Peluang Usaha
Bagaimana cara mendapatkan peluang usaha

Ini Pertimbangan dalam Memilih Usaha Sukses

Sedesa.id Sahabat sedesa dan calon pengusaha sukses, kita akan membahas Pertimbangan dalam Memilih Usaha Sukses, ketika Anda sampai pada artikel ini maka Anda adalah benar-benar calon pengusaha sukses, kenapa demikian?

Karena Anda sudah memiliki inisiatif untuk mencari referensi sebagai bahan pertimbangan sebelum melakukan sesuatu dalam hal ini sesuai dengan judul yaitu pertimbangan penting dalam memilih usaha.

Dalam artikel sebelumnya kita telah membahas mengenai bagaimana cara menangkap peluang usaha yang baik, dan telah membahas mengenai cara cara untuk memulihkan usaha yang bangkrut

Seperti Anda ketahui bahwa dalam menjalankan sebuah usaha atau perusahaan, tentu saja Anda akan berharap usaha yang Anda jalankan dapat berjalan secara optimal. Oleh sebab itu maka Anda perlu untuk mempertimbangkan faktor-faktor penting sebelum menjalankan usaha Anda.

Dalam pembahasan kali ini tim sedesa.id telah melakukan penelitian dan mencari dari banyak sumber tentang apa saja faktor-faktor penting dalam memilih usaha, berikut adalah rangkumannya untuk Anda:

1. Pertimbangan dalam Memilih Usaha dengan Pertimbangkan Kompetensi Diri

Setiap manusia memiliki karakter dan bakat yang berbeda, termasuk dalam dunia usaha. Ada manusia yang memang memiliki kemampuan berwirausaha namun belum tentu mampu menjalankan semua usaha yang banyak sekali bidangnya. Ini berarti bahwa setiap orang memiliki keterbatasan juga memiliki keunggulannya masing-masing.

Secara umum Kompetensi Diri adalah keunggulan kompetitif yang kita miliki terhadap pemain bisnis lain, kompetensi harus mampu menjadikan usaha kita; unggul, bersifat langka, menciptakan peluang, sulit diikuti atau ditiru oleh pesaing.

Nah, karenanya menjadi penting agar Anda melakukan pertimbangan atas kompetensi diri Anda sendiri sebelum Anda memutuskan untuk menggeluti atau memulai usaha Anda.

Bisa jadi yang Anda kira sebagai peluang usaha dan Anda yakin Anda bisa menjalankannya. Ternyata adalah bidang yang sama sekali tidak Anda kenali, Anda tidak memiliki kompetensi diri di bidang tersebut, maka Anda kemungkinan besar akan kesulitan menjalankan usaha Anda.

Karenanya ketika akan memulai sebuah usaha, pertimbangan untuk secara jujur melihat kompetisi diri kita menjadi sangat penting. Melalui kompetensi yang ada dalam diri kita, maka kita dapat menentukan produk atau jasa apa yang cocok dan sesuai dengan keahlian atau bidang kompetensi kita.

2. Pertimbangkan Jenis Produk atau Jasa

Dalam dunia usaha sejak awal penentuan atau pemilihan jenis barang atau jasa menjadi sangat penting dalam memulai sebuah usaha. Karena hal ini berfungsi untuk menghindari kesalahan produk atau jasa di kemudian hari, sehingga jangan sampai kita memilih produk atau jasa yang sudah mengalami kejenuhan di pasar atau konsumen. Alih-alih bisa menjual produk tersebut, eh ternyata sudah ketinggalan tren, orang sudah tidak memiliki minat.

Hal ini terutama bagi Anda yang akan memulai usaha pakaian baik itu pakaian pria atau wanita, mengingat perkembangan mode pakaian setiap hari mengalami pembaharuan. Sehingga model pakaian terutama pakaian wanita begitu cepat berubah, nah Anda harus benar-benar memahami jenis dan produk Anda, sehingga tidak ketinggalan atau salah momen.

Untuk menghindari hal tersebut, maka perlu untuk memilih jenis produk atau jasa yang benar-benar tepat dan sesuai. Usahakan mencari jenis produk atau jasa yang bersifat kebaharuan, diperlukan masyarakat, dan mampu menembus pasar atau konsumen secara luas. Pada intinya, selalu pahami terlebih dahulu jenis produk dan jasa yang akan Anda pilih.

3. Pertimbangkan calon pelanggan

Apa pun bidang usaha yang Anda pilih, pelanggan adalah kunci sukses tidaknya usaha Anda. Oleh karena itu menjadi penting untuk Anda melakukan penilaian atau menganalisis sejak awal siapa yang akan menjadi calon pelanggan dari produk atau jasa usaha Anda.

