Desa Wisata Srikeminut Destinasi Unik Jembatan Gantung

Desa Wisata Srikeminut Destinasi Unik Jembatan Gantung

Sedesa.id Perkembangan Desa Wisata sejak berlakunya undang-undang desa memang sangat  luar biasa.  Berbagai desa mencoba mengangkat potensi lokal mereka, salah satunya dalam bentuk desa wisata. Mari berkenalan dengan Desa Wisata Srikeminut, yang mana jauh sebelum adanya UU 6 tahun 2014 tentang Desa.

Membangun Desa Wisata Bersama

Desa Wisata Srikeminut mulai beroperasi pada tahun  2004. Desa wisata ini bukan milik satu desa saja, namun merupakan desa wisata yang mana milik dari tiga desa. Konsep membangun desa wisata bersama yang tercetus, lalu melahirkan Desa Wisata Srikeminut.

Siapa saja yang terlibat dalam kegiatan wisata Srikeminut ini? Ada tiga desa yang bergabung dalam usaha desa wisata ini yaitu Desa Sriharjo, Desa Kedungmiri dan Desa Wunut. Dari nama ketiga desa ini kemudian muncullah nama Srikeminut.

Pilihan menjalankan usaha Desa Wisata bersama memang sangat luar biasa. Pertama karena tidak mudah dalam menjalankan usaha bersama, yang kedua perlu adanya pengelolaan dan manajemen yang baikPengelolaan BUMDes Yang Tepat Akan Memberikan Banyak Keuntungan ketika memutuskan untuk membuat usaha bersama.

Jika kita melihat tahun pendirian, pada tahun 2004 tentu konsep dari model usaha bersama belum banyak referensi seperti hari ini. Hari ini sejak  adanya undang-undang desa, kita mengenal BUMDes dengan berbagai unit usaha salah satunya unit usaha Desa Wisata.

Selain mengenal BUMDes sebagai badan usaha lokal desa, kita juga mengenal bagaimana kerja sama antar desa melalui BUMDes. Yang mana upaya mendirikan BUMDes Bersama tidak lain untuk menjangkau pasar dan kepentingan usaha yang lebih besar.

Jauh sebelum konsep BUMDes Bersama ramai seperti saat ini, ternyata sudah ada desa yang menjalankan konsep usaha bersama. Tentu saja, Desa Wisata Srikeminut yang merupakan usaha bersama ini perlu menjadi contoh.

Nah, bagi kita yang sedang memiliki rencana untuk membuat unit usaha Desa Wisata dan akan melakukan kerja sama, bisa melihat lebih dalam konsep yang telah berjalan dari Desa Wisata Srikeminut ini.

Jembatan Gantung Selopamioro Andalan Desa Wisata Srikeminut

Jembatan Gantung Selopamioro Andalan Desa Wisata Srikeminut

Setiap desa wisata tentu memiliki yang namanya ikon atau destinasi unggulan yang akan menarik pengunjung. Nah di Desa Wisata Srikeminut ini salah satu yang menjadi unggulan kunujungan wisatawan adalah Jembatan Gantung Selopamioro.

Sejarah dari Jembatan Gantung Selopamioro awalnya bukan untuk tujuan wisata. Pembangunan jembatan ini memang khusus untuk kebutuhan keterhubungan warga antar desa.

Jembatan ini dibangun pada tahun 2004. Keberadaan Jembatan Gantung Selopamioro sangat terasa dalam membantu berjalannya roda ekonomi masyarakat. Saling terhubung antar desa, dan mudahnya transportasi, kemudian membangkitkan kegiatan ekonomi.

Keberadaan Jembatan Gantung Selopamioro yang menjadi penghubung dari Sungai Oya ini kemudian dilihat memiliki potensi lebih. Potensi yang muncul saat itu adalah, sebagai objek wisata.

Keberadaan dari Ikon Wisata Srikeminut ini berada pada perbukitan karst. Kondisi ini kemudian menjadikan Jembatan Gantung Selopamioro memiliki pemandangan yang begitu memesona. Pemandangan indah yang menarik wisatawan berkunjung ke Desa Wisata Srikeminut.

Wisatawan akan ramai pada sore hari. Karena pada sore hari semburat senja akan mengalir dan menghiasi pemandangan dan juga jembatan. Warga yang merona ini akan menjadi sangat indah dalam bingkai foto.

Keberadaan Jembatan Selopamioro Ikon Desa Wisata Srikeminut ini juga sudah menjadi langganan lokasi pengambilan film, FTV dan video klip. Tentu saja menjadikan Desa Wisata Srikeminut semakin terkenal.

Berbagai Objek Wisata Desa Wisata Srikeminut

Desa Wisata Srikeminut Foto Destinasi Wisata

Selain Jembatan Gantung Selopamioro, terdapat berbagai objek wisata yang dapat kita nikmati ketika berkunjung ke Desa Wisata Srikeminut.

Berbagai objek atau kegiatan wisata yang tersedia adalah; Tracking, Ecoprak, Sepeda air, Outbond, Kuliner, Seni Budaya.

Wisata air yang ada telah dikerjakan secara profesional kerja sama dengan pengelola wisata air. Berkunjung ke Desa Wisata Srikeminut bisa menikmati tubbing ban, rafting, dengan jarak jalur 2 sampai 3 KM menyusuri aliran Sungai Oya.

Tentu saja sepanjang perjalanan Anda akan menyaksikan berbagai keindahan alam. Bermain wisata air dari sungai yang memiliki pesona luar biasa kanan dan kiri aliran.

