Contoh Proposal Permodalan BUMDes (Download)

Contoh Proposal Permodalan BUMDes (Download)

Sedesa.id Sedang mencari contoh proposal permodalan BUMDes? Anda sudah berada dalam artikel yang tepat. Di artikel ini Anda dapat melihat contoh Proposal Permodalan BUMDes, dan Anda dapat mendowload sesuai dengan versi dokumen yang anda inginkan di bagian akhir.

PROPOSAL BANTUAN PERMODALAN
BADAN USAHA MILIK DESA (BUMDes) ” Jaya Mandiri ” DESA  – Kecamatan – Kabupatein – Provinsi
KEMENTRIAN  DESA, PEMBANGUNAN DAERAH TERTINGGAL  DAN TRANSMIGRASI  REPUBLIK INDONESIA
DlREKTORAT   JENDRAL  PEMBANGUNAN DAN  PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DESA
DIREKTORAT   PENGEMBANGAN USAHA EKONOMI DESA 2020
PROPOSAL BANTUAN PERMODALAN BADAN USAHA MILIK DESA (BUMDes) Jaya Mandiri

A.  PENDAHULUAN

1.  Gambaran  Umum

Badan Usaha  Milik  Desa  yang selanjutnya dikenal dengan sebutan BUMDes merupakan salah satu wujud dari Badan Usaha Ekonomi yang ada di desa. Adapun Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Jaya Mandiri didirikan pada tanggal – bulan – tahun.

BUMDes bergerak di bidang Unit Simpan Pinjam dan Unit Usaha  yang sesuai dengan potensi desa, yang merupakan milik masyarakat yang diusahakan     serta dikelola oleh masyarakat desa. Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Jaya Mandiri berkedudukan dan berkantor di ……..

Terbentuknya  BUMDes di  awali dengan  berdirinya UED-SP pada tahun 2009. Dengan dana awal dari Kabupaten   sebesar Rp 270.000.000,00- (Dua Ratus tujuh puluh Juta  Rupiah) dan di tahun 2010 Rp.135.000.000,-( Seratus tiga puluh lima juta rupiah) . Kemudian Berjalan Selama ±4 Tahun UED-SP berubah menjadi BUMDes pada Tanggal

18 Maret 2013. Sampai saat ini  asset BUMDes Sudah Rp.916.568.000,- .   Sedangkan jumlah anggota Simpan Pinjam 665 orang.

2.  Dasar Pendirian BUMDes JAYA MANDIRI Desa Jaya Mandiri

PERDA  NOM OR 8 TAHUN  2007
PERBUB  NOMOR  64 TAHUN  2014
Peraturan  Desa  Nomor  12 Tabun  2013 / Tanggal  18 Maret 2013
AKTA NOTARIS Nomor 23 Tanggal 16 Mei 2013, Akta Pendirian / Anggaran Dasar
Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Jaya Mandiri.

3.  NAMA BUMDes

Badan Usaha Milik Desa ini bernama BUMDes “Jaya MANDIRI “. didirikan  pada tanggal – bulan – tahun.

4.  MAKSUD DAN TUJUAN

a.    Maksud

Sebagai  usaha  desa,  guna mendorong / penampung seluruh  kegiatan  peningkatan pendapatan masyarakat,  baik  yang  berkembang  menurut  adat  istiadat       budaya setempat maupun kegiatan perekonomian yang diserahkan untuk    dikelola oleh masyarakat desa..

b.    Tujuan

1. Mendorong  berkembangnya usaha mikro sektor informal untuk penyerapan tenaga kerja bagi masyarakat di desa yang terbebas dari pengaruh pelepas uang / rentenir.
2. Meningkatkan Pendapatan Sumber Asli Desa dan memberi pelayanan    terhadap kebutuhan masyarakat.
3. Mendukung  penguatan  kegiatan  usaha  masyarakat  dalam  menjalin  kerjasama dengan berbagai   pihak   yang   memiliki   potensi   dibidang   peningkatan   usaha masyarakat.
4. Mewadahi  dan  membina  masyarakat  dalam  kegiatan  usaha  sehingga  menjadi sumber penghasilan yang mampu menumbuhkan motivasi dan inovasi dalam dunia usaha.
5. Meningkatkan ketahanan ekonomi masyarakat melalui kegiatan usaha yang dapat menciptakan lapangan pekerjaan.
6. Mempererat  tali   silaturahmi  antar   warga   masyarakat  melalui  suatu   wadah kegiatan yang positif dan produktif dalam Badan Usaha Milik Desa.
7. Sebagai   pusat   pelayanan   ekonomi   dan   merupakan   satu   kesatuan   ekonomi masyarakat      desa;

