Peluang Usaha Menjelang Lebaran Menjanjikan
Peluang Usaha Menjelang Lebaran Menjanjikan

Peluang Usaha Menjelang Lebaran Menjanjikan

Sedesa.id Peluang Usaha Menjelang Lebaran Menjanjikan. Sahabat Sedesa, kita tahu bahwa bulan Ramadhan menjadi bulan yang penuh berkah bagi umat muslim. Keberkahan dari Bulan Ramadhan ini juga berlaku bagi para pelaku usaha. Di dalam Bulan Ramadhan, banyak peluang usaha yang bermunculan, yang dapat dimanfaatkan atau ditangkap baik pelaku usaha lama, atau pelaku usaha pendatang baru.

Peluang usaha di bulan Ramadhan begitu meningkat mulai dari peluang usaha kuliner, peluang usaha pakaian atau sandang, dan produk lainnya.

Tentu Sahabat Sedesa yang memang memiliki jiwa wirausaha tidak ingin ketinggalan momen untuk menangkap peluang dari berkah bulan Ramadhan. Nah bagi sahabat sekalian yang ingin memanfaatkan momen menjelang hari Idul Fitri atau hari raya nanti, Sahabat tentu masih memiliki kesempatan untuk meraup keuntungan dengan mencoba peluang usaha menjanjikan menjelang lebaran di bawah ini:

1. Peluang Usaha Ramdhan Membuat Kue Kering dengan Kemasan Unik

Selama bulan Ramadhan kita akan disuguhkan dengan berbagai pilihan kuliner seperti halnya kue, baik itu kue basah atau pun kue kering. Kue menjadi salah satu hidangan kuliner yang wajib ada di meja setiap rumah ketika hari lebaran tiba. Keberadaan kue kering akan mendominasi hidangan yang disajikan.

Tradisi atau kebiasaan menyediakan suguhan kue kering ini bisa menjadi peluang usaha yang menjanjikan. Jika selama ini kue kering masih terlihat monoton; yaitu monoton dari bentuk dan kemasannya, maka Anda bisa mencoba untuk membuat kue kering yang lebih ceria, kue kering yang lebih unik dari sisi bentuk dan kemasan.

Sebagai contoh jika selama ini tampilan dari kue kering menggunakan wadah berupa stoples atau plastik yang monoton atau polos, Nah Anda bisa mengubahnya dengan menggunakan bahan yang sama namun dihias sedemikian rupa dibuat lebih berwarna dan cerita khas lebaran, ketika kue ditampilkan dengan lebih berwarna dan menggugah selera, maka akan menarik minat calon pembeli.

Dalam penjualannya Anda bisa memanfaatkan keberadaan sosial media dan juga marketplace yang ada, selain itu Anda bisa memulai luasan pemasaran dari lingkungan sekitar. Di era seperti saat ini, jika kita ingin memanfaatkan pasar online, Anda juga perlu memikirkan model dalam pengemasan pengiriman, sehingga kue atau produk Anda tidak rusak di saat pengiriman.

2. Peluang Usaha Membuat Parsel Lebaran

Parsel adalah salah satu yang menjadi ciri khas saat hari lebaran tiba. Parsel menjadi salah satu pemberian menjelang lebaran yang banyak ditunggu, biasanya sebagai hadiah atau disertakan dalam tunjangan hari raya. Di masyarakat Indonesia pada umumnya masih menggunakan parsel di dalam berbagai momen istimewa seperti halnya saat hari lebaran. Oleh sebab itu mencoba usaha pembuatan parsel bisa menjadi peluang usaha menjanjikan yang laris manis saat Ramadhan dan menjelang hari raya lebaran.

Bagi Anda yang akan memulai usaha parsel menjelang Ramadhan dan lebaran, sebaiknya Anda membekali diri dengan kreativitas lebih, karena di dalam menciptakan parsel Anda harus bisa memiliki keunikan tersendiri dari parsel yang telah ada di pasaran. Dengan keunikan yang ada di parsel Anda maka akan memikat calon pembeli, karena parsel yang Anda tawarkan berbeda dari yang lain.

