Desa Wisata Tuntang Destinasi Keren Di Tengah Rawa Pening

Desa Wisata Tuntang Destinasi Keren Di Tengah Rawa Pening

Sedesa.id Apakah Anda pernah berkunjung ke ibu kota Jawa Tengah? Ya, Semarang memiliki banyak sekali destinasi wisata yang patut untuk Anda kunjungi ketika Anda berkesempatan ke Semarang. Tidak hanya wisata cagar budaya seperti Gedung Monod atau Lawang Sewu yang sudah tersohor. Namun, Anda juga bisa menjelajah wisata desa yang ada, salah satunya yaitu Desa Wisata Tuntang dengan Inovasi Radesa Wisatanya.

Inovasi memang sangat penting dalam kegiatan desa wisata. Tidak lain karena kebutuhan akan wisata pun terus berkembang, tidak hanya sekedar melihat dan pulang. Namun ada nilai yang ingin pengujung dapatkan. Untuk menjalankan desa wisata yang berkelanjutan, maka perlu adanya keterlibatan masayarakat desa. Yaitu, dengan melibatkan masayrakat dalam menjalankan kegiatan desa wisata, misalnya sebagai penyedia wisata kuliner.

Geliat Desa Wisata di Indonesia

Sebagai informasi tambahan untuk Anda, sejak undang-undang desa disahkan, geliat pembangunan desa begitu terasa. Salah satu bentuk pembangunan desa yang umum kita jumpai dalam bidang pengembangan potensi lokal adalah dengan mendirikan desa wisata.

Apa itu desa wisata? Menurut Wikipedia Desa wisata adalah suatu bentuk integrasi antara atraksi, akomodasi dan fasilitas pendukung yang disajikan dalam suatu struktur kehidupan masyarakat yang menyatu dengan tata cara dan tradisi yang berlaku.

Melihat dari definisi desa wisata yang ada, memang tidak heran jika kemudian banyak desa yang mencoba mengembangkan daerah mereka melalui kegiatan wisata. Jika kita melihat potensi desa secara jangka panjang dari kegiatan wisata Indonesia, tentu saja desa wisata bisa mengambil bagian.

Kebutuhan akan destinasi wisata yang damai, mengedepankan nilai budaya, memberikan pengalaman berbeda, memang menjadi permintaan dari pengunjung wisata, terutama wisatawan manca negara. Mereka ingin merasakan hal yang berbeda, sesuatu yang tidak mereka dapatkan di tempat tinggal mereka.

Maka, kehadiran kegiatan desa wisata memang bisa menjawab permintaan dari ‘model’ wisata yang berbeda. Tidak hanya untuk pengunjung manca negara, namun juga pengunjung dalam negeri yang juga menginginkan pengalaman berbeda dalam berwisata.

Seperti halnya yang menjadi kegiatan wisata desa oleh Desa Wisata Tuntang dengan inovasi warga desanya untuk menarik pengunjung berwisata ke destinasi buatan mereka yaitu Radesa Wisata. Destinasi yang menggabungkan inovasi dan kondisi alam rawa pening.

Lokasi Radesa Wisata Tuntang

Kabupaten Semarang memang kaya akan objek wisata, baik itu wisata alam, budaya, dan wisata buatan. Salah satu lokasi yang memiliki banyak destinasi wisata adalah Rawa Pening.

Danau Rawa Pening yang terbentang luas, memiliki beberapa objek wisata berbasis wisata air, salah satu yang terbaru adalah Radesa Wisata. Wisata Desa Tuntang Radesa Wisata ini menawarkan pengalaman berbeda ketika Anda berkunjung ke Rawa Pening.

Jika Anda ingin berkunjung ke Radesa Desa Wisata Tuntang, Anda bisa langsung menuju Kelurahan Tuntang, Kecamatan Tuntang, Kabupaten Semarang. Bisa menggunakan angkutan umum, atau menggunakan kendaraan pribadi.

