Desa Wisata Di Jawa Barat

Daftar Desa Wisata di Jawa Barat Alam dan Budaya

Sedesa.id Daftar Desa Wisata di Jawa Barat Alam dan Budaya. Anda ingin berkunjung ke Desa Wisata di Provinsi Jawa Barat? Tentu saja Anda tidak akan kehabisan daftar kunjungan destinasi wisata di Jawa Barat. Dalam kesempatan ini, saya ingin berbagi Desa Wisata Jawa Barat yang bisa Anda jadikan daftar kunjungan. Desa Wisata yang mengedepankan alam dan kebudayaan.

Banyak desa yang kini mengembangkan potensi lokal mereka untuk kegiatan wisata. Hal ini memang menjadi pilihan, mengingat desa-desa di Indonesia memiliki kekayaan alam dan budaya yang luar biasa.

Bisa dikatakan bahwa setiap daerah akan memiliki keunikan sendiri-sendiri. Mulai dari keunikan alam dan budaya atau adat dan tradisi. Tentu saja hal ini menarik untuk menjadi bagian dari wisata.

Kebutuhan Wisata Desa Terus Meningkat

Wisatawan atau pelancong kini tidak hanya menginginkan tujuan wisata yang menghadirkan atraksi wisata saja, namun lebih pada pengalaman yang dapat mereka bawa dan rasakan.

Kita bisa berkunjung ke berbagai destinasi wisata di kota-kota besar, baik itu destinasi buatan atau pun cagar alam. Namun tentu akan berbeda ketika yang diinginkan adalah pengalaman yangf berbeda. Misalnya pengalaman tinggal di daerah pedesaan dan merasakan kehidupan pedesaan.

Permintaan akan adanya pengalaman yang berbeda, keinginan kembali ke alam, menikmati pemandangan alam pedesaan, merasakan menjadi bagian dari komunitas desa. Tidak hanya diinginkan oleh pelancong lokal, namun juga turis asing.

Banyak turis manca negara yang mengingtinkan adanya suasana berbeda dari trempat tinggal mereka. Sehinggaa ketyika datang ke Indonesia, tidak hanya mengunjungi berbagai destinasi populer, namun juga menginginkan satu pengtalaman berbeda.

Desa Wisata menjadi satu pengalaman berbeda bagi pengunjung. Hal ini menjaedikan kegiatan desa wisata kemudian tumbuh subur beberapa tahun terakhir ini. Berbagai upaya menyempurnakan model kegiatan atau atraksi desa wisata pun telah banyak dilakukan.

Kembali pada topik pembahasan mengenai Desa Wisata Jawa Barat, tentu tidak akan kehabisan daftar kunjuujgan desa wisata di Provinsi ini. Dalam kesempatan ini, saya ingin berbagai Desa WIsata di Jawa Barat yang menarik untuk kita kunjungi untuk mendapatkan sensasi alam pedesaan dan juga budaya lokal desa Jawa Barat, berikut Daftar Desa Wisata di Jawa Barat Alam dan Budaya:

Desa Wisata Pasanggrahan Kabupaten Kuningan Jawa Barat

Daftar Desa Wisata di Jawa Barat Alam dan Budaya. Bagi Anda yang ingin menginap atau tinggal di desa untuk merasakan sauasana alam pedesaan dan juga menjadi bagian dari warga desa, merasakan bagaimana adat istiadat dan budaya yang masih terjaga. Maka anda bisa berkunjung ke Desa Wisata Pasanggrahan di Kabupaten Kuningan Jawa Barat.

Jalur Transportasi ke Desa Wisata Pasanggrahan

Melalui Jalan Tol Jakarta-Cikampek kemudian menuju Bandung (Cipularang Tol)-Keluar di Gerbang tol Jati Luhur, mengikuti arah jalan (sekitar sejauh 21 km) sampai Garpu Palm – Darangdan kemudian belok kiri. Kemudian ikuti petunjuk jalan yang telah tersedia.

