• Call: +6285643190105
  • E-mail: sapasedesa@gmail.com
  • Login
  • Register
Education Blog
  • Desa
    • Koperasi
    • BUMDes
    • Peluang Usaha
    • Materi dan Publikasi
  • Digital Marketing
  • Nalara Kopi
  • Sedesa TV
  • Layanan
    • Pelatihan Wisata Berkelanjutan
    • Pelatihan Pasar Rakyat
No Result
View All Result
sedesa.id
No Result
View All Result
Home PUSTAKA Materi Digital Marketing Lengkap

Cara Agar Bisnis Jarang Pesaing tidak mudah ditiru

Ryan Ariyanto by Ryan Ariyanto
Agustus 28, 2020
in Materi Digital Marketing Lengkap, Peluang Usaha
0
Cara Agar Bisnis Jarang Pesaing tidak mudah ditiru

Cara Agar Bisnis Jarang Pesaing tidak mudah ditiru

Share on FacebookShare on TwitterShare on WhatsappShare on TekegranShare on Tekegran

Sedesa.id Mencari Bisnis Jarang Pesaing Bagaimana Cara Agar Bisnis Anda tidak mudah ditiru pesaing?  Pertanyaan tersebut sering kali ditanyakan di grup Whatsapp yang saya ikuti, mengapa orang menginginkan sebuah bisnis yang jarang pesaing? Jawabannya bisa beragam, namun ini mengindikasikan bahwa di dalam dirinya masih ada ‘ketakutan’ untuk menjadi seorang pengusaha sukses. Kenapa? Karena pada dasarnya usaha yang Anda jalankan saat ini, jika pun tidak ada persaingannya maka suatu saat akan ada yang hadir menjadi pesaing? Mengapa demikian? Karena pada dasarnya usaha yang banyak atau ramai pembeli, maka akan banyak yang ingin mencoba menjalankannya, maka ketika Anda membuat sebuah usaha yang kemudian ramai pembeli, maka akan muncul banyak pesaing dari produk atau jasa yang Anda buat.

Persaingan usaha saat ini begitu pesat, keberadaan dunia usaha pun terus berkembang, bisa dikatakan setiap hari  akan lahir para pengusaha baru, hal ini bisa dimaknai sebagai sebuah tren yang positif. Tren positif dari kemunculan para pelaku usaha baru yang hadir dengan berbagai produk atau jasa yang coba mereka tawarkan. Ramainya atau geliat dunia wirausaha ini tentu saja dapat memberikan dampak yang positif bagi perkembangan dan kemajuan ekonomi di sebuah negara.

RelatedPosts

Kopi dalam Budaya Indonesia: Tradisi, Kekayaan, dan Pilihan Kopi Berkualitas

Profil dan Rate Card 10 Influencer Chef Paling Populer di Indonesia

Indonesia Produsen Kopi Terbesar ke-4 di Dunia Yakin nggak mau bisnis kopi?

Berbicara keberadaan pelaku usaha sebenarnya Indonesia masih sangat rendah. Jumlah, pelaku usaha di Indonesia baik mikro, kecil dan menengah, masih kalah dibanding negara lain. Karenanya pemerintah terus mendorong pada pengembangan usaha kecil mikro dan menengah, misalnya beberapa tahun terakhir pemerintah telah mendorong dan mencetuskan berbagai program sebagai upaya menumbuhkan dan mengembangkan pelaku usaha mikro kecil dan menengah.

Adanya dorongan dan upaya pemerintah yang serius dalam menumbuh kembangkan dunia usaha, maka berdampak positif dengan lahirnya banyak pengusaha atau pelaku usaha UMKM di Indonesia. Pada akhirnya, semakin ramainya dunia usaha ini pun kemudian akan menciptakan persaingan dan perebutan pasar atau konsumen bagi pelaku usaha, yang diharapkan adalah persaingan yang sehat.

Persaingan yang sehat tentu akan memberikan satu dampak positif terhadap keberlangsungan dunia usaha. Persaingan yang sehat dimaknai dengan para pelaku usaha saling berlomba-lomba dalam menciptakan dan menghadirkan produk atau jasa yang terbaik untuk pasar. Pertanyaannya kembali pada judul adalah bagaimana agar dalam menghadapi persaingan yang kian ketat ini, produk Anda tidak mudah ditiru atau diduplikasi, sehingga Anda dapat tetap menjadi pemimpin pasar dari produk Anda.

Ada tiga cara mendasar yang dapat Anda terapkan agar Anda dapat menjadi pemimpin pasar dari produk atau jasa yang Anda buat, sehingga Anda tidak hilang atau tersingkir oleh kehadiran produk dan jasa serupa di pasaran.

