peluang usaha ikan hias

Peluang Usaha Ikan Hias Yang Sangat Menjanjikan

Sedesa.id Peluang Usaha Ikan Hias Yang Sangat Menjanjikan patut dijadikan peluang usaha yang Anda pilih karena memiliki prospek yang cukup menjanjikan. Kita bisa lihat di setiap tahunnya peminat pasar ikan hias di Indonesia terus meningkat. Berbeda dengan model usaha berbasis hobi lain, ikan hias cukup stabil.

Berbicara peluang usaha hobi memang tidak mudah. Namun untuk ikan hias ini, berbeda dari model usaha hobi yang pernah viral di Indonesia. Jika kita ingat perihal viralnya usaha batu akik, kemudian redub sampai hari ini. Atau usaha hobi tanaman gelombang cinta, yang saat ini sudah tidak banyak peminatnya.

Keberadaan ikan hias sebagai hobi tidak mengenal kalangan, tidak mengenal usia dan juga jenis kelamin. Semua orang dapat menjadi sasaran pasar dari ikan hias. Mulai dari orang dewasa, anak-anak, merupakan potensi pasar dari usaha ikan hias ini.

Melihat Potensi Pasar Peluang Usaha Ikan Hias

Jika melihat potensi pasar peluang usaha ikan hias tentu tidak hanya pasar di dalam negeri saja. Potensi pasar ikan hias sangat terbuka luas di pasar luar negeri, seperti negara tetangga bahkan ke seluruh dunia.

Keberadaan ikan hias di Indonesia sendiri mendapatkan angin segar di pasar ekspor. Seperti kita ketahui pemerintah Indonesia bahkan telah memiliki rencana menjadikan Indonesia sebagai negara pengekspor ikan hias terbesar di dunia pada tahun 2021 mendatang.

Tentu rencana pemerintah dalam bidang pemasaran ikan hias untuk ekspor ini akan membutuhkan banyak dukungan pelaku usaha. Sehingga usaha ikan hias ini patut untuk dilirik, bukan hanya pasar dalam negeri namun juga untuk menjawab rencana akan kebutuhan ekspor.

Jika kita lihat data ekspor ikan hias yang dilakukan oleh Indonesia kita tentu optimis. Data BPS (2019) menunjukkan bahwa nilai ekspor ikan hias tahun 2012 mencapai USD 21,01 juta, sementara tahun 2018 mencapai USD 32,23 Juta.

Bahkan pada semester 1 2019 nilai ekspor ikan hias sudah mencapai USD 16,54 Juta atau tumbuh sebesar 2,56% dibandingkan semester 1 2018. Data ini tentu menjadikan kita sepakat bahwa tren dari ikan hias sangat baik untuk di masa mendatang.

Dari data dan fakta di atas, menunjukkan bahwa ada potensi dan tren ikan hias Indonesia yang tidak hanya di dalam negeri namun juga prospek luar bisa di luar negeri. Hal ini jika dikonversi sebagai peluang usaha, peluang ekonomi, tentu sangat menjanjikan.

Peluang Usaha Ikan Hias di Dukung Keragaman Spesies Ikan Hias Indonesia

Peluang usaha ikan hias di Indonesia sangat terbuka lebar, mengingat Indonesia memiliki 1.300 lebih spesies ikan hias air tawar dan lebih dari 650 spesies ikan hias air laut. Keberadaan spesies ikan hias yang sangat beragam ini tentu menjadikan potensi yang kian terbuka.

Kita bisa memilih ikan hias mana yang akan menjadi ciri dari usaha kita, mengambil beberapa spesies untuk dijadikan produk ikan hias unggulan yang akan kita tawarkan kepada pasar baik pasar lokal atau pun ekspor nantinya.

Melihat keberagaman yang ada ini, tentu kita dapat melakukan pemetaan terlebih dahulu, jenis ikan hias seperti apa yang laku atau diminati di pasar lokal, dan jenis ikan hias yang diminati untuk pasar ekspor. Kita tentu tidak harus bermain pada banyak jenis di awal memulai usaha. Karena tentu setiap spesies memiliki kriteria dan cara budidaya yang berbeda-beda. Pemilihan apakah akan bermain di spesies air tawar atau memilih air laut juga patut dilakukan sejak awal.

