Pengelolaan BUMDes Yang Tepat Akan Memberikan Banyak Keuntungan

Pengelolaan BUMDes Yang Tepat Akan Memberikan Banyak Keuntungan

Sedesa.id Desa ramai-ramai mendirikan BUMDes, setidaknya begitu fenomena yang muncul dan dapat kita lihat sejak undang-undang desa disahkan. Ada yang tumbuh dan sukses, ada yang tumbang dan hilang. Semua kembali pada kemampuan pengelolaan. Itu sebabnya, penting bagi kita paham dalam pengelolaan BUMDes sejak awal pendirian. Dalam pembahasan kali ini kita ambil judul pengelolaan BUMDes yang tepat akan memberikan banyak keuntungan.

Semangat desa untuk mendirikan BUMDes adalah hal yang wajib kita sambut dengan baik. Para pihak kini punya tujuan sama terhadap desa, baik mereka sebagai akademisi, praktisi, pemerintah daerah, pemerintah pusat, dan dari pihak desa itu sendiri.

Semangat yang sama ini menjadi modal awal.  Jangan sampai di salah artikan. Jangan sampai manisnya desa hanya karena keberadaan undang-undang desa. Karena fenomena semangat pendirian BUMDes ini tentu menjadi menarik, ada semangat luar biasa dari warga masyarakat desa untuk membenahi tanah kelahirannya. Namun semangat ini tentu saja perlu diimbangi dengan kemampuan, ilmu dan teknologi yang mumpuni.

Pengelolaan BUMDes Yang Tepat Akan Memberikan Banyak Keuntungan; sangat jelas bahwa keberadaan BUMDes memiliki tujuan baik secara sosial dan ekonomi. Maka keberadaan BUMDes tentu akan memiliki dampak dapa masyarakat, sehingga pengelolaan BUMDes harus benar-benar tepat agar muncul berbagai keuntungan yang tidak hanya dirasakan oleh BUMDes namun juga warga desa.

Nah, apa saja keuntungan pengelolaan BUMDes yang tepat? Berikut adalah daftar keuntungan yang akan dirasakan oleh BUMDes, Pemerintah Desa dan juga warga desa ketika BUMDes bena-benar dikelola secara tepat, secara profesional!

Pengelolaan BUMDes Yang Tepat Memudahkan Tercapai Tujuan BUMDes

Apa tujuan pendirian BUMDes di desa kita? Ini pertanyaan yang wajib kita jawab secara jujur. Dengan kita mengetahui tujuan utama dari pendirian BUMDes, maka  kita bisa menjalankan unit usaha BUMDes agar sesuai dengan jalan menuju tujuan yang telah kita buat dan sepakati bersama.

Ingat, tujuan BUMDes  bukan tujuan yang ditulis  dalam dokumen atas dasar pemikiran orang atau golongan. Tujuan BUMDes menjadi tujuan bersama, yang mana dalam proses menentukan tujuan dirumuskan secara bersama-sama.

Tujuan BUMDes yang membawa mandat atau keinginan dan cita-cita bersama seluruh warga desa, akan mudah tercapai jika pengelolaan BUMDes dilakukan dengan profesional. Pengelolaan BUMDes yang tepat, akan menjadikan kita sebagai warga desa menjadi yakin untuk mendukung penuh dalam mencapai tujuan BUMDes.

Kembali pada pertanyaan apa tujuan BUMDes di desa kita? Badan Usaha Milik Desa atau BUMDes tentu memiliki tujuan, sebagai contoh salah satu tujuannya adalah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan meningkatnya perekonomian. Bagaimana cara mencapai tujuan tersebut? Satu jawaban! Pengelolaan BUMDes harus profesional dijalankan dengan tepat!

Meningkatkan Pendapatan Asli Desa

Bagaimana Pendapatan Asli Desa di desa kita? Berapa nilai dari PADes desa kita? Apakah cukup untuk melakukan berbagai rencana pembangunan dan peningkatan sosial ekonomi masyarakat? Cukup untuk membiayai desa? Sudah bisakah desa menjadi mandiri dalam urusan anggaran atau pembiayaan?

Pertanyaan di atas dapat kita jawab ketika kita memiliki Badan Usaha Milik Desa yang telah berjalan dan menghasilkan. Menghasilkan tidak hanya dalam tubuh BUMDes, namun sudah bisa memberikan manfaat bagi desa dalam bentuk pendapatan asli desa.

