luas, bisa mengkombinasikan dengan usaha pertanian hidroponik atau aquaponik. Tentu akan menarik, Anda memiliki kolam pemancingan, dan Anda memiliki hasil lain yaitu berupa hasil pertanian.

Perkembangan Hobi Atau Kegiatan Memancing Di Desa

Peluang usaha kolam pemancingan di desa tidak bisa lepas dari hobi. Maka, pertama-tama kita perlu melihat bagaimana perkembangan atau hobi memancing warga di sekitar desa. apakah banyak yang memiliki hobi memancing? Bagaimana hobi tersebut di masyarakat.

Melihat masyarakat dari sisi hobi, khususnya hobi memancing ini adalah upaya membaca pasar. Anda bisa melakukan survei terlebih dahulu. Misalnya mencari tahu dengan bertanya ke  beberapa orang secara acak, di berbagai daerah sekitar desa Anda. Jawaban mereka bisa menjadi landasan, apakah usaha kolam pemancingan ikan ini akan menguntungkan nantinya.

Memang kita dapat lihat secara umum kegiatan memancing, telah menjadi hobi tersendiri di masyarakat baik masyarakat urban mau pun pedesaan. Sehingga banyak bermunculan kolam pemancingan, dan sejauh ini selalu ramai para pemancing berdatangan.

Persiapan Modal Usaha Pemancingan Di Desa

Bagi Anda, yang memiliki tanah kosong, Anda dapat mencoba usaha kolam pemancingan, di desa Anda. Nah berikut adalah rincian biaya dan apa saja yang harus Anda lakukan untuk membuka usaha kolam pemancingan.

  • Modal

Berikut adalah asumsi perhitungan modal awal yang diperlukan untuk membuka peluang usaha pemancingan atau kolah pemancingan:

Modal Awal

  1. Pembangunan sarana, prasarana dan bangunan fisik: ukuran 7 x 16 meter : Rp 15.000.000
  2. Bibit ikan (lele, nila, bawal, gurami, dll.) : Rp 4.000.000
  3. Kolam tambahan untuk budidaya 17 meter persegi : Rp 1.000.000 ribu
  4. Tanah/Lokasi Milik Sendiri

Jika setiap hari Anda mendapatkan Rp. 350.000 saja, maka dalam satu bulan Anda akan menerima Rp. 10.500.000, dengan biaya operasional sebesar Rp. 5000.000, maka keuntungan Anda adalah Rp. 5.500.000, sangat menarik bukan?

  • Perizinan

Selain modal, Anda juga harus melakukan perizinan terlebih dahulu, ingat setiap usaha perlu memiliki izin agar tidak merepotkan atau menimbulkan masalah dikemudian hari. Berikut perizinan yang perlu Anda urus;

  1. Surat ijin usaha pengusaha (SIUP)
  2. Surat domisili
  3. Surat Daftar Perusahaan (TDP)
  4. Ijin mendirikan bangunan (IMB)
  5. Sertifikat Hak Milik Tanah (SHM)
  6. Nomor pokok wajib pajak (NPWP)

Untuk mengurus perizinan, Anda hanya perlu datang ke kelurahan atau kantor desa, nanti akan dibantu pengurusan oleh petugas desa.

  • Promosi

Jangan sampai Anda tidak melakukan promosi, Anda harus melakukan promosi peluang usaha pemancingan ada, misalnya degan mencari dan menghubungi komunitas memancing, menyelenggarakan Event atau lomba memancing, dan lain sebagainya.

Promosi menjadi sangat penting agar usaha kolam pemancingan Anda dikenal masyarakat dan diminati, sehingga akan mengahlikan keuntungan yang lebih besar.

Pengelolaan Jangka Panjang Usaha Pemancingan Di Desa

Peluang Usaha Pemancingan di desa memang sangat menjanjikan. Di atas urusan modal sudah selesai, bahkan telah kita bahas perizinan sampai pada tahap promosi. Nah yang paling penting ketika menjalankan usaha desa adalah keberlangsungan. Jangan sampai usaha pemancingan hanya ramai di awal, lalu sepi kemudian.

Bukan hanya persoalan modal yang sudah dikeluarkan. Namun keberlangsungan ini adalah perkara kita sebagai pelaku usaha. Jangan sampai mudah menyerah, atau tidak paham betul apa yang akan terjadi di masa mendatang atau istilahnya prediksi dunia usaha.

Oleh sebab itu, bagi Anda yang akan menjalankan usaha pemancingan di desa, Anda perlu melihat atau menerka beberapa waktu mendatang. Anda perlu memikirkan sistem pengelolaan jangka panjang dari usaha pemancingan yang Anda jalankan.

Dengan Anda menjadikan pengelolaan yang berdasar pada pengelolaan usaha pemancingan jangka panjang. Maka Anda bisa menjadikan usaha ini penghidupan bagi Anda, dan karyawan Anda nantinya. Tidak menutup kemungkinan Anda membuka kolam baru di daerah lain.

Pengelolaan jangka panjang ini juga bisa disokong dengan adanya usaha pendukung. Seperti telah kita bahas di atas, dengan menjalankan usaha terkait air, misalnya hidroponik dan aquaponik. Atau usaha lain yang berhubungan dengan perikanan dan tentu saja hobi memancing.

Kesimpulan

Menjalankan peluang usaha, tentu harus didasari pada ketekunan dan keyakinan. Bagi Anda yang ingin menjajal peruntungan dari usaha pemancingan di desa, tentu harus benar-benar bisa melihat terlebih dahulu bagaimana kondisi di desa Anda.

Penting bagi Anda, untuk memastikan bahwa usaha yang akan Anda jalankan, apa pun usaha itu harus berkelanjutan dan jangka pancang. Termasuk tentu saja usaha pemancingan. Nah, dari uraian di atas, bagaimana apakah Anda siap menjadi pengusaha di bidang pemancingan? Siap menjadi juragan kolam pemancingan?

Demikian pembahasan kita kali ini mengenai Usaha Pemancingan Peluang Usaha Menjanjikan Di Desa. Semoga pembahasan ini bermanfaat, dapat menjadi referensi sahabat sekalian. Terima kasih. Salam. Ari Sedesa.id

Artikel Menarik
Tata Cara Pendirian BUMDes Bersama - Download Materi
Tata Cara Pendirian BUMDes Bersama – Download Materi