Sedesa.id Tips Sukses Jualan Online, jika kita rajin berselancar untuk mencari informasi mengenai perkembangan dunia digital hari ini, kita akan mendapati banyak data yang mana begitu berharga bagi pelaku usaha seperti kita. Perkembangan dunia digital ini pada dasarnya mempengaruhi pola kehidupan manusia saat ini, tidak hanya dalam hal kehidupan sosial yang tengah banyak berganti dengan adanya internet dan sederet platform media sosial sebagai ‘dunia maya’ yang digunakan untuk saling terhubung. Selain itu, gaya hidup dan pola kehidupan di masyarakat pun banyak berganti, salah satunya dalam hal pemenuhan kebutuhan alias belanja.
Indonesia adalah pasar potensial bagi perkembangan Online Shop atau jualan Online. Mari kita lihat data dari We Are Social dan Hootsuite yang menyebutkan bahwa Indonesia adalah negara yang memiliki pertumbuhan internet terbesar di dunia, yaitu sebesar 51% dalam kurun satu tahun terakhir. Angka pertumbuhan internet di Indonesia ini jauh dari rata-rata pertumbuhan internet secara global yang hanya sebesar 10%. Selain itu Indonesia juga berada dalam 12 besar negara di dunia dengan penetrasi penggunaan telepon pintar terbesar di dunia.
Melihat data yang ada di atas, tentu kita perlu memahami angka-angka tersebut menunjukkan adanya potensi yang sangat besar secara ekonomi jika kita sebagai pelaku bisnis dapat memulai langkah untuk Go Digital alias mengambil langkah untuk mengambil dan hadir di dunia Online Shop. Saya yakin pembaca sekalian yang pelaku usaha sudah mengambil peluang di pangsa pasar Online. Nah bagaimana agar kita berhasil menarik konsumen di pasar Online? Mari kita bahas.
Tips Sukses Jualan Online dengan memahami keinginan Konsumen
Ketika kita mulai memasuki pasar Online, sebagai pelaku Online Shop kita akan bertanya bagaimana cara mendapatkan pembeli di dunia yang serba terkoneksi ini, apakah hanya cukup mengunggah produk lalu menunggu orang membeli? Bagaimana jika tidak ada orang yang melihat produk kita? Bagaimana kita tahu ketertarikan orang di dunia Online terhadap barang yang kita jual?
Kita sebagai pelaku usaha Online tentu harus paham bahwa masyarakat di era digital cenderung menginginkan adanya inovasi dan juga kemudahan dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga kehadiran platform jual beli Online, media sosial, dan transaksi pembayaran secara elektronik menjadi pilihan yang efisien bagi masyarakat saat ini. Artinya apa? Masyarakat digital ingin kemudahan dalam melakukan transaksi secara digital.
Perihal kemudahan melakukan transaksi jual beli di era digital ini selaras dengan data pertumbuhan e-Commerce yang terus meningkat seiring dengan penetrasi internet yang semakin tinggi. Di Indonesia 97,4% pengguna internet adalah untuk membuka atau keperluan media sosial. Karenanya selain memanfaatkan situs e-Commerce atau market place seperti halnya Tokopedia, BukaLapak, OLX dan lain sebagai, pelaku usaha juga memanfaatkan keberadaan media sosial untuk melakukan jual beli barang secara Online.
Baik menggunakan e-commerce, melalui market place, memanfaatkan media sosial atau bahkan membuat website sendiri untuk jualan online, yang menjadi pokok adalah bagaimana saluran yang dipilih tersebut dapat mendatangkan pembeli dan terjadi transaksi alias produk kita laku di pasar online. Untuk itu kita perlu memahami apa saja yang mempengaruhi keputusan seseorang untuk berbelanja online. Berikut adalah tips Sukses Jualan Online dengan memahami keinginan Konsumen Online Shop yaitu:
1. Konsumen Online Shop Butuh Kenyamanan
Kenyamanan menjadi satu faktor penting yang dibutuhkan konsumen sebelum mereka memutuskan untuk membeli produk kita dan nantinya akan menjadi pelanggan loyal dari toko kita. Perihal kenyamanan ini tentu kita telah banyak mengetahui, seperti halnya kenyamanan yang diberikan ketika kita menjalankan toko secara offline.
Dalam toko offline kita tahu bahwa faktor kenyamanan ini menjadi sangat penting terutama bagi para konsumen yang menghindari keramaian dan tidak ingin berdesak-desakan apabila berbelanja di toko, terlebih ketika kita memberikan potongan harga atau diskon. Suasana desak-desakan ini tidak akan ditemukan atau dapat dihindari dengan mereka belanja secara online.