Adanya Pendapatan Asli Desa yang bersumber dari hasil usaha BUMDES sangat penting. Mengapa? Karena dengan adanya  pendapatan tersebut desa akan memiliki kemudahan dana dalam melakukan pembangunan tanpa bergantung dari pendanaan pemerintah di atasnya atau pemerintah daerah dan pusat. Sehingga desa dapat mandiri dalam pendanaan.

Jika selama ini dana desa menjadi  salah satu sumber pendanaan desa, maka kelak desa bisa membiayai dirinya dari pendapatan asli  desa yang bersumber dari BUMDes. Mungkin terdengar sulit, tapi lihatlah di berbagai desa yang sudah berhasil dalam mengelola BUMDes. Ketika BUMDes dikelola dengan baik, dengan profesional, pengelolaan BUMDes yang tepat tidak menutup kemungkinan desa mampu mandiri dalam hal anggaran.

Mandiri yang dimaksud bukan serta merta tidak menerima dana dari pemerintah, namun diartikan mandiri yaitu dalam berbagai kegiatan, berbagai pembangunan, desa tidak tergantung dari keberadaan bantuan atau gelontorkan dana pemerintah.

Menjadi Wadah Inovasi Warga Desa

BUMDes menjadi wadah inovasi desa? Benar! Pengelolaan BUMDes yang tepat dapat menjadikan BUMDes ‘dimiliki’ dan didukung penuh oleh masyarakat. Berbagai kegiatan produktif dapat dijalankan melalui wadah bernama BUMDes.

BUMDes dapat menjadi mitra, menjadi pusat kegiatan ekonomi desa, yang mana ketika BUMDes dikelola secara profesional, menjadi wadah inovasi warga. Maka kegiatan BUMDes dapat berjalan secara bersama-sama dengan kegiatan yang ada di tengah masyarakat.

Apa yang akan di dapatkan ketika BUMDes dikelola dengan tepat sebagai wadah inovasi warga desa? Selain keuntungan secara langsung bagi BUMDes dan juga bagi desa yaitu dalam bentuk pendapatan desa.

BUMDES juga dapat memberikan keuntungan bagi masyarakat desa pada umumnya yaitu terbantunya masyarakat desa untuk berinovasi, menciptakan produk, mengangkat potensi desa, menciptakan lapangan kerja, dan menjadi lebih produktif.

Ketika BUMDes  benar-benar hadir dan dikelola secara profesional, menjadikan munculnya berbagai kegiatan ekonomi dan inovasi di desa, maka hal ini tentu saja akan memberikan pengaruh terhadap meningkatnya perekonomian masyarakat.

Pengelolaan BUMDes Yang Tepat Akan Menjadikan Iklim Usaha Desa Yang Meningkat

Pengelolaan BUMDes yang tepat  tentu saja akan menciptakan iklim usaha desa yang meningkat. Adanya keterlibatan masyarakat desa dalam menyambut BUMDes patut dimaknai secara cermat. Bagaimana antusias warga desa ini, perlu diwadahi dan dijadikan satu faktor dalam pembangunan dan pengembangan BUMDes.

Ketika warga desa sudah memiliki kepercayaan dari BUMDes, saling mendukung, menjadi mitra BUMDes, dan terjadi banyak inovasi dari keberadaan BUMDes, maka iklim usaha akan tercipta. BUMDes akan memberikan banyak manfaat dalam iklim usaha desa yaitu; adanya lapangan pekerjaan dan peluang usaha turunan BUMDes.

Iklim usaha desa yang meningkat pada akhirnya akan mampu mengurangi angka pengangguran, warga desa dapat bekerja di berbagai kegiatan ekonomi baik yang milik BUMDes atau pun usaha masyarakat lainnya. Warga akan memiliki pendapatan tetap, sehingga warga desa dapat memenuhi kebutuhan rumah tangga atau bahkan memiliki tabungan lebih untuk masa mendatang.

Melihat iklim usaha desa seperti disebutkan di atas, maka kita paham bahwa begitu penting keberadaan BUMDes.  Pengelolaan BUMDes yang tepat tentu akan memunculkan berbagai keuntungan yang akan didapatkan baik oleh desa secara khusus dan masyarakat desa pada umumnya.

Oleh sebab itu  pengelolaan BUMDes yang tepat dan profesional menjadi wajib hukumnya. BUMDes harus dikelola dengan cara yang tepat dan profesional, dengan demikian makan BUMDes akan benar-benar memberikan manfaat dan keuntungan bagi desa dan warga desa.

