5 Tips Sukses Jualan Online di Media Sosial

5 Tips Sukses Jualan Online di Media Sosial

Sedesa.id Tips Sukses Jualan Online di Media Sosial. Keberadaan media sosial saat ini telah berkembang begitu pesat, baik pengguna, fitur dan fungsinya. Jika dulu media sosial dimaksudkan untuk kebutuhan bersosialisasi di ranah maya, di dunia digital.

Saat ini  fungsi dari sosial media telah jauh berkembang. Pelaku usaha pun telah masuk di dunia digital khususnya media sosial ini, dengan melakukan strategi digital marketing.

Keberadaan media sosial seperti Instagram dan Facebook, saat  ini telah umum dijadikan sebagai lapak bagi para pelaku usaha Online. Ini bukan tanpa alasan. Jika kita melihat data, jumlah pengguna aktif Instagram dan Facebook memang sangat potensial untuk pelaku usaha menawarkan produk atau jualan Online.

Pelaku usaha saat ini telah banyak yang bergeser atau menambah saluran pemasarannya. Tidak hanya mengandalkan jualan di toko fisik secara konvensional. Bahkan tidak sedikit yang hanya menggunakan gudang, dan kemudian berjualan secara penuh di media sosial, atau jualan secara Online.

Ramainya media sosial dan peluang besar bagi pelaku usaha, belum sepenuhnya dipahami oleh pelaku usaha. Masih banyak yang mencoba jualan Online  tanpa menerapkan strategi yang tepat.

Dalam kesempatan kali ini, saya ingin berbagi tips dasar, bagaimana Tips Sukses Jualan Online di Media Sosial berikut ulasannya:

1. Akun Bisnis yang Profesional

Tips Sukses Jualan Online di Media Sosial yang pertama adalah memastikan bahwa akun yang kita gunakan untuk jualan Online adalah akun bisnis. Tidak cukup hanya memindahkan akun biasa menjadi akun bisnis, namun juga harus membuat akun jualan kita profesional.

Akun bisnis yang profesional ini misalnya, membuat akun yang mudah diingat. Carilah nama yang mudah diingat, namun masih berkaitan dengan usaha atau brand Anda.

Jangan anggap remeh perihal  nama di media sosial, terutama nama user seperti di Instagram. Karena kesalahan dalam memilih nama akan berakibat fatal nantinya.

Sehingga usahakan sejak awal, nama dari usaha Anda di media sosial pun mewakili usaha dan brand Anda yang sesungguhnya. Jangan asal membuat nama. Paling penting, tentu buat profil yang profesional; foto, bio, dan kelengkapan lainnya.

2. Tips Sukses Jualan Online di Media Sosial dengan Foto Produk yang Sesuai

Tips Sukses Jualan Online di Media Sosial yatitu dengan foto produk yang sesuai. Di dalam jualan Online tentu foto adalah hal penting. Karena calon pembeli hanya melihat foto atau video yang kita unggah, sebagai wujud perwakilan dari produk kita.

Bagi pelaku usaha tentu kita harus punya kemampuan dalam mengambil dan mengolah foto. Hal ini dimaksudkan agar foto dari produk kita sesuai, tidak berlebihan di dalam editing.

Foto produk yang sesuai dengan aslinya, akan menjadikan pelanggan merasa pas saat membeli. Merasa pas yang dimaksud, mereka merasa sesuai antara produk dalam foto dan produk aslinya.

Jangan sampai Anda menjual produk yang dalam foto terlihat mewah atau baik, namun aslinya tidak. Utamanya bagi Anda yang berjualan pakaian atau aksesoris. Perihal warna bahan dll, harus di sampaikan dengan sebaik-baiknya, dan sesuai aslinya.

3. Gunakan Watermark Pada Foto Produk

Tips Sukses Jualan Online di Media Sosial yaitu dengan menggunakan watermark. Watermark atau penanda pada foto produk ini jangan disepelekan. Saat ini masih banyak pelaku usaha yang tidak menggunakan watermark di dalam foto produk mereka. Hal ini berbahaya, karena ada saja pelaku usaha nakal yang suka mencuri foto.

