Membuat PPT Interaktif Untuk Pembelajaran Online

Membuat PPT Interaktif Untuk Pembelajaran Online

Sedesa.id Sejak berlangsungnya pembelajaran jarak jauh berbasis online. Media pembelajaran menjadi bagian penting dalam mendukung pembelajaran online. Hal ini tentu saja agar proses belajar online lebih menyenangkan. Karenanya, guru, dosen, atau pengajar wajib memiliki kemampuan dasar dalam membuat PPT interaktif untuk pembelajaran online.

Mengapa kemampuan membuat pembelajaran yang interaktif ini menjadi penting? Sederhananya, karena ketika pembelajaran berlangsung secara online, akan terasa membosankan atau monoton jika hanya menyampaikan materi layaknya model konvensional.

Oleh sebab itu, agar gairah pembelajaran bisa berlangsung secara menyenangkan. Maka, media pembelajaran pun perlu untuk memberikan hal-hal yang menarik perhatian. Sehingga, peserta tidak jenuh.

Misalnya, kita bisa menyelipkan animasi, suara, atau video. Juga bagaimana membuat bahan presentasi yang menarik, baik dari pemilihan warna, jenis huruf, dan penyusunan dari setiap slide presentasi materi yang kita buat.

Mari kita belajar bersama bagaimana membuat PPT interaktif untuk media pembelajaran. Sebenarnya ini bisa juga kita terapkan dalam model pembelajaran offline, karena ketika slide yang kita buat menarik, akan bisa memudahkan penyampaian materi.

Apa Itu PPT Interaktif?

Sebelum memulai membuat PPT interaktif, pertama-tama mari kita ketahui dahulu sebenarnya apa itu PPT Interaktif. Karena banyak sahabat yang menanyakan ke pada saya melalui kolom sosial media perihal seperti apa itu PPT yang interaktif.

Sederhananya, PPT adalah produk yang bisa kita buat menggunakan perangkat pembuat presentasi dalam hal ini Powerpoint. Luaran dari desain presentasi PowerPoint ini adalah PPT.

Nah, PowerPoint sendiri merupakan aplikasi yang dirancang untuk membuat paparan dalam bentuk slide presentasi yang interaktif sehingga materi dapat ditampilkan lebih efektif dan professional.

PowerPoint merupakan program presentasi milik Microsoft, paket penjualannya masuk dalam paket Microsoft Office bersama dengan Microsoft Word dan Microsoft Excel.

Walau pengembangnnya oleh Microsoft, PowerPoint tak hanya terbatas untuk sistem operasi Windows saja. Bagi pengguna sistem operasi lain, juga bisa menggunakan Powerpoint ini. Yang mana PowerPoint menjadi salah satu program aplikasi presentasi terbesar dan terbanyak penggunannya.

Slide Pembelajaran Yang Interaktif

Berbekal PowerPoint atau aplikasi sejenis, kita bisa membuat slide pembelajaran yang interaktif. Pengertian Interaktif sendiri menurut Para Ahli: Interaktif berasal dari kata interaksi, yaitu hal saling melakukan aksi, berhubungan, mempengaruhi, antar hubungan.

Maka, sebuah interaksi dapat terjadi karena adanya hubungan sebab akibat, yaitu adanya aksi dan reaksi. Kaitannya dalam sebuah slide, maka apa yang sahabat buat harus bisa memunculkan aksi dan reaksi. Antara sahabat sebagai pembuat media pembelajaran dan peserta yang mendapatkan bahan ajar.

Singkatnya, slide presentasi interaktif dalam bahan ajar interaktif adalah bagaimana dalam membuat bahan ajar kita bisa mengombinasikan beberapa media pembelajaran seperti audio, video, teks, atau grafik, yang bersifat interaktif yaitu menyebabkan sebab akibat.

Bagaimana Cara Membuat PowerPoint

Sebagian besar dari sahabat tentu saja sudah terbiasa dengan produk Office seperti PowerPoint. Karena rata-rata sistem operasi laptop atau komputer adalah Windows. Yang mana, biasanya sudah ada paket office dalam pembelian.

Untuk memudahkan bagaimana cara membuat PowerPoint yang interaktif untuk kebutuhan pembelajaran. Sahabat sekalian bisa menyimak melalui video tutorial sederhana yang saya buat berikut ini.