Keberlangsungan  Roda Ekonomi  Desa

Pengelolaan BUMDES yang tepat akan menjamin adanya keberlangsungan perekonomian desa yang lebih stabil dan berkelanjutan. Iklim usaha desa yang telah tercipta, tidak boleh hanya sekedar musiman saja. Perlu adanya tidak lanjut dari iklim usaha desa, agar tetap dapat berlanjut. Di sini peranan BUMDes diperlukan.

BUMDes dapat memastikan usaha yang berkembang di desa, tetap dapat berjalan. BUMDes perlu melihat secara mendapat, apa yang menjadi kendala, apa yang tidak dapat dikerjakan oleh usaha yang berkembang di masyarakat. Lalu BUMDes mencari solusi, misalnya dalam pemasaran maka BUMDes bisa menjadi pemasar dari produk yang ada di masyarakat.

Di sini jelas, BUMDes menjalankan fungsi ‘membantu’ namun mendapat manfaat ekonomi. BUMDes bukan predator yang menghancurkan usaha masyarakat, namun memberikan dukungan dan solusi. Dengan demikian maka keberlangsungan roda ekonomi desa akan tetap berjalan dan berkelanjutan.

Ketika roda ekonomi desa tetap terjaga,  maka memudahkan desa dalam meningkatkan terpenuhinya kebutuhan-kebutuhan mendasar dan kebutuhan umum warga desa. Kebutuhan yang dimaksud seperti adanya fasilitas-fasilitas yang diperlukan oleh warga sesuai dengan karakteristik, potensi dan kebutuhan masyarakat desa. Kebutuhan untuk hidup sehari-hari dan juga kebutuhan kelancaran usaha desa.

Meningkatkan Kesejahteraan dari Fasilitas Atau Aset BUMDes

Ketika BUMDes berhasil, memiliki pendapatan yang cukup, dapat memberikan PADes yang cukup bagi desa. Maka Desa akan mudah dalam menjalankan berbagai program, misalnya untuk memastikan ketersediaan fasilitas umum, meningkatkan sarana dan prasarana.

Nah adanya peningkatan pendapatan BUMDes, tentu juga dapat dijadikan upaya pendanaan peningkatan fasilitas dan aset BUMDes. Misalnya pembangunan jalan, sarana ibadah, sarana pelatihan, tempat olah raga, dan lain sebagainya.

Pembangunan dan peningkatan fasilitas umum, sarana dan prasarana di atas akan dapat diwujudkan ketika desa memiliki pendanaan yang cukup. Dan kita ketahui bersama salah satu sumber pendapatan desa bisa didapat dari keuntungan usaha BUMDes.

Maka BUMDes harus dikelola secara tepat dan profesional. Keberadaan aset desa saat ini perlu dimanfaatkan demi kepentingan umum, melalui BUMDes. Bagaimana BUMDes dapat mengelola aset desa untuk menghasilkan profit yang akan digunakan untuk menambah atau meningkatkan aset dan fasilitas desa nantinya.

Diperlukan upaya kerja sama dari berbagai pihak tentu saja, baik dari dalam BUMDes, pemerintah desa, warga dan berbagai pihak lain. Upaya meningkatkan kesejahteraan warga desa menjadi tugas kita bersama termasuk warga desa itu sendiri.

Kesimpulan Pengelolaan BUMDes Yang Tepat

Kesimpulannya pembahasan kali ini adalah pengelolaan BUMDES yang baik, tepat, profesional dan berkelanjutan sangat penting agar keberadaan BUMDes dapat memberikan manfaat dan keuntungan yang maksimal bagi desa dan masyarakat desa.

BUMDES yang dikelola secara profesional tentu akan memberikan keuntungan baik pendanaan dan kesejahteraan masyarakat secara umum. Kegiatan usaha BUMDes patut kita dukung bersama, menjadi tugas kita bersama untuk mewujudkan Pengelolaan BUMDes Yang Tepat. Adanya pendapatan BUMDes mempermudah rencana pembangunan desa.

Demikian pembahasan kali ini, semoga memberikan manfaat. Jika ada pertanyaan, konsultasi, pelatihan, silakan hubungi kami. Terima kasih, semoga bermanfaat.  Salam. Ari Sedesa.id

Artikel Menarik
Cara Membuat Iklan Gratis di Era Digital
Cara Membuat Iklan Gratis di Era Digital