Inovasi Air Bersih Desa Belajar Dari Desa Jejangkit Timur

Inovasi Air Bersih Desa Belajar Dari Desa Jejangkit Timur

Sedesa.id Inovasi Air Bersih Desa Belajar Dari Desa Jejangkit Timur. Air masih menjadi persoalan di berbagai wilayah di Indonesia. Termasuk mereka yang tinggal di desa-desa. Persoalan tidak hanya pada air bersih untuk minum, bahkan pada kebutuhan air untuk pertanian.

Air memang menjadi salah satu sumber kehidupan baik  untuk manusia, hewan atau pun tumbuhan. Keberadaan air sangat penting. Oleh sebab itu upaya meratakan distribusi air menjadi pekerjaan bersama. Terlebih kebutuhan untuk pertanian dan juga air bersih untuk masyarakat.

Persoalan Air Perlu Dilihat Lebih Dalam

Air adalah kebutuhan pokok dalam kehidupan, air menjadi sumber peting dalam keberlangsungan hidup, terutama kebutuhan air bersih bagi manusia. Maka keberadaan sumber air menjadi sangat penting. Juga penting adanya Inovasi Air Bersih Desa.

Ketika daerah kita mengalami atau ada persoalan air, tentu akan berdampak pada berbagai bidang kehidupan yang lain. Utamanya yang berkaitan dengan air, misalnya usaha di bidang pertanian. Juga kebutuhan akan konsumsi air bersih.

Tidak heran jika selama ini pemerintah masih fokus membuat bendungan dan aliran irigasi. Hal ini untuk mendukung keberadaan air agar bisa merata. Ketika adanya irigasi air yang telah merata, maka usaha pertanian misalnya dapat ditingkatkan.

Banyak daerah atau desa yang mengalami persoalan air. Hal ini tentu saja perlu dilihat lebih dalam. Baik oleh kelompok masyarakat secara langsung. Atau pun melalui prakarsa pemerintah desa. Atau dengan memanfaatkan peranan BUMDes.

Desa Jejangkit Timur misalnya, selama ini menggunakan air tadah hujan dan air sungai sebagai sumber  air untuk kebutuhan sehari-hari. Menjadi persoalan adalah, air sungai di Desa Jejangkit Timur sangat masam, kalat dan berwarna merah/ keruh, sehingga tidak layak sebagai air kosumsi.

Maka warga desa hanya mengandalkan air hujan sebagai air bersih, yang sangat terbatas. Persoalan kelangkaan air bersih ini kemudian memunculkan inisiasi untuk melakukan inovasi desa. Inovasi guna menghadirkan instalasi air bersih bagi warga desa. Mari belajar dari Desa Jejangkit Timur.

Belajar Dari Inovasi Air Bersih Di Desa Jejangkit Timur

Desa Jejangkit Timur terletak di Kecamatan Jejangkit Timur, Kabupaten Barito Kuala, Kalimantan Selatan. Di wilayah Kalimantan Selatan memang telah banyak model instalasi air bersih yang dikelola oleh pemerintah melalui PDAM.

Keberadaan PDAM ini kemudian yang menjadi inspirasi dan motivasi warga untuk membuat PDAM versi mereka di Desa Jejangkit Timur. Ini menjadi salah satu contoh nyata Inovasi Air Bersih Desa.

Setelah memahami cara kerja PDAM dalam memenuhi kebutuhan air bersih, warga mulai secara swadaya melakukan uji coba dan merancang konsep. Pada akhirnya, konsep instalasi air bersih Desa Jejangkit Timur disetujui Pemerintah Kabupaten, dan dapat dilaksanakan dengan modal dari dana  desa.

Instalasi Air Bersih Desa Jejangkit Timur dimulai dengan biaya Rp. 250 Juta pada 2016, kemudian penambahan biaya Rp 250 Juta pada 2017, yang dikelola melalui Badan Usaha Milik Desa. Dana itu kemudian digunakan untuk pengadaan pipa air dan prasarana pendukung sepanjang 5 Kilometer.

Dengan keberadaan Instalasi Air Bersih ini, kini sekitar 150 kepala keluarga telah merasakan manfaat air bersih, atau sekitar 50% dari total kepala keluarga di Desa Jejangkit Timur. Target pemerintah desa, melalui BUMDes pada tahun 2019 ini keseluruhan warga sudah dapat menikmati fasilitas air bersih.

Pengelolaan Air Bersih melalui BUMDes ini dirasa sangat terjangkau dalam segi biaya, selama ini warga membayar Rp. 7000 per kubik atau setara dengan 1000/liter. Sistem perhitungan biaya yang digunakan pun telah lengkap, seperti yang digunakan PDAM yaitu dengan meteran. Usaha Desa ini menghasilkan Pendapatan Asli Desa rata-rata Rp. 4Juta per bulan.

Melihat keberhasilan Inovasi Air Bersih Desa. dalam upaya menghadirkan air bersih bagi warga desa. Dalam rencana, BUMDes Jejangkit Timur akan mendirikan usaha baru yaitu air kemasan siap minum, sehingga akan lebih banyak menjangkau kebutuhan air minum di daerah sekitar.

Kesimpulan

Warga Desa Jejangkit Timur melalui Badan Usaha Milik Desa dan Pemanfaatan Dana Desa, telah membuktikan bahwa Inovasi Air Bersih Desa. dapat diwujudkan selama ada kemauan untuk terus bergerak, membangun desa melalui inovasi dari kebutuhan atau persoalan yang terjadi di desa.

Dari Inovasi Desa Jejangkit Timur kita bersama belajar, bahwa desa mampu memenuhi kebutuhan dan menyelesaikan persoalan yang dihadapi. Semoga inovasi desa terus lahir di desa-desa dan memberi motivasi kepada seluruh desa, untuk terus berkembang dan berinovasi.

Demikian pembahasan kita kali ini mengenai Inovasi Air Bersih Desa Belajar Dari Desa Jejangkit Timur. Semoga pembahasan ini bermanfaat, dapat menjadi referensi sahabat sekalian. Terima kasih. Salam. Ari Sedesa.id

Artikel Menarik
Kesalahan Umum Pengelola BUMDes Saat Memulai Unit Usaha BUMDes
Kesalahan Umum Pengelola BUMDes Saat Memulai Unit Usaha BUMDes