Cara Sukses Usaha Kuliner Daerah
Cara Sukses Usaha Kuliner Daerah

Cara Sukses Usaha Kuliner Daerah Teruji Berhasil

Sedesa.id Cara Sukses Usaha Kuliner Daerah, Indonesia memiliki keberagaman dalam hal pangan atau kuliner, hampir di setiap daerah memiliki makanan dan juga minuman khas. Dari keanekaragaman yang dimiliki bangsa Indonesia ini bisa di pastikan bahwa setiap daerah memiliki ciri khas masing-masing, tidak hanya kuliner namun juga; seni, adat, budaya, bahasa, pakaian, dan lain sebagainya. Sebagai pelaku usaha, Anda tentu bisa menangkap peluang dari kekayaan kuliner minuman dan makanan nusantara ini.

Sebagai contoh salah satu kuliner nusantara yang sudah sangat umum kita jumpai di berbagai daerah adalah Masakan Padang, bisa dikatakan hampir di seluruh daerah di Indonesia memiliki atau terdapat warung makan padang. Kadang kita mendapati walau namanya warung masakan padang, namun tidak jarang pemiliknya atau pengelolanya bukan asli orang padang namun dikelola oleh orang asli daerah tersebut, misalnya di Pulau Jawa banyak Rumah Masakan Padang  yang dikelola oleh orang Jawa, hal ini mengindikasikan bahwa kemampuan menangkap sebuah peluang yang dilakukan oleh orang daerah untuk membuat rumah masakan padang yang telah kesohor.

Selain Rumah Masakan Padang, kita juga kenal misalnya kuliner pempek, makanan tradisional khas dari Palembang yang termasuk dalam salah satu kuliner daerah dengan minat yang banyak di Indonesia. Dengan banyaknya peminat pempek ini, pada akhirnya membuat para pelaku usaha di kota lain menjual makanan khas Palembang ini, saat ini misalnya kita bisa menemukan pempek di sudut-sudut kota, atau bahkan di warung tetangga Anda, baik itu pempek dalam bentuk kemasan atau pun pempek siap saji.

Keberadaan dari kuliner Nusantara yang sangat beragam ini bisa menjadi salah satu peluang usaha yang menarik. Anda tentu harus bisa mengambil peluang usaha kuliner Nusantara yang ada di daerah Anda, apa lagi jika Anda berada di wilayah yang strategis. Sebelum Anda memulai usaha kuliner nusantara, sebaiknya Anda mengikuti tips dari Cara Sukses Usaha Kuliner Daerah berikut ini:

  • Memahami Proses Produksi

Hal pertama  yang harus Anda siapkan adalah dengan memperluas wawasan proses produksi dari usaha kuliner yang akan Anda pilih dan jalankan, dengan kata lain Anda harus memahami proses produksi dari A sampai Z. Mengapa ini menjadi syarat utama? Karena dengan memahami proses produksi dalam hal ini meliputi; bahan baku, cara pengolahan, cara menghidangkan, cara mengemas, dan cara menarik konsumen, adalah kunci dan bekal dasar ketika Anda akan memulai usaha kuliner nusantara.

Sebagai contoh; katakan Anda akan membuka usaha kuliner nusantara dan yang Anda pilih adalah Pempek, maka Anda harus benar-benar memahami proses produksi dari pempek, mulai dari bahan baku, cara pembuatan, kualitas rasa hingga cara mengemas yang dapat menarik konsumen.

Bagaimana  caranya? Anda harus sering mengunjungi tempat atau usaha pempek atau usaha yang ingin Anda jalankan, Anda harus belajar secara langsung, mencari tahu informasi mengenai keseluruhan proses produksi dari usaha Anda secara lengkap. Mengapa demikian? Karena akan berguna sebagai media belajar Anda, sehingga Anda benar-benar paham bagaimana usaha tersebut berjalan.

Ketika Anda telah menguasai dan memahami keseluruhan proses produksi, maka Anda pada akhirnya akan memahami  posisi pesaing Anda, ketika Anda mampu memahami pesaing Anda, mengerti kekurangan dan kelebihan produk pesaing Anda di bandingkan produk Anda, maka selanjutnya Anda dapat melakukan berbagai inovasi untuk menarik konsumen pesaing Anda.

