BUMDes Digital

BUMDes Digital Solusi Desa Di Saat Krisis

Sedesa.id BUMDes Digital Solusi Di Saat Krisis. Apa yang dapat dilakukan BUMDes di saat krisis? Pertanyaan ini sering ditanyakan di dalam grup Sedesa.id dari pertanyaan ini kemudian muncul berbagai diskusi dalam upaya menghadapi dan mengalahkan krisis.

Salah satu yang menarik adalah krisis yang terjadi karena pandemi covid ini akhirnya menyadarkan kita bersama bahwa sudah saatnya kita menuju dan memasuki era digital. Tidak heran jika BUMDes Digital Menjadi Solusi Di saat krisis.

Pertanyaannya bagaimana dengan Badan Usaha Milik Desa di Desa Anda? Apakah sudah memasuki era online ini? Sudah menjadi bagian dari BUMDes digital atau bahkan belum dapat bergerak maju dan memberi arti serta manfaat bagi desa dan masyarakat. Apa program yang dilakukan dalam kondisi krisis seperti saat ini?

Krisis Mengubah Pola Kehidupan Menjadi Digital

Kita tahu  bahwa pandemi yang menjadikan krisis di berbagai sektor kehidupan secara paksa mengubah pola kehidupan kita.  Mulai dari jaga jarak, pola hidup sehat, tetap menahan diri di rumah saja, menjalankan aktivitas dari rumah, bekerja dari rumah, ibadah dan sekolah.

Ketika semua ‘dipaksa’ untuk dikerjakan dari rumah. Maka mau tidak mau yang dapat menjadi jembatan dari keseluruhan aktivitas kita adalah keterhubungan melalui internet. Itu mengapa perlu bagi kita menjadi BUMDes Digital.

Kita patut bersyukur karena jaringan internet saat ini sudah hampir merata di seluruh Indonesia. Hal ini menjadikan kita bisa saling terhubung satu sama lain. Menjadikan semua orang memiliki kesempatan yang sama dalam mengakses informasi dan juga memberikan informasi.

Pola kehidupan yang berubah ini, tentu perlu BUMDes lihat sebagai peluang. BUMDes harus gerak cepat dalam menyelamatkan kegiatan ekonomi dari unit usaha BUMDes. Bagaimana BUMDes Digital hadir dan memberi jawaban dari kondisi krisis yang terjadi, memberi kabar baik kepada masyarakat dengan beragam inovasi yang dapat dilakukan.

Pola hidup berubah, maka segala cara pun akan berangsur berubah. Jika BUMDes hanya berdiam diri, desa juga berdiam diri, masyarakat akan semakin terpukul oleh krisis. Walau kita tetap yakin bahwa masyarakat di desa memiliki daya tahan dan cara sendiri dalam menangani krisis. Sudah saatnya menjadi BUMDes Digital.

Menjadi BUMDes Digital

Jika pola kehidupan telah berubah menjadi digital, normal baru atau kenormalan baru saat ini salah satunya adalah orang sudah semakin umum menggunakan teknologi digital dalam kehidupan. Orang belanja secara online, orang belajar secara oline, bekerja dari rumah berbasis online. Maka pelaku usaha pun perlu hadir dalam dunia online, perlu menjadi BUMDes digital.

Mengapa penting menjadi BUMDes Digital? Perubahan akan terus terjadi. Kita tidak pernah tahu rumus yang pasti dalam dunia usaha yang terus berubah, satu-satunya yang pasti adalah perubahan itu sendiri.

Jika konsumen atau pasar telah berada di dunia online, maka BUM Desa sebagai produsen pun harus berada di dunia digital. Mulai dari pemasaran, pelayanan, produksi, semua dapat dilakukan dalam dunia digital.

BUMDes digital tidak hanya dalam upaya memperluas pasar atau melakukan pemasaran. Namun bagaimana menjadikan unit usaha BUM Desa berbasis digital dan dapat diikuti dan dijalankan oleh masyarakat di desa. Misalnya dengan membuat toko online produk desa melalui BUMDes.

Jika masyarakat secara sadar untuk menggunakan platform yang dimiliki dan dikembangkan BUMDes, itu artinya BUMDes berhasil masuk dan diterima di tengah masyarakat yang sedang menuju kenormalan baru, menuju dunia online. Maka BUMDes Digital wajib hukumnya.