Pelaku usaha nakal yang suka mencuri foto dan kemudian mengunggah ulang. Mereka menjual barang yang bisa jadi berbeda. Berbeda kualitas, barang KW. Tapi menggunakan foto dari produk Anda.

Tentu saja ini akan merugikan. Karena orang atau pengguna media sosial, akan mengira  bahwa di tempat lain ada produk  yang sama persis dalam foto, dengan harga yang berbeda.

Karenanya penting bagi Anda untuk meletakkan watermark di dalam produk Anda. Selain menjadi ciri khas, hal ini juga agar foto produk Anda aman dari duplikasi orang lain.

4. Jaga dan Tingkatkan Loyalitas Konsumen

Pembeli kita di media sosial adalah konsumen potensial yang begitu berharga. Dari satu pembeli yang puas, kita bisa mendapatkan repet order, dan bisa juga terjadi pemasaran secara langsung dari konsumen ke konsumen.

Layani pembeli dengan baik. Buat layanan setelah mereka membeli atau menggunakan. Tetap sapa mereka, tanyakan masukan atau pendapat mereka dari produk yang telah mereka beli.

Rekomendasi atau ulasan dari pelanggan, adalah aset yang sangat berharga. Saya pernah membahas tentang ini di sini: Cara Jitu Dongkrak Penjualan dengan ulasan

Bagaimana cara menjaga dan meningkatkan loyalitas konsumen? terdapat berbagai cara. Salah satunya bisa dengan membuat kartu memberi, memberi diskon khusus bagi yang pernah membeli, dan tentu saja beri layanan sebaik mungkin.

5. Tips Sukses Jualan Online di Media Sosial dengan Gunakan Cara Promosi yang Tepat

Tips Sukses Jualan Online di Media Sosial yang terakhir adalah  dengan menggunakan cara promosi yang tepat. Menentukan cara promosi yang tepat tentu memerlukan data yang tepat.

Penting bagi pelaku usaha untuk melakukan promosi di media sosial, jika mereka telah memutuskan hadir dan mencari peruntungan di media sosial. Cara promosi ini ada yang berbayar dan ada yang gratis.

Jika Anda telah memiliki anggaran yang cukup, bisa menggunakan model endorsemen, atau menggunakan ADS di media sosial, seperti halnya FB ADS dan IG ADS.

Selain melakukan promosi di media sosial, tentu perlu membangun citra yang baik. Misalnya dengan melakukan ulasan produk di website. Atau ulasan yang dilakukan oleh blogger.

IKLAN GRATIS DI SEDESA.ID

Ulasan konsumen, ulasan produk, sangat penting di ranah digital seperti saat ini. Belum lagi ketika produk Anda ingin menjangkau orang lebih banyak.

Konsumen Anda mungkin ada di sosial media. Namun bukan berarti mereka tidak menggunakan mesin pencari atau membaca artikel. Maka manfaatkan ulasan produk.

Ada banyak blogger yang menyediakan jasa untuk mengulas produk. Jasa yang mereka tawarkan pun beragam. Misalnya seperti imaos.id yang mematok harga cukup menarik untuk beriklan di platform mereka.

Di Sedesa.id kami pun menerima ulasan produk, menerima pemasangan iklan. Kami memberikan layanan iklan gratis di Sedesa.id selama produk yang dipromosikan memenuhi syarat kami. Untuk informasi lebih lanjut silakan kontak kami.

Kesimpulan Tips Sukses Jualan Online di Media Sosial

Demikian pembahasan mengenai 5 Tips Sukses Jualan Online di Media Sosial. Pada dasarnya jualan di media sosial itu tidak semudah yang dibayangkan. Tidak sekedar upload dan tunggu pembeli. Ada banyak hal dan strategi yang perlu dilakukan, agar pembeli yakin dengan produk yang kita tawarkan.

Selain memahami strategi yang telah disebutkan di atas, kita juga butuh yang namanya desain media sosial. Saya telah banyak membuat desain untuk kebutuhan iklan dan media sosial. Silakan dapat membaca dan mengunduh di sini. Semoga pembahasan kali ini bermanfaat. Salam Ari Sedesa.id

Artikel Menarik
Download Peraturan Bersama Antar Gampong
Download Peraturan Bersama Antar Gampong