Mempertimbangkan siapa calon pelanggan dari produk atau jasa yang akan kita tawarkan dapat dilakukan dengan identifikasi terhadap calon pelanggan kita, hal ini menjadi sangat penting, karena keberhasilan sebuah produk atau jasa adalah tersalurkan atau laku di pasaran.

Oleh sebab itu perlu membidik dengan teliti calon pelanggan dalam usaha yang akan dijalankan. Siapa saja yang akan menjadi calon pelanggan potensial, siapa saja calon pelanggan yang akan menjadi pelanggan loyal. Bagaimana cara untuk mendapatkan pelanggan, dan bagaimana cara yang tepat untuk menyampaikan produk kepada pelanggan.

Pertanyaan seputar strategi seperti disebutkan di atas, sejak awal perlu dicari jawabannya, sehingga ketika usaha Anda sudah mulai berjalan, Anda tidak buta arah atau buta pasar, Anda sudah tahu dengan pasti siapa yang akan membeli produk Anda, dan ke mana Anda harus menjual produk Anda.

4. Memahami Pesaing

Sebagai calon pengusaha sukses, dalam rangka menangkap peluang usaha yang ada, tentu saja tidak cukup Anda hanya memahami calon pembeli Anda, akan tetapi Anda juga harus memahami dan mengetahui siapa yang menjadi pesaing Anda. Memahami pesaing sama pentingnya dengan memahami pasar atau pelanggan.

Mengapa memahami pesaing menjadi sangat penting? Karena dengan kita memahami pesaing kita akan mengetahui kekuatan dan kelemahan dari produk atau jasa yang kita miliki dibandingkan dengan produk atau jasa dari pesaing kita.

Mengetahui posisi pesaing tentu akan sangat bermanfaat bagi keberlangsungan usaha kita, dan kita dapat mengetahui peluang usaha apa yang dapat kita ambil dari melihat kekurangan yang dimiliki pesaing.

Selai itu, memahami pesaing juga akan memudahkan Anda menempatkan atau mencari posisi terbaik untuk produk Anda agar memiliki perbedaan terhadap produk pesaing, misalnya dari segi; kemasan, ukuran, harga dan lain sebagainya. Perbedaan produk walau hanya sedikit ini menjadi penting, karena akan memiliki ciri di mata pembeli.

5. Pertimbangan dalam Memilih Usaha dengan Memahami Sumber Daya

Para pengusaha sukses, berangkat dari memahami sumber daya yang mereka miliki. Begitu halnya bagi Anda calon pengusaha sukses harus memahami sumber daya yang Anda miliki, dengan memahami sumber daya yang ada maka Anda dapat menyesuaikan dengan usaha yang akan Anda pilih yang sehingga akan sesuai antara sumber daya yang Anda miliki dengan peluang usaha yang ada.

Memahami ketersediaan sumber daya yang Anda miliki ini meliputi; sumber daya keuangan, sumber daya manusia, sumber daya teknologi, dan sumber daya infrastruktur lainnya. Sumber daya yang Anda miliki, harus disesuaikan dengan kebutuhan dari bisnis atau usaha Anda. Jangan sampai ada sumber daya yang berlebihan atau justru kurang.

Nah, tidak ada salahnya sejak awal Anda telah melakukan pendataan sumber daya apa saja yang Anda miliki, kemudian Anda coba bandingkan dengan peluang usaha yang Anda akan jalankan, apakah sesuai, apakah sumber daya Anda mencukupi, jika belum mencukupi apakah Anda memiliki sumber daya lain yang akan Anda gunakan? Pertanyaan tersebut menjadi penting untuk Anda jawab dan siapkan sejak awal sebelum memulai sebuah usaha.

6. Memahami Stakeholder

Bagi Anda calon pengusaha sukses tentu sudah mengetahui bahwa keberadaan stakeholder sanggatlah penting, mengingat mereka adalah bagian dari keberlangsungan bisnis atau usaha yang Anda jalankan.

Oleh karena itu sejak awal perlu ada kejelasan kerja sama, juga perihal syarat dan hal-hal lain yang bisa saling mengikat, sehingga tidak ada kendala di kemudian hari yang akan menyulitkan usaha Anda.

Maka, menjadi sangat penting untuk Anda sebagai pelaku usaha agar dapat memahami siapa saja yang menjadi stakeholder dalam usaha yang akan Anda jalankan. Apa saja persyaratan yang akan berlaku antara bisnis atau usaha Anda dengan stakeholder untuk keberlangsungan bisnis atau usaha Anda. Ingat, Anda dan stakeholder adalah satu kesatuan dalam menjalankan usaha, maka jalin kerja sama yang baik dan jelas sejak awal.

7. Memahami Tantangan

Anda adalah calon pengusaha sukses yang artinya Anda selalu siap dengan adanya tantangan dalam usaha Anda. Setiap tantangan bagi Anda adalah peluang usaha, begitu mental pengusaha sukses. Nah, tidak cukup menjadikan tantangan sebagai peluang, Anda juga harus memahami tantangan yang ada.

