Desa Wisata Nusa Budaya dan Alam

Desa Wisata Nusa Budaya dan Alam

Sedesa.id Konsep desa wisata telah menjadi salah satu daya tarik wisatawan. Banyak desa wisata yang kemudian tumbuh dan berhasil, salah satunya adalah Desa Wisata Nusa, atau Wisata Gampong Nusa. Gampong adalah bahasa Aceh yang berarti desa.

Desa Wisata Gampong Nusa adalah sebuah desa wisata yang secara administratif masuk kecamatan Lhoknga, kabupaten Aceh Besar.  Saat ini, Gampong Nusa bisa kita katakan telah menjadi aset berharga bagi Tanah Rencong.

Bagi wisatawan, Desa Wisata Nusa memang sangat menarik. Bagaimana konsep wisata alam berbalut budaya kental terasa. Ketika kita berkunjung, maka akan disuguhi panorama alam yang indah, seperti hamparan sawah serta pemandangan bukit barisan yang memagari desa tersebut.

Tidak heran, jika banyak yang menyebut keindahan alam Desa Wisata Nusa ini layaknya lukisan tuhan, yang kemudian begitu memukau ketika mencoba mengabadikan dalam potret foto atau video.

Desa Wisata Nusa merupakan satu diantara Gampong di Aceh yang terus bergerak mengembangkan Desa wisata berbasis masyarakat. Desa wisata ini, berupaya untuk menggali potensi lokal yang dimiliki menjadi berbagai atraksi wisata yang memiliki karakter masyarakat dan budaya lokal.

Tentu saja, upaya menggali potensi lokal ini memiliki tujuan utama dalam meningkatkan taraf kehidupan sosial dan ekonomi masyarakat. Lebih dari itu, adalah sebagai upaya dalam menjaga keberlanjutan lingkungan.

Pengembangan Potensi Lokal Dalam Kegiatan Wisata Desa

Profile Desa Wisata Nusa

Seperti telah saya sebutkan di atas, bahwa menjadi sangat menarik adalah bagaimana konsep yang Desa Wisata Nusa lakukan dalam menggali potensi lokal mereka. Konsep ini, terbukti berhasil dalam upaya pengembangan berbagai kegiatan wisata.

Sebagai pengunjung, kita bisa dengan mudah merasakan bagaimana potensi lokal itu tersaji. Sederhananya, kita bisa langsung menikmati suasana Gampong nan asri, kemudian secara langsung dapat berinteraksi dengan warga masyarakat, mengenal mereka lebih jauh, dan bisa merasakan tinggal bersama warga.

Pengalaman tinggal bersama warga, tentu sangat menarik. Kita bisa lebih dalam mengenali berbagai budaya dan kearifan lokal. Apa lagi kita hidup di Indonesia yang begitu kaya dengan budaya lokal, salah satu kekayaan itu adalah Desa Wisata Gampong Nusa ini.

Merasakan pengalaman berbeda ketika berwisata ke Desa Wisata Nusa ini, bisa dengan menginap dan tinggal bersama warga. Setidaknya tercatat sekitar 45 homestay yaitu rumah-rumah penduduk yang memang berfungsi sebagai bagian akomodasi perjalanan wisatawan.

Perihal bagaimana rumah penduduk sebagai akomodasi ini, juga terus berkembang, pengelola dan masyarakat begitu menyadari pentingnya kenyamanan dan pelayanan. Namun konsep rumah tinggal ini mengikuti kaidah-kaidah kearifan lokal.

Dari tinggal bersama ini, kita juga bisa secara langsung merasakan makanan lokal, bahkan melihat bagaimana proses pembuatannya. Ini tentu akan memberikan pengalaman yang luar bisa bagi wisatawan.

Tidak hanya itu, nuansa budaya lokal lainnya seperti atraksi meugang day, Qurban, juga atraksi adat seperti moment kandhuri maulid, khanduri pade atau adat perkawinan. Ini akan mendekatkan wisatawan lebih dalam untuk merasakan dan terlibat dalam kegiatan budaya masyarakat.

Hal lain yang jangan sampai kita lewatkan adalah wisata edukasi Desa Wisata Gampong Nusa. Wisata edukasi ini seperti cooking class, waste management package, traditional games. Nah semua ini, bisa dengan mudah kita dapatkan dengan reservasi terlebih dahulu, apa lagi jika kita ingin dalam waktu lama dan rombongan.

