Laporan Keuangan BUMDes
Laporan Keuangan BUMDes

Contoh Laporan Keuangan BUMDes (Download Excel)

Sedesa.id Sahabat sedesa, dalam pembasahan kali ini kita akan membahas tentang laporan keuangan BUMDes, lengkap berserta pedoman dan contoh laporan keuangan BUMDes exel, dilengkapi dengan pedoman laporan keuangan BUMDes pdf. Namun sebelum itu mari kita ulas sedikit apa itu laporan keuangan?

Laporan Keuangan Bumdes. Bagi Anda pengelola BUMDes, setelah Anda menerima penyertaan modal untuk BUMDes Anda, dimana dana ini berasal dari Pemerintah Desa melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) atau dari dana lain, maka Anda berkewajiban untuk membuat pembukuan BUMDes.

Apa itu laporan keuangan BUMDes? Pada dasarnya laporan keuangan BUMDes dapat diartikan sebagai laporan keuangan pada umumnya. Mengacu pengertian laporan keuangan dalam wikipedia, maka laporan keuangan adalah sebagai berikut: Laporan keuangan adalah catatan informasi keuangan suatu perusahaan pada suatu periode akuntansi yang dapat digunakan untuk menggambarkan kinerja perusahaan tersebut. Laporan keuangan adalah bagian dari proses pelaporan keuangan. Laporan keuangan yang lengkap biasanya meliputi: Neraca. (id.wikipedia.org).

Dapat dipahami bahwa Laporan keuangan BUMDes merupakan laporan keuangan yang menujukan kondisi finansial suatu entitas pada suatu periode tertentu, dalam hal ini aktivitas yang dilakukan oleh BUMDes. Melalui laporan keuangan BUMDes, pengelola BUMDes dapat memantau perkembangan unit usaha BUMDes.

Apa saja informasi yang terdapat dalam laporan keuangan BUMDes? Secara umum informasi yang termuat di dalam laporan keuangan BUMDes tidak hanya akan digunakan oleh pengelola BUMDes atau pun manajemen atau pemerintah desa tetapi pihak-pihak lain pun dapat juga menggunakannya. Pihak-pihak lain yang berkepentingan yang sering menggunakan laporan keuangan seperti investor, kreditor, pemerintah bahkan masyarakat umum.

Fungsi Laporan Keuangan BUMDes Secara Umum

Laporan Keuangan BUMDes adalah satu proses akuntansi, karenanya memiliki fungsi yang sangat penting baik fungsi bagi keperluan internal BUMDes atau pihak ekstern sebagai pihak pemakai informasi keuangan BUMDes.

Fungsi Laporan keuangan BUMDes secara umum sebagai berikut:

  1. Laporan Keuangan BUMDes sebagai alat untuk mengetahui kondisi keuangan dan kinerja BUMDes
  2. Fungsi Laporan Keuangan BUMDes sebagai alat untuk menyusun Perencanaan Kegiatan BUMDes
  3. Laporan Keuangan Bumdes sebagai alat mengendalikan kegiatan usaha BUMDes
  4. Fungsi Laporan Keuangan BUMDes berguna sebagai dasar Pembuatan Keputusan pengelola BUMDes
  5. Laporan Keuangan BUMDes sebagai alat pertimbangan dan pertanggung jawaban pada pihak Ekstern

Jenis Laporan Keuangan

Jika kita melihat pada ilmu akuntansi maka menurut Standar Akuntansi Keuangan yang berlaku di Indonesia, laporan keuangan yang lengkap terdiri; laporan laba rugi, laporan perubahan modal, neraca, laporan arus kas dan catatan atas laporan keuangan. Mari kita bahas satu  persatu.

Apa itu Laporan Laba / Rugi

Laporan laba-rugi atau biasa disebut sebagai income statement atau profit and loss statement adalah laporan keuangan yang memiliki fungsi untuk menilai kinerja keuangan apakah perusahaan dalam hal ini BUMDes mengalami keuntungan atau justru mengalami kerugian pada satu periode akuntansi.

