Desa Wisata Kelor Sleman Yogyakarta

Desa Wisata Kelor Sleman Yogyakarta

Sedesa.id Sebagai salah satu daerah yang menjadi tujuan wisata, Yogyakarta memang seperti tidak pernah kehabisan destinasi menarik untuk pengunjung. Mulai dari destinasi sejarah, budaya, alam, kuliner, dan tentu saja Desa Wisata. Nah, salah satunya akan kita bahas kali ini adalah Desa Wisata Kelor yang menawarkan alam pedesaan untuk para pengunjung.

Sebelumnya kita telah membahas Desa Wisata Kembang Arum Kabupaten Sleman, yang mana  menawarkan suasana alam pedesaan dan juga wahana untuk kegiatan edukasi wisata berupa outbound. Desa Wisata Kelor, juga sama-sama berada di Kabupaten Sleman. Maka, akan ada karakteristik yang mirip secara geografis.

Profil Desa Wisata Kelor

Profil Desa Wisata Kelor

Desa Wisata Kelor berada di Dusun Kelor, Bangunkerto, Kecamatan Turi, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Secara lokasi, memiliki tipikal alam pedesaan yang masih terjaga.

Mayoritas penduduk Desa Kelor berprofesi sebagai petani, peternak, dan sebagian lagi menjalankan usaha seperti usaha budidaya jamur.

Perkebunan yang menjadi andalan adalah perkebunan salak. Keberadaan petani yang menanam salak ini, kemudian menjadikan Kecamatan Turi menjadi salah satu daerah penghasil salak.

Lingkungan Desa Wisata Kelor sangat nyaman, bersih dan tertata rapi. Hamparan pepohonan hijau menjadi latar yang menyejukkan dalam kunjungan Anda. Selain itu tentu saja, keramahan penduduk yang menjadi bagian tidak terpisahkan dari kegiatan wisata.

Keberadaan desa wisata tidak lepas dari peran serta penduduk. Ini menjadikan konsep desa wisata berkelanjutan bagi alam lingkungan dan manusia. Sebuah konsep pengelolaan wisata yang menjadi fokus kita bersama, untuk tujuan jangka panjang dan berkelanjutan.

Dalam sorotan dunia, Indonesia memang lekat dengan berbagai model wisata, dan untuk konsep wisata berkelanjutan setidaknya kita memiliki perwakilan yaitu 4 Desa Wisata Berkelanjutan yang telah mendapatkan penghargaan tingkat internasional.

Wisata Alam Pedesaan

Salah satu yang kini menjadi daya tarik wisatawan adalah keasrian dari destinasi wisata. Kejenuhan dari hiruk pikuk keseharian perkotaan, memang perlu rehat sejenak. Tidak heran jika pengujung desa wisata kemudian menjalani kegiatan live ini, atau tinggal dan membaur dengan masyarakat untuk waktu yang cukup lama dari wisata pada umumnya.

Menjadi bagian dari komunitas, hidup membaur dengan masyarakat, merasakan bagaimana alam mendukung setiap langkah kehidupan, menjadi sesuatu yang tidak akan kita dapatkan jika hanya tinggal dalam kungkungan gedung pencakar langit. Suasana tenang, damai dan asri, hanya akan kita dapatkan ketika kita keluar, mencari destinasi wisata pedesaan.

Nah, semua itu akan Anda temukan salah satunya melalui Desa Wisata Kelor Sleman ini. Suguhan pemandangan alam yang hijau dan asri, suara burung, udara segar sepanjang hari, riuh bebunyian alam, gemercik air. Kita akan rasakan semua menyatu dalam kehidupan yang bebas dari rutinitas.

Wisata Edukasi dan Outbound

Kegiatan Outbound

Berwisata sekaligus mendapatkan pembelajaran, atau wisata sembari bermain, kini menjadi pilihan tepat bagi Anda yang ingin berwisata bersama keluarga dan membawa serta putra-putri. Begitu juga ketika dalam satu rombongan kerja, atau acara sekolah dan kampus.

Berwisata yang tidak sekedar datang dan berfoto, namun mengambil berbagai pengalaman baru. Nah, Anda bisa mendapatkan hal ini di Desa Wisata Kelor ini. Berbagai fasilitas mendukung kegiatan luar ruangan.

Arena kegiatan luar ruangan atau outbond Desa Wisata Kelor, selama ini telah menjadi lokasi pilihan berbagai komunitas, keluarga, sekolahan, kampus, perusahaan untuk mengadakan berbagai event. Tentu saja dengan balutan wisata edukasi dalam berbagai games atau permainan menarik.

Berbagai wahana wisata pendukung kegiatan outbound sudah tersedia, baik untuk remaja, dewasa atau pun anak-anak, yaitu berbagai fasilitas yang menyenangkan, menantang, seperti flying fox.

Menyusuri Sungai Desa Wisata Kelor

Menyusuri Sungai Desa Wisata Kelor

Desa Wisata Kelor memiliki sungai yang masih sangat terjaga, yaitu Sungaib Gendhol. Akan sangat sayang jika Anda berkunjung dan tidak menikmati air sungai yang dingin dan jernih mengalir ini. Bermain di sungai menjadi salah satu kegiatan yang menyenangkan.