Suguhan Pemandangan Alam Desa Wisata Yang Bangkit Dari Musibah

Desa Wisata Nusa memang sangat terkenal dengan pemandangan yang masih sangat alami. Tidak heran jika Gampong atau Desa Nusa menjadi salah satu destinasi wisata desa yang asri dan alami ini sehingga mampu memberi kesan pedesaan yang sesungguhnya.

Menariknya, Desa Wisata Nusa ini masih terbilang dekat dengan kota. Sehingga secara akses menuju lokasi sangat mudah dan sudah nyaman. Sepanjang perjalanan, kita bisa menyaksikan bukit sawah dan sungai yang memanjakan mata.

Namun, apa yang bisa kita nikmati hari ini, tidak lepas dari proses Panjang. Sebagian wilayah Desa Wisata Gampong Nusa ini pernah luluh lantak saat terjadi tsunami pada 26 Desember 2004 silam. Desa Nusa kemudian bangkit dengan konsep wisata berbasis masyarakat yang kini menjadi salah satu destinasi wisata di Aceh Besar.

Bangkitnya Desa Nusa ini, menjadi contoh yang baik dan berhasil bagi kemandirian masyarakat dalam mengangkat potensi lokal. Bisa kita lihat banyak inovasi yang sudah dilakukan oleh masyarakat, ini juga tidak lepas dari inisiatif anak muda kreatif setempat sehingga desa ini memiliki nilai lebih dibandingkan beberapa desa lainnya khususnya tentang wisata.

Keberhasilan warga dalam mengelola potensi alam Ini bisa dilihat dengan banyaknya wisatawan luar yang datang khusus di desa ini untuk berfoto atau menikmati berbagai yang ditawarkan di lokasi misalnya view desanya yang indah dan alami. Semua ini, juga mendukung proses wisata yang berkelanjutan.

Atraksi Desa Wisata Nusa

Wisata Alam Budaya Gampong Nusa

Desa Wisata Nusa  menawarkan berbagai  atraksi wisata yang bisa kita nikmati. Ini bisa kita dapatkan, baik ketika berkunjung secara solo atau pun grup. Namun, untuk beberapa atraksi khusus seperti acara budaya lokal, tentu kita perlu untuk menyesuaikan dengan hari atau tanggal pelaksanaan.

Oleh sebab itu, menjadi penting bagi kita mengetahui kalender kegiatan Desa Wisata Nusa. Lebih mudah, bisa juga menghubungi pengelola untuk detail lebih lengkap. Tenang, Desa Wisata Nusa sudah memiliki layanan informasi yang memadai. Sahabat bisa melihat kontak Desa Wisata Nusa pada akhir arikel ini.

Apa saja atraksi Desa Wisata Nusa? Dan berapa kisaran harga setiap  atraksi yang ditawarkan? Berikut adalah daftar beberapa atraksi Desa Wisata Gampong Nusa yang bisa menjadi pilihan sahabat sekalian ketika berkunjung:

Tarian Selamat Datang

Welcome dance atau tarian selamat datang merupakan penamilan dari komunitas Al-Hayah Gampong Nusa. Tarian ini, untuk menyambut wisatawan yang berkunjung secara group atau juga permintaan khusus oleh pengunjung.

Tarian lokal yang ditampilkan merupakan bagaian budaya Aceh yang mana terkenal begitu kental dalam memuliakan tamu dengan group performance.  Perihal tarian Aceh, tentu sahabat sudah memiliki referensi, betapa menariknya  tarian budaya Aceh ini.

Untuk harga tarian selamat datang ini, dalam infromasi yang saya dapatkan bis akita pesan mulai: Rp 25,000 untuk satu peserta dalam grup kunjungan. Namun, lebih lengkap mengenai detail harga atau penawaran, bisa langsung kontak kepada pengelola Desa Wisata Gampong Nusa.

Permainan Tradisional

Atraksi wisata permainan tradisional selalu menarik kunjungan. Terlebih bagi wisatawan yang berkunjung bersama keluarga. Sudah banyak desa wisata yang menawarkan permainan tradisional dalam atraksi wisata mereka.