Sebagai calon pengusaha sukses maka Anda harus memahami segala tantangan dan keunggulan utama yang dimiliki oleh usaha Anda. Baik dalam aspek bisnis, operasional, tanggung jawab kemasyarakatan (CSR), dan tantangan lain yang timbul seiring berjalannya usaha Anda.

8. Memahami Supply Chain

Supply Chain atau rantai pasok menjadi sangat penting dalam dunia usaha, hal ini dikarenakan fungsi dari supply chain yaitu menjalankan keseluruhan proses keberlangsungan usaha dari hulu ke hilir, maka sangat penting bagi Anda untuk mengetahui siapa saja yang terlibat dalam proses Supply chain di bisnis atau usaha Anda.

Oleh karena itu Anda harus memahami siapa saja yang menjadi pemasok atau supplier, siapa saja mitra usaha Anda dan pihak-pihak yang terkait dengan proses produksi, distribusi, sampai penjualan akhir. Anda sebagai calon pengusaha sukses dan pelaku usaha harus benar-benar mengerti setiap bagian dari suppy chain dalam usaha Anda.

Ketika Anda sudah benar-benar paham akan supply chain dan segala pihak yang terlibat di dalamnya, maka Anda akan mengerti pada proses mana atau pihak mana usaha Anda mengalami kendala atau keterlambatan, sehingga Anda dapat melakukan perbaikan secepat mungkin dari mitra Anda yang mengalami kendala atau penurunan performa.

9. Memahami Sistem

Dalam bidang apa pun pasti memiliki sistem terutama dalam dunia usaha, Anda sebagai pelaku usaha tentu sudah membuat atau menjalankan satu sistem untuk perusahaan Anda, jika demikian maka sebaiknya Anda sudah benar-benar memahami sistem yang ada atau yang Anda buat dan terapkan di usaha Anda.

Memahami sebuah sistem menjadi sangat penting dalam sebuah usaha, maka Anda wajib memahi keseluruhan sistem dalam usaha Anda. Sistem ini meliputi; sistem peningkatan kinerja, sistem evaluasi, sistem kinerja organisasi, dan sistem lain yang mendukung usaha Anda.

Jika Anda memahami sistem yang ada dalam perusahaan Anda dengan baik dan Anda dapat memastikan semua sistem berjalan dengan baik sesuai keinginan Anda, maka usaha Anda akan berkembang dan dapat mencapai target atau tujuan dari perusahaan Anda.

10. Pertimbangan dalam Memilih Usaha dengan Memahami Peraturan Perundang-undangan

Dalam dunia usaha Anda sebagai pelaku usaha tidak dapat lepas dari peraturan yang ada di daerah maupun pusat pemerintahan, peraturan baik itu bersifat lokal atau nasional, oleh sebab itu Anda sebagai calon pengusaha sukses harus juga memahami peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia baik itu di lingkup lokal atau nasional.

Ingat pengusaha yang baik dalam menjalankan sebuah usaha tentu Anda harus patuh terhadap peraturan atau perundang-undangan yang berlaku. Maka Anda wajib mengetahui segala peraturan dan perundang-undangan yang menyangkut dengan usaha Anda; sertifikasi, ketenagakerjaan, perijinan, dan lain sebagainya.

Perlu juga untuk Anda ingat bahwa sifat dari peraturan perundang-undangan sering berubah-ubah, sehingga Anda perlu terus memperbaharui setiap akali ada perubahan kebijakan atau perundang-undangan yang terjadi di daerah atau nasional bahkan internasional.

Pertimbangan-pertimbangan yang telah kita ura bersama, menjadi wajib hukumnya untuk kita lakukan! Baik sebagai pelaku usaha secara individu atau kelompok usaha yang baru akan memulai usahanya.

Faktor-faktor yang telah kita bahas menjadi penting untuk kita pahami secara detail dan mendalam. Hal ini bertujuan agar operasional usaha kita berjalan dengan baik, optimal. Dan tentu saja sesuai dengan visi dan tujuan dari usaha yang akan kita jalankan.

Semoga pembahasan mengenai Pertimbangan Penting dalam Memilih Usaha ini bermanfaat dan dapat memotivasi kita semua untuk menjalankan usaha ke arah yang jauh lebih baik.

Demikian pembahasan kita kali ini mengenai Pertimbangan dalam Memilih Usaha Sukses. Semoga artikel ini bermanfaat, dan menjadikan kita semakin giat untuk terus melakukan inovasi dalam berwirausaha. Terima kasih. semoga pembahasan ini bermanfaat. Salam. Ari Sedesa.id

Artikel Menarik
Potensi Desa Wisata Budaya di Indonesia
Potensi Desa Wisata Budaya di Indonesia