Jalan menuju lokasi Desa Wisata Tuntang sudah sangat baik. Karena memang letak dari pada Danau Rawa Pening ini berada dalam wilayah yang sudah pesat pembangunannya. Berdekatan dengan jalan tol, dan juga pinggir jalan raya utama.

Lebih lengkap Anda bisa langsung menggunakan Google Map dari Radesa Wisata Tuntang berikut ini:

Kegiatan Wisata Yang Bisa Dilakukan Pengunjung

Apa saja kegiatan wisata yang bisa Anda lakukan ketika berkunjung ke Desa Wisata Tuntang? Sangat banyak, baik itu wisata foto, atau pun menikmati keindahan alam Danau Rawa Penting.

Seperti Anda ketahui Radesa Wisata Tuntang memang berada pada area Danau Rawa Pening, sehingga sebagian besar kegiatan wisata pun berhubungan dengan wisata air. Berikut adalah kegiatan wisata yang bisa Anda lakukan di Radesa Wisata Tuntang:

1. Selfie Dengan Latar Belakang Menara Eiffel

Desa Wisata Tuntang selfie Dengan Latar Belakang Replika Menara Eiffel

Salah satu daya tarik Radesa Wisata Desa Tuntang adalah keberadaan menara eiffel buatan. Ikon Desa Wisata Tuntang ini memang sebagai salah satu spot wajib untuk selfie atau swafoto.

Rasanya belum lengkap berkunjung ke Danau Rawa Pening jika belum foto dengan latar belakang menara eiffel buatan Radesa Wisata Tuntang ini. Sehingga tidak heran jika buah dari kreativitas pemuda Desa Tuntang ini menjadi daya tarik kunjungan wisata selama ini.

Menara Eiffel Radesa Wisata Tuntang ini sangat unik, karena sangat mirip dengan Menara Eiffel yang asli, yang menjadikan berbeda dan kian menarik adalah latar belakang dari menara Eiffel Radesa Wisata Tuntang, yaitu hamparan air danau Rawa Pening.

Dengan latar belakang berupa Menara Eiffel dari bambu, yang mana berada pada permukaan air, dan hamparan air serta pemandangan alam danau rawa pening, tentu menjadi komposisi foto yang begitu spesial.

Nah, bagi Anda yang akan berkunjung ke Radesa Wisata Tuntang maka jangan sampai Anda melewatkan perlengkapan berfoto Anda. Jangan sampai Anda melewatkan kesempatan mengabadikan momen berfoto dengan latar belakang menara eiffel versi Desa Wisata Tuntang ini.

2. Wahana Air Bebek Raksasa

Desa Wisata Tuntang Naik Perahu Keliling Radesa Wisata Rawa Pening

Anda menyukai kegiatan wisata air? Berkunjung ke Desa Wisata Tuntang adalah jawaban yang tepat. Anda bisa menikmati berbagai wisata air dari Danau Rawa Pening, salah satunya adalah wahana air bebek raksasa.

Pengelola Radesa Wisata Tuntang menyediakan wahana air berupa bebek raksasa. Bebek dalam ukuran besar ini mengapung di atas air Danau Rawa Pening. Pengujung bisa bermain dan berfoto.

Bagi pengujung yang menginginkan bermain wahana bebek raksasa, perlu membeli tiket terlebih dahulu. Ada dua pilihan harga dari wahana bebek raksasa ini.

Pertama hanya menaiki saja, kedua menaiki dan ditarik dengan perahu. Ya, seperti menaiki banana boat. Dalam harga awal ketika pembukaan Destinasi Desa Wisata Tuntang harga wahana air bebek raksasa ini 10.000 untuk bermain, dan 25.000 untuk ditarik dengan perahu.

Harga yang cukup terjangkau bagi Anda yang menginginkan sensasi bermain wahana air layaknya banana boat namun di tengah danau Rawa Pening. Apakah Anda berani mencobanya?