Nah, Wisata Gampong Nusa ini menawarkan permainan tradisional seperti galah panjang, boie, patok lele, kelereng dan lainnya. Permainan tradisional ini juga bagian dari salah satu atraksi wisata berbasis edukasi yang dapat dinikmati di Gampong Nusa.

Menariknya, dalam atraksi wisata permainan tradisional ini sahabat dapat secara langsung bermain bersama warga di Gampong. Sehingga akan memberikan pengalaman yang lebih menarik. Untuk kkisaran harga mulai Rp 25,000.

Berkemah Di Gampong Nusa

Berkemah menjadi salah satu aktivitas wisata yang sangat menarik. Apa lagi jika sahabat memang tipe petualang. Bisa langsung merasakan sensasi hidup di alam terbuka. Nah, Desa Gampong Nusa yang memiliki perbukitan yang berjarak sekitar 1 kilometer dari perkampungan, merupakan lokasi yang tepat untuk berkemah.

Lokasi perbukitan Gampong Nusa sering dimanfaatkan sebagai objek wisata berkemah, baik pengunjung lokal atau pun manca negara. Berbagai kegiatan kemah sering diadakan di lokasi tersebut, baik secara individua tau pun acara kelompok.

Berkemah di  Gampong Nusa ini memang sangat menyenangkan. Perbukitan yang ditumbuhi rumput tipis nan hijau, menjadi lokasi memburu sunset yang memesona. Sebagai informasi hingga saat ini Gampong Nusa merupakan salah satu objek wisata yang satu-satunya di Banda Aceh dan Aceh Besar yang menawarkan objek wisata bernuansa perkampungan pada umumnya.

Selain itu, camping site juga telah Desa Wisata Nusa persiapkan. Tepatnya terletak di Bukit Lhok Umpe. Suasana malam nan syahdu dengan udara yang sejuk dapat sahabat nikmati. Untuk mendapatkan atraksi ini, sahabat setidaknya perlu melakukan reservasi 3 hari sebelmnya.

Berkemah di Desa Wisata Nusa ini, bisa sahabat nikmati dengan biasaya tiket sekitar Rp 35.000 per peserta. Biaya ini sahabat sudah mendapatkan fasilitas air bersih, air minum, dan api unggun. Jika sahabat membutuhkan kebutuhan berkemah lainnya dapat berkomunikasi lebih lanjut dengan pengurus.

Makanan Tradisional

Kuliner Khas Wisata Aceh

Aceh memiliki kuliner lokal yang sudah sangat terkenal. Tidak heran jika di berbagai daerah juga tersedia rumah makan atau resto yang menghadirkan menu masakan khas Aceh ini. Nah, tapi tentu akan lebih memberi pengalaman ketika kita bisa langsung menyantap makanan tradisional Aceh khususnya Gampong Nusa secara langsung.

Sahabat bisa merasakan sensasi rasa makanan khas Aceh seperti Keumamah, sawi laot, kuah beulangong, udeung tumeh dan lainnya. Menu ini dapat kita pesan secara langsung ketika datang ke Gampong Nusa. Untuk kebutuhan grup, lebih nyaman dengan reservasi minimal 2 hari sebelumnya.

Sajian khas ala Hidang Aceh dan paket atraksi wisata kuliner Khas Desa Wisata Nusa ini dapat dinikmati bersama keluarga atau teman lainnya dengan kisaran harga mulai Rp 40,000. Perihal harga, bisa menghubungi terlebih dahulu pengelola Wisata Gampong Nusa.

Kegiatan Memancing Seru

Sahabat hobi memancing? Bagaimana keseruan memancing di alam terbuka yang indah? Ini bisa sahabat rasakan langsung ketika berkunjung ke Gampong Nusa. Memancing bersama keluarga, atau mendapatkan teman sehobi memancing. Untuk kisaran harga mulai 25.000.

Kria Dari Sampah Plastik

Desa Wisata Gampong Nusa, memiliki pengelolaan sampah yang baik. Telah ada kesadaran dalam pengelolaan sampah organik maupun non. Sampah kemudian menjadi berbagai hiasan rumah tangga juga tas yang cukup menarik.