Untuk Bus Besar tidak dapat sampai lokasi, memerlukan perjalanan 3 KM yang tidak dapat menggunakan BUS Besar. Jadi bagi Anda yang ingin berkunjun bisa menggunakan kendaraan pribadi, atau kendaraan umum.

Atraksi Wisata Desa Pasanggrahan

Apa yang akan anda dapatkan ketika berkunjung ke Desan Wista Pasanggrahan? Anda akan merasakan bagaimana suasana pedesaan yang masih terjaga dan begitu asri. Suasana lam bersih dan hamparan hijau yang akan memanjakan mata anda.

Anda bisa mengtinap di rumah penduduk setempat, menjadi bagian dari mereka. Merasakan kehidupan sehari-hari. Merasakan bagaimana kegiatan dipedesaan, belajar adat istiadat dan budaya Sunda.

Di Desa Pasanggrahan ini dihuni sekitar 2.900 Jiwa. Dengan profesi atau kegiatan utama sebagai petani cengkih, petani padi, sayur mayur. Anda bisa belajar pertanian lokal di desa ini secara langsung.

Salah satu yang menjadi daya tarik wisatawan adalah, Desa Wisata Pasanggrahan ini adalah salah satu desa yang memiliki organisasi penduduk yang telah tertata dengan baik. Selain itu keberadaan arsitektur Sunda, berupa rumah panggung dari kayu.

Desa Wisata Sari Bunihayu Kabupaten Subang Jawa Barat

Daftar Desa Wisata di Jawa Barat Alam dan Budaya selanjutnya adalah Desa Wisata Bunihayu. Keramahtamahan dan kenyamanan merupakan faktor utama yang ditawarkan Desa Wisata Sari Bunihayu. Salah satu daerah tujuan objek wisata yang mempunyai sarana yang cukup lengkap.

Desa Wisata Sari Bunihayu terletak di Kecamatan Jalancagak Kabupaten Subang, berdekatan dengan pemandian air panas alam Sari Ater dan objek wisata Gunung Tangkuban Perahu.

Desa Wisata Sari Bunihayu memberikan terapi baru bagi anda yang membutuhkan tempat rekreasi yang berbeda, nyaman, sejuk, indah dan menyenangkan di lingkungan alam pedesaan, udaranya yang bersih, panorama yang indah mampu memberikan ketenangan, kesegaran alam pegunungan bagi anda dan keluarga.

Atraksi Desa Wisata Sari Bunihayu

Nyukcruk Galur Mapay Lembur; Berwisata sambil belajar. Anda akan disuguhkan pengalaman yang takan terlupakan, melihat, mengalami dan menjadi bagian dari kehidupan masyarakat sekitar. Belajar tentang seni dan budaya, belajar menggunakan peralatan tradisional, belajar bercocok tanam “Ngawuluku”, serta belajar mengenal tanaman dan buah-buahan langka (Somolo, Matoa, Gandaria, Kawista)

Amphitheater; Panggung terbuka untuk menampilkan atraksi seni dan budaya khas kabupaten Subang Jawa Barat, seperti pagelaran seni tradisional sisingaan, interaktif angklung dll.

Fasilitas Pendukung dan Atraksi Wisata Lain; Villa, Restaurant, Meeting Room, Amphiteather, Swimming Pool, Fishing Pool, Play Ground, Fruits Garden, Gift Shop, Little Farmer, Outbond Management Trainning, Pergelaran Seni Tradisional, Outbond Land(Flying fox, motor ATV), Wedding Party & Package. Tersedia area parkir bus dan lain-lain yang memadai.

Arah Menuju Desa Wisata Sari Bunihayu

Objek Wisata Sari Bunihayu ini terletak di Jln. Patinggi No. 1 Ds. Bunihayu Kec. Jalancagak Subang, hanya 3 menit dari jalan raya regional Subang – Bandung.

Dari Bandung hanya berjarak 48 Km atau 1.5 Jam dan dari Jakarta berjarak 161 Km atau 2.5 Jam, sedangkan dari kota Subang hanya berjarak 15 Km atau 15 menit dengan aksesibilitas yang dapat dilalui oleh berbagai jenis kendaraan maka akan sangat mudah untuk menuju ke tempat wisata ini.

