Proposal Rencana Usaha BUMDes DOC PDF Download

Proposal Rencana Usaha BUMDes DOC PDF Download

Sedesa.id Proposal Rencana Usaha BUMDes. Di dalam tahapan pendirian BUMDes, kita perlu membuat yang namanya proposal rencana BUMDes. Hal ini agar unit usaha yang akan dijalankan oleh BUMDes bukan berdasarkan asumsi atau asal-asalan. Namun memiliki dokumen yang dapat dipertanggung jawabkan.

Apa Itu Proposal Rencana Usaha BUMDes? Proposal Rencana Usaha BUMDes adalah suatu dokumen yang mana berisi usulan rencana dari pada program dan kegiatan manajemen unit usaha yang akan dijalankan oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Rencana Usaha ini berlaku untuk semua unit usaha yang akan dikelola. Tanpa adanya rencana usaha dan studi kelayakan BUMDes, maka usaha BUMDes tidak akan diberikan bantuan permodalan atau dana penyertaan modal dari Pemerintah Desa.

Apa saja yang harus ada atau termuat di dalam Proposal Rencana Usaha BUMDes?

Mengacu pada format proposal BUMDes dan pada standar rencana usaha atau proposal rencana bisnis yang ada. Maka proposal rencana usaha BUMDes memuat di antaranya hal-hal sebagai berikut:

  1. Cover (sampul);
  2. Surat Permohonan (yang ditandatangani oleh Direktur BUMDes dan ditujukan kepada Kepala Desa selaku Komisaris BUMDes);
  3. Ringkasan Eksekutif
  4. Latar Belakang Bumdes
  5. Data Bumdes
  6. Biodata Pimpinan
  7. Struktur Organisasi
  8. Susunan Pemilik / Pemegang Saham
  9. Analisis Pasar Dan Pemasaran
  10. Produk / Jasa Yang Dihasilkan
  11. Gambaran Pasar
  12. Target Penjualan
  13. Strategi Pemasaran
  14. Analisis Pesaing
  15. Saluran Distribusi
  16. Rencana Pengembangan Usaha
  17. Analisis Dampak Dan Resiko Usaha
  18. Dampak Terhadap Masyarakat Sekitar
  19. Dampak Terhadap Lingkungan
  20. Analisis Resiko Usaha
  21. Antisipasi Resiko Usaha
  22. Lampiran
    • Peta Lokasi
    • Foto Produk
    • Dokumentasi Produksi

Poin-poin di atas sebagai panduan dalam pembuatan proposal rencana usaha BUMDes. Silakan untuk melalukan penyesuaian dengan kondisi riil dari rencana usaha yang sedang dibuat. Agar lebih mudah bisa menggunakan metode dengan melengkapi format proposal BUMDes terbaru di atas.

Pentingnya Rencana Usaha BUMDes

Jika anda bertanya untuk apa rencana usaha BUMDes? Jawabannya paling tidak ada 4 alasan penting mengapa keberadaan dari rencana usaha atau business plan ini penting. Yaitu sebagai berikut:

1. Rencana Usaha Berguna untuk Menguji Kelayakan Ide Usaha BUMDes.

Sesuatu yang diusulkan tentu berangkat dari sebuah ide. Misalnya ide untuk mendirikan BUMDes Mart, ini harus bisa dijelaskan dalam bentuk dokumen tertulis. Tidak hanya asumsi bahwa di daerah lain BUMDes Mart ramai dan menguntungkan.

Namun lebih dalam mengulas mengenai BUMDes Mart yang akan didirikan sebagai unit usaha BUMDes. Lalu dilakukan uji kelayakan. Jika layak maka ide pendirian BUMDes Mart dapat disetujui.  Jika tidak maka perlu untuk memikirkan unit usaha lain yang lebih tepat.

2. Rencana Usaha BUMDes Berguna untuk Membuat Perencanaan Bisnis

Di dalam menjalankan unit usaha BUMDes, tentu pengelola BUMDes memerlukan kemudahan dalam pengelolaan dan juga efektifitas setiap kegiatan atau pekerjaan.

Untuk mendapatkan perencaanaan bisnis yang mudah dalam pengelolaan dan juga efekti. Maka diperlukan adanya dokumen tertulis. Dengan dokumen tertulis berupa rencana usaha BUMDes ini maka kita bisa melihat apa yang pernah direncakanan dalam pengelolaan untuk diterapkan ketika unit usaha sudah mulai berjalan.

3. Rencana Usaha BUMDes Berguna untuk Mengatur dan Mengamankan Pendanaan.

Rencana usaha atau studi kelayakan usaha menjadi salah satu dokumen wajib di dalam pendanaan BUMDes dari pemerintah Desa. Hal ini untuk mengantisipasi usaha yang didanai mati suri.

Maka rencana usaha dan studi kelayakan usaha sangat penting peranannya. Tidak hanya demi mendapatkan permodalan awal. Namun juga untuk mencari pemodal lain di luar dari pemerintah desa. Misalnya mencari modal dari masyarakat (menawarkan saham kepada masyarakat).

4. Rencana Usaha Berguna untuk Memberi Peluang Memiliki Unit Usaha BUMDes yang Terbaik.

Tidak mudah memilih unit usaha BUMDes. Maka rencana usaha ini bisa dijadikan sebagai alat untuk mengetahui dan mendapatkan jenis usaha yang paling tepat untuk BUMDes dan desa kita.

Download Proposal Rencana Usaha BUMDes

Proposal rencana usaha format DOC, bagi Anda yang ingin mengganti atau menyesuaikan secara langsung. Anda dapat mendowload proposal rencana usah dalam format DOC ini.

Download Proposal Rencana Usaha BUMDes DOC

Namun bagi Anda yang sedang mencari dalam format PDF, silakan Anda dapat mendowload melalui tautan berikut.

Download Proposal Rencana Usaha Versi PDF

Kesimpulan Proposal Rencana Usaha BUMDes

Rencana Usaha Berguna untuk Menarik Para Investor atau Donatur, Mitra dan pihak lain untuk Bergabung. Ketika unit usaha BUMDes sudah besar, tentu akan menarik banyak minat pihak ketiga. Baik itu menjalin kerja sama kemitraan atau pun kerja sama lainnya.

Maka keberadaan rencana usaha ini penting sebagai dokumen yang dapat menjadi pedoman dalam menentukan bagaimana model kerja sama. Selain itu, mereka yang akan kerja sama dengan kita pun dapat melihat terlebih dahulu seperti apa usaha BUMDes sejak awal, sejak dalam rencana usaha dan kondisi terbaru saat ini. Demikian pembahasan kali ini, semoga dapat bermanfaat. Salam. Ari Sedesa.id

Artikel Menarik
Mendirikan Desa Wisata Berbasis Budaya
Mendirikan Desa Wisata Berbasis Budaya