Contoh RAB Pelatihan BUMDes

Contoh RAB Pelatihan BUMDes

Sedesa.id Apakah Anda sedang mencari contoh RAB Pelatihan BUMDes? Jika demikian Anda sudah berada pada artikel yang tepat. Bagi Anda yang membutuhkan berbagai file administrasi untuk BUMDes, bisa melalui tautan berikut:

Contoh RAB Pelatihan Badan Usaha Milik Desa atau BUMDes banyak yang mencari dalam beberapa bulan terakhir ini. Karena BUMDes kini telah menjadi pemain baru dalam perekonomian Indonesia, khususnya dalam skala lokal desa. Keberadaan BUMDes ini sebagai tanda kebangkitan ekonomi desa.

Nah, dalam perjalanannya, tentu perlu adanya pengelola BUMDes yang kompeten dalam menjalankan BUMDes. Proses mendapatkan SDM kompeten ini melalui pelatihan BUMDes salah satunya. Untuk mengadakan pelatihan BUMDes memerlukan adanya Rencana Anggaran Biaya (RAB).

Dalam kesempatan ini saya menyertakan contoh RAB Pelatihan BUMDes yang dapat sahabat sekalian download untuk bahan referensi. Namun sebelum itu, sebaiknya kita memahami apa itu RAB.

Apa Itu RAB Pelatihan BUMDes?

Rencana Anggaran Biaya yang biasa kita sebut sebagai RAB adalah salah satu format dalam perhitungan biaya yang harus ada sebelum program atau proyek pekerjaan BUMDes berjalan.

Misalnya, ketika RAB BUMDes untuk tujuan pemberdayaan masyarakat atau sumber daya manusia BUMDes melalui pelatihan pengurus BUMDes. Maka RAB pelatihan tersebut harus tersedia dalam rincian anggaran biaya yang diperlukan dari awal hingga pelatihan selesai.

Apa Tujuan Pembuatan RAB Pelatihan BUMDes?

Pembuatan RAB BUMDes sangat penting apa pun yang akan menjadi rencana kerja atau kegiatan. Dengan adanya RAB BUMDes yang jelas maka semua pihak dapat saling merencanakan pengeluaran sesuai dengan kebutuhan.

Hal tersebut menjadikan anggaran yang akan dikeluarkan sesuai, tidak meleset dan terukur sesuai dengan kewajaran yang ada. Sehingga tidak terjadi pembengkakan biaya, hal ini juga untuk menghindari terjadinya penyelewengan dana kegiatan.

Fungsi RAB

1. RAB Pelatihan BUMDes berfungsi untuk menguraikan jumlah dari semua biaya, seperti biaya pemateri, biaya transportasi, biaya tempat, biaya peralatan dan biaya pendukung lainnya.

2. Berfungsi untuk menghindari kelebihan biaya atau perhitungan kebutuhan dari setiap biaya. Misalnya kelebihan pembelian peralatan.

3. Untuk mengetahui seperti apa luaran dari pelatihan BUMDes yang akan dilaksanakan. Artinya pihak pemberi anggaran akan mengetahui apa saja hasil dari pelatihan BUMDes tersebut.

4. Berfungsi untuk mengetahui keseluruhan peralatan, perlengkapan yang dibutuhkan, atau akomodasi dari seluruh kegiatan pelatihan BUMDes secara detail dan jelas.

Download Contoh RAB Pelatihan BUMDes

Bagi Anda yang membutuhkan contoh Rencana Anggaran Biaya pelatihan BUMDes, silakan untuk mendowload melalui tautan yang ada di bawah ini. Sebagai catatan, ini hanya sebagai contoh. Anda dapat menyesuaikan dengan kebutuhan RAB sesuai kegiatan yang akan Anda lakukan dalam Pelatihan BUMDes.

Contoh RAB Pelatihan BUMDes: Unduh File Contoh RAB Pelatihan

Download Kebutuhan file lainnya:
SK Pengurus BUMDES 2020
Contoh Surat Pengantar Proposal BUMDes
Proposal Permodalan BUMDes (Download)
Contoh Anggaran Dasar BUMDes (Download)
Download Contoh LPJ BUMDes Dan Laporan Keuangan
Contoh Profil BUMDes dan Formulir Pengisian Data BUMDes
Download AD ART BUMDES PDF Gratis
Download Peraturan Bersama Antar Gampong
Proposal Rencana Usaha BUMDes DOC PDF Download
Download Majalah Desa Gratis Edisi 2020
Download Kelengkapan Administrasi BLT Dana Desa

Demikian pembahasan kali ini mengenai Contoh RAB Pelatihan BUMDes. Semoga bermanfaat. Salam. Ari Sedesa.id

Artikel Menarik
Membuat Profil Bisnis di Era Digital
Membuat Profil Bisnis di Era Digital