Website Jual Beli Rumah

Tips Aman Jual Beli Rumah Online

Sedesa.id Rumah menjadi salah satu kebutuhan primer, maka setiap orang berusaha untuk memiliki rumah. Mungkin saat ini sebagian orang masih tinggal di kontrakan, atau sewa rumah. Namun tentu ada rencana untuk memiliki rumah sendiri. Nah, salah satu kemudahan hari ini dalam mencari rumah adalah melalui website. Berikut adalah tips jual beli rumah online agar transaksi Anda aman.

Memiliki rumah impian tentu keinginan setiap orang. Kita semua memiliki gambaran idaman dari sebuah hunian. Namun ketersediaan lahan sering kali menjadi penghalang keinginan membangun rumah impian. Maka solusi yang bisa kita ambil adalah dengan mencari rumah yang paling cocok dengan impian kita, ya rumah yang sudah jadi atau siap huni.

Membangun Rumah Idaman

Rumah Impian Di Desa

Saya pernah memiliki impian untuk membangun rumah idaman saya di lokasi dekat desa wisata. Memilih lokasi yang jauh dari rutinitas sehari-hari sepertinya menyenangkan. Tren memiliki rumah di desa pun kini sudah umum, kita bisa melihat bagaimana orang-orang mulai memilih menghabiskan waktu pensiun di desa.

Akan tetapi memiliki rumah di desa tidak semudah dalam membayangkan. Berbagai pertimbangan pun perlu kita hitung dengan teliti. Semisal akses jalan, akses saranan umum, akses fasilitas umum, dan berbagai hal lainnya. Belum lagi, lahan yang tersedia tidak semua bisa kita jadikan untuk hunian, sebagian besar lahan adalah lahan pertanian yang mana belum bisa untuk alih fungsi lahan.

Maka salah satu solusi untuk mencari rumah atau membangun rumah di desa yang saya lakukan adalah dengan mencari berbagai informasi melalaui website jual beli rumah. Dengan bantuan informasi yang ada, saya bisa memilih dan menghitung untung rugi untuk lokasi atau rumah yang akan saya jadikan tempat tinggal nantinya.

Kemudahan informasi hari ini seperti tersedianya media jual beli rumah online memang sangat memudahkan kita untuk terhubung tanpa batas. Sahabat yang berada  di desa bisa memberikan informasi terkait kepemilikan rumah, misalnya untuk kebutuhan disewakan, atau misalnya akan menjual rumah.

Kemudian mereka yang ingin pindah lokasi, dari desa ke kota bisa mempersiapkan perpindahan dengan mencari informasi ketersediaan tempat tinggal melalui cara yang sama.  Baik untuk kebutuhan sewa, atau membeli rumah secara langsung.

Tips Jual Beli Rumah Online Aman dari Penipuan

Penipuan Jual Beli Rumah Online

Keberadaan website jual beli memang memudahkan kita dalam melakukan transaksi dengan orang lain. Transaksi yang tidak memerlukan waktu dan biaya lebih, dari jarak jauh bisa saling berbagi informasi dalam ruang digital. Seperti halnya ketika untuk mencari atau menjual rumah, kita tidak harus keliling ke berbagai tempat untuk mencari, cukup duduk manis dan menggunakan internet untuk mendapatkan berbagai informasi yang kita butuhkan.

Kemudahan dalam mendapatkan informasi jual beli kadang membuat pengguna lalai, tidak sedikit yang kemudian masuk dalam penipuan online. Berbagai modus penipuan dalam dunia jual beli pun terus berkembang, karenanya sering kali korban sulit membedakan mana informasi asli dan mana yang penipuan.  Tidak terkecuali ketika kita mencari informasi jual beli  rumah.  Nah, berikut adalah tips jual beli rumah online aman dari penipuan!

Jangan Pernah Transfer Uang Apa pun Alasannya

Modus paling umum adalah meminta untuk transfer uang muka atau tanda jadi. Berbagai alasan akan digunakan oleh penipu, kita harus hati-hati ketika mendapati permintaan transfer uang. Ketika kita melakukan jual beli rumah online, harap untuk tetap mencatat setiap orang yang menghubungi atau kita hubungi.

Modus transfer uang ini bisa beragam, salah satunya mencoba meyakinkan Anda bahwa rumah yang akan  Anda beli banyak peminat sehingga perlu tanda jadi. Atau ketika Anda sebagai penjual, penipu  akan berpura-pura sudah mentransfer uang ke rekening Anda, dan terjadi kendala sehingga Anda harus mentransfer uang ke rekening mereka sebagai prosedur. Jelas ini penipuan.