Usaha yang berkaitan dengan peluang usaha Ikan Hias

Sebelum kita memulai usaha ikan hias ada baiknya kita memahami usaha yang berhubungan atau memiliki keterkaitan dengan usaha ikan hias. Usaha-usaha ini bisa menjadi mitra kita nantinya ketika kita akan memulai usaha ikan hias. Atau justru kita memilih salah satu dari usaha yang ada untuk dijadikan usaha kita.

Di dalam menjalankan usaha ikan hias memang tidak selalu mudah, tentu ada berbagai persoalan yang akan kita hadapi. Kunci dari pada menjalankan sebuah usaha adalah fokus.  Selama kita fokus dan terus belajar, maka kesuksesan pun akan kita dapatkan.

Peluang usaha apa saja yang berkaitan dengan peluang usaha ikan hias di Indonesia? Peluang usaha ikan hias yang berkaitan berikut ini mungkin bisa Anda coba salah satunya. Berikut adalah daftar peluang usaha yang berkaitan dengan ikan hias:

1. Peluang Usaha Ikan Hias dengan Membuka Toko Ikan Hias

Peluang usaha ikan hias yang pertama adalah dengan membuka toko ikan hias. Pernahkah Anda melihat ada deretan toko yang mana di sana menjual ikan hias di kota Anda? Selain menjual ikan hias bisanya juga menjual pakan untuk ikan dan pernak-pernik lain.

Tentu ketika kita akan membuka toko ikan hias, kita perlu merogoh kantong lebih dalam, karena modal yang dibutuhkan tentu akan lebih besar. Misalnya untuk sewa toko atau bangunan, kemudian membeli peralatan yang digunakan untuk display dan pemeliharaan ikan.

Di awal Anda mungkin hanya menjual ikan, namun setelah ramai pengunjung mungkin Anda bisa menjual perlengkapan dari hobi ikan hias ini. Anda bisa menjual akuarium, pakan ikan, pompa air, selang, filter, jaring ikan, tabung oksigen, dan lain sebagainya.

Bagi Anda yang memiliki bangunan atau rumah di area yang strategis dan masih memiliki ruang kosong di depan, bisa menggunakan untuk dijadikan toko ikan hias tentunya. Namun Anda perlu melihat terlebih dahulu apakah pasar ikan hias di area Anda cukup menjanjikan.

2. Peluang Usaha Ikan Hias dengan Usaha Aquascape

Peluang usaha aquascape ini cukup menarik untuk kita coba. Melihat tahun-tahun sebelumnya keberadaan aquascape cukup mendapatkan tanggapan pasar yang baik, masyarakat pecinta ikan hias pun mulai tidak sekedar memelihara ikan di dalam akuarium yang biasa pada umumnya. Masyarakat mulai mencoba seni dalam akuarium, seni menghias akuarium atau aquascape.

Aquascape merupakan teknik dalam menata tanaman air dan komponen lainnya seperti pasir, karang,  koral hingga kayu apung di dalam sebuah akuarium. Penataan ini akan menjadikan akuarium terlihat lebih menarik dan memanjakan mata bagi mereka yang melihatnya.

Tentu saja ketika kita memulai usaha aquascape ini, kita pun dituntut kreatif dan inovatif di dalam seni menata tanaman air tawar. Dengan berbekal kreativitas dan inovasi kita bisa menciptakan berbagai seni aquascape.

3. Peluang Usaha Ikan Hias dengan Budidaya Ikan Hias

Bagi Anda yang tertarik untuk budidaya, maka dapat mencoba peluang usaha budi daya ikan hias ini. Tentu ketika berbicara budi daya ikan hias, maka kita juga berbicara pangsa pasar yang jauh lebih luas dan keuntungan yang lebih besar.

