Manfaat Teknologi Informasi bagi BUMDes dan UMKM

Manfaat Teknologi Informasi bagi BUMDes dan UMKM

Sedesa.id Manfaat Teknologi Informasi bagi BUMDes dan UMKM. Kita telah memasuki era digital 4.0,  yang mana berbagai kegiatan kini beranjak menggunakan atau berbasis digital.  Hal ini tentu saja perlu disikapi dengan baik, utamanya bagi kita pelaku usaha baik Badan Usaha Milik  Desa atau pun UMKM.

Mengapa pegiat BUMDes dan pelaku UMKM penting untuk sadar dari pemanfaatan teknologi informasi? Pada pembahasan kali ini kita akan bersama-sama mengulas apa saja manfaat yang akan didapatkan ketika pelaku BUMDes dan pelaku UMKM menerapkan teknologi dan informasi, di dalam menjalankan dan mengembangkan usahanya.

Keberadaan  teknologi dan informasi yang sampai saat ini terus berkembang, tentu perlu kita ikuti dengan menambah pengetahuan, agar kita tidak tertinggal  oleh perkembangan terbaru, yang mana di dalam dunia usaha tertinggal satu langkah dalam strategi dapat fatal di kemudian hari.

Kita bisa belajar dari  banyak contoh misalnya dari Nokia yang terlena dengan kesuksesannya sehingga menganggap pesaing lain masih berada di belakang, ketika Android muncul  Nokia masih menganggap bahwa Android tidak akan mampu mengalahkan kebaruan teknologi yang ditawarkan Nokia, dan kita semua tahu, pada akhirnya Android yang terus berbenah, melakukan pembaharuan, kini menjadi pemimpin pasar.

Demikian pentingnya kita untuk selalu ‘awas’ terhadap perkembangan teknologi, awas atas kebaharuan di bidang usaha yang kita geluti, sehingga kita bisa melakukan serangkaian strategi jika terjadi perubahan, terutama yang menyangkut pasar dan pesaing.

Salah satu strategi untuk dapat mengembangkan BUMDes dan UMKM adalah melalui pemanfaatan teknologi informasi dan komputer atau (TIK) yang mana keberadaan TIK akan mendorong percepatan usaha dan membuka peluang pasar yang lebih luas. Berikut adalah manfaat dari teknologi informasi dan komputer bagi BUMDes dan UMKM:

1. Teknologi  informasi dan komputer akan memperluas jangkauan pasar

Ilustrasi: Manfaat Teknologi Informasi|Kerde Severin

Saat ini keberadaan dunia digital menjadi media baru di dalam melakukan pemasaran produk, baik sebagai media promosi atau pun penjualan langsung.

Selain itu dukungan yang disuguhkan di dalam perkembangan dunia digital dalam hal pemasaran kini menjadi pilihan yang tidak boleh ditolak oleh pelaku usaha. Kita tahu bahwa hampir setiap orang kini saling terhubung dalam jaringan internet, yang mana melalui internet inilah pasar baru kemudian muncul.

Kita sering menyebut dengan istilah pasar Online atau Online Shop. Nah, dengan kita menerapkan teknologi informasi di dalam menjalankan usaha, maka kita juga akan mendapatkan peluang yang sama di dalam melakukan promosi pemasaran dan penjualan secara langsung.

Hadir  di dalam  dunia Online, hadir di dalam media berbasis jaringan internet, baik itu  membuat website sebagai identitas usaha (LINK) atau pun memanfaatkan strategi media sosial di dalam melakukan penjualan Online, tentu wajib dikuasai dan dilakukan oleh pelaku usaha BUMDes dan UMKM.

Jika kita tidak bergerak ke ranah digital, maka pasar yang kita miliki cenderung lebih kecil. Sebagai contoh, jika BUMDes menjalankan unit usaha pariwisata atau desa wisata, dari mana pengelola dapat menarik kunjungan? Ya benar,  bisa dari internet, dari media sosial dengan melakukan strategi pemasaran yang tepat.

2. Teknologi  informasi dan komputer akan mempercepat proses usaha.

Ilustrasi: Manfaat Teknologi Informasi |Oleg Magni

Di dalam dunia usaha keberadaan teknologi informasi dan komputer dapat mempercepat proses usaha, baik itu di dalam proses produksi, distribusi dan juga pemasaran. Dalam proses produksi misalnya, banyak pekerjaan saat ini yang sudah tidak lagi dikerjakan secara manual namun dengan bantuan mesin atau komputer, misalnya saja di dalam membuat laporan keuangan usaha, atau membuat desain produk,  simulasi produk sebelum di produksi secara masal dan lain sebagainya.