Sungai Gendhol, menjadi salah satu daya tarik wisatawan. Sungai ini bisa untuk berbagai kegiatan, mulai dari hanya bermain-main, menikmati aliran air, sampai kegiatan susur sungai dengan jarak terbatas.

Nah, kapan lagi Anda bisa bermain air sungai secara puas? Maka jangan sampai terlewatkan aktivitas bermain air sungai ini, lengkap dengan kicauan burung.

Bagi Anda yang berasal dari kota-kota besar, tentu menikmati suasana sungai ini akan menjadi pengalaman langka dan berharga. Terlebih karena sungai di perkotaan yang sudah tercemar. Tentu bisa menjadikan Anda segar kembali, menyatu dengan alam dan kesunyian dengan menyusuri sungai.

Berkemah Di Desa Wisata Kelor

Berkemah Di Desa

Desa Wisata Kelor memiliki area perkemahan, yang mana bisa untuk kegiatan Anda secara individu atau pun kelompok. Berkemah memang menjadi salah satu kegiatan menarik dalam berwisata, terutama bagi Anda yang memang memiliki waktu berlibur cukup lama.

Menikmati malam hari, bebakaran bersama teman, bertukar cerita secara langsung di bawah payung malam, tentu akan menjadi suasana yang tak terlupakan. Hal ini tentu saja, jika berbicara sebuah tim akan mempererat hubungan.

Bagi Anda yang memang ingin berkemah di Desa Wisata Kelor, dan Anda seorang diri jangan khawatir. Karena bisa saja Anda menemukan teman baru, mereka yang juga sedang berkemah. Karena memang sudah sangat terkenal sebagai lokasi berkemah.

Bagi Anda yang ingin menikmati kedalaman suasana alam pedesaan Desa Kelor ini, sebaiknya memutuskan untuk berkemah, paling tidak satu malam. Awas Anda bisa ketagihan. Saya sendiri salah satu yang menyenangi kegiatan berkemah. Saya sering mengadakan agenda berkemah bersama kerabat atau teman kerja.

Fasilitas dan Rute Lokasi Desa Wisata Kelor

Apa saja fasilitas pendukung kegiatan wisata dan outbound yang ada di Desa Wisata Kelor?  Secara umum fasilitas Desa wisata Kelor sudah cukup memadai, cukup membuat nyaman pengujung.

  • Sudah Tersedia Homestay
  • Arena outbond
  • Area untuk berkemah
  • Masjid

Rute Menuju Lokasi Dari Kota Yogyakarta

Dusun Kelor, Bangun Kerto, Turi, Kelor, Bangun Kerto, Turi, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Wisata Terdekat

Desa Wisata Kembang Arum

Bagi Anda yang memiliki waktu yang cukup senggang dalam berlibur, dan ingin menjelajah lebih banyak destinasi wisata Yogyakarta? Anda bisa melihat berbagai rekomendasi destinasi terdekat dari lokasi Desa Wisata Kelor ini.

Anda bisa mengunjungi berbagai destinasi terdekat yang juga tidak kalah menarik untuk menjadi bagian dari rencana kunjungan wisata Anda, destinasi tersebut antara lain;

  1. Wisata Desa Kembang Arum
  2. Desa Wisata Tanjung Yogyakarta
  3. Taman Nasional Gunung Merapi
  4. Desa Wisata Pentingsari
  5. Desa Wisata Brayut Pandowoharjo, Sleman, Yogyakarta
  6. Museum Gunung Merapi
  7. Desa Wisata Puri Mataram

Selain itu lokasi kunjungan Destinasi Desa Wisata Kelor, juga tidak jauh dari berbagai destinasi pusat Kota Yogyakarta juga memudahkan Anda dalam mobilitas, mengunjungi berbagai destinasi wisata yang ada.

  1. Wisata Tugu Jogja
  2. Berbelanja Ke Malioboro
  3. Menikmati Pertunjukan Di Nol KM Yogyakarta
  4. Taman Pelangi Sleman Yogyakarta
  5. Kraton Yogyakarta

Namun jika memang ingin rehat sejenak, menenangkan pikiran dari hiruk pikuk perkotaan, tidak ada salahnya untuk tinggal lebih lama di Desa Wisata. Merasakan bagaimana pengalaman menjadi bagian dari masyarakat, belajar berbagai hal baru yang mungkin saja Anda belum pernah menemukan sebelumnya.

Nah bagaimana apakah destinasi ini menarik untuk kunjungan Anda selanjutnya? Demikian pembahasan kali ini mengenai Desa Wisata Kelor Turi Sleman Yogyakarta, semoga dapat menjadi referensi destinasi Anda. Semoga bermanfaat, terima kasih. Salam. Ari Sedesa.id

Desa Wisata Kelor Sleman Yogyakarta
Reader Rating0 Votes
4.2
Artikel Menarik
Potensi Desa Wisata Budaya di Indonesia
Potensi Desa Wisata Budaya di Indonesia