Produk Desa Beras Singkong Manfaat Tiwul Untuk Kesehatan

Tiwul Instan; Makanan Desa Menjadi Cemilan Enak dan Sehat

Sedesa.id Warisan kuliner nusantara memang tiada habisnya, jika kita diberi kesempatan berganti menu makanan setiap kali makan, maka waktu satu tahun tentulah tidak cukup untuk menghabiskah seluruh kuliner yang ada di nusantara ini.

Kuliner nusantara sangat beragam, mulai dari makanan berat sampai makanan ringan. Ragam olahannya pun terus berkembang, salah satunya adalah Tiwul, ya makanan berbahan dasar singkong ini kini telah banyak mengalami inovasi.

Tiwul menjelma tidak hanya sebagai makanan pokok di beberapa daerah di pulau Jawa seperti Wonosobo, Wonogiri dan Gunung Kidul. Kini keberadaannya telah menjadi bagian dari pola hidup sehat, kebutuhan untuk makanan pengganti nasi, makanan untuk mereka yang diabetes dan makanan untuk yang ingin diet.

Tiwul yang telah mengalami inovasi yaitu dalam kemasan instan, memang memberikan kemudahan para penikmat kuliner nusantara untuk mendapatkan pangan sehat ini.

Tiwul Menjadi Cemilan Sehat

Tiwul sejatinya adalah makanan pokok penduduk, namun dalam perkembangannya Tiwul juga dinikmati dalam bentuk olahan jajanan tradisional. Olahan ini dengan berbagai varian rasa dan juga ragam bentuk olahan.

Keberadaan Tiwul sebagai jajanan memang tidak dapat diragukan lagi, saat ini di beberapa tempat misalnya di Yogyakarta, tempat yang berjualan jajanan pasar juga menyandingkan tiwul dengan aneka jajanan pasar seperti; cenil, ketan, puro, pethola, dan lain sebagainya.

Mungkin anak-anak jaman sekarang banyak yang sudah kurang paham dengan nama-nama jajanan pasar. Namun ketika mencicipi mereka akan takjub, betapa lezatnya jajanan pasar. Hal ini menjadikan keberadaan jajanan pasar tetap lestari.

Walau sudah berganti zaman, sudah banyak yang lupa nama, tetapi rasa yang disuguhkan tidak bisa dihindari oleh lidah. Siapa yang pernah mencoba kali pertama jajanan pasar, tentu saja akan ketagihan.

Desa Wisata Menyuguhkan Pangan Tradisional

Keberadaan kuliner tradisional seperti tiwul pun pada akhirnya menjadi salah satu pendukung kegiatan desa wisata. Pengujung tentu akan mencari oleh-oleh atau setidaknya mencari pangan lokal, maka menyuguhkan pangan lokal seperti halnya tiwul akan memberikan satu pengalaman tersendiri bagi pengunjung.

Ingat, di dalam menjalankan desa wisata setidaknya ada 3 hal yang perlu diperhatikan yaitu; 1. Apa yang dilihat, 2. Apa yang dirasa, 3. Apa yang dibawa pulang.

Apa yang dilihat bisa jadi pemandangan alam atau atraksi budaya yang ada dan juga wisata buatan yang disediakan untuk kebutuhan foto misalnya. Kemudian, apa yang dirasa bisa dijawab dengan kuliner asli desa yang tidak ada di tempat asal pengujung yang rata-rata dari kota. Maka jawabannya adalah makanan tradisional, tiwul salah satunya.

Kemudian apa yang dibawa pulang? Selain membawa pulang pengalaman, kemudian berbagai koleksi foto, tentu pengunjung ingin ada cindera mata, sesuatu yang menjadi ciri khas desa wisata yang dikunjungi. Ini bisa menyediakan kerajinan tangan atau pun olahan pangan. Tiwul instan misalnya bisa menjadi oleh-oleh bagi para pengunjung.

Resep Mengolah Tiwul Menjadi Cemilan Enak dan Sehat

Nah Yuk kita mengolah oyek alias tiwul alias beras singkong menjadi jajanan cemilan yang enak.
Bahan-bahan
3 cup oyek atau tiwul (beras singkong)
1/4 butur kelapa
1/2 sendok teh garam
200 ml air
1 saset santan instan
secukupnya Gula merah/ gula putih

Langkah
1. Cuci bersih oyek dengan cara mencuci di atas saringan dan dicuci dengan air mengalir.
2. Tiriskan sampai air bekas mencuci benar-benar kering.
3. Rebus santan dan air 200 ml sampai mendidih matikan api kompor.
4. Masukan oyek yang sudah dicuci biarkan meresap tambahkan gula putih/merah yang sudah disisir. Diamkan 15 menit
5. Angkat dan nikmati dengan campuran kelapa parut bisa ditaburkan.
6. Selesai. Siap dihidangkan.

Demikian pembahasan kali ini. Dalam menjalankan desa wisata, pangan lokal tentu menjadi salah satu hal yang perlu diperhatikan. Tidak hanya sebagai upaya melestarikan namun juga upaya mengangkat nilai ekonomi. Pangan lokal seperti Tiwul Instan di atas, nyatanya bisa menjadi salah satu bentuk upaya mengangkat ekonomi masyarakat. Baik dari olahan pangan, atau inovasi yang dilakukan.

More Stories
Prinsip Proposal Kelayakan Unit Usaha BUMDes
Prinsip Proposal Kelayakan Unit Usaha BUMDes