Syarat Menjadi Karyawan BUMDes dan Unit Usaha Bumdes
Syarat Menjadi Karyawan BUMDes dan Unit Usaha Bumdes

Syarat Menjadi Karyawan BUMDes dan Unit Usaha Bumdes

Sedesa.id Apa saja syarat menjadi karyawan BUMDes dan juga karyawan unit usaha BUMDes yang dapat diterapkan pengelola BUMDes dalam usaha melakukan rekrutmen karyawan? Penting bagi pengelola BUMDes menetapkan serangkaian syarat karyawan BUMDes yang mana syarat ini untuk mengukur kemampuan karyawan nantinya dalam mengelola atau menjalankan tugas dan pekerjaan dalam kegiatan unit usaha BUMDes. Seperti apa struktur dan rincian tugas pengeloa BUMDes dapat membaca artikel berikut: Contoh Struktur BUMDes beserta penjelasan Jobdeskripsi

Ketika BUMDes telah berdiri dan bersiap untuk menjalankan aktivitas usaha melalui unit usaha yang telah dirancang sebelumnya, tentu memerlukan tenaga kerja tambahan yang mana akan menjadi tenaga kerja dari unit usaha yang telah di tetapkan.

Mendapatkan karyawan yang tepat untuk diberi tanggung jawab pekerjaan tidaklah mudah, utamanya kita berbicara di skala lokal desa yang dalam hal ini kompetensi dari sumber daya manusia yang tersedia pun masih terbatas. Misalnya saja, ketika BUMDes akan menjalankan unit usaha pengolahan yang mana akan menggunakan mesin, tentu kita harus benar-benar mencari karyawan yang memiliki kompetensi dan kemampuan di bidang mesin pengolahan tersebut, bukan sekedar ijazah namun juga pengalaman.

Mencari pekerja atau karyawan untuk unit usaha BUMDes memang tidak selalu mudah, ada banyak hal, dan karena kita sebagai pengelola yang akan merekrut juga perlu mempertimbangkan banyak hal. Pertimbangan ini dimaksudkan agar nantinya BUMDes dan Unit Usaha BUMDes dapat berjalan dengan baik karena di isi oleh orang-orang atau karyawan yang tepat, yaitu mereka yang memang memiliki kompetensi di bidangnya.

Ketika kita memiliki karyawan yang tepat, maka unit usaha BUMDes  dapat berjalan sesuai dengan rencana usaha BUMDes yang telah disusun sebelumnya, karenanya di dalam melakukan rekrutmen karyawan perlu ada serangkaian metode dan Syarat Menjadi Karyawan Unit Usaha BUMDes yang ditetapkan oleh pengelola BUMDes.

Apa saja Syarat Menjadi Karyawan BUMDes dan Karyawan Unit Usaha Bumdes? Berikut adalah hal-hal penting yang perlu diperhatikan dan menjadi bagian dari syarat dalam memilih atau melakukan rekrutmen calon karyawan BUMDes atau pun unit usaha BUMDes.

1. Memiliki Kemampuan Dasar (Syarat Capability)

Capability dalam bahasa Indonesia adalah kemampuan. Seseorang yang akan menjadi karyawan BUMDes harus memiliki kemampuan dalam melakukan pekerjaan sesuai dengan unit usaha atau tugas yang akan diemban nantinya ketika bergabung dengan BUMDes.

Sangat penting agar orang atau calon karyawan BUMDes diseleksi dengan cara melihat kemampuan dasar yang dimiliki, karena kemampuan dasar ini nantinya akan sangat dibutuhkan dalam melakukan tugas dan pekerjaan. Kemampuan dasar yang harus dimiliki misalnya; kemampuan nalar, kecerdasan, sistematika dan cara berpikir.

Di dalam menentukan apakah seorang calon karyawan BUMDes memiliki kemampuan dasar, harus disertai dengan skill dan keahlian dalam melakukan pekerjaan yang akan dipilih atau bidang pekerjaan. Saat calon karyawan BUMDes belum atau bahkan tidak memiliki kemampuan dasar dan juga skill atau keahlian, maka calon karyawan BUMDes tersebut bisa dikatakan tidak akan mampu nantinya untuk melaksanakan tugas dan pekerjaan di dalam BUMDes atau unit usaha BUMDes.