3. Wahana Air Desa Wisata Tuntang Naik Perahu Keliling Rawa Pening

Desa Wisata Tuntang Naik Perahu Keliling Radesa Wisata Rawa Pening

Danau Rawa Pening begitu luas, Anda bisa menjelajahi sudut-sudut danau Rawa Pening dengan menaiki perahu. Nah, ketika berkunjung ke Desa Wisata Tuntang, Anda bisa merasakan berkeliling dengan menyewa perahu yang telah tersedia.

Untuk harga sewa perahu sendiri yaitu 15.000 per orang, yang mana satu perahu memiliki kapasitas 4 sampai 5 orang. Jadi Anda bisa menaiki perahu secara berkelompok.

Tenang, Anda juga tidak perlu khawatir ketika Anda hanya dua orang atau seorang diri. Karena Anda tetap bisa berkeliling danau rawa pening walau kapasitas perahu belum penuh.

Namun saran saya, walau pun ada layanan satu orang pun bisa berkeliling dengan perahu, sebaiknya Anda tetap mencari teman, hal ini untuk membantu perekonomian pengelola perahu. Karena jika satu orang saja, tentu penghasilannya lebih sedikit, padahal biaya yang dibutuhkan sama besarnya.

4. Memberi Makan Ikan Keramba Rawa Pening

Kegiatan Nelayan Rawa Pening

Anda bisa berkeliling Danau Rawa Pening menggunakan perahu. Nah, beberapa pengemudi perahu Desa Wisata Tuntang juga berprofesi sebagai peternak ikan di Danau Rawa Pening. Sehingga Anda bisa berkesempatan memberi amkan ikan.

Pengalaman memberi makan ikan ini memang luar bisa menarik. Di tengah Danau Rawa Pening terdapat berbagai keramba atau kolam ikan milik petani atau peternak ikan. Anda bisa memberi makan ikan di kolam ikan yang ada. Usaha ikan air tawar memang masih sangat menjanjikan.

Untuk bisa merasakan pengalaman ini Ada bisa bertanya lebih dahulu ke sopir perahu yang akan Anda gunakan. Apakah dia memiliki kolam ikan, atau akan melewati kolam ikan, dan bisakah Anda merasakan sensasi memberi makan ikan di tengah Danau Rawa Pening.

Karena secara khusus memberi amkan ikan keramba Rawa Pening bukan bagian dari destinasi wisata. Namun Anda bisa meminta dari pengelola perahu. Saya pernah merasakan dan ketagihan.

5. Menikmati Pesona Alam Desa Wisata Tuntang

Pemandangan Alam Danau Rawa Pening

Jenuh dengan kondisi kota? Atau jenuh dari rutinitas? Berkunjung ke Desa Wisata Tuntang menjadi salah satu jawaban dari kejenuhan Anda.

Bentang alam yang terhampar akan memanjakan mata Anda. Sejauh mata memandang Anda akan melihat hamparan air dan juga pemandangan yang memesona.

Selain itu cobalah untuk menikmati suasana yang tersaji. Merasakan hembusan angin, merasakan kesejukan. Tentu hal ini bisa menjadikan Anda segar kembali dari rutinitas yang menjemukan.

Anda bisa menikmati pesona alam desa wisata Tuntang dengan menaiki perahu. Atau Anda bisa tetap berada pada tepian, dan melihat betapa keindahan alam yang tersaji dengan hembusan angin yang menyegarkan Anda.

6. Bersantap Kuliner Khas Rawa Pening

Daftar Harga Makanan Menu Rawa Pening

Berkunjung ke Desa Wisata Tuntang tidak lengkap jika Anda tidak mencoba wisata kuliner yang ada. Melalui kegiatan Radesa Wisata Pening telah menyiapkan warung makan yang berada di dekat replika Menari Eiffel, sehingga sembari bersantap Anda bisa menikmati pemandangan dan suasana Desa Wisata Tuntang.

Jika berbicara kuliner yang khas Rawa Pening, tentu saja adalah berbagai jenis ikan air tawar. Olahan ikan air tawar yang beragam, bisa Anda nikmati. Seperti halnya ketika Anda berkunjung ke pantai dan kemudian menikmati makanan dari hasil laut.