Dalam urusan memilih parsel tidak jarang para calon pembeli meminta parsel yang sesuai dengan selera mereka, oleh sebab itu Anda bisa menambah jasa pembuatan parsel sesuai dengan permintaan pembeli. Jasa pembuatan parsel sesuai permintaan ini juga ramai di saat menjelang lebaran, karena memang banyak orang yang membutuhkan parsel dengan sesuai keinginan dan anggaran mereka.

Lebih lengkap mengenai peluang usaha sukses dari usaha Parsel Lebaran bisa membaca artikel berikut ini: Cara Sukses Usaha Parsel Lebaran Peluang Usaha di Bulan Puasa yang Menjanjikan.

3. Peluang Usaha Membuat Kartu Ucapan bulan Ramadhan dan Lebaran

Di era serba digital seperti saat ini, keberadaan kartu ucapan bagi sebagian orang mungkin terasa kuno atau sudah ketinggalan jaman. Akan tetapi bagi pelaku usaha seperti Anda, tentu tidak bisa meremehkan begitu saja, karena kenyataannya masih banyak orang yang menggunakan kartu ucapan untuk dikirimkan kepada keluarga atau kolega, atau rekanan bisnis di saat lebaran.

Oleh sebab itu usaha pembuatan kartu ucapan untuk Ramadhan atau lebaran masih menjanjikan untuk Anda jalankan.
Bagaimana cara agar Anda mendapat keuntungan besar ‘menarik pasar’ dari kartu ucapan yang Anda buat? Pertama tentu saja Anda harus membuat kartu ucapan yang berbeda dari yang lain, berbeda dari segi desain yang Anda gunakan, dan juga berbeda dari kalimat yang Anda gunakan.

Sama halnya dengan usaha lain, saat ini banyak pelanggan yang menginginkan produk secara berbeda, maka Anda bisa membuat kartu ucapan berdasarkan permintaan atau pesanan dari pelanggan, mengenai desain, atau kalimat di dalamnya.

Dalam menjalankan usaha kartu ucapan ini Anda juga bisa bekerja sama dengan pembuat parsel, yaitu menjual kartu ucapan menjadi satu paket dalam parsel mereka. Selain itu di era digital seperti saat ini Anda juga bisa untuk membuat kartu ucapan yang versi digital, karena tentu akan ada pelanggan yang ingin mempublikasikan kartu ucapan di media sosial mereka.

4. Peluang Usaha Membuat Busana dan Hijab Hasil Desain Sendiri

Seperti halnya parsel dan kartu ucapan yang peminatnya meminta desain sendiri atau sesuai pesanan. Di bidang usaha atau produk lain pun demikian termasuk ketika kita akan memulai usaha hijab dan busana muslim.

Banyak peminat atau calon pembeli hari ini yang memilih membuat desain berbeda dari orang lain untuk busana dan hijab mereka, hal ini mungkin menjawab keinginan agar tidak kembaran di saat momen lebaran tiba.

Bagi Anda yang ingin menjalankan usaha membuat busana atau hijab dengan desain sendiri, maka Anda bisa memulai jauh-jauh hari, karena usaha ini memerlukan waktu yang lama dalam pengerjaannya, apa lagi jika Anda mengerjakan dengan tenaga kerja atau tim yang terbatas.

Mengapa peluang usaha busana dan hijab desain sendiri ini patut Anda coba? Hal ini mengingat Ramdhan atau hari raya di berbagai belahan dunia termasuk di Indonesia selalu identik dengan busana baru. Oleh sebab itu usaha membuat busana dan hijab ini akan sangat besar peluang yang tersedia bagi Anda.

Kesimpulan

Peluang usaha menjanjikan menjelang lebaran di atas tentu harus dibarengi dengan melakukan riset pasar terlebih dahulu disesuaikan dengan lokasi dan target pasar yang Anda inginkan. Sehingga apa yang akan Anda pilih untuk dijalankan sebagai peluang usaha sejalan dengan hasil amatan atau riset pasar Anda.

Peluang usaha di bulan Ramadhan dan menjelang lebaran sebenarnya banyak bertebaran di sekitar kita, namun sering kali kita belum mampu menangkap peluang dari kebutuhan masyarakat. Semoga pembahasan kali ini bermanfaat. Salam. Ari Sedesa.id

Artikel Menarik
Penyusunan RPJM Desa dan RKP Desa yang Berorientasi Desa Mandiri
Penyusunan RPJM Desa dan RKP Desa yang Berorientasi Desa Mandiri