Pertimbangan dalam Memulai Usaha Agar Sukses
Pertimbangan dalam Memulai Usaha Agar Sukses

Pertimbangan dalam Memulai Usaha Agar Sukses

Apa kabar sahabat sedesa.id, semoga dalam keadaan sehat dan bahagia selalu. Dalam kesempatan ini, kami akan menyampaikan kepada Anda para calon pengusaha sukses, bagaimana pertimbangan yang perlu Anda lakukan dalam memilih usaha. Kenapa hal ini penting untuk dibahas? Karena dengan ketepatan dari pertimbangan atas usaha yang kita pilih, maka kita telah benar-benar mengetahui dan memahami usaha yang akan kita jalankan.  Berikut adalah pembahasan mengenai Pertimbangan dalam Memulai Usaha Agar Sukses.

Pada dasarnya, untuk menjalankan sebuah usaha baik usaha sekala kecil seperti UMKM dan UKM, atau seperti Badan Usaha Milik Desa, atau yang besar seperti perusahaan yang telah beroperasi dengan ribuan karyawan. Usaha apa pun, besar atau kecil, agar dapat berjalan dengan optimal perlu mempertimbangkan berbagai faktor penting.

Faktor peting dalam pertimbangan memilih usaha, menurut redaksi sedesa.id, minimal adalah menyangkut beberapa hal yang akan kami paparkan di bawah, sebagai berikut:

1. Pertimbangan Atas Kompetensi Utama yang Kita Miliki

Pertimbangan dalam Memulai Usaha yang pertama adalah sebelum melakukan atau menjalankan suatu usaha, menjadi sangat penting untuk mempertimbangkan dan melakukan penilaian yang jujur kepada diri kita sendiri. Apa yang menjadi kompetensi utama dari diri kita. Kompetensi atau keahlian apa yang kita miliki?

Ketika kita telah memahami kompetensi utama yang kita miliki, maka kita dapat mengambil keputusan, produk apa yang sesuai dengan keahlian kita. Sesuatu yang merupakan keahlian kita, hobi kita, dan kita nyaman mengerjakannya, akan menjadikan kita semangat dan tekun dalam mengerjakannya.

Kompetensi adalah keunggulan kompetitif dari diri kita dibandingkan dengan orang lain, dalam dunia bisnis kompetensi yang kita miliki dapat menjadikan produk kita lebih unggul atau memiliki keunikan dari kompetitor di pasaran.

Karenanya, penting bagi kita mempertimbangkan kompetensi utama kita, agar dalam menjalankan usaha dapat menciptakan peluang dan nilai tambah sesuai dengan kompetensi kita, sehingga produk atau jasa kita berbeda dari orang lain dan tidak mudah diduplikasi atau ditiru oleh orang lain.

2. Pertimbangan dalam Memulai Usaha perhatikan jenis usaha dan segmentasi pasar

Dalam dunia usaha, apa yang kita pikirkan tentu juga bisa dipikirkan orang lain. Produk yang awalnya kita kira tidak memiliki pesaing, ternyata telah banyak pesaing yang lebih dulu dan telah matang menjalankan usaha. Begitu juga, segmen pasar yang kita jadikan target calon pembeli, ternyata juga telah di sasar oleh kompetitor.

Karenanya, perlu kita melakukan pertimbangan dari jenis usaha yang akan kita jalankan. Pastikan dengan matang; produk apa yang akan Anda jual atau ciptakan, dan tentu disesuaikan dengan kompetensi kita. Setelah memilih jenis usaha dan produk, amati pesaing dan dengan kompetensi yang kita miliki buat modifikasi atau perbedaan atas produk, sehingga memiliki perbedaan dari produk kompetitor.

Kemudian, untuk menentukan segmen pasar. Pertimbangkan kembali segmen pasar kita, jangan sampai kita tidak memahami siapa target pasar atas produk atau jasa yang kita tawarkan. Karena, melalui segmentasi pasar yang tepat kita dapat menarik pembeli yang potensial menjadi pelanggan tetap dari usaha kita.

3. Pertimbangkan dalam Memulai Usaha perhatikan memilih rekan usaha

Usaha yang kita jalankan tidak selalu dapat dikerjakan sendiri, pada waktu tertentu kita memerlukan bantuan dari pihak lain, atau memerlukan rekan usaha. Penting bagi kita untuk mempertimbangkan siapa rekan usaha yang akan bersama-sama membangun dan mengembangkan usaha kita.

Sebagai contoh; Anda membuka usaha kuliner, Anda memerlukan pemasok atau supplier untuk bahan baku. Maka Anda perlu memahami cara kerja dan perjanjian yang jelas serta menguntungkan secara jangka panjang. Jangan sampai Anda, dirugikan karena pasokan yang tidak sesuai, atau telat. Hal-hal semacam itu perlu diantisipasi dan dipertimbangkan sejak awal.

Rekan usaha lain misalnya adalah pemodal, pertimbangkan siapa pemodal Anda, bagaimana sistem kerja sama yang disepakati, bagaimana mekanisme pembagian hasil dan mekanisme jika mengalami kerugian, dan lain sebagainya. Semua harus jelas sejak awal.

4. Pertimbangan dalam Memulai Usaha selanjutnya adalah untuk segera memulai

Pertimbangan dalam Memulai Usaha selanjutnya adalah, ketika kita telah memahami apa kompetensi utama diri kita, telah menimbang dan memilih jenis usaha atau produk dan segmen pasar yang kita targetkan, serta telah mempertimbangkan siapa saja yang akan terlibat sebagai rekan usaha kita. Maka selanjutnya adalah memulai.

Seperti telah kita bahas di awal, bahwa setiap hari ada ide dan ide atau apa yang kita pikirkan juga bisa jadi sedang di pikirkan oleh orang lain. Maka, jangan terlalu menunda untuk memulai usaha yang telah kita rencanakan dan pertimbangkan.

Usaha yang berhasil adalah yang telah dijalankan. Ingat, tidak ada kata gagal dalam usaha selama kita tidak berhenti berusaha dan terus bangkit. Demikian pembahasan Pertimbangan dalam Memulai Usaha, Semoga pembahasan kali ini bermanfaat bagi kita bersama. Salam pengusaha sukses. Salam Ari Sedesa.id

More Stories
Peluang Usaha Produk Desa Di Era Digital
Peluang Usaha Produk Desa Di Era Digital