  • Membuat Usaha yang Sulit Ditiru Oleh Pesaing dengan Cerdas Menentukan Prioritas

Di dalam strategi untuk menumbuh kembangkan usaha, Anda dituntut menjadi cerdas dalam menentukan skala prioritas dari usaha Anda. Skala prioritas ini, akan memberikan kejelasan dari  produk atau jasa yang Anda tawarkan kepada pasar. Apa sebenarnya produk Anda, dan pasar yang seperti apa yang menjadi target usaha Anda.

Sebagai gambaran, di Kota Yogyakarta kita dapat menemukan banyak pelaku usaha di bidang kuliner salah satunya adalah kuliner yang lekat dengan para mahasiswa yaitu Warung Burjo atau Warmindo. Konsep yang diusung oleh Warung Burjo ini kemudian menjadi ramai karena mudah ditiru atau diduplikasi, akan tetapi setiap Warung Burjo sebenarnya memiliki ciri tersendiri bagi pelanggan. Sehingga para pemain baru dalam usaha Warung Burjo yang hanya ikut-ikutan dan meniru apa lagi meniru sampai pada menu tidak sedikit yang akhirnya tutup. Mengapa menjadi tutup? Karena tidak ada tujuan yang jelas, tidak ada pembeda di antara Warung Burjo yang lain.

Oleh sebab itu Anda harus memiliki skala prioritas dari produk Anda. Mesti telah banyak pemain dalam usaha yang Anda jalankan, ketika Anda telah memiliki tujuan yang jelas, perencanaan yang jelas, maka Anda akan dapat bertahan dan tetap memiliki potensi pasar yang besar sebagai pemimpin pasar. Sebab, yang hadir berikutnya akan menjadi pengikut pasar, selama mereka tidak mampu menghadirkan sesuatu yang baru atau pembeda dari usaha atau produk sebelumnya.

  • Bisnis Jarang Pesaing dengan Cerdas Mencipta Keunikan

Setelah Anda memahami apa yang menjadi prioritas dari usaha Anda,  dan telah mengerti seperti apa tujuan jangka pendek, menengah dan jangka panjang dari usaha Anda, selanjutnya Anda perlu untuk membuat ciri dari produk atau jasa yang Anda tawarkan kepada pasar. Ciri ini yang menjadi icon atau pembeda antara usaha yang Anda jalankan dengan usaha atau produk dari milik pesaing.

Mengambil contoh yang sama dengan sebelumnya, di Kota Yogyakarta misalnya banyak Warung Burjo namun hanya sebagian kecil warung Burjo yang benar-benar memiliki ciri khusus,  baik ciri di dalam menu, ciri tempat dan fasilitas, dan juga ciri dalam pelayanan.

Oleh sebab itu, ketika Anda akan memulai sebuah usaha baru, agar usaha Anda tidak mudah ditiru oleh orang lain maka Anda perlu untuk membuat keunikan yang akan menjadi ciri khas dari usaha Anda. Dengan demikian, walau ada orang yang meniru usaha Anda tidak akan benar-benar mampu menggeserkan posisi Anda, karena Anda telah lebih dahulu hadir sebagai pemimpin pasar, dan tentu saja Anda telah memiliki citra yang baik dari produk atau jasa tersebut.

  • Cara Agar Bisnis Anda tidak mudah ditiru pesaing dengan Cerdas  Membuat Kebaharuan

Ketika Anda telah memiliki skala prioritas, kemudian mencipta keunikan dari produk atau jasa usaha Anda, selanjutnya adalah Anda harus cerdas dalam membuat kebaharuan  sebuah produk atau jasa. Kebaharuan yang dimaksud adalah usaha Anda harus terus berinovasi, hadir dan menjadi yang terbaru dari pesaing Anda. Walau pun Anda telah menjadi pemimpin pasar, Anda Jangan bersikap bertahan dalam satu produk dan satu model, karena pasar selalu meminta yang baru, yang terbaru, sesuatu yang memang dibutuhkan pasar karena kebutuhan konsumen selalu berkembang, maka produk Anda pun perlu ikut berkembang.

Kebaharuan sebuah produk, tidak dimaknai dengan membuat produk baru, namun mengembangkan produk yang ada untuk menjadi lebih baik atau disesuaikan dengan kebutuhan dan tren yang ada di pasar saat ini. Selain itu, di dalam melakukan  kebaharuan ini juga melingkupi hal-hal berikut: kebaharuan dalam hal pemasarannya, kebaruan dalam hal keunikan yang up to date, dan  berbagai kebaharuan lain. Agar produk Anda terus berada di puncak pasar, maka Anda tidak hanya diam diri,  namun terus berinovasi dan mengembangkan usaha Anda dengan tujuan dan target yang selalu diperbaharui.

Kesimpulan

Di dalam dunia usaha tentu  akan ada pesaing yang timbul kemudian, hal ini jangan dijadikan sebagai ancaman atau ketakutan dalam memulai dan mengembangkan usaha Anda. Selama kuta berpegang teguh pada prinsip-prinsip seorang pengusaha, maka kita akan dapat bertahan. Pada dasarnya konsumen sudah cerdas untuk menentukan di mana mereka akan membeli produk mereka. Sehingga tugas kita sebagai pelaku usaha adalah untuk terus melakukan serangkaian pengamatan dan pembaharuan dari produk dan jasa usaha kita.

