Contoh Anggaran Dasar BUMDes (Download)

Contoh Anggaran Dasar BUMDes (Download)

Sedesa.id Sedang mencari Contoh Anggaran Dasar BUMDes untuk BUMDes Anda? Anda bisa melihat dan memahami contoh yang kami tuliskan dalam artikel ini.

Untuk Donwload Contoh AD BUM Desa bisa dalam dua pilihan format. Anda bisa melihat di bagoan download artikel ini. Berikut contohnya:

ANGGARAN DASAR
BADAN USAHA MILIK DESA “…………….”
DESA KITA MAJU KECAMATAN KITA JAYA  KABUPATEN KITA BISA

Contoh Anggaran Dasar BUMDes: BAB I DASAR

Pasal 1
Badan  Usaha  Milik  Desa  (BUM  Desa)  “…………….”  Desa  KITA MAJU berazas  Pancasila,  UUD  Tahun  1945,  Undang-Undang  Republik Indonesia  Nomor  6  Tahun  2014  dan  peraturan  perundang-undangan yang  berlaku,  serta  BUM  Desa  dikelola  berdasarkan  asas-asas transparan, akuntabel, partisipatif serta dilakukan dengan tertib dan disiplin anggaran dengan semangat kekeluargaan dan kegotongroyongan.

Contoh Anggaran Dasar BUMDes: BAB II

NAMA, WAKTU DAN KEDUDUKAN

Pasal 2
(1) Badan Usaha Milik Desa ini bernama “…………….”
(2) Badan Usaha Milik Desa ini dibentuk pada tanggal …………….
(3) Badan  Usaha  Milik   Desa   ini   berkedudukan  di   Desa   …… KECAMATAN KITA JAYA KABUPATEN KITA BISA Provinsi MAJU SELALU.

Contoh Anggaran Dasar BUMDes: BAB III VISI DAN MISI

Pasal 3
(1) Visi  BUM  Desa  “…………….”  adalah  “mewujudkan  kesejahteraan masyarakat DESA KITA MAJU melalui pengembangan usaha ekonomi dan pelayanan sosial, Dengan Moto “……………………………..”.
(2)  Misi BUM Desa “…………….”, sebagai berikut :
a.   Pengembangan usaha ekonomi melalui usaha simpan pinjam dan usaha lokal sektor riil lainnya.
b.   Pembangunan layanan sosial dengan prioritas bagi rumah tangga miskin.
c. Pembangunan  infrastruktur  dasar  desa  yang  mendukung perekonomian desa.
d. Mengembangkan jaringan kerjasama ekonomi dengan berbagai pihak.
e.   Mengelola   dana   program   yang   masuk   ke   Desa   bersifat   dana bergulir terutama dalam rangka pengentasan kemiskinan dan pengembangan usaha ekonomi desa.

Contoh Anggaran Dasar BUMDes: BAB IV JATI DIRI

Pasal 4
Badan Usaha Milik Desa, selanjutnya disebut BUM Desa “…………….”, adalah badan usaha yang seluruh atau sebagian besar modalnya dimiliki oleh   Desa   melalui   penyertaan   secara   langsung   yang   berasal   dari kekayaan  Desa  yang  dipisahkan  guna  mengelola  aset,  jasa  pelayanan, dan usaha lainnya untuk sebesar-besarnya kesejahteraan masyarakat Desa.

Contoh Anggaran Dasar BUMDes: BAB V SIFAT

Pasal 5
BUM Desa “…………….” bersifat :
(1)   Independen, mandiri; terpisah dari struktur organisasi Pemerintahan Desa, dilandasi prinsip kemandirian organisasi dengan etika tata hubungan kerjasama dengan berbagai pihak yang mengarah kepada tujuan untuk meningkatkan Pendapatan Asli Desa dan peningkatan kesejahteraan masyarakat Desa.

(2)   Tidak   terikat   kepada   kepentingan   dan   keuntungan   baik   pribadi maupun golongan seperti partai politik, mazhab keagamaan dan sebagainya.

(3)   BUM  Desa  secara  spesifik  tidak  dapat  disamakan  dengan  badan hukum  seperti  perseroan  terbatas,  CV,  atau  koperasi.  Oleh  karena itu, BUM Desa merupakan suatu badan usaha bercirikan Desa yang dalam pelaksanaan kegiatannya di samping untuk membantu penyelenggaraan Pemerintahan Desa, juga untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Desa. BUM Desa juga dapat melaksanakan fungsi pelayanan jasa, perdagangan, dan pengembangan ekonomi lainnya.

(4) BUM Desa dalam kegiatannya tidak hanya berorientasi pada keuntungan keuangan, tetapi juga berorientasi untuk mendukung peningkatan kesejahteraan masyarakat Desa.

Contoh AD BUM Desa: BAB VI TUJUAN DAN PRINSIP PENGELOLAAN USAHA

Bagian Satu

Tujuan
Pasal 6

Pendirian BUM Desa ”…………….” bertujuan :
a.  meningkatkan perekonomian Desa;
b.  mengoptimalkan  aset   Desa   agar   bermanfaat  untuk   kesejahteraan Desa;
c.  meningkatkan     usaha     masyarakat     dalam     pengelolaan     potensi ekonomi Desa;
d.  mengembangkan  rencana  kerja  sama  usaha  antar  desa  dan/atau dengan pihak ketiga;
e. menciptakan  peluang  dan  jaringan  pasar       yang  mendukung kebutuhan layanan umum warga;
f.   membuka lapangan kerja;
g. meningkatkan     kesejahteraan     masyarakat     melalui     perbaikan pelayanan umum, pertumbuhan dan pemerataan ekonomi Desa; dan
h.  meningkatkan    pendapatan    masyarakat    Desa    dan    Pendapatan Asli Desa.