5.  SUMBER PERMODALAN

a.    Modal  pangkal dari kekayaan desa yang dipisahkan dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBD), serta dari tabungan masyarakat berupa dana bergulir   yang berasal dari kegiatan program proyek yang sudah diserahkan kepada masyarakat;

b.    Bantuan Pemerintah dan Pemerintah Daerah serta dari sumber lain yang sah sesuai dengan peraturan perundang-undangan termasuk penyertaan modal pihak ketiga  yang hak-hak kepemilikannya diatur dalam Surat Keputusan Kepala Desa;

c.    Tambahan modal dari pinjaman melalui lembaga keuangan perbankan atau lainnya yang  mengatur pinjamannya dilakukan oleh  /  atas  nama  Pemerintah    Desa yang diatur dalam Peraturan  Desa;

d.  Modal dari bantuan pemerintah Provinsi dan Kabupaten melalui Program Pemberdayan  Desa  (PPD)  yaitu  Dana  Usaha  Desa  (DUD),  Usaha  Ekonorni  Desa (UED) dan tabungan masyarakat berupa Simpan Pinjam (SP) serta   keuntungan usahanya dijadikan Modal pada Unit usaha  jasa keuangan dan sejenisnya,   dengan ketentuan sebagai berikut:

e.    Seluruh Keuntungan usaha lembaga UED  dari cadangan modal dijadikan modal awal BUMDesa pada unit usaha jasa keuangan atau sebutan lain,  yang diserahkan oleh Pengelola lembaga UED Kepada Kepala Desa, dengan ada nya surat penyerahan;

f.    Dana  Usaha  Desa / Kelurahan (DUD/K) pokok beserta bunga DUD/K dari Pinjaman lembaga UED dan dari cadangan modal UED dijadikan modal awal BUMDes pada unit  usaha  jasa  keuangan  atau  sebutan  lain,  berdasarkan  surat  keputusan  Kepala Desa;

g.  Dana Simpan Pinjam (SP) masyarakat pada Program Pemberdayaan Desa (PPD) dijadikan modal BUMDes sebagai penyertaan modal berdasarkan berita acara musyawarah masyarakat yang menyimpan, untuk  modal  unit usaha  yang disepakati bersama.

6.  KEGIATAN USAHA BUMDes

a.   Bidang Usaha BUMDes yaitu : Perindustrian dan Perdagangan, Pertanian, Pekerjaan Umum, Perhubungan, Kehutanan, Perkebunan, Jasa, Keuangan, Perternakan, Perikanan, Pertambangan dan Energi.

b.  Jenis Usaha BUMDes yang dimaksud poin 1 (satu) pasal ini antara lain meliputi:

1.  Pelayanan Jasa keuangan  yang meliputi  simpanan, pinjaman  perkreditan;
2.  Angkutan Darat dan Air dan lainya yang sejenis;
3.  Kelistrikan: Listrik Desa dan lain-lain  yang sejenis,  pelayanan  pembayaran PLN;
4.  Penyaluran 9 bahan  pokok masyarakat  Desa  ;
5.   Perdagangan hasil Pertanian    yang   meliputi    hasil   bumi,    pertanian,    tanaman pangan,    Perternakan,   Perikanan  dan  Agro  Bisnis   serta  sarana  dan  prasarana pertanian  perkebunan;
6.  Industri Kecil  dan Kerajinan  rakyat;
7.   Kegiatan  perekonomian lainnya yang sesuai potensi Desa dan mampu meningkatkan nilai tambah bagi masyarakat.