Seperti apa cara menilai calon karyawan apakah mereka memiliki kemampuan dasar atau tidak? Ada berbagai cara yang dapat dilakukan dalam menilai apakah seorang calon kurayan BUMDes memiliki kemampuan dasar yang dibutuhkan, salah satunya dengan melakukan tes tertulis dan juga wawancara, jika diperlukan melakukan tes uji kerja atau praktik langsung.

Dalam melihat  kemampuan dasar ini, memang penting untuk benar-benar dinilai berdasarkan kemampuan langsung yang ditunjukkan dalam tes tertulis, wawancara dan tes praktik, tidak bisa hanya dilihat dari ijazah dan atau sertifikat keahlian yang dimiliki saja, akan tetapi perlu untuk benar-benar melakukan tes langsung.

2. Memiliki Kejujuran dan Integritas (Syarat Credibility)

Credibility dalam bahasa Indonesia adalah kredibilitas, yang mana pengertian dari kredibilitas adalah keadaan atau kondisi yang dapat dipercaya dan bisa dipertanggung jawabkan yang dimiliki oleh seseorang.  Dalam hal ini, maka seorang calon karyawan BUMDes harus memiliki nilai kejujuran dan juga integritas yang tinggi baik dalam pekerjaan atau pun kehidupan sehari-hari.

Syarat kejujuran dan integritas bagi calon karyawan BUMDes yang dimaksud adalah untuk menemukan atau mendapatkan calon karyawan yang dapat dipercaya dan dapat diandalkan dalam menjalankan dan mengemban tugas serta tanggung jawab pekerjaan dengan baik.

Bagaimana cara untuk menilai kredibilitas seorang calon karyawan? Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan melihat bagaimana rekam jejak dari pekerjaan calon karyawan sebelumnya, bagaimana rekam jejak calon karyawan di dalam kehidupan bermasyarakat.

3. Memiliki Kapasitas dan Kemampuan (Syarat Capacity)

Ketika akan melakukan rekrutmen karyawan penting bagi kita untuk mencari calon karyawan yang benar-benar memiliki kapasitas kemampuan yang dibutuhkan dalam pekerjaan menjalankan unit usaha BUMDes. Perlu dicari tahu sejak awal, apakah calon karyawan yang mengajukan lamaran memiliki kapasitas dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab dalam pekerjaannya nanti.

Bagaimana melihat kapasitas kemampuan seorang karyawan? Kapasitas kemampuan seseorang dapat dilihat dari keahlian atau ketangkapan dalam memecahkan masalah atau istilahnya kemampuan problem solving, bagaimana kemampuan karyawan di dalam mengerjakan atau menjalankan beban kerja yang berat, bagaimana cara karyawan mengatasi stres yang diakibatkan oleh pekerjaan dan bagaimana mereka dalam membuat skala prioritas di dalam pekerjaan.

Cara menilai apakah calon karyawan memiliki kapasitas kemampuan yaitu dengan memberikan beban kerja yang tinggi atau maksimal, dan memberikan deadline atau batas waktu penyelesaian pekerjaan. Jika seorang karyawan yang memang memiliki kapasitas kemampuan tinggi, maka akan mampu mengatur dan mencari solusi untuk menjalankan pekerjaan secara maksimal, jika pun dengan waktu yang terbatas.

4. Memiliki Kesungguhan dan Keseriusan (Syarat Commitment)

Kesungguhan dan keseriusan dalam menjalankan pekerjaan menjadi satu syarat yang wajib ada dan melekat di dalam diri dan kepribadian calon pekerja atau karyawan BUMDes. Karena di dalam menjalankan unit usaha BUMDes tidak mudah, diperlukan sumber daya manusia yang benar-benar memiliki sikap sungguh-sungguh dan serius, oleh sebab itu penting bagi kita dalam merekrut karyawan BUMDes agar bisa mencari dan mendapatkan seseorang yang memiliki komitmen tinggi di dalam menjalankan unit usaha BUMDes.

