Menciptakan Jaringan Pasar BUMDes

Menciptakan Jaringan Pasar BUMDes Ini Yang Perlu Disiapkan

Sedesa.id Bagaimana cara Menciptakan Jaringan Pasar BUMDes? Dalam dunia usaha, termasuk usaha yang dijalankan oleh Badan Usaha Milik Desa tentu akan berhadapan dengan proses pemasaran atau memasarkan produk dan jasa yang dimiliki.

Pada tahap melakukan pemasaran ini, sering kali pelaku usaha khususnya BUMDes mengalami kendala yang dikarenakan tidak adanya dokumen atau strategi pemasaran di dalam proposal rencana usaha atau bisnis plan.

Strategi Pemasaran Unit Usaha BUMDes

Menciptakan jaringan pasar BUMDes menjadi bagian tidak terpisahkan dari strategi yang disusun oleh pelaku usaha BUMDes. Dalam hal pemasaran tentu saja semua pelaku usaha melakukan strategi untuk menjadikan produk  atau jasa mereka menjadi nomor satu. Demikian juga dengan unit usaha BUMDes.

Strategi pemasaran yang tepat, terukur, ada dalam dokumen, dan menjadi pedoman bersama dapat menjadikan pemasaran produk BUMDes benar-benar sampai di pasar.

Apa yang menjadi kendala dalam pemasaran? Mengapa strategi pemasaran unit usaha BUMDes tidak dapat berjalan sebagaimana harapan? Tim pemasar produk BUMDes terlalu lambat dalam menyesuaikan perkembangan dunia digital. Tidak mengajukan pertanyaan atau keinginan dari pengguna produk. Tetap menjadi Orang yang sama dalam saluran pemasaran yang berbeda.

Selain persoalan di atas, yang juga umum dihadapi pelaku usaha termasuk unit usaha BUMDes dalam memasarkan produk adalah tidak menyiapkan anggaran atau budget yang cukup, untuk kebutuhan pemasaran. Kebutuhan mempromosikan produk sering kali tidak dimasukkan dalam biaya atau anggaran BUMDes.

Sehingga bagi Anda pengelola BUMDes harus benar-benar mampu membaca pasar, melihat kembali dokumen atau rencana usaha Anda khususnya dalam bidang strategi pemasaran. Apakah memang sudah sesuai? Atau hanya asal membuat sebagai bagian dari proposal rencana usaha BUMDes?

Strategi pemasaran yang tepat, akan menjadikan produk atau jasa yang unit usaha BUMDes miliki sampai di konsumen atau dengan kata lain tepat sasaran. Tanpa adanya strategi yang benar, pemasaran hanya akan menghabiskan waktu dan biasa.

BUMDes Sebagai Pemasar Bagi Produk Desa

Ketika BUMDes dapat menjalankan strategi pemasaran yang tepat, memiliki tim pemasar yang handal, terlebih di era digital seperti saat ini. Maka BUMDes dapat membantu masyarakat desa dalam memasarkan produk yang ada di desa.

Ingat, persoalan pemasaran ini masih menjadi persoalan paling umum bagi pelaku usaha kecil dan menengah, termasuk pelaku usaha di desa. Ketika BUMDes mampu hadir dan memiliki unit usaha yang menjalankan pemasaran bagi produk desa, mengambil selisih penjualan sebagai balas jasa pemasaran. Maka BUMDes selain menjalankan usaha, juga secara nyata dan langsung membantu kegiatan ekonomi masyarakat.

Tidak mudah, dan memerlukan biaya yang cukup memang ketika pelaku usaha ingin membuat tim pemasaran, dan membuat jaringan pasar BUMDes, baik pemasaran tradisional atau pun digital. Namun jika tim ini bisa dikerjakan oleh BUMDes, yang mana mewakili sebagai pemasaran berbagai produk yang ada di masyarakat, maka penekanan biaya operasional dapat dilakukan.

Terlebih, ketika BUMDes berhasil membuat jaringan pasar dari produk yang dimiliki. Tidak hanya produk utama BUMDes, namun jaringan pasar bagi produk yang ada di masyarakat. Bagaimana menciptakan jaringan pemasaran BUMDes? Berikut apa yang perlu kita persiapkan dalam membuat jaringan pasar BUMDes.

