Desa Wisata Kembang Arum Turi Sleman Yogyakarta

Desa Wisata Kembang Arum Turi Sleman Yogyakarta

Sedesa.id Pada pembahasan sebelumnya kita telah mengulik Desa Wisata Tanjung, salah satu destinasi yang akan memberikan pengalaman berbeda untuk kunjungan Anda ke Yogyakarta. Nah, dalam kesempatan ini kita akan kembali mengulas salah satu destinasi wisata yang begitu memesona yaitu Desa Wisata Kembang Arum.

Secara geografis letak Desa Wisata Kembang Arum tidak jauh dari Desa Wisata Brayut dan Juga Desa Wisata Tanjung. Masuk dalam kabupaten yang sama yaitu Kabupaten Sleman. Selain itu bisa dikatakan masih dalam area geografis yang sama, yaitu area kaki Gunung Merapi.

Lokasi Desa Wisata Kembang Arum ini masuk Kecamatan Turi, Sleman. Desa yang dianugerahi dengan pemandangan memesona, desa yang bersih, lingkungan yang tertata rapi. Ketenangan pedesaan akan kita rasakan ketika kita berkunjung ke destinasi wisata ini.

Profil Desa Wisata Kembang Arum

Desa Wisata Kembang Arum secara resmi mulai beroperasi pada pertengahan tahun 2005. Tentu saja jauh sebelum era undang-undang desa, yang kemudian ramai desa-desa mengembangkan berbagai potensinya salah satunya potensi wisata.

Kehadiran Wisata Kembang Arum ini menawarkan kegiatan berbeda dalam berwisata yaitu edukasi dan alam, atraksi yang cocok sebagai sajian bagi pengunjung. Karena memang potensi luar biasa dari keberadaan alam yang ada.

Maka, dalam mengembangkan kegiatan wisatanya mengedepankan pada wisata edukasi khususnya untuk kegiatan anak-anak. Salah satu yang mencerminkan keseriusan dalam mengembangkan wisata edukasi anak adalah dengan adanya sanggar lukis dan perpustakaan dengan konsep anak-anak.

Keberadaan Desa Wisata Atas Peran Masyarakat

Salah satu tokoh penggerak yang membidani kelahiran Desa Wisata Kembang Arum adalah Pak Hery Kustriyatmo. Beliau yang memiliki ide awal untuk membangun konsep desa wisata. Gayung bersambut kemudian bersama masyarakat membangun wisata edukasi seperti yang ada saat ini.

Partisipasi aktif warga sekitar bagi Pak Hery adalah kunci dalam mengembangkan desa wisata. Karena melibatkan warga desa menjadi bagian dari atraksi wisata akan membawa pada konsep wisata yang berkelanjutan.

Tidak heran jika kemudian kegiatan sehari-hari warga desa secara inisiatif kemudian menjadi bagian dari kegiatan wisata. Semua karena telah terbangun kesadaran bersama untuk menghidupkan destinasi wisata desa.

Sajian Pemandangan Alam Yang Memesona

Ketika Anda berkunjung ke Yogyakarta dan menginginkan sajian alam yang berbeda, maka salah satu destinasi yang perlu Anda kunjungi adalah Desa Wisata Kembang Arum. Jarak dari pusat kota pun tidak terlalu jauh.

Memasuki gerbang masuk Desa Wisata ini akan mendapati perkebunan salak yang tertata rapi pada sisi kanan dan kiri jalan. Salak memang menjadi salah satu buah lokal Kecamatan Turi Sleman, termasuk Kembang Arum.

Setelah masuk, Anda akan melihat pemandangan lebih luas, hijau dan memesona yaitu hamparan sawah hijau. Anda juga bisa mengunjungi sungai yang begitu bersih dan terjaga, air mengalir jernih, gemericik yang menenangkan akan langsung Anda rasakan.

Maka tidak berlebih jika mereka yang menginginkan mendapatkan suasana berbeda lengkap dengan pesona alam yang memanjakan mata, saya rekomendasikan destinasi wisata yang satu ini. Kesegaran udara, kejernihan air, hijau pemandangan, hening dan damai akan Anda rasakan.