Ketika BUMDes dikelola oleh mereka yang memiliki kesungguhan dan keseriusan maka,  unit usaha BUMDes dapat berjalan baik, hal ini dikarenakan ada semangat yang secara langsung dan tidak langsung menyertai dalam setiap pekerjaan para karyawan. Bahwa mereka memiliki kesungguhan dan keseriusan, memandang jauh ke depan tentang kesuksesan yang harus diraih ‘tujuan’ BUMDes.

5. Memiliki Kreativitas (Syarat Creativity)

Bumdes dan unit usaha BUMdes sama seperti halnya usaha pada umumnya dalam hal ‘kegiatan ekonomi’ karenanya diperlukan pengelola dan karyawan yang memiliki kreativitas dalam menjalankan unit usaha BUMDes. Mengapa? karena di dalam dunia usaha tentu akan menemukan atau menghadapi berbagai kondisi yang diperlukan kreativitas untuk menyelesaikan persoalan atau kondisi yang ada dan muncul secara tiba-tiba.

Penting bagi unit usaha BUMDes memiliki karyawan yang dengan daya kreatif tinggi, sehingga ketika ada masalah dapat menyelesaikan dengan baik. Selain itu, kreativitas juga akan menentukan arah dari unit usaha BUMDes, karena dengan kreativitas daya  atau kemampuan dasar menjalankan sebuah usaha sudah di miliki di masing-masing karyawan dan pengelola BUMDes.

Mari kita lihat bagaimana BUMDes yang berhasil melaju dengan omset miliaran rupiah, mereka memulai dari satu ide yang diasah sedemikian rupa, dan dalam mengasah ide tersebut kreativitas sangat dibutuhkan. Kita bisa lihat banyak unit usaha yang mungkin terlihat biasa saja, namun berkat dari adanya kreativitas maka unit usaha tersebut dapat berkembang pesat dan menghasilkan laba yang luar bisa. Kreativitas dalam produk, kreativitas dalam bekerja, dan kreativitas dalam menyelesaikan dan menghadapi persoalan yang ada.

Bagaimana cara kita melihat ciri-ciri dari karyawan atau calon karyawan yang memiliki daya kreatif?  Pada dasarnya seseorang yang memiliki kreativitas tinggi dapat dilihat dari bagaimana cara mereka berpikir lain dari pada yang lain atau kita biasa menyebut berpikir out of the box, cara berpikir yang di luar dugaan orang biasa. Kemampuan kreatif seperti ini akan menjadi penting ketika nanti menjalankan usaha atau pekerjaan yang akan menambah perspektif baru, berkreasi dan melihat segala sesuatu menjadi peluang dalam BUMDes.

6. Memiliki Kecocokan dan Kepatuhan (Syarat Compatibility)

Seperti halnya perusahaan, di dalam unit usaha BUMDes atau lingkungan kerja BUMDes pun memiliki budaya kerja yang ditanamkan.  Budaya kerja yang dimiliki BUMDes ini sangat penting untuk diterapkan kepada semua karyawan yang terlibat di dalam pekerjaan bersama baik itu BUMDes atau pun unit usaha BUMDes dan bahkan kepada mitra usaha BUMDes.

Sehingga di dalam mencari calon karyawan BUMDes harus yang memang memiliki sikap kepatuhan dan kecocokan dengan budaya kerja yang telah dimiliki atau diterapkan oleh BUMDes dan juga unit usaha BUMDes. Seperti apa Prinsip Pengelolaan BUMDes? Silakan baca artikel berikut: Prinsip Pengelolaan BUMDes Pengurus BUMDes wajib tahu!

Kita perlu mencari calon karyawan yang benar-benar dapat bekerja sama dengan tim, dan memiliki sikap dapat bergaul dengan orang atau lingkungan kerja dengan baik. Selain itu calon karyawan juga harus memiliki kesamaan persepsi dalam upaya mencapai tujuan BUMDes.

Oleh sebab itu sejak awal perekrutan kita perlu untuk menekankan dan memberikan penjelasan tentang budaya kerja di unit usaha BUMDes kita, selain itu juga nantinya dalam penempatan karyawan harus memang memiliki kecocokan dan patuh terhadap budaya kerja yang ada di BUMDes.