Tips Jual Beli Rumah Online dengan Transaksi Secara Langsung

Misalnya Anda jual rumah, dan ada orang yang mengaku akan membeli, kemudian meminta nomor rekening Anda untuk pembayaran. Sebaiknya Anda tidak segera memberikan nomor rekening Anda. Akan lebih aman jika semua dilakukan secara langsung.

Anda bisa menunda pembayaran secara online, karena alangkah lebih baik Anda bertemu dahulu, kemudian menyelesaikan semua urusan administrasi termasuk Notaris sebelum kemudian melakukan akta jual beli secara sah.

Cek Kepemilikan dan Sertifikat Secara Langsung

Penipu jual beli rumah online biasanya akan  mencoba membujuk Anda untuk melakukan pembayaran sebagai tanda jadi. Atau untuk syarat pertemuan. Anda jangan lakukan ini. Biasanya mereka akan meyakinkan Anda bahwa mereka memiliki rumah yang  akan Anda beli dengan mengirimkan bukti foto atau dokumen berupa sertifikat. Anda jangan terkecoh, Anda harus berhati-hari.

Untuk keamanan dalam melakukan transaksi jual beli rumah Anda harus melihat secara langsung lokasi dan bangunan rumah yang akan Anda beli. Cek kepemilikan dan sertifikat secara langsung. Jangan sekali-kali melakukan transaksi hanya berbekal kepercayaan, atau dikelabuhi dengan surat atau dokumen-dokumen yang dikirim secara online.

Gunakan Notaris Terpercaya

Jika Anda sudah melakukan pengecekan secara langsung, kemudian sudah melihat berbagai dokumen kepemilikan yang ada. Lalu Anda yakin untuk membeli, maka lakukan semua transaksi dengan menggunakan notaris terpercaya. Anda bisa mencari daftar notaris terpercaya di kota atau daerah Anda.

Masih banyak orang yang melakukan transaksi jual beli rumah hanya bermodal kepercayaan, membeli dan mendapat dokumen kepemilikan, membawa saksi, namun tidak melibatkan notaris dalam jual beli. Ini sangat berisiko, Anda tidak akan tahu apakah akan terjadi persoalan kemudian hari nanti.

Maka untuk tetap aman dalam melakukan transaksi jual beli rumah online, Anda harus menggunakan notaris terpercaya yang mana segala urusan terkait hukum jika suatu saat nanti terjadi kita memiliki landasan yang sah yang telah dibuat bersama notaris.

Kenali Website Yang Anda Gunakan

Tips Jual Beli Rumah Aman

Tips jual beli rumah online yang terakhir dan terpenting adalah memilih website penyedia jual beli rumah yang terpercaya! Melakukan  jual beli rumah secara online memang memudahkan kita dalam kecepatan mendapat informasi. Kita sebagai pembeli akan lebih mudah memilih, dan sebaliknya sebagai penjual akan lebih mudah mendapatkan calon pembeli potensial. Namun kita tetap harus berhati-hati yaitu  dengan cara mengenali website yang kita gunakan.

Dalam menjamin keamanan jual beli rumah secara online kita harus  memilih website jual beli rumah terpercaya. Website yang sudah terbukti memberikan keamanan bagi para penggunanya. Di luar sana terdapat banyak website yang menawarkan kemudahan jual beli rumah, salah satunya adalah situsproperti.com yang mana situs web ini saya rekomendasikan karena terbukti aman dan  terpercaya!

Nah demikian pembahasan kita kali  ini mengenai Tips Aman Menggunakan Website Jual Beli Rumah semoga bisa menjadi referensi sahabat sekalian dalam kebutuhan jual beli rumah. Kebutuhan akan kepemilikan hunian memang terus meningkat, dan lebih cepat untuk mendapatkan rumah impian sepertinya langkah yang bijak.  Terima kasih telah membaca. Salam. Ari Sedesa.id

Artikel Menarik
BUMDes Bersama; Pedoman Teknis Tata Cara Pendirian, Pengurusan Dan Pengelolaan, Dan Pembubaran
BUMDes Bersama; Pedoman Teknis Tata Cara Pendirian, Pengurusan Dan Pengelolaan, Dan Pembubaran