Sedesa.id Tips Usaha Di Masa Krisis Ekonomi, kita tengah memasuki masa krisis yang diakibatkan oleh adanya pandemi Covid-19. Pandemi ini dalam catatan WHO telah melanda 208 negara di dunia, yang mana tidak memandang negara besar atau kecil, di timur atau di barat. Pandemi Covid-19 menyebar terus menerus.
Keberadaan Covid-19 pada akhirnya menjadikan berbagai lini kehidupan harus berhenti sejenak. Saat ini orang-orang harus di rumah, tidak boleh bergerak sebagai langkah mencegah penularan virus Covid-19. Tidak heran jika kemudian berbagai sektor industri pun harus terhenti.
Pandemi covid-19 pada akhirnya tidak sekedar menjadi krisis kesehatan namun juga krisis ekonomi. Banyak pelaku usaha yang menyebut dampak krisis covid-19 lebih mengerikan dibanding dengan krisis yang pernah terjadi sebelumnya. Jika kita melihat krisis 1998 misalnya, banyak yang menilai lebih mudah dihadapai di banding krisis ekonomi dari dampak Covid-19.
Di Indonesia kita telah melihat banyak industri yang harus melakukan PHK, harus mengurangi tenaga kerja. Juga tidak sedikit yang memilih tutup sementara, atau bahkan sudah gulung tikar. Bagaimana dengan pelaku UMKM dan BUMDes?
Pelaku UMKM pun tidak luput dari dampak krisis yang terjadi. Banyak pelaku UMKM yang sudah mulai kesulitan dalam produksi dan pemasaran. Hal ini juga dialami oleh usaha bersama desa seperti halnya BUMDes. Banyak BUMDes yang terkena dampak dari krisis ekonomi covid-19 ini terutama BUMDes yang bergerak di bidang jasa seperti pariwisata atau desa wisata.
Melihat Sejarah Krisis di Indonesia
Jika kita melihat krisis yang terjadi pada tahun 1998, 2008, dan 2015, para pelaku UMKM dan usaha bersama seperti halnya BUMDes terbukti lebih memiliki daya tahan dalam menghadapi krisis. Pelaku UMKM dan BUMDes terbukti mampu bertahan dan bahkan mampu keluar dari kondisi krisis yang pernah melanda Indonesia di tahun-tahun sebelumnya.
Tips Usaha Di Masa Krisis Ekonomi Apa yang menjadi kunci kesuksesan pelaku UMKM dan usaha bersama seperti halnya BUMDes untuk tetap bertahan, tetap eksis dan memiliki jalan keluar terhadap krisis?
Jawaban paling sederhana adalah karena adanya kreativitas dan inovasi yang tidak henti dilakukan. Kreativitas dan Inovasi yang dilakukan pelaku UMKM ini pada akhirnya membawa mereka keluar dari masa krisis dengan berbagai cara.
Di dalam menghadapi masa krisis fokus dari pelaku usaha UMKM dan BUMDes sangat jelas yaitu bagaimana cara menekan biaya operasional untuk tetap dapat menaikkan penjualan. Pelaku usaha UMKM dan BUMDes tidak takut dengan margin keuntungan yang kecil asal mereka masih dapat berproduksi dan melakukan penjualan.
Jika kita cermat, tentu apa yang dilakukan oleh pelaku usaha UMKM ini adalah kesetiaan pada konsep pemasaran tradisional yang telah kita kenal bersama yaitu; product, price, place, promotion.
Dari sisi product misalnya mengubah konsep kemasan produk. Biasanya dilakukan dengan memperkecil produk atau melakukan bundling produk. Begitu kemudian pada sisi harga dapat berkurang, pada sisi tempat pemasaran dapat dilakukan penyesuaian, sampai pada cara promosi atau penjualan.
Tips Usaha Di Masa Krisis Ekonomi
Bagaimanapun usaha harus tetap berlangsung. Bagi pelaku UMKM dan usaha bersama desa seperti BUMDes tentu usaha yang dijalankan harus tetap dapat menjadi dan memberi penghidupan. Oleh karenanya perlu dilakukan berbagai strategi yang dapat menyelamatkan usaha di masa krisis.
Saat ini tentu kita sangat sulit untuk mencari peluang pasar, namun bukan berarti peluang pasar benar-benar telah hilang. Masih dapat kita melakukan berbagai strategi dalam membuka pasar baru. Perihal bagaimana melihat peluang pasar baru dapat membaca artikel berikut: 3 Cara Menjual Produk Dengan Cepat dan terbukti berhasil
Jika kita melihat sejarah keberhasilan UMKM dan usaha bersama seperti BUMDes dalam menghadapi masa krisis, tentu kita optimis. Sejarah telah mencatat UMKM dan usaha bersama mampu menghadapi situasi sulit, yang mana ketika industri besar tumbang pelaku umkm dan usaha bersama masih dapat bertahan. Apa yang dapat dirangkum dari keberhasilan UMKM menghadapi masa krisis? Saya coba rangkum dalam tiga tips berikut;
- Kreativitas dan Inovasi Menjadi Kunci
Tips Usaha Di Masa Krisis Ekonomi seperti telah kita bahas di awal tulisan ini, bahwa kreativitas dan inovasi menjadi kunci sukses pelaku usaha untuk keluar dari masa krisis. Kreativitas dan inovasi ini akan membantu di dalam memahami keinginan Konsumen yang tentu saja berubah akibat krisis ekonomi.