7. Memiliki Perilaku Dasar (Syarat Character)

Seorang calon karyawan BUMDes perlu memiliki perilaku dasar atau karakter yang baik. Seperti kita ketahui bahwa setiap manusia memiliki perilaku dasar atau watak dasar yang ditunjukkan atau menjadi cermin dalam perilaku di kehidupan sehari-hari. Watak dasar ini dapat dilihat misalnya dari; sopan santun, tata krama, kemampuan dalam mengendalikan emosi, kemampuan dalam merespons suatu isu atau kejadian.

Penting dalam melakukan rekrutmen karyawan BUMDes untuk dapat mencari pribadi yang memiliki perilaku dasar yang baik. Ketika kita mengetahui karakter dasar seorang calon karyawan, maka kita akan mudah dalam mengambil keputusan, apakah karyawan tersebut cocok atau bisa diamanahi pekerjaan di BUMDes.

Bagaimana cara untuk melihat perilaku dasar seseorang? Caranya sangat banyak, salah satu yang sering digunakan untuk melihat perilaku dasar seseorang adalah dengan melakukan tes Karakteristik Pribadi. Dari hasil tes tersebut kemudian kita dapat melakukan perbandingan atau membandingkan perilaku dasar calon karyawan tersebut dengan rincian tugas yang akan dikerjakan.

Kesimpulan

Tentu kita menginginkan agar BUMDes dan unit BUMDes di desa kita dikelola dan dijalankan oleh orang-orang yang memang memiliki kapasitas dan memenuhi syarat sebagai pengelola atau pun karyawan BUMDes. Ini tidak lain karena kita menyadari BUMDes bukan hanya milik segelintir orang, namun milik kita bersama, milik desa, milik masyarakat, yang mana keberadaannya diharapkan akan mampu menjadi  moto penggerak dalam upaya kebangkitan ekonomi di lokal desa, sehingga BUMDes harus dapat berdiri dan berhasil dalam menjalankan unit usahanya.

Keberhasilan BUMDes bukan sebuah trik sulap, di dalamnya tentu banyak orang yang bekerja keras untuk mewujudkan dari keberhasilan dan tujuan BUMDes, orang-orang tersebut dapat kita pilih sejak awal, yaitu mereka yang memang benar-benar memiliki kapasitas. Seperti disebutkan di atas, sebagai gambaran syarat yang bisa kita ajukan untuk calon karyawan BUMDes dan juga unit usaha BUMDes.

Pembahasan mengenai syarat menjadi karyawan BUMDes dan unit usaha BUMDes di atas bukan menjadi pedoman wajib atau sesuatu yang ada di dalam undang-undang atau peraturan pemerintah yang berkaitan dengan BUMDes. Syarat yang kita bahas di atas adalah hasil dari diskusi dan pengamatan terhadap pengelola BUMDes yang berhasil menjalankan unit usaha BUMDes dengan baik.

Selain karyawan, kunci dari pada kesuksesan BUMDes juga terletak di kepala BUMDes atau direktur BUMDes, sebab dia yang bertugas membuat rancangan akan dibawa dan dijadikan seperti apa badan usaha skala lokal desa ini. Baca selengkapnya di: Direktur BUMDes Perlu Memiliki Tekad Entrepreneur . Selain direktur BUMDes juga perlu adanya peran aktif dari pemerintah Desa dalam hal ini juga keterlibatan dan dorongan dari Kepala Desa.

Demikian pembahasan kali ini mengenai Syarat Menjadi Karyawan BUMDes. Semoga yang sedikit ini dapat memberikan gambaran dan pemahaman untuk kita bersama, seperti apa sebaiknya karyawan yang direkrut atau dipekerjakan oleh BUMDes, sehingga BUMDes dapat berjalan maju menuju tujuan BUMDes sukses. Semoga bermanfaat. Salam. Ari Sedesa.id

More Stories
Pengertian Desa dan Kelurahan serta Perbedaan Desa dan Kelurahan
Pengertian Desa dan Kelurahan serta Perbedaannya