Kemudian di dalam proses distribusi, saat ini kita dapat mengetahui di mana barang yang kita jual berada dalam proses distribusi berbekal sistem berbasis teknologi informasi,  sehingga kita tahu kapan estimasi sampai, atau jika ada kendala dalam proses distribusi agar dapat segera dilakukan penanganan lebih lanjut.

Dalam proses pemasaran seperti telah disebutkan di bagian pertama, tentu saja teknologi dan informasi memiliki peranan yang sangat penting terlebih saat ini penjualan berbasis Online tengah menjadi cara baru masyarakat di dalam memenuhi atau mencari barang dan juga jasa yang mereka butuhkan.

Sehingga ketika kita sebagai pelaku usaha baik sebagai pengelola BUMDes atau pun pelaku UMKM penting untuk menghadirkan teknologi informasi dan komputer di dalam proses usaha kita. Tentu saja dengan melihat dan melakukan analisis kebutuhan terlebih dahulu.

3. Teknologi  informasi dan komputer akan mempercepat mendapatkan informasi.

akuntansi, alat, analisis
Ilustrasi: Manfaat Teknologi Informasi | bongkarn thanyakij

Di dalam dunia usaha informasi begitu penting, siapa yang mendapatkan informasi terlebih dahulu maka dia memiliki satu langkah lebih cepat untuk mengeksekusi informasi tersebut menjadi peluang. Informasi sama dengan peluang jika pelaku usaha mampu menerjemahkan menjadi produk atau jasa sesuai usaha yang mereka jalankan.

Pelaku usaha seperti halnya BUMDes dan UMKM tentu membutuhkan kebaharuan informasi baik informasi harga bahan baku, informasi kondisi pasar, informasi eksternal yang juga memberikan pengaruh terhadap perkembangan  dunia usaha. Hal ini harus cepat, sebab untuk melakukan antisipasi dan juga melakukan eksekusi peluang.

Bagaimana cara agar informasi seputar usaha yang BUMDes dan UMKM jalankan dapat didapatkan oleh pengelola secara cepat? Jawabannya dengan memanfaatkan keberadaan teknologi dan informasi. Kita bisa terus memantau bahan baku baik secara harga dan stok, kita bisa selalu memperbaharui perubahan harga dan juga kondisi pasar, di era digital seperti saat ini kita dapat mendapatkan informasi bahkan melalui smartphone atau dalam genggaman kita.

Bagaimana caranya? Kita bisa memanfaatkan berbagai  layanan yang disediakan penyedia jasa informasi seperti halnya Google, untuk mengetahui trends saat ini kita bisa memantau melalui Google trends, lalu untuk melihat perkembangan pesaing kita bisa menggunakan Google alrt, dan banyak tols lainnya yang sangat membantu di dalam kita mendapatkan informasi terbaru yang berkaitan dunia usaha kita.

4. Teknologi  informasi dan komputer akan mempermudah mendapatkan referensi untuk meningkatkan daya saing produk.

Ilustrasi: Manfaat Teknologi Informasi | Kaboompics .com

Di dalam menjalankan usaha  tentu produk atau jasa yang kita tawarkan kepada masyarakat perlu  untuk terus dilakukan pembaharuan atau melakukan inovasi, hal  ini dimaksudkan agar produk tidak ketinggalan.  Tentu kita memerlukan banyak sumber referensi ketika hendak melakukan inovasi produk, dan  keberadaan teknologi dan informasi seperti saat ini kita bisa mendapatkan referensi dari berbagai penjuru dunia dalam hitungan detik.

Kebaharuan produk atau jasa yang ditawarkan, dengan terus meningkatkan kualitas dan memberikan inovasi atas  permintaan atau masukan dari pelanggan dan pasar secara luas, pada akhirnya memberikan nilai pada usaha kita yaitu akan meningkatkan daya saing produk atau jasa  di pasaran.

Inovasi adalah kunci sukses di dalam menjalankan sebuah usaha, tanpa adanya inovasi maka usaha  yang BUMDes atau UMKM jalankan dapat mengalami kegagalan karena kalah oleh pesaing dan ditinggalkan pasar, misalnya pada BUMDes kita bisa melihat apa saja yang menjadi sebab  BUMDes Mati Suri.