Bagi Anda yang ingin berwisata budaya, tentu saja Anda bisa menyaksikan berbagai atraksi atau kegiatan wisata budaya mulai dari karawitan, campur sari, jatilan, gejek lesung dan berbagai kegiatan wisata budaya lainnya.

Urusan kuliner jangan sampai lewat, Anda bisa menikmati ragam kuliner khas desa. Pastinya kuliner desa akan memanjakan lidah Anda. Memberikan pengalaman luar biasa bagi Anda.

Sangat banyak objek wisata yang bisa dikunjungi. Banyak kegiatan wisata yang harus Anda nikmati satu persatu. Berkunjung ke Desa Wisata Srikeminut memang tidak cukup satu hari.

Tenang, bagi Anda yang ingin tinggal lama juga tersedia Homestay.  Keberadaan Homestay Wisata Srikeminut ini memang menjadi jawaban bagi pelancong luar kota yang menginginkan berlibur lebih lama untuk menikmati alam pedesaan.

Desa Wisata Srikeminut Sadar Digital

Objek Wisata Desa Wisata Srikeminut

Salah satu ciri dari Desa Wisata Yogyakarta adalah kesadaran penggunaan media sosial. Pengelola Desa Wisata Srikeminut pun memiliki media sosial yang aktif untuk mengabarkan perkembangan terkini dan tentu saja sebagai media mempromosikan produk mereka.

Kesadaran menggunakan atau hadir melalui media sosial, memang menjadi salah satu kunci sukses pelaku usaha. Tidak terkecuali pelaku usaha desa, baik yang menjual produk desa, atau pun menjual  potensi desa seperti halnya desa wisata.

Maka penting bagi pengelola desa wisata daerah lain yang belum hadir dalam media sosial, untuk segera memulai strategi media sosial. Tidak ada kata terlambat,  tanpa memulai mengikuti perubahan maka akan tergilas oleh perubahan.

Perkembangan dunia digital luar biasa pesat. Melalui media sosial, adanya keterhubungan, maka informasi desa kita bisa sampaikan ke penjuru dunia. Kita tidak akan pernah tahu kapan orang membutuhkan informasi dari produk kita.

Lebih lengkap mengenai pembahasan digital marketing, bisa mengunjungi halaman berikut: Materi Digital Marketing Lengkap Halaman ini berisi Materi Digital Marketing lengkap, mulai dari apa itu digital marketing bagaimana menjalankan, konsep dasar, memilik strategi tepat, media yang digunakan, dan download desain secara lengkap.

Pertanyaan Umum

Media Sosial Mendukung Kegiatan Wisata

Berapa Harga Tiket Desa Wisata Srikeminut? Jika Anda hanya ingin berfoto dan mengunjungi area Jembatan Gantung Selopamioro. Maka Anda tidak perlu mengeluarkan biaya alias gratis. Hal ini karena jembatan merupakan jalan umum yang dapat digunakan oleh semua orang.

Akan tetapi jika ingin merasakan wisata tubbing atau rafting ban, Anda perlu mengeluarkan biaya. Tenang karena sudah terdapat paket dengan harga harga per orang Rp. 35.000 dengan minimal pemesanan 5 orang dan maksimal 12 orang.

Untuk harga bisa berubah sewaktu-waktu, saya menuliskan ini ketika harga masih pada kisaran 35.000, sehingga jangan menjadi patokan mutlak.

Lokasi Desa Wisata Srikeminut: Lokasi dari Jembatan Gantung Selopamioro masuk Dusun Wunut, Desa Selopamioro, Kecamatan Imogiri, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Ciri-ciri dari jembatan ini adalah berwarna kuning.

Fasilitas Pendukung dan Kuliner: Terdapat berbagai fasilitas pendukung seperti toilet. Juga telah ada penginapan oleh penduduk untuk wisatawan yang ingin menghabiskan liburan panjang di Desa Wisata Srikeminut.

Bagi pencinta kuliner, maka Anda bisa menikmati makanan tradisional khas Desa seperti olahan pangan lokal tiwul dan getuk dengan cara memesannya terlebih dahulu.

Informasi:informasi lengkap dapat menghubungi Instagram Wisata Srikeminut

Kesimpulan

Berbagai potensi yang ada dapat bermanfaat untuk unit usaha desa seperti unit usaha Desa Wisata.  Melihat keberhasilan dari Desa Wisata Srikeminut kita bisa mempelajari bahwa kerja sama antar desa sangat mungkin. Mengapa harus terpisah ketika produk yang dimiliki sama, atau memiliki tujuan yang sama.

Melakukan kerja sama antar desa memang tidak mudah, begitu pun ketika melalui BUMDes Bersama, namun  bukan berarti tidak bisa. Kita perlu belajar dari desa yang telah berhasil, belajar dari sisi pengelolaan, sebab untuk produk bisa berbeda-beda.

Semoga dari Wisata Srikeminut ini kita bisa mengambil banyak pelajaran. Bagaimana keindahan alam, menjaga alam, menjaga budaya, akan memberikan nilai lebih berupa kegiatan wisata. Kegiatan wisata akan memberikan nilai ekonomi lokal desa, pergerakan ekonomi lokal desa tentu harapan bagi keberlangsungan pendapatan penduduk desa.

Demikian pembahasan kali ini mengenai Desa Wisata Srikeminut Destinasi Unik Jembatan Gantung semoga dapat bermanfaat dan menjadi referensi.  Terima kasih. Salam. Ari Sedesa.id

Desa Wisata Srikeminut Destinasi Unik Jembatan Gantung
Reader Rating1 Vote
4
Artikel Menarik
Mengatasi Masalah Keberlanjutan BUMDes
Mengatasi Masalah Keberlanjutan BUMDes