Strategi Promosi di Media Sosial
Strategi Promosi di Media Sosial

Strategi Digital Marketing di Media Sosial Sharing Baru Selling

Sedesa.id Strategi Digital Marketing Sharing Baru Selling. Kita tahu bahwa banyak strategi di dalam pemasaran, baik yang konvensional atau pun digital. Di dalam era digital, cara melakukan strategi digital marketing pun terus berubah. Perubahan strategi digital marketing tidak lain karena adanya perubahan pada perilaku konsumen.

Di dalam menjalankan digital marketing, saat ini saluran pemasaran atau media yang sedang ramai digunakan salah satunya adalah sosial media. Sosial media sebagai wadah interaksi sosial di ranah digital, memang sangat tepat jika kita sebagai pelaku usaha hadir di media sosial.

Hadir Di Media Sosial

Strategi digital marketing di media sosial yang pertama adalah kita perlu hadir di media sosial. Tentu ada banyak media sosial, lantas kita perlu untuk memilih media sosial mana yang tepat dengan produk atau jasa kita.

Menjawab pertanyaan media sosial yang tepat untuk usaha kita, maka kita perlu melakukan riset sederhana. Riset sederhana yang dimaksud adalah untuk mengetahui pengguna dari media sosial yang akan kita tuju. Apakah penggunanya sesuai dengan produk kita.

Setelah kita melakukan riset dan mendapatkan sosial media yang paling tepat dengan produk kita. Maka, kita perlu benar-benar hadir di media sosial tersebut. Kita jadikan media sosial yang telah kita pilih tersebut, sebagai media sosial utama, media sosial dengan target market utama.

Bagaimana dengan media sosial yang lain? Tentu saja kita tidak boleh melewatkan. Kita juga perlu dan harus tetap hadir di media sosial yang lain. Namun kita harus memilih satu yang jadi prioritas.

Bukan Sekedar Hadir dan Posting

Banyak pelaku usaha di dalam menjalankan strategi digital marketing belum maksimal. Kebanyakan bahkan tidak benar-benar menggunakan strategi digital marketing, namun hanya sekedar menggunakan media sosial lalu mengupload produknya.

Asal hadir, asal posting, tidak jarang membanjiri beranda media sosial dengan produk dan menjadikan pengguna lain yaitu calon pembeli justru ilfil.

Memang tidak mudah, kehadiran pelaku usaha di ranah digital perlu strategi yang mumpuni. Kita di dalam digital marketing tidak sekedar memindahkan tempat jualan dari konvensional ke digital atau bahasa umumnya jualan Online.

Jika kita memaknai media sosial sebagai lapak Online, tempat posting produk, tempat menawarkan produk, jualan, memang tidak salah. Namun tentu kita harus paham, bahwa pengguna media sosial ini juga mempunya kebiasaan. Kita perlu paham perilaku mereka di dalam menggunakan media sosial.

Lebih Dekat Dengan Pengguna Media Sosial

Media Sosial untuk jualan memang sangat efektif. Seperti yang telah kita bahas di atas, bahwa sosial media sebagai wadah berkumpulnya masyarakat di ranah digital. Kehadirannya pun, tidak sekedar untuk kebutuhan sosial teksting dan chating, namun juga dalam bidang usaha.

Sebagai pelaku usaha, kehadiran kita di media sosial akan mendekatkan brand atau produk kita kepada masyarakat secara luas. Ini sangat penting, sebab saat ini media sosial seolah tiada batas dengan kehidupan nyata.

Ketika kita bisa dekat, hadir di media sosial dengan baik. Maka produk atau bran yang kita tawarkan pun akan diterima dengan baik. Mungkin diawali dari penasaran, dari pertanyaan, namun jika telah terjadi pembelian, ada kepuasan, ada ulasan pembeli, maka dapat menjadi model pemasaran digital yang luar biasa. Viral marketing di media sosial.

Sharing Baru Selling

Kehadiran pelaku usaha di media sosial, seperti telah kita bahas, tidaklah cukup hanya hadir saja. Atau jangan sampai hanya main upload produk sesuka hati, membanjiri produk di beranda media sosial.

Kita harus peka, harus peduli terhadap pengguna media sosial. Pengguna yang dapat menjadi pembeli kita, menjadi pelanggan loyal. Mereka pengguna yang merupakan target market kita.

Cobalah perbanyak sharing, berbagi informasi yang tidak melulu soal jualan. Dekatkanlah diri kita yang menjadi perwakilan dari produk kita, menjadi agen penjualan yang tidak sekedar berjualan namun ‘berbagi’ informasi yang menarik.

Berbagi informasi, berbagi kebaikan, menceritakan produk dari sisi-sisi cerita yang dikemas dalam bentuk informasi dan menyenangkan. Bukan sekedar upload foto produk saja.

Semakin kita berbagi, semakin sering sharing hal-hal menarik dan berguna bagi banyak orang. Maka kita akan mendapat citra yang baik. Citra yang baik pada akhirnya memberi kepercayaan. Kepercayaan ini pada akhirnya akan berimbas pada kepercayaan produk yang kita tawarkan.

Maka, sebagai pelaku usaha, di dalam dunia digital, dalam strategi digital marketing, penting untuk senantiasa berbagi, senantiasa memperbanyak sharing, baru kemudian melakukan strategi selling.

More Stories
Penyusunan RPJM Desa dan RKP Desa yang Berorientasi Desa Mandiri
Penyusunan RPJM Desa dan RKP Desa yang Berorientasi Desa Mandiri