Selain itu, laporan laba rugi juga untuk mengetahui keuntungan atau kerugian, laporan laba rugi juga dibuat untuk memberikan informasi tentang pajak (jika ada), bahan evaluasi manajemen dan membantu dalam pengambilan keputusan.

Laporan Perubahan Modal

Laporan perubahan modal adalah laporan yang menggambarkan perubahan baik berupa peningkatan atau penurunan aktiva bersih selama satu periode. Pada saat awal pendirian perusahaan dalam hal ini BUMDes, Anda sebagai pengurus BUMDes mengetahui penyertaan modal awal BUMDes yang masuk di BUMDes Anda. Nah, selama BUMDes berjalan tentu saja modal awal akan berubah sesuai dengan kinerja  atau kebutuhan yang dikeluarkan.

Dalam laporan perubahan modal, kita dapat melihat penyebab dari adanya perubahan modal tidak hanya perubahannya saja. Beberapa data yang diperlukan untuk membuat laporan ini adalah modal awal, prive atau pengambilan dana pada periode tersebut, dan total laba atau rugi bersih yang diperoleh. Untuk membuat laporan ini dibutuhkan laba-rugi maka laporan ini dibuat setelah laporan laba rugi selesai.

Apa itu Laporan Neraca Laporan neraca atau balance sheet  merupakan laporan keuangan yang akan menunjukkan posisi dan informasi keuangan sebuah perusahaan dalam hal ini BUMDes. Dalam laporan neraca, Anda sebagai pengelola BUMDes akan melihat informasi tentang aset BUMDes, kewajiban dan modal secara lengkap dan rinci.

Untuk membuat neraca, Anda dapat menggunakan pedoman persamaan akuntansi yaitu: Aset = Kewajiban + Modal

Apa itu Laporan Arus Kas

Laporan arus kas merupakan bentuk pertanggungjawaban arus kas masuk dan keluar selama periode pelaporan. Bahasa lain dari laporan arus kas adalah cash flow statement. Laporan arus kas akan memberikan informasi tentang aliran kas perusahaan yang masuk dan keluar. Selain itu, laporan arus kas juga berfungsi  sebagai indikator untuk memprediksi arus kas di periode yang akan datang.

Begitu sekilas secara umum tentang laporan keuangan sesuai standar akuntansi. Nah bagi Anda pengelola BUMDes yang ingin mencoba membuat laporan keuangan di dalam excel Anda dapat menggunakan contoh yang telah digunakan.

Berikut ini adalah Laporan keuangan bumdes exel dan dilengkapi dengan laporan keuangan pdf. Silakan Anda download laporan keuangan BUMDes exel.

  1. Untuk domwload laporan keuangan  BUMDes exel silakan klik ( Download Laporan Keuangan Excel)
  2. Format PDF domwload laporan keuangan  BUMDes pdf silakan klik (Download Laporan Keuangan PDF)
  3. Untuk domwload laporan keuangan  BUMDes pdf silakan klik (Download Laporan Keuangan PDF)

Kesimpulan

File download di atas hanya sebagai contoh, Anda dapat mempelajari dan disesuaikan dengan laporan keuangan yang ada di BUMDes Anda. LPJ Keuangan ini juga sangat penting nantinya untuk dilampirakan dalam Laporan Pertanggungjawaban BUMDes (LPJ BUMDes) bagi Anda yang ingin mempelajari Laporan Pertanggungjawaban Bumbed silkan melihat artikel sebelumnya: Cara Membuat Laporan Pertanggungjawaban BUMDes (Download)

Demikian pembahasan kali ini mengenai Contoh Laporan Keuangan BUMDes semoga pembahasan dan contoh yang ada dalam download laporan keuangan bumdes ini dapat bermanfaat. Terima kasih. Salam Ari Sedesa.id

Artikel Menarik
Cara Membuat Link Bio Instagram Lebih Dari Satu
Cara Membuat Link Bio Instagram Lebih Dari Satu