Membuat Youtube Desa

Membuat Youtube Desa Sebagai Media Promosi Gratis Di Era Digital

Sedesa.id Saat ini, informasi mengalir begitu deras, baik dalam bentuk artikel tulisan, gambar atau foto, audio dan juga video. Salah satu yang banyak diminati adalah Youtube. Bahkan para pembuat konten Youtube atau biasa disebut sebagai Youtubers kini seolah menjadi profesi tersendiri. Kali ini saya ingin membahas Membuat Youtube Desa Sebagai Media Promosi Gratis Di Era Digital.

Youtube Desa? Ya mengapa tidak Desa memiliki saluran Youtube sendiri, saluran yang bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan. Baik sebagai media informasi di kalangan warga desa. Media mempromosikan apa yang ada di desa. Dan berbagai kepentingan lain yang bisa dilakukan melalui saluran Youtube Desa.

Menjadi Terkenal Karena Viral

Sering kita menjumpai fenomena orang tiba-tiba terkenal. Sebelumnya dia bukan siapa-siapa. Namun kemudian seluruh Indonesia mengetahui, bahkan sampai ke luar negeri. Hal ini karena apa? Karena adanya sebuah video yang berisi suatu adegan atau kegiatan kreatif. Lalu video tersebut menyebar, termasuk melalui saluran Youtube.

Itu sebagai gambaran, betapa kuatnya video di era digital ini. Seseorang yang bukan siapa-siapa, karena sebuah video bisa menjadi terkenal dan bahkan dapat mengubah nasibnya.

Bayangkan jika Desa kita menjadi Viral! Potensi yang ada di desa dapat diketahui banyak orang. Misalnya potensi wisata. Maka secara otomatis terjadi kunjungan karena video viral berfungsi sebagai media promosi.

Youtube Desa Untuk Memasarkan Produk Desa

Youtube Desa sangat mungkin sebagai upaya untuk memasarkan produk yang ada di desa. Baik produk yang dibuat oleh BUMDes, Warga Desa, atau pun UMKM yang tumbuh di desa.

Youtube desa dapat mengambil peran sebagai pemasar. Media promosi. Jika video yang dibuat banyak diakses. Banyak orang melihat, bisa berpotensi viral. Ingat Video Viral iasanya menjadi satu parameter kesuksesan di dalam dunia pemasaran.

Bagaimana Cara Memulai Membuat Youtube Desa?

Gampang! Youtube bukan barang asing, bukan sesuatu yang baru. Warga desa pun sudah sangat familiar dengan Youtube. Jadi tidak ada kesulitan untuk membuat saluran Youtube Desa.

Desa bisa membuat tim yang mengelola media Desa salah satunya Youtube. tentu banyak pemuda desa yang telah paham dengan Youtube, bahkan tidak menutup kemungkionan di desa kita banyak Konten Kreator Youtube.

Loibatkan konten kreator Youtube yang ada di desa kita. Lalu jadikan satu tim untuk membuat Youtube Desa. Dengana danya tim ini, maka upaya mempromosikan Desa melalui Youtube dapat dilakukan.

Apa Saja Peralatan dan Siapa Saja Tim dalam Membuat Youtube Desa?

Peralatan yang diperlukan yaitu kamera video, dan komputer untuk editing. Kemudian akses internet. Sederhanaya, memerlukan  orang yang memiliki kemampuan mengambil gambar atau video. Memerlukan orang yang bisa melakukan vidio editing. Itu dulu.

Selanjutnya dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Tentu di awal-awal dapat dikerjakan dengan proses yang sederhana. Yang pasti, pesan yang ingin disampaikan dapat termuat dalam setiap video.

Memulai Membuat Youtube Desa

Selanjutnya kita menyiapkan Channel atau Saluran Youtube Desa. Cara membuat channel YouTube yaitu harus memiliki akun Google. Hal ini karena YouTube terintegrasi langsung dengan Google. Jika Anda belum memiliki akun Google dapat membuat terlebih dahulu akun Google, atau yang biasa kita sebut email Google (Gmail).

Nah jika sudah memiliki Email atau Akun Google, tinggal mengikuti langkah berikut. Cara membuat channel YouTube dengan mudah dan sepat:

  1. Buka situs https://www.youtube.com/ di browser PC atau Buka Aplikasi Youtube di Smartphone.
  2. Selanjutnya Klik Login di pojok sebelah kanan dan masuk dengan akun Google yang sudah dibuat.
  3. Setelah masuk dengan akun Google, pada pojok kanan atas, klik Akun.
  4. Pilh opsi Buat Channel atau Create Channel.
  5. Setelah itu akan muncul pop-up untuk memilih nama channel sesuai akun Google atau membuatnya sendiri secara kustom. Pilih kustom dan beri nama Channel seusai keinginan, yaitu Nama Desa Anda misalnya, Desa Makmur TV
  6. Setelah nama Channel dibuat, silakan centang syarat dan ketentuan, lalu klik buat channel.
  7. Channel YouTube Desa sudah berhasil dibuat.
  8. Selanjutnya kita bisa mengganti foto profil, deskripsi channel, dan memberi tautan ke situs atau media sosial yang dimiliki Desa.
  9. Setelah semuanya selesai kita bisa mulai mengunggah video tentang Desa kita.

Kesimpulan

Saat ini segala sesuatu mulai beranjak secara digital, terutama dalam hal komunikasi dan informasi. Desa pun dituntut hadir dalam ranah digital. Kita tentu telah banyak melihat contoh desa yang berhasil menerapkan digital di desa mereka, dan menjadikan mereka menerapkan sistem berbasis desa digital.

Youtube Desa tidak kalah penting! Selain sebagai media informasi di dalam internal desa, juga sebagai media dalam promosi ke dunia luar tentang apa yang dimiliki desa. Intinya harus mau memulai masuk dalam era digital ini. Termasuk dengan membuat Youtube Desa.

Demikian pembahasan kita kali ini mengenai Membuat Youtube Desa Sebagai Media Promosi Gratis Di Era Digital. Semoga pembahsan kali ini bermanfaat. Bagi yang belum subcribe Youtube saya, jangan lupa subcribe ya: Youtube Sedesa.id / Cara Ari. Salam. Ari Sedesa.id

More Stories
Menjaga Reputasi Usaha dengan Branding untuk Bumdes dan UMKM
Tips Sukses Digital Marketing; Komunikasi Digital Marketing