Cara Membuat Laporan Pertanggungjawaban BUMDes
Cara Membuat Laporan Pertanggungjawaban BUMDes

Cara Membuat Laporan Pertanggungjawaban BUMDes (Download)

Sedesa.id Sahabat sedesa.id, bagi pengelola BUMDes yang telah berjalan dalam satu periode (periode di sini biasanya adalah satu tahun) maka tiba saatnya untuk membuat Laporan Pertanggungjawaban (LPJ).

Laporan Pertanggungjawaban (LPJ) BUMDes adalah salah satu laporan yang cukup ‘membuat pusing’ bagi sebagian pengelola BUMDes. Hal ini dikarenakan LPJ bukan sekedar menjadi uji material atas apa yang telah dicapai atau dikerjakan oleh BUMDes. Akan tetapi karena LPJ ini menjadi pelaporan awal dalam kepengurusan, yang mana menjadi pengalaman di tahun pertama.

Tidak sedikit yang masih kesulitan dalam membuat Laporan Pertanggungjawaban BUMDes. Walau telah banyak pedoman cara membuat LPJ BUMDes. Kurangnya pengetahuan dan belum pernah membuat LPJ sebelumnya, bisa jadi menjadi kendala. Hal ini menjadi penting untuk pengelola BUMDes mengikuti pelatihan peningkatan Sumber Daya Manusia, yang mana bertujuan untuk sadar administrasi dan pelaporan.

Apa itu Laporan Pertanggungjawaban? LPJ secara umum dapat diartikan sebagai dokumen yang berisi panitia kegiatan dan laporan keuangan suatu organisasi kepada organisasi sederajat atau tingkatan lebih tinggi. Laporan ini berisi tentang seluruh evaluasi kegiatan prosesnya, pengeluaran dana serta panitia yang bertanggung jawab pada tiap kegiatan.

Badan Usaha Milik Desa, dalam kepengurusan selama satu periode wajib membuat dan memberikan LPJ sebagai bentuk pertanggungjawaban atas berjalannya BUMDes sebagai suatu organisasi. Jangan khawatir, dalam pembahasan kali ini kita akan membahas tentang bagaimana membuat LPJ BUMDes.

Laporan Pertanggungjawaban BUMDes

LPJ BUMDes setidaknya berisi 5 bab. Dalam lima bab ini akan menjelaskan segala sisi dari BUMDes selama setahun mulai dari bagaimana BUMDes lahir (karena ini masih laporan-laporan awal) dan berbagai hambatan, tantangan dan peluang yang dihadapi BUMDes dalam satu periode awal ini.

Berikut adalah format Laporan Pertanggungjawaban BUMDes dari setiap Bab.

Kata Pengantar

Daftar Isi

BAB I. Pendahuluan

  1. Latar belakang
  2. Visi
  3. Misi
  4. Dasar Hukum
  5. Profil BUMDes

BAB II. Laporan Umum

  1. Penggalian Potensi
  2. Pembentukan Unit Usaha
  3. Penyertaan Modal Desa

BAB III. Arah Kebijakan yang Telah Ditempuh

BAB IV. Pelaksanaan Pengelolaan, Permasalahan Program Kerja dan Keuangan

  1. Pelaksanaan Kegiatan
  2. Permasalan
  3. Program Kerja
  4. Laporan Keuangan

BAB V. Penutup

Lampiran

Download Contoh Laporan Pertanggungjawaban BUMDes Klik Link berikut (Download LPJ BUMDes)

Penting

Dalam Laporan pertanggungjawaban BUMDes ada Laporan Keuangan BUMDes. Format laporan keuangan ini dapat dibuat dengan menggunakan aplikasi Excel yang mana dalam laporan keuangan ini akan berisi detail penggunaan dana dan aktivitas yang berhubungan dengan penggunaan dana yang dimiliki oleh BUMDes.

Untuk laporan keuangan silakan Download di sini: (Dowload Laporan Keuangan BUMDes)

Demikian pembahasan mengenai bagaimana membuat laporan pertanggungjawaban BUMDes. Perlu diingat bahwa dalam membuat laporan pertanggungjawaban BUMDes jangan terlalu bertele-tele atau basa-basi, gunakan bahasa yang baik, singkat dan dapat dipahami, laporan yang detail bukan berarti penjabaran yang panjang lebar, namun yang berisi poin-poin penting dan disertai dengan data serta lampiran yang sesuai.

Semoga artikel ini dapat membantu dalam pembuatan laporan pertanggung jawaban BUMDes sahabat sedesa sekalian. Salam pemberdayaan desa, salam Bumdes sukses, desa mandiri, Indonesia maju. Salam. Ari sedesa.id

More Stories
Pertimbangan Memulai Usaha di Desa
10 Pertimbangan Memulai Usaha di Desa