Oleh sebab itu penting bagi pelaku usaha BUMDes dan UMKM untuk memanfaatkan teknologi dan informasi untuk menambah pengetahuan dan referensi dari produk atau jasa mereka yang mana referensi ini tersebar dan tersedia dari berbagai belahan dunia, tinggal nantinya melakukan  modifikasi atau kebaharuan yang disesuaikan dengan keinginan pasar dari produk atau jasa  kita.

5. Teknologi  informasi dan komputer akan mempermudah pemasaran produk.

Daun-daun, dedaunan, elektronik
Ilustrasi: Manfaat Teknologi Informasi| Dominika Roseclay

Keberhasilan menjalankan sebuah usaha baik BUMDes atau UMKM adalah ketika produk atau jasa yang ditawarkan laku atau diterima oleh pasar. Sehingga dari keseluruhan proses produksi dengan memperhatikan berbagai aspek; inovasi dan kualitas, pada akhirnya akan berhadapan pada pertanyaan: “Apakah masyarakat ‘target pasar’ akan menerima produk dan jasa yang kita tawarkan”

Tanpa adanya pembeli usaha kita akan sia-sia, lebih jauh akan mengalami kerugian dan  akhirnya gulung tikar. Karenanya di dalam menjalankan sebuah usaha sejak awal penting untuk menentukan pasar dan melakukan analisis kelayakan usaha terlebih dahulu. Untuk melakukan analisis usaha dapat dilakukan seperti yang telah kita bahas dalam artikel berikut: Aspek dalam Menganalisis Kelayakan Usaha BUMDes.

Keberadaan teknologi informasi menjadi sangat penting di dalam menjalankan peran pemasaran. Seperti telah kita bahas pada bagian pertama, bahwa saat ini masyarakat sudah terkoneksi di dalam jaringan internet melalui media sosial, maka  kita hendaknya benar-benar memanfaatkan keberadaan internet di dalam  menjual atau memasarkan produk yang kita buat.

Sebagai contoh,  ketika kita akan membeli  sebuah barang sering kali kita mencari di Google, kita menuliskan nama barang tersebut, lalu muncul  banyak pilihan.  Bayangkan jika yang muncul di daftar pilihan halaman pertama Google salah satunya adalah produk Anda. Maka potensi produk Anda akan dibeli sangat besar.

Di dalam era digital siapa yang muncul di pencarian, siapa yang muncul di media sosial, siapa yang mudah ditemukan, dia yang akan mendapatkan peluang  pasar. Maka,  sebagai pelaku usaha kita perlu benar-benar menjalankan strategi pemasaran digital secara maksimal.

Kesimpulan

Teknologi informasi dan komputer saat ini memegang peranan yang sangat penting di dalam dunia usaha, berbagai proses produksi, distribusi, sampai pemasaran produk dapat dilakukan melalui keberadaan teknologi informasi. Sehingga, wajib hukumnya para pelaku usaha BUMDes dan UMKM untuk menggunakan  teknologi informasi dan komputer di dalam  usahanya.

Khususnya BUMDes, bisa memanfaatkan kekuatan sosial masyarakat di dalam melakukan strategi promosi  produk BUMdes. Sebagai contoh ketika BUMDes akan menjalankan desa wisata, bayangkan jika seluruh warga masyarakat bersama pemerintah desa dan BUMDes bersama-sama melakukan promosi di media sosial yang dimiliki, mempromosikan produk wisatanya. Kemungkinan desa wisata yang dijalankan akan viral akan sangat besar.

Jika sudah viral, maka akan  ramai pengunjung. Jika sudah demikian tinggal bagaimana menjaga kebaharuan, melakukan inovasi, melakukan pelayanan maksimal  dari pengunjung yang datang. Ingat pelayanan adalah kunci sukses di dalam dunia usaha., terlebih usaha jasa seperti halnya wisata.

Demikian pembahasan kali ini mengenai Manfaat Teknologi Informasi bagi BUMDes dan UMKM. Semoga dapat memberikan gambaran bagaimana manfaat dan juga pentingnya teknologi informasi. Semoga bermanfaat. Salam. Ari Sedesa.id

Artikel Menarik
Download Template Promosi Powerpoint Instagram
Download Template Promosi Powerpoint Instagram