Bagaimana Persiapan Menciptakan Jaringan Pasar BUMDes

Dalam menciptakan jaringan pasar BUMDes, Anda sebagai pengelola BUMDes perlu menjawab pertanyaan berikut:

  1. Seberapa luas pasar yang akan BUMDes Anda tuju?
  2. Seberapa luas target pasar yang ingin BUMDes Anda raih?
  3. Mana segmentasi pasar Produk atau Jasa Unit Usaha BUMDes Anda?
  4. Ada di mana segmentasi pasar produk unit usaha BUMDes Anda?
  5. Berapa potensi penjualan produk atau jasa unit usaha BUMDes Anda?
  6. Bagaimana cara mendistribusikan produk atau jasa unit usaha BUMDes Anda?
  7. Bagaimana strategi pemasaran dari tim pemasar BUMDes Anda?
  8. Bagaimana strategi pelayanan unit usaha BUMDes Anda?
  9. Bagaimana cara Anda meraih pelanggan yang banyak dan setia untuk BUMDes Anda?
  10. Bagaimana Anda membuat jaringan pemasaran produk unit usaha BUMDes Anda?

Jaringan Pemasaran

Bagaimana Anda membuat jaringan pemasaran produk unit usaha BUMDes Anda? Dapat dilakukan dengan melakukan langkah-langkah berikut: 1. Bentuk komunikasi, 2. Bentuk kerja sama, 3. Bentuk komitmen.

Komunitas pemasar akan menjadi jaringan luar biasa dalam pemasaran produk Anda, bisa berupa tim pemasar seperti reseller atau dropshiper. Kemudian BUMdes melakukan kerja sama dengan pihak lain dalam hal pemasaran dan jaringan pasar. Lalu bentuk komitmen dengan orang lain untuk mencapai target pasar dan memperluas pasar.

Apa Yang Anda Butuhkan Untuk Menciptakan Jaringan Pasar BUMDes?

  • Kualitas produk
  1. Pilih produk yang sesuai
  2. Kuasai produk yang BUMDes hasilkan
  3. Buat standardisasi produk
  4. Yakinkan bahwa produk BUMDes istimewa
  • Target pasar
  1. Pilih segmen pasar BUMDes
  2. Pilih daerah pasar yang akan BUMDes tuju
  3. Yakinkan produk BUMDes dibutuhkan
  4. Tentukan potensi penjualan BUMDes
  • Sumber Daya Manusia Yang Handal
  1. Jujur
  2. Ramah
  3. Komunikasi
  4. Negosiasi
  5. Kerja keras
  6. Komitmen tinggi
  7. Dedikasi
  8. Keterampilan menjual
  • Saluran Distribusi
  1. Stok barang
  2. Waktu pengiriman
  3. Relasi jasa kirim
  4. Jalin komunikasi
  5. Komitmen

Kesimpulan Menciptakan Jaringan Pasar BUMDes

Jika BUMDes dapat hadir dan menjadi pemasar bagi produk masyarakat desa maka akan menjawab persoalan pasar bagi produk UMKM dan Usaha Desa. Maka diperlukan berbagai persiapan, seperti telah diuraikan di atas. Mulai dari melakukan strategi yang tepat, sampai pada melihat kembali mengenai produk, sumber daya manusia, dan saluran distribusi.

Membuat jaringan pemasaran bukan langkah yang dapat dilakukan sehari dua hari, memerlukan perumusan dan tim yang handal. Terlebih saat ini memasuki era pemasaran digital. Maka, BUMDes pun perlu melihat lebih dalam lagi sumber daya manusia yang dimiliki, memanfaatkan pemuda desa yang sudah terbiasa dengan dunia digital misalnya.

Demikian pembahasan kita kali ini mengenai Jaringan Pasar BUMDes. Semoga dapat bermanfaat, dan menjadi referensi bagi sahabat sekalian dalam membangun jaringan pasar baik untuk usaha atau pun unit usaha BUMDes. Salam. Ari Sedesa.id

More Stories
Lowongan Enumerator Pusat Penelitian Kesehatan Universitas Indonesia (PPK UI) November 2019