Bagian Kedua: Prinsip Pengelolaan Usaha

Pasal 7
BUM    Desa    ”…………….”    dalam    melaksanakan    pengelolaan    usaha berdasarkan prinsip-prinsip sebagai berikut :
(1) Usaha yang dikelola BUM Desa ditentukan melalui musyawarah desa dan ditetapkan dengan Surat Keputusan Kepala Desa;
(2) Usaha yang dikelola oleh BUM Desa disesuaikan dengan potensi dan sumber daya yang dimiliki desa;
(3) Usaha yang dimiliki BUM Desa harus didasarkan kepada kepentingan peningatan ekonomi masyarakat dan peningkatan pembangunan masyarakat desa;
(4) Pengelolaan dilakukan secara profesional, transparan dan akuntabel, kekeluargaan dan kemandirian;
(5) BUM  Desa  ”…………….”  dapat  melakukan  kerjasama  dengan  BUM Desa lain atau pihak ketiga sepanjang kerjasama tersebut dapat meningkatkan perekonomian masyarakat DESA KITA MAJU dengan mendapat persetujuan dari musyawarah desa.

Contoh Anggaran Dasar BUMDes: BAB VII TUGAS DAN FUNGSI

Bagian Kesatu
Tugas

Pasal 8
BUM Desa mempunyai tugas menampung seluruh kegiatan di bidang ekonomi dan/atau pelayanan umum yang dikelola oleh Desa dan/atau kerjasama antar-Desa.

Bagian Kedua
Fungsi

Pasal 9
(1) BUM  Desa  berfungsi  sebagai  pendayaguna  segala  potensi  ekonomi, kelembagaan perekonomian, serta potensi sumber daya alam dan sumber daya manusia dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat Desa.
(2) BUM     Desa     di     samping     untuk     membantu     penyelenggaraan Pemerintahan Desa, dan memenuhi kebutuhan masyarakat Desa, juga dapat melaksanakan fungsi pelayanan jasa, perdagangan, dan pengembangan ekonomi lainnya.

Contoh AD BUM Desa: BAB VIII KEDAULATAN

Pasal 10
Kedaulatan BUM Desa ada di tangan Pelaksana Operasional dan dilaksanakan sepenuhnya melalui rapat Musyawarah Desa.

Contoh Anggaran Dasar BUMDes: BAB IX PERTANGGUNGJAWABAN

Pasal 11
(1) Pelaksana operasional melaporkan pertanggungjawaban pelaksaaan BUM Desa kepada penasehat yang secara ex-officio dijabat oleh kepala desa.
(2)  Badan   Permusyawaratan   Desa   melakukan   pengawasan   terhadap kinerja pemerintah desa dalam membina pengelolaan BUM Desa.
(3) Pemerintah    desa    mempertanggungjawabkan    tugas    pembinaan terhadap BUM Desa kepada Badan Permusyawaratan Desa yang disampaikan melalui musyawarah desa.
(4) Laporan  pertanggungjawaban  pelaksaaan  pengelolaan  BUM  Desa sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dibuat selambat-lambatnya 1 (satu) bulan setelah berakhirnya tahun angggaran.

Contoh Anggaran Dasar BUMDes: BAB X PEMBUBARAN

Pasal 12
(1) Pembubaran  BUM  Desa  “…………….”  hanya  dapat  dilakukan  melalui musyawarah  desa  setelah  memperhatikan  saran  dan  pertimbangan tim pembina tingkat kecamatan dan kabupaten.
(2) Pembubaran  BUM  Desa  “…………….”  ditetapkan  dengan  peraturan desa dan disyahkan oleh Bupati Malang.
(3) Kelebihan  kekayaan  BUM  Desa  yang  telah  dibubarkan  diserahkan kepada pemerintah desa dan menjadi kekayaan desa.

Contoh Anggaran Dasar BUMDes: BAB XI PENUTUP

Pasal 13
Hal-hal yang belum  cukup diatur  dalam Anggaran Dasar  ini sepanjang mengenai teknis pelaksanaannya akan diatur kemudian dalam Anggaran Rumah Tangga yang dibuat dan ditetapkan dalam rapat Pengelola BUM Desa.

Download Contoh Anggaran Dasar BUMDes

Silakan download Contoh Anggaran Dasar BUMDes melalui link di bawah ini. Tersedia dalam dua format yaitu PDF dan Word:

  1. Download Contoh Anggaran Dasar BUMDes PDF (Klik Download)
  2. Download Contoh Anggaran Dasar BUMDes WORD (Klik Download)

Kesimpulan

Tidak boleh main-main di dalam pendirian BUMDes, salah satunya di dalam penyusunan AD ART BUMDes sebagai landasan operasional BUMDes. Ini sangat penting untuk dilakukan secara serius dan profesional. 

Demikian pembahasan kita kali ini mengenai Contoh Anggaran Dasar BUMDes (Download). Semoga pembahasan ini bermanfaat, dapat menjadi referensi sahabat sekalian. Terima kasih. Salam. Ari Sedesa.id

Artikel Menarik
Tahap Pemberdayaan Masyarakat Desa
Cara Meningkatkan Partisipasi Masyarakat Desa