Apa yang dimiliki desa, pemandangan alam,  potensi sumber daya alam desa, seperti halnya sungai perlu dijaga dengan baik. Dengan kita menjaga alam tempat tinggal kita, menjadi tempat hidup yang nyaman, ternyata juga memberikan nilai lebih. Tidak hanya dalam upaya melestarikan dan menjaga alam pedesaan, namun juga menjadi destinasi wisata seperti Desa Wisata Kembang Arum ini.

Kegiatan Edukasi Wisata Berbalut Outbound

Salah satu yang menjadi daya tarik selain pesona alam pedesaan adalah berbagai kegiatan wisata berbalut edukasi. Hal ini memang sangat dibutuhkan oleh bayak kalangan, mulai dari wisatawan keluarga, rombongan, komunitas atau pun dari sekolah.

Dengan adanya fasilitas berupa kegiatan wisata edukasi berbalut outbound memang memudahkan dalam memilih lokasi wisata. Terlebih ketika mengadakan kegiatan untuk studi bersama, seperti anak-anak sekolah.

Maka sangat tepat apa yang menjadi pasar dari Desa Wisata Kembang Arum, yaitu memberikan ruang untuk kegiatan di alam. Sehingga luas lahan 22 hektar yang menjadi area wisata dikelola secara serius untuk mendukung berbagai wahana wisata yang mendukung edukasi wisata.

Biaya Outbond dan Permainan Tradisional

  1. Balap Dingklik: Rp. 15.000/orang
  2. Flying fox: Rp. 25.000/orang
  3. Bambu Salak Glundong: Rp. 15.000/orang
  4. Balap Egrang: Rp. 15.000/orang
  5. Balap Bakiak: Rp. 15.000/orang
  6. Tarik Tambang Lumpur: Rp. 15.000/orang
  7. Bambu Keseimbangan: Rp. 15.000/orang
  8. Bambu Pancuran: Rp. 15.000/orang
  9. Basket Lumpur: Rp. 15.000/orang
  10. Kenthos Keseimbangan: Rp. 15.000/orang
  11. Volley Geber: Rp. 15.000/orang
  12. Tampah Bola: Rp. 15.000/orang
  13. Gebuk Bantal di atas Air: Rp. 15.000/orang
  14. Mencari ikan: Rp. 20.000/orang
  15. Sepak Bola Lumpur: Rp. 15.000/orang

Fasilitas dan Paket Wisata

Selain itu berbagai bangunan dengan konsep tradisional juga menjadikan kesan pedesaan semakin mendalam. Bagi Anda yang memiliki waktu untuk tinggal lebih lama, bisa memilih berbagai homestay yang tentu akan berbeda dari suasana menginap di hotel.

Fasilitas Desa Wisata Kembang Arum

Fasilitas yang tersedia di Desa Wisata Kembang Arum sudah lumayan lengkap bagi pengunjung, baik yang untuk kunjunga singkat atau pun kunjungan lebih lama. Kebutuhan rumah tinggal atau penginapan pun sudah tersedia.

  1. Guest house/ home stay
  2. Kamar Mandi
  3. Warung Makan
  4. Flying fox
  5. Menangkap ikan
  6. Tracking
  7. Fasilitas outbond
  8. Ternak kambing

Berbagai Paket Wisata Kembang Arum Yang Tersedia;

Terdapat berbagai paket kegiatan yang ditawarkan Desa Wisata Kembang Arum untuk para pengunjung. Baik Anda menggunakan jasa agen perjalanan, atau pun secara langsung menuju lokasi. Berikut adalah berbagai paket yang tersedia;

