Contoh Unit Usaha BUMDes Pelayanan Publik

Contoh Unit Usaha BUMDes di Bidang Pelayanan Publik

Sedesa.id Badan Usaha Milik Desa atau BUMDes atau BUM Desa, dan nama lainnya sesuai daerah masing-masing. Memiliki ragam unit usaha yang bisa mereka jalankan, salah satunya adalah dalam bidang pelayanan publik atau biasa kita kenal dengan bisnis serving. Seperti apa contoh unit usaha BUMDes pelayanan publik? Mari kita bahas bersama!

BUMDes serving adalah salah satu jenis BUMDes yang mana memiliki fokus dalam menjalankan bisnis sosial. Bisnis ini tujuan utamanya untuk melayani warga. Di masyarakat kita lebih sering mengenal jenis BUMDes ini sebagai unit usaha BUM Desa pelayanan publik.

Secara garis besar, jenis usaha ini tidak terlalu berfokus pada pencarian keuntungan finansial. Karena memang pada dasarnya motif mereka adalah sosial. Nah, keuntungan sosial atau dampak sosial ini yang menjadi nilai keuntungan dari jenis BUMDes Serving ini.

Sehingga dalam menjalankan unit usaha BUMDes mereka benar-benar melayani masyarakat tanpa terkecuali. Apa saja contoh dari unit usaha ini? Sebenarnya ada banyak. Namun dalam kesempatan kali ini, kita akan membahas tiga unit usaha BUMDes serving atau contoh unit usaha BUMDes pelayanan publik berikut ini:

1. Unit Usaha BUMDes Lumbung Pangan

Kebutuhan manusia akan pangan adalah kebutuhan pokok, yang mana kebutuhan ini tidak dapat tergantikan. Sehingga menjadi penting untuk setiap manusia bisa memenuhi kebutuhan atas pangan. Ketika kebutuhan atas pangan ini terganggu atau tidak terpenuhi, berbagai persoalan akan terjadi. Tidak hanya persoalan terkait kesehatan tubuh, namun juga persoalan sosial.

Manusia ketika tidak lagi mampu memenuhi kebutuhan pangan, maka mereka akan melakukan berbagai upaya agar bisa bertahan hidup, agar tetap bisa makan. Ini bisa dengan bekerja, namun bagi mereka yang tidak memiliki pekerjaan, lalu tidak memiliki pilihan, bisa melakukan hal-hal negatif yang tidak seharusnya terjadi.

Oleh sebab itu, perihal pangan ini menjadi penting untuk dapat tetap terjaga. Artinya dari sisi kualitas, kuantitas dan juga harga. Manusia harus tetap mendapatkan pangan yang berkualitas tinggi, tercukupi secara asupan atau porsi, dan mereka bisa mendapatkan dengan harga yang terjangkau dari sisi pendapatan harian mereka.

Desa tentu saja adalah lumbung pangan. Bahkan saya memiliki keyakinan jika desa mampu menjadi lumbung pangan nasional asalkan kita bersama memiliki fokus untuk desa dalam bidang pertanian. Tapa adanya fokus dan komitmen bersama, ya desa akan sama dari tahun ke tahun, menjadi bulan-bulanan ketika musim panen tiba, yang mana harga rendah dan ketika musim tanam pupuk mahal bahkan langka.

Ketika BUMDes akan menjalankan unit usaha lumbung pangan ini, maka perlu melihat terlebih dahulu apakah memang ada persoalan ini di masyarakat. Karena basis dari pada BUMDes serving adalah menjadi pemecah masalah, atau pemberi solusi dengan menghadirkan layanan yang sesuai untuk masyarakat.

Seperti situasi saat ini misalnya, pangan menjadi salah satu harapan. Ketika banyak warga kota tidak lagi bekerja karena PHK. Mereka kembali ke desa, kembali mencari penghidupan, mencari pangan dari desa yang pernah mereka tinggalkan karena mereka anggap tidak menjanjikan. Namun nyatanya pada masa krisis, desa adalah jalan pulang. Sehingga Contoh unit usaha BUMDes pelayanan publik yang patut Anda pertimbangkan adalah lumbung pangan desa.

2. Unit Usaha BUMDes Listrik Desa

Contoh unit usaha BUMDes pelayanan publik adaah listrik desa. Kebutuhan akan aliran listrik nyatanya belum benar-benar merata. Kita tahu bahwa masih banyak daerah terluar yang belum bisa merasakan aliran listrik seperti kita pada umumnya. Jika ternyata desa sahabat pembaca adalah yang mengalami persoalan perihal listrik ini, maka BUMDes sudah seharusnya hadir memberikan solusi.