  • Melakukan Inovasi Produk

Melakukan inovasi produk adalah salah satu upaya untuk menarik konsumen. Oleh sebab itu ketika Anda akan memulai usaha di  bidang kuliner nusantara maka Anda sebaiknya melakukan inovasi dari kuliner yang telah Anda pilih. Mengapa? Hal ini diperlukan karena kuliner nusantara adalah kuliner yang keberadaannya diwariskan kepada seluruh masyarakat dari asal daerah kuliner tersebut, sehingga tentu saja resep rahasia dari kuliner tersebut sebenarnya telah beredar luas, oleh karenanya siapa saja dapat membuat hidangan atau kuliner tersebut.

Karena resepnya sudah menjadi rahasia umum, maka Anda perlu untuk melakukan inovasi dari menu kuliner tersebut, hal ini  dimaksudkan agar Anda juga memiliki resep rahasia tersendiri dari kuliner nusantara  yang mewakili versi atau ciri khas kuliner nusantara milik Anda sendiri. Sebagai contoh, ketika Anda akan memulai usaha Pempek, maka Anda  dapat membuat pempek yang berbeda dari pempek pada umumnya, pembedanya bisa dari rasa, bentuk, warna, dan lain sebagainya.

Dengan melakukan inovasi produk, maka konsumen akan menilai bahwa usaha atau produk kuliner Anda berbeda dari usaha  atau produk kuliner sejenis yang berada di kota Anda. Dengan demikian maka mereka akan secara otomatis mempromosikan produk Anda karena keunikan atau cita rasa yang berbeda. Perlu Anda ingat bahwa kekuatan promosi hari ini di media sosial yang mana berasal dari konsumen dapat menjadikan usaha Anda viral dan terkenal sampai ke penjuru dunia.

  • Memahami Target Pemasaran  Produk Anda

Setelah memahami proses produksi, kemudian telah melakukan inovasi produk, selanjutnya adalah Anda untuk menentukan target pasar dari produk kuliner yang akan Anda pilih. Di dalam dunia usaha menguasai target pasar adalah hal utama, sebab produk kuliner yang akan Anda jual memiliki tujuan akhir adalah dibeli atau diterima oleh pasar. Jika produk diterima maka Anda akan sukses, jika produk ditolak maka Anda akan gulung tikar.

Oleh sebab itu ketika Anda telah menentukan kuliner daerah apa yang akan Anda pilih sebagai usaha Anda, selanjutnya Anda juga harus menentukan dan benar-benar memahami dengan jelas siapa yang menjadi target  pasar dan target promosi dari produk kuliner Anda. Dengan melakukan hal tersebut, maka Anda dapat dengan jelas nantinya mengetahui dan menguasai dari strategi dalam melakukan memproduksi dan pemasaran produk Anda.

Sebagai contoh; ketika usaha kuliner daerah yang Anda pilih adalah kuliner masakan padang, dan Anda menetapkan atau menargetkan para calon pembeli Anda adalah mahasiswa, maka target pasar produk Anda adalah mahasiswa yang mana berarti Anda harus mencari tempat yang dekat dengan kampus atau kos mahasiswa, dan Anda juga harus menghitung harga yang sesuai dengan kantong mahasiswa.

  • Optimalkan Kerja sama Pemasok dan Distributor

Di  dalam menjalankan sebuah usaha, keterlibatan dalam bentuk kerja sama antara Anda, Pemasok dan Distributor adalah hal penting, ini menjadi salah satu kunci kesuksesan dalam menjalankan sebuah usaha, seperti halnya usaha kuliner nusantara. Oleh karena itu Anda sejak awal harus memiliki rekanan yang dapat diajak kerja sama, dan memiliki bentuk kerja sama yang jelas dengan pihak-pihak ini. Hal ini menjadi sangat penting karena akan menjadi penentu dari kualitas produk kuliner Anda. Jangan sampai kualitas menjadi dipertaruhkan, karena Anda salah memilih pemasok dan distributor bahan baku usaha Anda.