  1. Paket kreatif camp, yaitu belajar memainkan gamelan tradisional, melukis dengan media kertas dan kanvas, belajar membatik, membuat layang-layang, bermain angklung, dan membuat kerajinan janur.
  2. Outbound dan olahraga tradisional, yaitu balap dingklik, balap egrang, balap bakiak, bambu salak glundong, tarik tambang lumpur, bambu keseimbangan, bambu pancuran, tampah bola, gebuk bantal di atas air, mencari ikan, sepak bola lumpur, bola basket lumpur, kenthos keseimbangan, bola volly geber, dan flying fox.
  3. Paket wisata petualangan, yaitu tracking menyusuri desa wisata dan perkebunan salak, tracking menyusuri sungai, serta motor trail, dan off road ke lerang Gunung Merapi.
  4. Pertunjukan dan hiburan, yaitu wayang kulit pentilan, wayang kulit semalam suntuk, jathilan dan tarian rampak buto, karawitan atau cokekan, jathilan kelinthing (jathilan anak-anak), organ tunggal, campur sari, musik akustik, dan musik band (jazz, blues, reggae).
  5. Paket wisata pertanian, yaitu membajak sawah dengan kerbau, nutu (menumbuk) padi, dan menanam padi.

Lokasi dan Tiket Masuk Desa Wisata Kembang Arum

Rute dari Kota Yogyakarta

Lokasi Desa Wisata Kembang Arum tepatnya berada di Desa Donokerto, Kecamatan Turi, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Harga Tiket dan Parkir

Untuk harga tiket masuk ketika tulisan ini dimuat belum ada tarif khusus, alias masuk gratis. Biaya yang ada hanya untuk penggunaan fasilitas dan kegiatan outbound. Untuk biaya parkir di Kembang Arum yaitu Rp 2.000 untuk Sepeda Motor dan Rp 5.000 untuk Mobil.

Destinasi Wisata Terdekat

Desa Wisata Tanjung Yogyakarta
Desa Wisata Tanjung

Bagi Anda yang memiliki waktu yang cukup senggang dalam berlibur, dan ingin menjelajah lebih banyak destinasi wisata Yogyakarta? Anda bisa melihat berbagai rekomendasi destinasi terdekat dari lokasi Desa Wisata Kembang Arum ini.

Anda bisa mengunjungi berbagai destinasi terdekat yang juga tidak kalah menarik untuk menjadi bagian dari rencana kunjungan wisata Anda, destinasi tersebut antara lain;

  1. Desa Wisata Tanjung Yogyakarta
  2. Desa Wisata Pentingsari
  3. Taman Nasional Gunung Merapi
  4. Desa Wisata Brayut Pandowoharjo, Sleman, Yogyakarta
  5. Museum Gunung Merapi
  6. Desa Wisata Puri Mataram

Selain itu lokasi kunjungan Destinasi Wisata Kembang Arum, juga tidak jauh dari berbagai destinasi yang ada di pusat Kota Yogyakarta juga memudahkan Anda dalam mobilitas, mengunjungi berbagai destinasi wisata yang ada.

  1. Wisata Tugu Jogja
  2. Berbelanja Ke Malioboro
  3. Menikmati Pertunjukan Di Nol KM Yogyakarta
  4. Taman Pelangi Sleman Yogyakarta
  5. Kraton Yogyakarta

Namun jika memang ingin rehat sejenak, menenangkan pikiran dari hiruk pikuk perkotaan, tidak ada salahnya untuk tinggal lebih lama di Desa Wisata. Merasakan bagaimana pengalaman menjadi bagian dari masyarakat, belajar berbagai hal baru yang mungkin saja Anda belum pernah menemukan sebelumnya.

Nah bagaimana apakah destinasi ini menarik untuk kunjungan Anda selanjutnya? Demikian pembahasan kali ini mengenai Desa Wisata Kembang Arum Turi Sleman, semoga dapat menjadi referensi destinasi Anda. Semoga bermanfaat, terima kasih. Salam. Ari Sedesa.id

Desa Wisata Kembang Arum Turi Sleman Yogyakarta
Reader Rating1 Vote
4.2
Artikel Menarik
Download Desain Maulid Nabi 2020 PowerPoint
Download Desain Maulid Nabi 2020 PowerPoint