Download Contoh LPJ BUMDes Dan Laporan Keuangan

Download Contoh LPJ BUMDes Dan Laporan Keuangan

Sedesa.id Download Contoh LPJ BUMDes. Setelah menjalankan usaha selama satu periode, maka BUMDes memiliki kewajiban untuk membuat laporan pertanggung jawaban BUMDes. Laporan pertanggung jawaban BUMDes atau biasa kita kenal sebagai LPJ BUMDes ini biasanya akan dibuat setelah BUMDes memasuki akhir periode usaha atau kepengurusan dan akan memasuki periode baru. Periode yang dimaksud biasanya adalah kurun waktu satu tahun.

Nah, bagi BUMDes yang sudah memasuki masa akhir periode kepengurusan atau periode usaha, maka sudah tiba saatnya pengelola BUMDes untuk membuat Laporan Pertanggung Jawaban atau LPJ BUMDes.

Apa Pengertian Laporan Pertanggung Jawaban BUMDes?

Sebelum kita Download Contoh LPJ BUMDes ada baiknya kita memahami terlebih dahulu apa pengertian dari LPJ BUMDes ini.

Apa itu Laporan Pertanggung Jawaban? Pengertian LPJ secara umum dapat diartikan sebagai sebuah dokumen yang mana berisi laporan dari kegiatan usaha yang telah dilakukan dan di dalamnya disertai dengan laporan keuangan dari suatu organisasi kepada organisasi sederajat atau tingkatan lebih tinggi.

Di dalam laporan pertanggung jawaban BUMDes ini berisi tentang seluruh evaluasi dari kegiatan yang telah dilakukan. Mulai  dari pengeluaran dana serta pengelola yang bertanggung jawab pada tiap kegiatan.

Kaitannya dengan Laporan Pertanggung Jawaban BUMDes, maka yang dimaksud dengan organisasi adalah organisasi BUMDes. Sehingga pengurus BUMDes memiliki kewajiban untuk membuat laporan pertanggung jawaban BUMDes.

Apa saja Isi dari LPJ BUMDes?

Dokumen Laporan Pertanggung Jawaban BUMDes berisi BAB demi BAB. Yang mana setiap BAB akan menjelaskan setiap bagian dan membentuk susunan laporan secara runtut.

Pada umumnya terdapat  5 BAB yang wajib ada dalam laporan pertanggung jawaban BUMDes. Apa saja?

Kata Pengantar

Daftar Isi

BAB I. Pendahuluan

  1. Latar belakang
  2. Visi
  3. Misi
  4. Dasar Hukum
  5. Profil BUMDes

BAB II. Laporan Umum

  1. Penggalian Potensi
  2. Pembentukan Unit Usaha
  3. Penyertaan Modal Desa

BAB III. Arah Kebijakan yang Telah Ditempuh

BAB IV. Pelaksanaan Pengelolaan, Permasalahan Program Kerja dan Keuangan

  1. Pelaksanaan Kegiatan
  2. Permasalan
  3. Program Kerja
  4. Laporan Keuangan

BAB V. Penutup

Lampiran (Salah satu lampiran wajib adalah Laporan Keuangan BUMDes)

Download Contoh LPJ BUMDes

Laporan Pertanggung Jawaban BUMDes memang menjadi salah satu laporan yang cukup ‘membuat pusing’ bagi sebagian pengelola BUMDes. Hal ini bisa jadi karena belum pernah membuat atau berhubungan dengan yang namanya laporan pertanggung jawaban.

Selain itu di dalam membuat LPJ BUMDes juga tidak boleh sekedar menjadi uji material atas apa yang telah dicapai atau dikerjakan oleh BUMDes. Namun juga menjadi sebuah pelaporan awal dalam kepengurusan, yang mana menjadi pengalaman di tahun pertama.

Karena pengalaman di tahun pertama inilah, yang menjadikan pengelola BUMDes masih belum paham tentang pembuatan laporan pertanggung jawaban BUMDes.  Utamanya melengkapi dengan Laporan Keuangan BUMDes.

Silakan Download Contoh LPJ BUMDes Melalui Link Berikut: Download Contoh Laporan Pertanggung Jawaban BUMDes

Lampiran yang dibutuhkan adalah Laporan Keuangan BUMDes. Sahabat bisa mendownload contoh laporan keuangan BUMDes pada halaman berikut: Contoh Laporan Keuangan BUMDes (Download Excel)

Kesimpulan Pembahasan Download Contoh LPJ BUMDes

Di atas hanya sebagai contoh, silakan untuk disesuaikan dan dibuat sesuai dengan kondisi dan keadaan dari BUMDes yang sahabat jalankan. Semoga dengan membaca dan memahami contoh di atas,  sahabat bisa mudah dalam membuat laporan pertanggung jawaban BUMDes dan juga laporan keuangan BUMDes.

Demikian pembahasan kali ini mengenai Download Contoh LPJ BUMDes Dan Laporan Keuangan. Semoga pembahasan kali ini bermanfaat. Tetap semangat membangun desa, menumbuhkan BUMDes. Salam. Ari Sedesa.id

Artikel Menarik
Strategi Promosi di Media Sosial
Strategi Digital Marketing di Media Sosial Sharing Baru Selling