Desa Wisata Wangunharja Kabupaten Subang Jawa Barat

Desa Wisata Wangunharja menjadi salah satu gambaran desa-desa yang ada di daerah Subang. Apa yang emnjadi ciri khas desa ini? Yaitu kehidupan masyarakat yang lekat dengan adat istiadat dan kebudayaan yang masih kental dan sampai sekarang adat istiadat tersebut masih terus dilaksanakan.

Upaya warga masayrakat mempertahabkan dan menjadikan adata itiadat dan kebudayaan untuk terus lesatri ini memang menjadi poin penting. Bukan hanya karena adanya motif wisata, namun sebaliknya, kondisi menjaga adata istiadat ini adalah dimaksudkan agar tetap lesatrai salah satunya diperkenalkan melalui kegiatan wisata.

Apa Atraksi Wisata Desa Wisata Wangunharja

Pengunjung dapat menyaksikan aktivitas keseharian masyarakat desa Wisata Wangunharja sembari menikmati suasana perdesaan yang sejuk dan tenang.

Desa Wisata Wangunharja juga menyediakan fasilitas penginapan bagi para pengunjung yang ingin menikmati suasana desa. Setiap tahunnya di desa wisata ini diadakan acara pesta rakyat yaitu Ruatan Bumi yang telah dikemas dalam suatu paket wisata. Fasilitas Pendukung Wisata;, homestay, area parkir, warung makanan.

Arah Menuju Lokasi Desa WIsata Wangunharja

Kondisi jalan menuju ke objek wisata ini sudah beraspal, sehingga pengunjung dapat menggunakan kendaraan pribadi roda 2 maupun roda 4. Adapun waktu tempuh yaitu dari kota Subang sekitar 40 menit, dari Bandung 50 menit dan dari Jakarta lewat pintu tol Sadang sekitar 3 jam.

Desa Cibuntu Kabupaten Kuningan

Ingin mengujungi Desa Wisata yang kaya akan budaya lokal dan situs purbakala? Maka Anda wajib menjadikan Desa Wisata Cibuntu sebagai salah satu bagian dari kunjungan destinasi wisata anda.

Situs Purbakala dan Atrasi Desa Wisata Cibuntu; Situs-situs purbakala tersebut antara lain sebagai berikut:

(a)    Situs Bujal Dayeuh;
(b)    Situs Hulu Dayeuh;
(c)    Situs Sahurip Kaler;
(d)    Situs Sahurip Kidul;
(e)    Situs Cikahuripan;
(f)    Curug Bongsreng.

Apa saja aktivitas pengunjung yang dapat dilakukan? Beberapa aktivitas yang dapat dilakukan wisatawan saat berkunjung ke Desa Wisata Cibuntu antara lain;
bersepeda gunung,
agrowisata,
dan wisata sejarah.

Lebih lengkap mengenai Desa Wisata Cibuntu, bisa membaca artikel khusus berikut: Desa Wisata Cibuntu Wisata Situs Purbakala dan Alam

Kesimpulan

Keberadaan Desa Wisata tentu saja dimaksudkan untuk mengangkat potensi lokal desa, namun juga perlu kehati-hatian agar tatanan lookal desa tetap terjaga. Tatanan alam dan juga budaya, tentu menjadi yang utama. Dan kita tentu berharap kegiatan wisata bisa menjadi satu penyemangat lestarinya kebudayan dan alam desa.

Nah, dari Daftar Desa Wisata di Jawa Barat mana yang pernah sahabat kunjungi? Atau belum pernah berkunjung? Nah bisa dimasukkan dalam agenda perjalanan Anda selanjutnya tentunya. Demikian pembahasan kali ini. Semoga bermanfaat, salam. Ari Sedesa.id

Artikel Menarik
Download Buku Desa Mandiri, Desa Membangun
Download Buku Desa Mandiri, Desa Membangun