Fungsi Perencanaan Unit Usaha BUMDes

Fungsi Perencanaan Unit Usaha BUMDes

Sedesa.id Apa yang menjadi penyebab BUMDes gagal dan mati suri? Salah satunya adalah tidak adanya perencanaan yang baik, sehingga unit usaha berjalan tanpa arah tujuan yang jelas dan terencana. Lalu apakah BUMDes yang berhasil karena memiliki perencanaan yang baik? Tentu saja! Untuk mempermudah memahami mari kita bedah apa fungsi penting perencanaan unit usaha BUMDes!

Sebagai pengelola BUMDes kita harus memiliki perencanaan yang baik dari setiap kegiatan unit usaha BUMDes. Perencanaan yang dirancang untuk tujuan-tujuan tertentu, baik dalam jangka waktu dekat, menengah atau jangka panjang. Tanpa kemampuan merencanakan yang baik, akan sulit bagi BUMDes berkembang dan maju.

Bagaimana bisa maju, jika apa yang akan kita kerjakan saja tidak benar-benar jelas, tidak terencana. Maka sejak awal penting untuk memiliki sumber daya manusia yang mampu membuat perencanaan yang baik. Tidak hanya berhenti pada perencanaan, namun juga memastikan perencanaan yang telah ada berjalan dengan baik. Pengelola BUMDes harus mampu melakukan pengukuran keberhasilan atau progres dari setiap kegiatan unit usaha BUMDes.

Apa Itu Perencanaan Unit Usaha BUMDes?

Apa Itu Perencanaan Unit Usaha BUMDes

Sebelum kita memahami apa fungsi penting dari perencanaan unit usaha BUMDes. Pertama-tama kita perlu memahami terlebih dahulu apa itu perencanaan BUMDes? Perencanaan BUMDes adalah suatu rangkaian persiapan tindakan untuk mencapai tujuan. Perencanaan unit usaha BUMDes merupakan pedoman, yang mana memuat garis besar serta petunjuk yang harus kita lakukan untuk mendapatkan hasil yang baik sebagaimana yang telah kita rencanakan.

Dalam membuat sebuah perencanaan BUMDes harus memusatkan kepada hal berikut ini; apa yang akan dikerjakan, apa yang menjadi tujuan jangka pendek dan tujuan jangka panjang untuk BUMDes serta mempersiapkan alat apa yang akan digunakan guna mencapai tujuan tersebut.

Maka untuk bisa mencapai tujuan BUMDes, dalam membuat perencanaan BUMDes kita harus mampu memprediksi sejauh mana kemungkinan tujuan yang kita tetapkan dapat kita capai. Prediksi ini kita lihat dari aspek ekonomi, sosial maupun lingkungan politik, dan juga melihat keterkaitan dengan sumber-sumber daya yang ada untuk mewujudkan rencana tersebut, baik itu sumber daya materi dan non materi.

Apa Saja Fungsi Penting Perencanaan BUMDes?

Apa Saja Fungsi Penting Perencanaan BUMDes

Setelah kita paham apa itu perencanaan unit usaha BUMDes. Selanjutnya kita perlu memahami apa saja fungsi penting perencanaan BUMDes? Sehingga kita harus melakukan perencanaan dengan baik untuk setiap kegiatan unit usaha BUMDes, tidak lain karena kita ingin BUMDes maju dan memberikan kontribusi untuk desa dan masyarakat.

Dengan kita membuat perencanaan yang baik dalam menjalankan unit usaha BUMDes maka kita telah memiliki gambaran akhir atau tujuan BUMDes dengan jelas. Selain itu perencanaan akan menjawab kemungkinan kegagalan dengan mengatasi sejak awal jika terjadi hambatan dalam perjalanan unit usaha BUMDes. Lebih lengkap, berikut adalah fungsi penting perencanaan unit usaha BUMDes:

Menentukan titik tolak dan tujuan unit usaha BUMDes

Kegiatan usaha yang baik, seperti halnya unit usaha BUMDes harus memiliki titik tolak atau landasan dan juga memiliki tujuan. Titik tolak ini perlu kita buat secara jelas, sehingga setiap perkembangan yang terjadi bisa kita lihat apakah semakin berkembang menuju tujuan, atau belum beranjak dari titik tolak.

Setelah membuat titik tolak, kemudian kita buat tujuan. Maksud dari tujuan adalah sesuatu yang ingin kita capai atau menjadi sasaran. Fungsi dari perencanaan dalam hal ini adalah menjadi alat yang digunakan untuk mencapai sasaran tersebut.

Untuk mempermudah kita buat contoh sebagai berikut; BUMDes ingin membuat unit usaha Desa Wisata, dalam contoh ini Desa Wisata adalah tujuan, sedangkan unit Pengelola Desa Wisata adalah perencanaan atau alat yang akan digunakan untuk mewujudkan tujuan yaitu Desa Wisata.

Perencanaan Menjadi Pedoman dan arah Unit Usaha BUMDes

Apa jadinya menjalankan sebuah usaha tanpa memiliki pedoman, dan arah yang jelas? Sama seperti kita menaiki kapal yang tidak membawa serta kompas, hanya terapung dalam lautan lepas, mencari daratan yang tidak tahu itu daratan apa. Ketika kita berhasil mendarat, bisa saja kita akan menemukan masalah karena bukan tempat yang seharusnya kita singgah.

