Kiat Sukses Cara Ternak Kambing atau Domba Modern

Sedesa.id Halo sahabat sedesa, salam sukses untuk kita semua. Bagi Anda calon pengusaha sukses yang ingin melihat prospek dari ternak kambing atau domba, Anda sudah berada di artikel yang tepat. Kali ini saya ingin berbagi pengalaman dari studi lapangan bagaimana ternak kambing yang menguntungkan, bahkan tanpa perlu mencari rumput alias ngarit.

Di Indonesia, tidak dapat dipungkiri masih banyak peternak kambing dan domba yang masih menggunakan cara lama atau model tradisional, banyak sekali alasan kenapa masih menggunakan cara lama ini, misalnya karena menganggap cara yang baru atau cara modern memerlukan modal yang besar, belum tahu cara menerapkannya, ribet, dan lain sebagainya. Padahal, jika mengguakan cara yang modern akan jauh lebih hemat biaya dan hemat tenaga, serta percepatan dari penggemukan kambing akan jauh lebih cepat.

Banyak cara yang dapat digunakan dalam usaha peternakan kambing atau domba, namun yang pasti cara-cara tersebut yang dapat menentukan kesuksesan adalah konsistensi dan penerapan dari manajemen atau pengelolaan yang baik. Misalnya dari awal pembuatan kandang, harus benar-benar diukur dan disesuaikan dengan kebutuhan jumlah kambing atau domba yang akan dibudidayakan, selain juga harus mematuhi model yang dapat menyamankan dalam beternak kambing.

Kandang kambing atau domba yang baik adalah berbentuk panggung, sehingga dapat memudahkan dalam melakukan perawatan serta menjaga kebersihan kandang, selain itu akan jauh lebih aman dari genangan air atau hewan liar. Modal awal ini kadang yang membuat calon pengusaha sukses tidak yakin, karena pembuatan kandang dan pembelian lahan atau sewa lahan ( bagi yang belum memiliki lahan sendiri) dirasa terlalu besar. Namun itu investasi jangka panjang.

Kemudian pemilihan jenis kambing atau domba yang akan dilakukan budidaya atau pembesaran. Memahami jenis kambing menjadi penting, karena ada banyak jenis kambing dan domba di Indonesia. Anda harus paham jenis kambing dan domba seperti apa yang akan Anda ternak. Sebab Anda wajib mengetahui perilaku serta karakteristik alamiah dari kambing atau domba yang akan Anda ternak.

Selebihnya adalah pakan dan perawatan, bagaimana menciptakan pakan kambing yang baik, pakan yang tidak melulu rumput dan hijauan, karena akan melelahkan dan banyak mengeluarkan biaya dan tenaga. Maka campur atau kombinasikan pakan dengan pakan fermentasi, sehingga dapat menghemat biaya dan waktu kerja Anda.

Selanjutnya, silakan saksikan di Vidio yang telah ada. Dalam vidio Cara Ari tersebut telah di bahas secara tuntas bagaimana sukses mengelola unit usaha ternak kambing atau domba. Prakti lapangan atau studi dari lapangan tentu menjadi pembelajaran yang sangat berarti, karena langsung belajar dari pelaku usaha.

Semoga pembahsan kali ini  bermanfaat, dan dapat memberikan gambaran tentang cara budiddaya ternak kambing atau domba. Salam pengusaha sukses. Salam Sedesa. Ari Sedesa.id

Artikel Menarik
Ngeblog di Wordpress
6 Tahun Ngeblog di WordPress: Terima Kasih Telah Menjadi Bagian Sedesa.id