Desa Wisata Brayut Pandowoharjo
Desa Wisata Brayut, Yogyakarta

Desa Wisata Brayut Pandowoharjo; Budaya dan Pertanian

Sedesa.id Desa Wisata Brayut menjadi salah satu wisata pilihan bagi pelancong yang datang ke Yogyakarta. Bagi kita yang menginginkan suasana yang berbeda, maka Desa Wisata ini menjadi pilihan menarik, karena menawarkan wisata budaya dan pertanian.

Desa wisata ini masuk dalam adminitrasi Desa Pandowoharjo.  Kiprah sebagai Desa Budaya memang sudah sangat lekat. Tidak heran jika Desa Brayut menjadi lokasi penyelenggaraan Event musik Ngayogjazz pada tahun 2012 dan Ngayogjazz tahun 2014, sebuah pagelaran musik kelas Internasional.

Keterlibatan warga desa dalam pagelaran event-event tingkat nasional dan internasional, tentu memberikan perkembangan baik dalam hal ‘memasarkan’ potensi desa. Tidak heran jika kemudian keberadaan Desa Wisata Brayut sebagai desa budaya dan pertanian ini kemudian semakin menarik minat berkunjung para wisatawan baik manca maupun domestik.

Melestarikan Budaya Menghidupkan Pertanian

Desa Wisata Brayut dengan konsep wisata budaya dan pertanian memang sangat menarik. Pertama karena letak dari desa ini masuk Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Kita tahu bahwa Yogyakarta memang kota wisata budaya, menjadi pusat kebudayaan. Maka, perlu banyak pendukung kegiatan dan kehidupan dalam melestarikan dan mengamalkan budaya lokal.

Berbagai warisan budaya yang ada, tentu akan tergerus seiring perkembangan zaman. Maka, upaya melestarikan budaya melalui kegiatan wisata memang patut mendapat perhatian. Bagi kita pelancong, perlu mempelajari berbagai budaya yang ada, salah satunya dengan mengunjungi desa wisata berbasis budaya seperti halnya Desa Wisata Brayut.

Selain upaya melestarikan kebudayaan, juga mengusung konsep pertanian. Kita tahu bahwa mayoritas penduduk atau warga desa sebagai petani. Walau keberadaan profesi petani kian hari kian tergerus. Bagaimana menyelamatkan pertanian kita? Dengan membuat konsep pertanian yang berbeda.

Membalut wisata dengan konsep pertanian ini memang menjadi pilihan pengelola wisata di banyak daerah. Nah, apa yang dilakukan Desa Wisata Brayut salah satunya. Jika kita berkunjung maka akan disuguhi dengan keindahan hamparan sawah dan pemandangan pedesaan.

Desa Brayut, menawarkan aktivitas bermain di sawah, melepas lelah dan belajar bertani, belajar menghargai kerja keras dalam proses mendapatkan pangan. Kita bisa belajar membajak sawah dengan kerbau, merasakan bagaimana bermain dalam lumpur.

Fasilitas Pendukung Untuk Live In

Kegiatan Desa Wisata memang perlu adanya dukungan fasilitas, salah satu yang kini menjadi sangat penting adalah kebutuhan rumah tinggal. Mengapa? Karena wisatawan menginginkan pengalaman berbeda melalui kegiatan live in bersama masyarakat.

Jika kita berkunjung ke Desa Wisata Brayut, kita bisa memilih berbagai homestay yang mana konsepnya adalah live ini. Kita bisa benar-benar merasakan tinggal dengan warga, belajar berbagai adat dan kebudayaan lokal.

Selain itu terdapat berbagai fasilitas pendukung lain untuk kebutuhan wisatawan. Sarana dan Prasarana yang Tersedia antara lain:

  1. Ruang Pertemuan Joglo
  2. Masjid
  3. Sanggar Membatik
  4. Homestay
  5. Sanggar Karawitan
  6. Toko Cindera Mata
  7. Sanggar Tari

Kegiatan Wisata Desa Brayut

Berbagai kegiatan wisata dapat kita lakukan, mulai dari yang berhubungan dengan budaya dan tradisi, sampai bertani. Nah, melalui Desa Wisata Brayut kita bisa merasakan bagaimana edukasi wisata, kita bisa belajar beragam kegiatan yang ada.

  1. Belajar Bertani
  2. Menangkap Ikan
  3. Belajar Membatik
  4. Seni pertunjukan Jatilan (kuda lumping)
  5. Belajar Karawitan (gamelan)
  6. Membajak Sawah
  7. Belajar Kerajinan Janur
  8. Aktivitas Bertani
  9. Belajar Tari-tari Tradisional

Berbagai kegiatan wisata edukasi di atas, tentu akan sangat bermanfaat bagi kita dalam berwisata. Karena kita akan merasakan bagaimana pengalaman membatik, karawitan, berbagai kerajinan dan kesenian tradisional. Terutama, ketika mengajak anak atau keluarga.

Mengajarkan kegiatan belajar yang berbeda kepada anak, memang sangat mungkin melalui kegiatan edukasi wisata. Karena anak akan merekam, tidak hanya proses belajar, namun proses berinteraksi dan sosialisasi dengan masyarakat.

Lokasi Desa Wisata Brayut

Berada di Jln. Palagan Brayut, Dusun Brayut, Desa Pandowoharjo, Sleman, Yogyakarta. Berikut rute dari Kota Yogyakarta.

Demikian pembahasan kali ini, mengenai Desa Wisata Brayut Pandowoharjo; Budaya dan Pertanian. Semoga pembahasan ini bisa menjadi refrensi, dan tambahan informasi destinasi liburan Anda. Berbagai daftar desa wisata lain; Daftar Desa Wisata. Terima kasih. Salam. Ari Sedesa.id

Desa Wisata Brayut Pandowoharjo; Budaya dan Pertanian
Reader Rating1 Vote
4
Artikel Menarik
Belajar Digital Marketing Website Sebagai Identitas Usaha
Belajar Digital Marketing Website Sebagai Identitas Usaha