Keberadaan tempat makan Desa Wisata Tuntang ini sebagai bagian dari upaya perputaran roda ekonomi dari kegiatan desa wisata. Maka, harapannya tentu saja pengujung tidak hanya sekedar datang dan pergi, namun bisa merasakan sensasi dari kuliner lokal yang ada.

Pertanyaan Umum Seputar Desa Wisata Tuntang

Informasi Seputar Desa Wisata Tuntang

Apa Saja Fasilitas Radesa Desa Wisata Tuntang? Radesa Wisata Tuntang berpotensi untuk menjadi salah satu tempat wisata favorit Kabupaten Semarang. Dengan terus meningkatkan inovasi dan fasilitas yang ada. Berikut fasilitas yang sudah disediakan pengelola wisata Radesa Wisata Tuntang:

1. Area Parkir Luas
2. Toilet dan Kamar Mandi
3. Mushola
4. Berbagai Gazebo
5. Wahana Perahu Dayung
6. Wahana Bebek Air
7. Wahana Spot Foto salah satunya menjadi ikon yaitu replika Menara Eiffel
8. Ketersediaan Warung Makan / Kantin
9. Berbagai fasilitas yang sedang dipersiapkan

Berapa Harga Tiket Masuk Radesa Wisata Tuntang? Tiket Masuk Radesa Wisata Tuntang Semarang cukup terjangkau sebenarnya, kategori tiket menjadi dua yaitu tiket masuk dan tiket wahana.

Harga Tiket Masuk Radesa Wisata Tuntang sebesar: HTM: Rp 10.000
Tiket Wahana: Sewa Perahu: Rp 15.000, Wahana Perahu Bebek Rp 10.000 – 25.000

Harga tiket dapat berubah sewaktu-waktu, informasi yang saya bagikan adalah informasi terakhir dari tiket masuk Desa Wisata Tuntang dan harga tiket dari wahana yang tersedia.

Hari dan Jam Buka Radesa Wisata Tuntang Semarang: Jam Buka atau Jam Operasional Radesa Wisata Tuntang yaitu mulai pukul 08.00 hingga pukul 17.00 WIB pada setiap harinya.

Catatan Khusus: Inovasi Menara Eiffel Di Tengah Rawa Desa Wisata Tuntang

Inovasi menjadi bagian penting dari kegiatan wisata, tidak terkecuali desa wisata. tanpa adanya inovasi, maka wisata akan terasa sama. Perlu melakukan serangkaian inovasi untuk menarik pengunjung.

Apa yang telah dilakukan oleh pengelola Desa Wisata Tuntang dengan destinasi Radesa Wisata memang patut menjadi contoh. Bagaimana pengelola bisa membuat inovasi yang berbeda.

Namun penting menjadi catatan adalah inovasi yang tidak merusak lingkungan, dan dapat terus berlangsung atau berkelanjutan. Memilih untuk menggabungkan wisata asli dan wisata buatan memang cukup menarik.

Apa yang dilakukan Desa Wisata Tuntang dengan berbagai atraksi wisata buatan di atas Danau Rawa Pening, kiranya bisa dilihat sebagai upaya menambah inovasi untuk menarik minat pengunjung.

Sehingga dengan keberadaan berbagai wahana, utamanya yang unik, akan menjadikan wisata asli desa yaitu keberadaan Rawa Pening Desa Wisata Tuntang akan juga terangkat dengan sendirinya.

Demikian pembahasan kita kali ini tentang Desa Wisata Tuntang Destinasi Keren Di Tengah Rawa Pening semoga dapat menjadi referensi destinasi wisata Anda. Dan bagi pengelola wisata atau pengurus BUMDes Wisata tentu bisa menjadi salah satu contoh atau referensi sebelum memulai unit usaha BUMDes wisata. Terima kasih,  Salam. Ari Sedesa.id

Artikel Menarik
Menjadi Desa Kreatif Dengan Memenuhi Kebutuhan Sendiri
Menjadi Desa Kreatif Dengan Memenuhi Kebutuhan Sendiri