7.  SASARAN DAN TARGET KEGlATAN

Sasaran kegiatan ini meliputi pengelolaan aset ekonomi dan potensi Desa,  serta sentra kegiatan ekonomi masyarakat  yang ada  di wilayah Desa Jaya Mandiri.  Sedangkan target  kegiatan di fokuskan kepada  :
a. Masyarakat  produktif, seperti ibu rumah tangga, remaja serta individu dan kelompok masyarakat yang melakukan kegiatan ekonomi.
b. Masyarakat  prasejahtera,  yang mempunyai   penghasilan  tidak tetap.

8.  SUSUNAN PENGURUS BUMDes Jaya Mandiri DESA Jaya Mandiri

a.   b.Penasihat   Pengawas: SUBUR   : MASRIN(Kepala Desa)   (BPD)
  : ANDRE(LPMD)
  : JASWIR(Tokoh Wanita)
c.Direktur: ANANG 
d.Kepala Unit: REFNI AYAH 
e.Staff: ROMIANTUN   : YUSUF(Staff Keuangan)   (Staff Administrasi)

B.  KEGIATAN YANG TELAH DAN ATAU AKAN DlKEMBANGAKAN

Jenis kegiatan usaha yang dilaksanakan oleh BUMDes “Jaya Mandiri” meliputi:

Unit Usaha Jasa keuangan

Unit usaha jasa ini yakni menyediakan jasa Simpan Pinjam, serta BRILink yang melayani segala jenis transaksi Keuangan, yang telah bekerja sama dengan Bank BRI sebagai mitra. Unit usaha ini untuk memenuhi kebutuhan masyarakan Desa Jaya Mandiri yang jauh dari akses  lembaga  keuangan.

Unit Jasa Rental Mobil

Usaha  ini diciptakan  dalam rangka pemenuhan  kebutuhan  masyarakat  akan jasa penyewaan kendaraan mobil setiap masyarakat memiliki kepentingan ke luar kota.

C.  RENCANA ANGGARAN DAN BIAYA KEGIATAN

NOURAIAN KEGIATANJUMLAHKETERANGAN
1PUPUK PERTANIANRp 50.000.000,- 
JumlahRp.50.000.000,- 

D.  PENUTUP

Sebuah  harapan  besar yang ingin dicapai  melalui terbentuknya   Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Jaya Mandiri Desa   Jaya Mandiri,   serta   dengan   adanya potensi     Desa     dan     dukungan  berupa    material     maupun     non   material,     dapat meningkatkan      pengetahuan,      keterampilan      dan  sikap  pengurus    BUMDesa    dan masyarakat  dalam kegiatan  perekonomian   di Desa Jaya Mandiri.

Hal tersebut   dapat  terealisasi   sesuai  dengan  rencana,  tentunya  atas  motivasi dan  bantuan baik  dari instansi  pemerintah   terkait  (pemerintahan   Desa)  dan  pemerintah Pusat   maupun pihak-pihak     lain  yang     peduli     melalui     program-program        yang intensif    dan   berkelanjutan.

Dimana program    tersebut    tidak   hanya   secara   efektif melibatkan     pengelola     Badan     Usaha   Milik   Desa (BUMDes)     “Jaya Mandiri” dalam   pelaksanaannya,     tetapi   juga   melibatkan     peran   aktif  komponen masyarakat lain    yang    mempunyai     kesamaan     misi,    demi     kemakmuran     dan   kesejahteraan masyarakat  Desa.

Contoh Proposal Permodalan BUMDes (Download)

Silakan Download Contoh Proposal Permodalan BUMDes ( Klik Download PDF)
Silakan Download Contoh Proposal Permodalan BUMDes ( Klik Download Word)

Di atas hanya contoh, silakan dibuat dan disesuaikan dengan kebutuhan dan situasi serta kondisi BUMDes dan Desa Anda.

Demikian pembahasan kali ini mengenai Contoh Proposal Permodalan BUMDes (Download). Semoga pembahasan kali ini bermanfaat. Tetap semangat membangun desa, menumbuhkan BUMDes. Salam. Ari Sedesa.id

Artikel Menarik
Cara Memilih Unit Usaha BUMDes yang Tepat Sesuai Potensi Desa
Cara Memilih Unit Usaha BUMDes yang Tepat Sesuai Potensi Desa