Harga hasil kerajinan tangan tersebut dijual mulai dari puluhan hingga ratusan ribu Rupiah. Tentu sesuai ukuran dan kerumitan. Ini bisa menjadi oleh-oleh yang berkesan bagi sahabat sekalian. Juga sebagai dukungan dalam memanfaatkan sampah dan menjaga lingkungan.

Pengelolaan sampah Gampong Nusa, ini tidak lepas dari peran ibu-ibu. Seperti kita tahu Gampong Nusa adalah desa yang berada di Kecamatan Lhoknga, Kabupaten Aceh Besar, Aceh, yang mana saat gelombang tsunami 2004 menghantam, wilayah ini mengalami kerusakan parah.

Warga yang tidak ingin hidup dalam bayang-bayang kelam, maka sejak tahun 2006 mereka bangkit. Melalui kelompok perempuan Nusa Creation Community (NCC), mereka bangkit dengan mengelola sampah yang selanjutnya berkembang menjadi gerakan berbasis masyarakat. Bagaimana menjadikan sampah bernilai ekonomi.

Informasi Kontak dan Rute Menuju Desa Wisata Nusa

Bagi sahabat yang akan berkunjung, rute menuju Gampong Nusa hanya sekitar 20 menit waktu perjalan dengan jarak sekitar 30 kilometer dari pusat Kota Banda Aceh. Selengkapnya bisa cek rute di Google Map berikut: https://goo.gl/maps/Zurvp7sNPsx9njs86

Alamat: Gampong Nusa, Kecamatn Lhoknga. Aceh Besar, Propinsi Aceh
Telpon: 081360698810
Facebook: Gampong nusa lhoknga
Instagram: @gampongnusaku
Twitter: https://twitter.com/gampongnusaku

Kesimpulan Wisata Berbasis Masyarakat dan Budaya di Gampong Nusa

Seni dan Budaya Aceh

Gampong Nusa menjadi contoh baik dalam pengembangan konsep wisata berbasis masyarakat. Dari Desa Wisata Nusa ini, kita bisa belajar banyak hal unik yang akan kita jumpai. Keberhasilan masyarakat dalam membalut potensi lokal seperti barang-barang yang berbahan sampah organik, jamuan khas Aceh, penginapan serta bonus pemandangan yang asri dengan nuansa perkampungan. Bisa kita duplikasi dalam konsep pembangunan Desa Wisata di daerah kita.

Pengembangan wisata berbasis lokal budaya ini, nyatanya mampu menarik pengunjung tidak hanya wisatawan lokal, tapi juga mancanegara. Ini tidak lain, karena tawaran keunikan, dan pengalaman wisata yang berbeda yang akan pengunjung dapatkan.

Seperti pada Ikon rumah adat Aceh atau dikenal dengan ‘Rumoh Panggong’ di Desa  Nusa menjadi salah satu keunikan yang masyarakat tawarkan. Ini juga memberi pengalaman luar biasa, karena kita bisa tinggal bersama warga.

Pengelolaan wisata berbasis masyarakat Gampong Nusa merupakan proses yang Panjang dan kosnisten. Pengembangan Wisata Berbasis Masyarkat Gampong Nusa telah dilakoni sejak tahun 2013 secara suakelola masyarakat yang bergabung dalam Lembaga Pariwisata Nusa (LPN) dan pada tahun 2015 Gampong Nusa berani menlaunching diri menjadi salah satu destinasi desa wisata berbasis masyarakat di Propinsi Aceh.

Kunci keberhasilan dalam wisata berbasis masyarakat dan budaya ini adalah bagaimana terjadinya sinergisitas antara masyarakat dengan berbagai stakeholder seperti pemerintah, sektor swasta, organisasi sipil dan juga akademisi terus dilaksanakan sebagai upaya untuk mencapai tujuan kesejahteraan sosial dan ekonomi.

Semoga, dari Desa Wisata Nusa ini kita bisa melihat konsep pengelolaan, dan menjadi gambaran bagaimana model desa wisata berbasis masyarakat dapat berjalan. Demikian pembahasan kali ini, semoga bermanfaat. Semangat membangun desa. Salam. Ari Sedesa.id

Artikel Menarik
E learning Sedesa Copywriting dan Microblogging
Membuat Copywriting dan Microblogging