Langkah Mudah Membuat Slide Pembelajaran Interaktif

1. Jalankan Microsoft PowerPoint

2. Pilih layout Title Only.

3. Klik Slide Show > Set Up Show.

4. Pilih opsi Browsed at a kiosk (full screen), lalu klik OK.

5. Salin Slide 1 sebanyak kebutuhan.

6. Berikan judul pada tiap-tiap slide.

7. Kembangkan slide dengan memanfaatkan desain dan animasi.

8. Simpan jika sudah selesai.

Membuat PPT Menggunakan HP

Membuat PPT interaktif juga dapat sahabat lakukan dengan memanfaatkan HP. Perkembangan teknologi hari ini ternyata sangat mendukung penuh dalam pembuatan bahan presentasi seperti PowerPoint.

Memanfaatkan aplikasi-aplikasi yang tersedia di HP, kita membuat bahan presentasi yang interaktif. Ini juga menjadikan lebih mudah dan fleksible. Artinya kita bisa melakukan dari mana saja.

1. Download dan Instal WPS Office / PowerPoint untuk Android.

2. Buka New Presentation.

Pilih Blank atau Template yang Sudah Jadi.

4. Saatnya Membuat Power Point Kamu Sendiri.

5. Lihat & Revisi Hasil Power Point.

6. Save Power Point.

Aplikasi PPT Interaktif Selain Menggunakan PowerPoint

1. Canva. Aplikasi canva ini sudah tersedia bagi pengguna Andorid, yang mana antar mukanya sangat mudah untuk sahabat gunakan. Saat ini bahkan canva telah menjadi pilihan profesional dalam membuat berbagai desain online.

2. Powtoon. Selain canva, sahabat bisa memanfaatkan Powtoon, ini bisa menjadi solusi jika sahabat ingin menampilkan kesan animasi berbasis grafis animasi kartoon yang menarik.

3. Prezi. Aplikasi prezi sudah cukup lama populer sebagai salah satu program dalam membuat slide presentasi yang menarik. Berbagai pilihan kemampuan animasi yang interaktif dapat sahabat dapatkan dengan prezi.

4. Aplikasi lainnya yang juga dapat sahabat manfaatkan dalam membuat materi pembelajaran interaktif seperti; Sparkol VideoScribe, Lectora, Sigil, dan lain sebagainya. Semua kembali pada kemudahan dan kemampuan kita, untuk memilih aplikasi mana yang sesuai kebutuhan dan kemampuan.

Donwload Template PPT Interaktif

Untuk sahabat sekalian yang membutuhkan template PPT Interaktif dengan PowerPoint, sahabat bisa mendowload template yang sudah tersedia.

Saya, telah membuat contoh yang bisa sahabat unduh secara gratis. Panduan penggunaan juga dapat melihat pada video yang telah saya buat.

Nah, bagi sahabat yang membutuhkan slide presentasi interaktif untuk media pembelajaran dapat mengunduh pada tautan berikut ini: Template PowerPoint Interaktif Gratis

PPT Interaktif Untuk Apa Saja

Sebenarnya, PPT interaktif tidak hanya penting dalam model pembuatan media pembelajaran saja. Bagi pelaku usaha, atau pelaku bisnis, juga penting untuk membuat PPT interaktif. Ini berguna ketika kita akan memaparkan serbuah produk atau program.

Intinya, PPT interaktif ini bisa kita gunakan sesuai dengan kebutuhan. Tinggal bagaimana kita menyusun sesuai dengan tujuan apa yang ingin kita sampaikan.

Kata kuncinya, presentasi yang baik adalah yang bisa dipahami oleh pemirsa atau audines kita. Maka, ketika membuat PPT interaktif, perhatikan juga siapa yang akan kita sasar.

Jangan terlalu berlebih dalam membuat animasi yang bisa membingungkan atau membuat pesan materi tidak sampai ke pemirsa. Semua harus kita sesuaikan dengan baik.

Demikian pembahasan kali ini mengenai bagaimana cara membuat PPT interaktif untuk media pembelajaran. Semoga pembahasan ini bermanfaat. Salam. Ari Sedesa.id

Artikel Menarik
Pasar Desa Sebagai Unit Usaha BUMDes
Pasar Desa Sebagai Unit Usaha BUMDes