Sebagai pelaku usaha ikan hias, ketika menjalankan usaha budidaya Anda sebagai produsen dapat menarget pasar yang beragam. Bisa dilihat dari jenis ikan, dan harga ikan hias yang akan Anda jual ke pasaran sebagai target market Anda.

Namun tentu ketika Anda memilih menjalankan usaha Budi daya ikan hias, Anda perlu memahami betul  seluk beluk dari dunia ikan hias ini. Bagaimana pola pemeliharaan, bagaimana bola pembenihan, karena setiap jenis pasti memiliki karakteristik yang berbeda seperti telah kita sebutkan di awal tadi.

Selain itu Anda juga harus memahami proses dari pemijahan sampai kemudian distribusi dan pemasaran ikan hias. Anda juga dituntut peka terhadap tren ikan hias, hal ini dapat dilakukan dengan melihat tren di tahun-tahun sebelumnya.

Tips Peluang Usaha Ikan Hias Sukses

1. Tips Peluang Usaha Ikan Hias Sukses: Menganal Jenis Ikan Hias

Tips peluang usaha ikan hias yang pertama adalah dengan kita mengenal jenis ikan hias. Seperti telah kita sebutkan sebelumnya bahwa di Indonesia memiliki banyak sekali ikan hias baik tawar atau pun air laut.

Dari jenis tawar dan laut saja tentu telah memiliki karakter yang berbeda. Memilih apakah ikan air tawar atau air laut di dalam budidaya juga menentukan produksi serta kebutuhan nantinya. Juga akan berpengaruh pada ketersediaan pasar.

Jika kita memilih ikan hias laut misalnya, kita butuh media air laut di dalam budidaya ikan hias air laut. Ini harus dihitung secara hati-hati, bagaimana karakteristik air laut, yang cocok dengan ikan hias, apakah nantinya ada perubahan setelah digunakan di daratan.

Selain itu tentu akan ada penyesuaian dan adaptasi dari ikan hias yang biasa di laut jika kita pindah ke daratan dengan media membawa air laut ke kolam di darat. Hal ini juga perlu diperhatikan, jika tidak risiko ikan hias kita akan stres  dan mati sebelum berhasil melakukan pembenihan.

Jika kita memilih ikan hias air tawar, ini pun tentu ada karakteristik yang berbeda. Ikan dari daerah Sumatera dan dari daerah Jawa misalnya, tentu ada perbedaan karakteristik, cara hidup, dan habitat aslinya. Sehingga perlu dilakukan pemeliharaan yang berbeda-beda.

Memilih jenis ikan hias ini juga perlu dilakukan dengan melihat pasar yang kita target. Jika pasar kita kelas menengah misalnya, maka yang cocok untuk kita budidaya adalah jenis ikan hias air tawar seperti; cupang, koi, black ghost, koki, ikan layang-layang, dan lain sebagainya.

2. Mengetahui Cara Pemeliharaan Ikan Hias

Tips Peluang Usaha Ikan Hias Sukses selanjutnya selain mengetahui jenis ikan hias yang akan kita budidaya. Tahapan selanjutnya adalah kita juga harus mengetahui bagaimana cara pemeliharaan ikan hias.

Di dalam melakukan perawatan terhadap ikan hias ini bisa dikatakan sulit dan tidak sulit. Tentu semua tergantung pada kita, jika kita memang memiliki keahlian tidak akan jadi masalah. Namun berbeda bagi kita yang belum memiliki pengalaman, pemeliharaan ikan hias akan sangat menyulitkan.

Di dalam budidaya ikan hias, setelah Anda memiliki kemampuan atau keahlian untuk menetaskan atau istilahnya memijah ikan hias selanjutnya adalah perawatan rutin sampai ikan hias besar dan siap dipasarkan.

Untuk urusan perawatan ini, Anda perlu untuk menjaga agar air tetap bersih, melakukan pemberian pakan tepat waktu dan sesuai ukuran, menjaga agar kondisi kolah selalu terawat alias tidak kotor.