Sebagai contoh; ketika Anda melakukan bekerja sama dalam pemenuhan kebutuhan bahan baku produk, maka Anda harus sejak awal menetapkan standar bahan baku yang akan Anda gunakan. Dengan demikian maka pemasok harus memahami dan harus mengirim bahan baku yang sesuai dengan spesifikasi Anda. Jika ternyata tidak sesuai, maka Anda tidak harus mengambil bahan baku yang pemasok kirimkan untuk Anda.

Ketika produk kuliner Anda telah siap di pasarkan, maka yang Anda harus lakukan selanjutnya adalah mencari distributor yang dapat dipercaya dan memiliki kompetensi untuk membantu Anda dalam mengembangkan usaha kuliner Anda. Distributor produk ini sangat penting, karena memiliki fungsi sebagai pemasaran dan bersinggungan dengan konsumen dari produk Anda.

Maka jangan sampai Anda justru mendapatkan pemasok dan distributor yang tidak baik atau curang, atau tidak sesuai dengan tujuan dari usaha Anda, karena hal tersebut sudah pasti akan menurunkan kualitas produk dan juga berdampak pada tingkat kepercayaan konsumen atas produk Anda.

  • Lakukan Promosi

Cara sukses usaha kuliner daerah selanjutnya adalah melakukan promosi baik secara offline dan juga online. Promosi adalah salah satu upaya Anda untuk memperkenalkan usaha atau produk kuliner Anda kepada calon konsumen. Promosi menjadi senjata ampuh dalam upaya mengembangkan usaha kuliner Anda, oleh karena itu Anda perlu memperkuat sistem promosi secara meluas, hal ini dimaksudkan agar Anda dapat menarik konsumen yang menjadi target Anda,  tentu dengan melihat kembali target pasar Anda .

Seperti saat ini, yaitu era digital Anda bisa memulai promosi produk Anda dengan membuat akun media sosial yang mana akun tersebut bisa menjadi wadah atau media bagi Anda dalam menjelaskan dan memasarkan usaha Anda, tentu dengan cara yang unik dan juga menarik. Akun media sosial yang digunakan ini akan menjadi wajah dari usaha Anda di era digital seperti saat ini,  oleh sebab itu Anda harus benar-benar dapat menjelaskan kepada masyarakat luas di dunia maya tentang apa usaha Anda, dan Anda perlu untuk menyapa konsumen Anda dengan baik.

Kesimpulan

Usaha kuliner daerah sangat menjanjikan dan memiliki peluang yang sangat besar untuk kita jadikan usaha di daerah, terlebih jika kita memiliki kemampuan di bidang kuliner, yang tentu saja dapat memanfaatkan kuliner yang ada untuk dilakukan modifikasi atau melakukan inovasi, sehingga memunculkan resep baru yaitu cita rasa daerah yang kekinian.

Usaha kuliner daerah ini bisa menjadi peluang usaha yang menarik tidak hanya bagi pelaku usaha individu seperti halnya UMKM dan umum, namun dapat juga diambil sebagai peluang oleh unit usaha Badan Usaha Milik Desa atau BUMDes. Sebagai gambaran, ketika BUMDes telah memiliki kawasan wisata maka bisa menghadirkan satu resto yang menyuguhkan menu pangan lokal.

BUMDes sangat mungkin untuk hadir dengan unit usaha resto atau pangan lokal yang mana dibalut dengan kegiatan wisata, sebagai contoh misalnya kita bisa lihat keberhasilan dari Kampung Mataraman di Panggungharjo dan Juga Purimataraman di Tridadi. Kedua BUMDes ini menghadirkan tempat wisata dan juga pangan olahan khas tempo dulu.

Usaha kuliner menjadi menarik karena pada dasarnya setiap manusia membutuhkan makanan, dan tentu kuliner daerah akan laku dan menuai sukses asal mau bekerja keras dan menjalankan serangkaian cara seperti di atas. Kita patut bangga memiliki ragam kuliner nusantara, dan kita bisa melestarikan kuliner nusantara dengan menjadikannya produk usaha kita, selamat memulai usaha Anda. Semoga artikel ini bermanfaat. Salam. Ari Sedesa.id

Artikel Menarik
Pengembangan Desa Wisata Harus Melibatkan Warga
Pengembangan Desa Wisata Harus Melibatkan Warga