Menjadi pelayan publik BUMDes bisa mendirikan unit usaha BUM Desa listrik desa. Ini juga sejalan dengan berbagai program pemerintah untuk melakukan pemerataan infrastruktur yang mana salah satunya adalah kecukupan akan listrik.

Desa melalui BUMDes bisa mengadakan pembangkit listri desa. Ini tentu perlu kerja sama dengan berbagai pihak. Misalnya dengan mengadakan kerja sama dengan PLN terdekat. Atau jika desa sahabat masuk area yang menjadi wilayah kerja BUMN atau Swasta, maka bisa mengadakan kerja sama dengan program CSR mereka.

Bisa kita bayangkan bersama jika listrik merata dan masuk ke desa, maka berbagai kegiatan ekonomi pun bisa berkembang. Berbagai peralatan yang selama ini tidak bisa berfungsi atau belum bisa digunakan karena tidak adanya listrik. Kini bisa berfungsi dan menambah kemudahan dalam berproduksi, misalnya bagi pelaku UMKM desa.

Listrik menjadi kebutuhan yang tidak kalah penting dalam kehidupan manusia hari ini. Berbagai kegiatan produktif membutuhkan adanya listrik. Maka, sudah menjadi sangat membantu jika BUMDes menjalankan unit usaha listrik desa. Tinggal bagaimana merancang dan membuat rencana usaha agar bisa terealisasi dengan  baik.

3. Unit Usaha BUMDes Air Bersih

Contoh unit usaha BUMDes pelayanan publik selanjutnya adalah air bersih. Kebutuhan manusia akan air adalah kebutuhan primer. Tentu saja kita patut bersyukur hidup di negeri yang memiliki sumber air tawar yang cukup. Namun dengan terjadinya berbagai perubahan lingkungan, alih fungsi hutan, menjadikan kita kian sulit untuk mendapatkan air bersih.

Bagi sebagian besar penduduk Indonesia mungkin air bersih bukan persoalan. Namun bagi sebagian yang lain, nyatanya keberadaan air bersih masih sangat sulit untuk mereka dapatkan. Misalnya sebagian besar desa-desa di daerah timur, yang mana secara tata letak geografis memang sulit mendapatkan air.

Maka, sudah seharusnya pemerintah desa mencari solusi akan persoalan air bersih ini. Pemerintah desa bisa memprakarsai dengan mendirikan BUMDes unit usaha air bersih. Harapannya tentu saja agar persoalan air bersih ini bisa teratasi, dan warga bisa mendapatkan kebutuhan air dengan mudah.

Sudah banyak desa yang mencoba unit usaha air bersih ini. Mereka mendirikan PAM Desa, yang kemudian dikelola oleh BUMDes. Bahkan ada yang sampai membuat produk air minum kemasan dari sumber mata air yang mereka miliki.

Karena berbasis masalah dan solusi, jenis unit usaha air bersih tentu mendapatkan sambutan yang baik dari masyarakat. Ketika mereka harus membayar untuk mendapatkan air, mereka pun rela. Di sini peran BUMDes sangat penting, bagaimana bisa menghadirkan air bersih yang dari sisi harga tetap terjangkau.

Kesimpulan Contoh Unit Usaha BUMDes Pelayanan Publik

Ada banyak unit usaha yang bisa kita jalankan yang berhubungan dengan pelayanan publik. Ini tidak lepas dari banyaknya potensi yang ada. Desa adalah potensi ekonomi bagi Indonesia, oleh sebab itu menjadi penting untuk menghidupkan berbagai potensi yang ada

Untuk bisa menggali potensi yang ada maka, pengelola BUM Desa Harus Memiliki Inovasi dan Kreativitas. Dengan memahami petingnya inovasi dan kreativitas, maka harapannya kita benar-benar bisa menjalankan atau mendirikan BUM Desa yang sukses.

Demikian pembahasan mengenai Contoh Unit Usaha BUMDes Pelayanan Publik. Semoga dengan pembahasan ini bisa menjadikan kita bersama untuk menghadirkan unit usaha yang bisa melayani dan memberi solusi atas persoalan yang ada.

Semoga pembahasan kali ini memberi manfaat, tetap semangat dalam membangun desa untuk Indonesia. Salam Ari Sedesa.id

Artikel Menarik
Mengenal Lebih dalam BUMDes Dengan Tipe Banking