Kemampuan pelaku usaha UMKM dan usaha bersama seperti BUMDes dalam berkreasi dan melakukan inovasi produk memang tidak dapat dianggap sepele. Kemampuan ini yang harus dipertajam dalam menghadapi krisis.
Pelaku usaha dapat melihat kembali pasar, apa yang dibutuhkan pasar, perubahan yang terjadi di masa krisis, kemudian membuat produk yang sesuai atau disesuaikan dengan kondisi pasar yang ada. Penyesuaian kondisi pasar ini dapat dilakukan dari sisi produk atau pun harga.
Tentang pentingnya inovasi bagi pelaku usaha khususnya BUMDes agar tidak gulung tikar dan mati suri telah saya bahas dalam artikel sebelumnya, untuk membaca dapat menuju artikel berikut: Bumdes Butuh Inovasi Agar Tidak Mati Suri
- Lakukan Kolaborasi / Kerja sama usaha
Tips Usaha Di Masa Krisis Ekonomi di dalam menghadapi masa krisis dapat dilakukan dengan menjalin kolaborasi dengan pelaku usaha lain. Kerja sama usaha dapat menjadi pintu keluar di dalam menghadapi masa krisis.
Sebagai contoh Anda memiliki usaha makanan ringan, teman Anda memiliki usaha empon-empon, Anda dapat memainkan paket camilan dan empon-empon lalu menjual paket tersebut secara bersama sama.
Menjalin kerja sama di masa sulit seperti krisis ekonomi saat ini, menjadi satu solusi yang dapat dipilih. Kolaborasi atau kerja sama yang dilakukan tidak harus dengan rekanan yang sejenis usahanya. Bisa dilakukan dengan berbagai lintas jenis usaha.
Kerja sama khususnya untuk BUMDes sangatlah penting. Dalam artikel sebelumnya saya sudah pernah membahas bagaimana kerja sama yang dapat dilakukan oleh BUMDes. Untuk membaca artikel tersebut silakan menuju artikel berikut ini: Membangun jaringan kerja sama BUMDes
- Manfaatkan Keberadaan Media Sosial untuk Digital Marketing
Keberadaan media sosial tentu menjadi salah satu juru selamat di dalam menghadapi krisis. Banyak gerakan, banyak kolaborasi, banyak usaha penjualan bersama yang dilakukan melalui media sosial.
Anda sebagai pelaku usaha pun harus hadir di media sosial, hadir di jaringan internet untuk menarik pasar dan mengikuti isu yang sedang terjadi tentang krisis atau pandemi yang melanda. Hal ini tentu menjadi Tips Usaha Di Masa Krisis Ekonomi yang wajib dilakukan.
Bagi Anda yang belum going digital dalam usaha, maka masa krisis seperti saat ini, karena adanya pandemi, tentu menjadi momentum agar Anda benar-benar memanfaatkan internet untuk jualan. Memang sangat penting ketika kita sebagai pelaku usaha memanfaatkan keberadaaan teknologi informasi di era digital 4.0 ini.
Untuk mendukung UMKM dan BUMDes going digital, saya telah menulis banyak artikel dan tutorial video di Youtube Cara Ari mengenai hal-hal yang perlu dilakukan di dalam memanfaatkan internet atau digital marketing bagi pelaku usaha dan bumdes.
Bagi Anda yang ingin membuat konten dalam jualan misalnya dapat melihat dalam artikel berikut Cara Membuat Konten Promosi Media Sosial
Kesimpulan
Tips Usaha Di Masa Krisis Ekonomi ini pada dasarnya pelaku usaha harus dapat melakukan adaptasi terhadap perubahan yang terjadi. Seperti saat ini ketika krisis melanda, maka kita sebagai pelaku usaha harus menjalankan berbagai strategi menghadapi masa krisis ekonomi ini.
Kreativitas dan inovasi menjadi kunci, hal ini karena orang yang memiliki kreativitas dan inovasi tinggi tentu akan dapat berpikir lebih maju lebih terbuka di dalam menghadapi krisis atau perubahan yang terjadi. Melihat peluang dengan melakukan kerja sama juga hal yang patut dilakukan. Kerja sama di masa sulit tentu tujuannya untuk sama-sama menyelamatkan usaha agar tidak gulung tikar.
Perubahan cara atau saluran pemasaran juga dapat dilakukan, seperti saat ini ketika orang tidak lagi bisa bebas keluar rumah maka belanja melalui online menjadi solusi. Maka penting dan menjadi momentum bagi pelaku usaha untuk menggarap secara serius pasar online.
Demikian pembahasan kali ini mengenai tips usaha di masa krisis semoga dapat membantu, dan dapat dilaksanakan. Semoga bermanfaat. Salam. Ari Sedesa.id