Selain itu Anda juga perlu untuk memastikan bahwa media yang digunakan untuk menyimpan ikan hias selalu aman dari senyawa kimia atau keberadaan hewan air yang berbahaya seperti ikan predator. Kemudian suhu dan oksigen dari media juga perlu diperhatikan dengan seksama.

3. Tips Peluang Usaha Ikan Hias Sukses: Menjalin Kerja Sama Pemasok atau Distributor Ikan Hias

Tips peluang usaha ikan hias sukses selanjutnya adalah dengan menjalin kerja sama. Kerja sama yang dapat dilakukan baik dengan pemasok atau pun distributor dari ikan hias. Tentu kerja sama yang akan dilakukan disesuaikan dengan usaha ikan hias yang kita ambil.

Ketika kita menginginkan kemudahan namun tetap mendapatkan keuntungan yang lumayan, kita bisa menjadi pemasar ikan hias. Dengan mengambil langkah ini kita perlu mencari pemasok ikan hias dengan harga yang lebih rendah.

Selain itu kita bisa mencari pemasar atau reseller dan distributor ikan hias. Kita jalin kerja sama dengan mereka untuk menjadi agen pemasar dari ikan hias yang kita miliki. Tentu ini jika kita berbicara dalam skala yang besar dalam menjalankan peluang usaha ikan hias ini.

4. Pelajari Kompetitor

Apa pun usaha yang kita jalankan pasti ada pesaingnya atau kompetitornya. Sebelum kita menjalankan peluang usaha ikan hias ini ada baiknya sejak awal untuk melihat siapa saja yang telah bermain usaha ikan hias ini.

Memahami kompetitor perlu dilakukan sejak awal dan di saat usaha telah berjalan. Karena tentu ada persaingan, baik itu persaingan dari sisi harga, kualitas dan layanan yang di tawarkan. Sehingga perlu untuk selalu kita perbaharui apa yang telah dicapai oleh pesaing.

Atau ketika pesaing bermain di jenis ikan A kita bermain di jenis ikan B. Dengan demikian maka kita telah melakukan kesepakatan jenis masing-masing untuk menjadi peruntungan dalam berjualan. Tentu hal tersebut dilakukan dengan menjalin komunikasi dengan pesaing.

Kesimpulan

Demikian pembahasan mengenai Peluang Usaha Ikan Hias Yang Sangat Menjanjikan. Pada dasarnya peluang usaha ini memiliki pasar yang cukup baik, pasar dalam negeri dan juga pasar Eksport. Bagi pelaku usaha baik individu, UMKM dan juga Badan Usaha Milik Desa atau BUMDes dapat melihat peluang usaha ikan hias ini, sebagai salah satu unit usaha yang dapat dipilih.

Di Indonesia seperti telah disebutkan setiap daerah memiliki ikan hias dengan ciri yang berbeda-beda. Bagi BUMDes tentu ini adalah peluang usaha yang menarik, jika BUMDes menjalankan unit usaha ikan hias. Selain untuk jualan ikan hias, juga dapat dengan menjadikan ikan hias ini sebagai salah satu destinasi wisata, misalnya desa wisata ikan hias.

Baik pelaku individu, UMKM dan BUMDes, peluang usaha ikan hias ini tentu memerlukan berbagai pertimbangan awal. Tentu saja harus disesuaikan dengan letak geografis, peluang pasar dan kemampuan atau sumber daya manusia yang di miliki. Sebelum menjalankan unit usaha ikan hias tentu perlu membuat rencana usaha terlebih dahulu.

Demikian pembahasan kali ini. Bagi sahabat yang menginginkan untuk memasang iklan usaha UMKM dan BUMDes dapat menghubungi kami. Selama ini kami memberikan akses gratis untuk melakukan review produk dari pelaku UMKM dan BUMDes. Harapanya dengan adanya review di website produk sahabat sedesa dapat semakin banyak yang tahu dan akan memudahkan dalam promosi. Jika tertarik hubungi segera. Salam. Ari Sedesa.id

More Stories
Membuat Profil Bisnis di Era Digital
Membuat Profil Bisnis di Era Digital