Karena itu dalam menjalankan Unit usaha BUMDes kita harus membuat perencanaan apabila ingin mencapai apa yang menjadi tujuan. Perencanaan ini menjadi pedoman dan arah dalam menjalankan kegiatan usaha, selain itu akan memudahkan bagi pengelola atau karyawan dalam bekerja. Karena mereka memiliki dokumen pedoman yang menuntun mereka harus melakukan apa dan untuk apa.

Ketika BUMDes tidak memiliki perencanaan, maka sudah bisa kita lihat nasib dari unit usaha BUMDes akan menjadi BUMDes mati suri, karena tidak memiliki pedoman, dan arahan dalam melaksanakan aktivitas kegiatannya. Seolah-olah masih jalan dan menuju tujuan, ternyata hanya jalan di tempat, dan lama-lama gulung tikar.

Memudahkan Pengawasan dan Evaluasi

Pengawasan BUMDes dari Perencanaan Unit Usaha

Pengawasan kegiatan unit usaha BUMDes menjadi penting, kita tidak berprasangka buruk pada pengelola atau karyawan BUMDes, namun memang selayaknya sebuah perusahaan memiliki pengawasan yang baik. Dengan adanya perencanaan yang baik, maka kita dapat mengetahui atau mengawasi terjadinya penyelewengan.

Perencanaan memudahkan kita dalam melakukan pengawasan kegiatan unit usaha BUMDes, karena dalam perencanaan telah terdapat pedoman dan patokan dalam melakukan suatu usaha. Sehingga ketika unit usaha tidak sejalan dengan perencanaan yang telah ditetapkan, pengawas bisa melakukan penyelidikan mendalam, jangan sampai terjadi penyelewengan.

Pengawasan yang baik, dapat membuat evaluasi yang baik dan cepat. Sehingga ketika terjadi penyelewengan atau kekeliruan dalam pengelolaan, bisa dengan cepat merujuk pada pedoman perencanaan yang telah kita buat. Evaluasi ini menjadi sangat penting dalam menjalankan sebuah usaha, karena dengan adanya evaluasi kita bisa melihat sejauh mana keberhasilan atau kegagalan yang kita lakukan, dan memperbaiki untuk mencapai tujuan mendatang.

Perencanaan Memudahkan Koordinasi dan Mencegah Pemborosan

Unit Usaha BUMDes dijalankan oleh berbagai lintas unit kerja, bisa jadi ada irisan pekerjaan yang membutuhkan koordinasi guna mencapai tujuan bersama. Nah, adanya perencanaan yang baik akan memudahkan kita dalam melakukan koordinasi, sehingga tidak tumpang tindih wewenang atau tugas pekerjaan. Kemudahan dalam koordinasi ini akan memberi dampak kinerja BUMDes tentunya.

Selain memudahkan dalam koordinasi fungsi penting perencanaan unit usaha BUMDes adalah untuk menghindari terjadinya pemborosan. Agar tidak terjadi pemborosan waktu, tenaga dan material, maka dalam perencanaan kita perlu membuat langkah-langkah yang paling tepat dan memiliki alternatif.

Sebagai contoh, unit usaha BUMDes memiliki tujuan omzet penjualan untuk tahun depan meningkat menjadi 30%. Maka perlu menetapkan alternatif media promosi antara lain radio, majalah dan surat kabar dalam melakukan penjualan. Namun ada keterbatasan dana yang dimiliki, pilihan jatuh pada surat kabar karena dianggap realitas dan paling ekonomis.

Kemudian pengelola BUMDes tidak cukup hanya memilih surat kabar semata, perencanaan yang baik memerlukan pemikiran lebih lanjut tentang surat kabar apa, hari terbaik untuk iklan dan judul iklan, serta detail gambar atau konten promosi. Dan tentu saja memiliki ukuran keberhasilan atau KPI dari strategi yang akan berjalan tersebut.

Kesimpulan Perencanaan BUMDes

Perencanaan menjadi pedoman dalam menjalankan sebuah usaha seperti halnya BUMDes. Maka, kita wajib memiliki perencanaan BUMDes yang baik, bukan sekedar perencanaan yang hanya untuk kebutuhan dokumen administrasi semata, misalnya untuk kebutuhan pendanaan.

BUMDes yang memiliki tujuan jelas, pasti memiliki perencanaan yang baik, keduanya sejalan, dan dengan demikian maka menjadi BUMDes sukses bukan lagi sekedar wacana. Menjadi catatan, bahwa perencanaan BUMDes harus dibuat secara bersama, memuat berbagai kepentingan bersama, walau pun bisa meminta pendamping untuk membantu dalam menyusun perencanaan yang baik.

Nah, bagaimana perencanaan BUMDes di desa Anda? Apakah unit usaha BUMDes sudah memiliki rencana yang jelas? Atau masih menjadi unit usaha yang seperti kapal tanpa kompas? Masih tanpa arah di lautan lepas, tidak memiliki tujuan? Jika demikian maka segera membuat perencanaan BUMDes!

Demikian pembahasan kita kali ini mengenai pentingnya perencanaan unit usaha BUMDes, semoga dapat menjadi referensi bagi sahabat sekalian. Tetap semangat dalam membangun desa dan BUMDes. Terima kasih. Salam. Ari Sedesa.id

Artikel Menarik
Rekomendasi Desa Wisata Sleman Yogyakarta
Contoh Desa Wisata Dengan Berbagai Konsep