Dunia Digital memang sangat menarik, perkembangannya pun luar bisa. Bagi pelaku usaha termasuk BUMDes mengikuti perkembangan dan terlibat langsung dalam perkembangan dunia digital ini memang wajib hukumnya. Jangan sampai tertinggal dalam hal pemasaran produk utamanya, karena peralihan pola belanja dari konvensional menjadi digital.

Materi dan pembahasan terkait pemasaran, digital marketing dapat melihat pada kumpulan artikel berikut: Materi Digital Marketing Lengkap Halaman ini berisi Materi Digital Marketing lengkap, mulai dari apa itu digital marketing bagaimana menjalankan, konsep dasar, memilik strategi tepat, media yang digunakan, dan download desain secara lengkap.

BUMDes Digital Telah Ada Di Tengah-tengah kita

BUMDes Digital bukan sesuatu yang sulit dilakukan. Kita telah melihat BUMDes yang berhasil menjadi BUMDes Digital. Bagaimana mereka mengawinkan model usaha yang ada dengan teknologi atau berbasis digital.

Kita bisa menimba ilmu dari BUMDes yang sudah berhasil memasuki era digital. Belajar dari BUMDes Digital yang ada adalah satu cara percepatan yang bisa kita lakukan untuk mengikuti jejak kesuksesan BUM Desa.

Keberadaan BUMDes digital di tengah-tengah kita ini bisa menjadi motivasi dan media belajar. Kita tahu Presiden Jokowi telah memberikan apresiasi luar biasa. Berikut daftar Nominasi Bumdes Digital yang diwawancarai oleh Presiden Jokowi, pada tanggal 1 Juli 2020.

  1. Bumdes Panggungharjo
  2. Bumdes Au Wula Ende
  3. Bumdes Khazanah bogor
  4. Bumdes Citra Abadi bondowoso
  5. Bumdes Mattuju, Pitue sulse
  6. Bumdes Maju, Indramayu Jabar
  7. Bumdes Ngudi Sejahter, Ngunut Tulungagung Jatim
  8. Bumdes Tanjung Karya, Bojonegoro.
  9. Bumdes Tujuh Maret, Hadakewa, Lembata, NTT
  10. Bumdes Maju Bersama, Lampung Barat, Lampung
  11. Bumdes Sahabat, Sumbawa, NTB
  12. Bumdesa Pudak Kencana,Desa renggeng,Karanganyar,Kebumen,Jawa Tengah
  13. Bumdes koto panjang sepakat, Riau
  14. Bumdes Buduma, Serdang Bedagai
  15. Bumdes Kemuning, desa Kemuning Kab Sumbawa Barat

Badan Usaha Milik Desa di atas menjadi contoh bagi Desa dan BUMDes lain untuk bisa mengikuti cara dan jejak mereka dalam membangun dan mengembangkan Badan Usaha MIlik Desa berbasis digital. Karena setiap desa, setiap BUMDes memiliki kesempatan yang sama di ranah online, selama mau memulai dan menjalankan secara serius dan profesional.

Kesimpulan

Kehidupan berubah seiring perkembangan jaman. Kaitan dengan krisis kita hanya dipercepat untuk berubah dari pola kehidupan sebelumnya menuju pola kehidupan baru. Teknologi rupanya menjadi jembatan penghubung di dunia baru, dalam kenormalan baru. Maka Badan Usaha Milik Desa harus bisa menangkap peluang dan juga tantangan dari perubahan yang ada.

Kunci utama yang dapat dilakukan untuk mengikuti jejak BUM Desa di atas adalah dengan memulai sekarang juga. Mulai mempersiapkan diri dengan bekal informasi dan pengetahuan berbasis teknologi, berbasis online. Maka menjadi Badan Usaha Milik Desa yang memberikan manfaat luas bagi masyarakat dapat terwujud. Demikian pembahasan kali ini, semoga bermanfaat. Terima kasih. Salam. Ari Sedesa.id

More Stories
Klik Untuk Download Buku Kepemimpinan Desa
Download Buku Kepemimpinan Desa PDF