Dari tiga cara cerdas di atas, ketika kita jalankan dengan sungguh-sungguh maka usaha Anda akan berjalan dengan baik, karena orang atau pelaku usaha baru atau pesaing akan sulit untuk meniru. Penting bagi kita sebagai pelaku usaha untuk melihat kembali apa yang menjadi skala prioritas dari usaha kita, melihat kembali apa yang menjadi keunikan dan ciri usaha kita, dan kemudian untuk mengembangkan produk atau jasa kita menjadi yang terbaru dalam usaha sejenis. Dengan demikian maka Anda akan menjadi pemimpin pasar.

Demikian pembahasan mengenai Cara Agar Bisnis Anda tidak mudah ditiru pesaing semoga dapat memberikan gambaran bagi sahabat sekalian yang sedang mencari referensi bisnis jarang pesaing, bisnis yang sulit untuk ditiru. Semoga pembahasan kali ini bermanfaat, Salam. Ari Sedesa.id

Bagikan ini:

  • Klik untuk membagikan di Facebook(Membuka di jendela yang baru) Facebook
  • Klik untuk berbagi di X(Membuka di jendela yang baru) X

Terkait

Previous Post

Cara Sukses Usaha Parcel Lebaran Peluang Usaha di Bulan Puasa Yang Menjanjikan

Next Post

Cara Membuat Pembukuan Keuangan BUMDes dan Usaha Kecil Menengah

Ryan Ariyanto

Ryan Ariyanto

Ryan Ariyanto aktif berkegiatan untuk desa, pemberdayaan masyarakat dan dunia digital marketing. Selain aktif mengelola sedesa.id, juga sebagai Peneliti Lepas Pusat Studi Ekonomi Kerakyatan UGM. Saat ini bekerja sebagai Analis Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka - Kampus Merdeka Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Related Posts

Sedesa.id Budaya Kopi dan Kualitas Kopi Indonesia
Nalara Kopi

Kopi dalam Budaya Indonesia: Tradisi, Kekayaan, dan Pilihan Kopi Berkualitas

by Ryan Ariyanto
Maret 5, 2025
0

Sedesa.id Indonesia adalah salah satu negara penghasil kopi terbesar di dunia, dengan beragam jenis kopi yang memiliki cita rasa khas....

Read moreDetails
Profil dan Rate Card 10 Influencer Chef Paling Populer di Indonesia
Peluang Usaha

Profil dan Rate Card 10 Influencer Chef Paling Populer di Indonesia

by Ryan Ariyanto
Februari 8, 2025
0

Sedesa.id Apakah Anda pernah berpikir atau mempunyai cita-cita menjadi seorang chef? Jika demikan tentu Anda tidak sing dengan banyak chef...

Read moreDetails
Indonesia Produsen Kopi Terbesar ke-4 di Dunia Yakin nggak mau bisnis kopi?
Nalara Kopi

Indonesia Produsen Kopi Terbesar ke-4 di Dunia Yakin nggak mau bisnis kopi?

by Ryan Ariyanto
Februari 2, 2025
0

Sedesa.id Indonesia dikenal sebagai salah satu negara penghasil kopi terbesar di dunia. Menurut data terbaru dari United States Department of Agriculture...

Read moreDetails

Tinggalkan BalasanBatalkan balasan

Archive

Most commented

Kolaborasi Koperasi Merah Putih, UMKM, dan BUMDes untuk Dorong Ekonomi Desa

Peran Koperasi Desa dalam Ketahanan Pangan dan Kesehatan Masyarakat

Sistem Monitoring dan Evaluasi Koperasi Desa Merah Putih

Pendanaan Koperasi Desa Merah Putih: Dari APBN hingga Dana Desa, Siapa Bayar Apa?

Struktur Organisasi Koperasi Desa Merah Putih: Siapa Mengatur, Siapa Diawasi?

Jenis Usaha Koperasi Desa Merah Putih: Jangan Hanya Simpan Pinjam

Seedbacklink
Banner BlogPartner Backlink.co.id
  • About us
  • Terms of service
  • Privacy Policy
Call us: 085643190105

Sedesa.id © 2025

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password? Sign Up

Create New Account!

Fill the forms below to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In
No Result
View All Result
  • Desa
    • Koperasi
    • BUMDes
    • Peluang Usaha
    • Materi dan Publikasi
  • Digital Marketing
  • Nalara Kopi
  • Sedesa TV
  • Layanan
    • Pelatihan Wisata Berkelanjutan
    • Pelatihan Pasar Rakyat

Sedesa.id © 2025

Eksplorasi konten lain dari sedesa.id

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca