Cara Membuat Profil BUMDes Yang Menjual

Cara Membuat Profil BUMDes Yang Menjual

Sedesa.id Cara Membuat Profil BUMDes Yang Menjual. BUMDes menjadi Badan Usaha di tingkat desa yang sangat menggoda. Menggoda dalam arti memiliki potensi luar biasa, oleh sebab itu banyak pihak yang tertarik dengan BUMDes. Maka diperlukan membuat profil BUMDes.

Apa itu Profil BUMDes?

Profil BUMDes adalah deskripsi atau penjelasan ringkas suatu BUMDes yang mencerminkan kualitas serta fokus kerja atau unit usaha  yang dijalankan oleh BUMDes.

Profil BUMDes sama seperti profil perusahaan (Company profil) akan sangat dibutuhkan ketika BUMDes akan mengajukan penawaran atau investasi kepada calon pembeli, investor maupun kerja sama dengan pihak lain yaitu mitra strategis bisnis.

Bagaimana Cara Membuat Profil BUMDes?

Di dalam membuat profil BUMDes diperlukan serangkaian langkah-langah, mulai dari menyusun data-data awal, menuangkan dalam konsep, lalu membuat desain yang siap edar. Berikut adalah beberapa panduan bagaimana cara membuat Profil BUMDes:

Lebih lengkap mengenai panduan cara membuat profil BUMDes dapat membaca artikel sebelumnya. Di dalam artikel sebelumnya disertai dengan contoh dan form yang akan memudahkan dalam membuat profil BUMDes, silakan menuju artikel berikut:

Cara Membuat Profil BUMDes Yang Menjual

Tujuan dari membuat profil BUMDes salah satunya adalah sebagai media atau dokumen yang akan disertakan ketika akan mengadakan kerja sama. Maka profil BUMDes harus dapat menarik dan memiliki nilai, sehingga calon investor atau mitra menjadi tertarik dan yakin dengan kerja sama bersama BUMDes kita.

Oleh sebab itu diperlukan strategi khusus di dalam membuat Profil BUMDes agar menjual. Bagaimana caranya? Berikut adalah cara yang dapat dilakukan: Contoh Profil BUMDes dan Formulir Pengisian Data BUMDes

1. Tulis Sejarah pendirian BUMDes

Menuliskan sejarah awal berdirinya BUMDes ini akan membuat calon mitra memahami bagaimana BUMDes didirikan.

BUMDes akan terlihat profesional jika memiliki dokumen tertulis mulai sejak dalam ‘ide pendirian’ sampai saat ini. Artinya setiap tahapan atau proses yang dilalui BUMDes tercatat dengan baik.

Maka, di dalam membuat profil BUMDes menjadi wajib hukumnya menuliskan sejarah pendirian BUMDes dengan baik dan benar. Hal ini akan menjadikan calon mitra mudah memahami bagaimana BUMDes; landasan dalam pendirian BUMDes.

2. Sampaikan Visi dan Misi BUMDes

Apa yang menjadi cita-cita besar dari pendirian BUMDes? Menjawab pertanyaan ini, maka dapat dituangkan di dalam profil BUMDes pada bagian Visi dan Misi BUMDes.

Di dalam membuat visi dan misi BUMDes harus bisa secara jelas menuliskan apa yang akan diraih di masa mendatang dalam waktu tertentu, dan juga cara-cara meraih atau mewujudkan cita-cita tersebut.

3. Cara Membuat Profil BUMDes Yang Menjual dengan Perlihatkan Sumber Daya Manusia

Buat struktur organisasi, jelaskan siapa saja yang menjadi bagian dari kepengurusan BUMDes. Apa keunggulan dari setiap person.

Kepemilikan sumber daya manusia di dalam BUMDes, tentu menjadi nilai lebih yang akan dilihat oleh calon mitra.

Calon mitra akan melihat dan menilai, apakah sudah tepat orang-orang yang ada dalam struktur organisasi BUMDes? Apakah sumber daya mumpuni, atau tidak mumpuni.

4. Tunjukkan Kinerja BUMDes

Profil BUMDes yang menjual tentu harus menyeratkan kinerja dari BUMDes. Maka penting untuk memiliki data dan dokumen terkait perkembangan dan kinerja setiap unit usaha yang sedang BUMDes jalankan.

Dalam menunjukkan kinerja unit usaha BUMDes ini, sebaiknya dilengkapi dengan data, foto, dan segala hal yang dapat menujukan adanya peningkatan dari perkembangan usaha.

5. Cara Membuat Profil BUMDes Yang Menjual dengan Membuat Gambaran Nilai Produk

Di dalam membuat profil BUMDes, perlu menyertakan yang namanya Gambaran Nilai Produk yaitu meliputi; produk, harga, promosi, placement, people, process, physical evidence.

Gunakan Jasa Pembuatan Profil BUMDes

Jika Anda bingung atau kesulitan di dalam membuat profil BUMDes, maka Anda bisa menggunakan jasa atau bantuan pihak lain. Tentu dengan menggunakan jasa pembuatan profil BUMDes akan memudahkan dalam membuat profil BUMDes.

Jika Anda membutuhkan jasa pembuatan profil BUMDes bisa menghubungi saya untuk proses pembuatan secara profesional. Silakan menghubungi melalui Whatsapp Ari Sedesa.id saya dan tim sedesa.id akan memberikan konsep profil BUMDes yang terbaik dan menjual.

Tim sedesa.id telah mengerjakan berbagai proyek terkait profil perusahaan dan BUMDes, tidak hanya dalam bentuk teks atau dokumen, namun juga dalam bentuk presentasi dan video. Sehingga lebih menarik dan menjual.

Kesimpulan Cara Membuat Profil BUMDes Yang Menjual

Membuat Profil BUMDes yang menjual adalah hal penting. Karena dengan adnaya profil BUMDes yang memiliki nilai ‘jual’ akan mempermudah BUMDes dalam menjalankan kerja sama nantinya.

Memang diperlukan keahlian di dalam mendesain profil BUMDes yang baik. Tidak sekadar dalam bentuk dokumen PDF profil BUMDes juga bisa dibuat lebih menarik dengan video animasi misalnya. Maka jika kesulitan, dapat menggunakan jasa yang kami sediakan. Kami siap membantu. Terima kasih. Salam. Ari Sedesa.id

More Stories
Produk Desa Beras Singkong Manfaat Tiwul Untuk Kesehatan
Produk Desa Beras Singkong Manfaat Tiwul Untuk Kesehatan