Oleh sebab itu, kehadiran kita di ranah Online, adalah untuk memberikan kenyamanan bagi konsumen kita untuk berbelanja sambil rebahan atau dari mana saja melalui smartphone mereka. Oleh sebab itu, kita harus bisa memberikan rasa nyaman di dunia digital terkait cara belanja, kemudahan berkomunikasi, dan kesabaran dan juga kecepatan kita membalas pertanyaan dari konsumen online.
2. Konsumen Online Shop Butuh Kelengkapan Informasi
Pembeli Online adalah mereka yang sudah sangat melek informasi, mereka akan melakukan serangkaian riset sederhana ketika ingin membeli sesuatu, misalnya ketika ingin membeli Sepatu dan mendapat penawaran namun keterangan dari produk tidak lengkap atau kurang jelas, mereka akan otomatis bertanya atau otomatis menganggap toko Online tersebut tidak kredibel.
Selain itu, pembeli Online juga sering mencari informasi pembanding, misal membandingkan dengan harga di toko Online yang lain. Memang kehadiran internet membuat kemudahan akses terhadap informasi, hal ini harus kita pahami bahwa konsumen di dunia Online pun sangat teliti sebelum membeli, oleh sebab itu kita perlu memberikan kelengkapan informasi ketika kita berjualan Online. Produk yang kita jual harus benar-benar sesuai dengan deskripsi yang kita berikan.
Bagaimana membuat desain produk? Membuat promosi produk untuk Online Shop? Bingung membuat desain? Sahabat dapat membaca pembahasan desain produk dan mendownload desain untuk promosi produk pada artikel berikut: Download Desain Gratis Untuk Promosi Produk
Ketika kita menggunakan platform seperti market place, jangan lupa bahwa banyak platform yang menyediakan fitur rating dan ulasan pelanggan, yang mana rating dan ulasan pelanggan ini untuk memberikan ulasan tentang dan rating kualitas dan informasi produk. Karenanya kita harus bisa memanfaatkan ulasan pelanggan, bagaimana caranya? Silakan lebih lengkap baca artikel berikut: Cara Jitu Dongkrak Penjualan dengan ulasan
3. Konsumen Online Shop Butuh Kejelasan Ketersediaan Produk Dan Jasa
Pelanggan atau calon pembeli di ranah Online selalu butuh kepastian ketersediaan dari produk atau jasa yang kita tawarkan. Sering kali kita sebagai pelaku usaha lupa untuk memperbaharui ketersediaan produk yang kita jual, terutama ketika kita menjual di media sosial. Padahal hal ini sangat penting, agar pelanggan tidak kecewa.
Jika memang barang yang kita jual telah habis, sebaiknya segera beri keterangan habis, atau jika menggunakan market place maka segera atur pada posisi stok kosong, agar tidak ada orang yang memesan, karena di market place kadang ada tipe pembeli yang memesan tanpa bertanya stok, ketika kita tolak pesanan dengan alasan kosong, hal ini dapat menyebabkan reputasi toko kita menurun atau jelek, dalam ulasan dan rating.
Bagi pelaku usaha yang menjalankan usaha secara offline dan Online, penting untuk membuat website atau keterangan secara Online mengenai ketersediaan barang. Sehingga pelanggan hanya dengan mengakses website sudah dapat mengetahui ketersediaan barang, jadi pelanggan tidak perlu berkunjung ke toko kita.
4. Konsumen Online Shop Butuh Efisiensi Biaya Dan Waktu
Efisiensi biaya dan waktu tentu diinginkan oleh semua pelanggan atau konsumen baik di ranah Online atau pun offline. Namun di era digital seperti saat ini pelanggan banyak menuntut mengenai efisiensi biaya dan waktu dan terjawab dengan adanya platform toko Online untuk kebutuhan dan kemudahan dalam bertransaksi jual beli.
Kita ambil contoh eBay, situs e-Commerce terbesar di dunia ini menawarkan kepada calon pembeli untuk memilih harga terbaik dengan cara membandingkan harga di beberapa toko sekaligus. Dengan adanya model perbandingan harga ini menjadi berarti bagi calon pembeli. Karena secara efisien mereka dapat mengetahui mana harga yang paling baik atau sesuai dengan keuangan mereka secara cepat.
Kehadiran toko Online apa lagi yang sudah menggunakan sistem transaksi digital seperti banyak dilakukan market place, akan sangat memberikan rasa efisien dan juga hemat waktu, orang dapat berbelanja secara Online di mana saja dan kapan saja, sekali klik dan dapat membayar melalui uang digital.
Kesimpulan
Tips Sukses Jualan Online dengan memahami keinginan Konsumen setidaknya bisa dilakukan dengan kita paham apa yang diinginkan konsumen seperti telah kita bahas pada 4 poin di atas. Kita sebagai pelaku usaha tentu wajib hukumnya untuk memahami siapa dan seperti apa pembeli kita, sehingga kita bisa menarget pasar dan melakukan strategi dalam melakukan promosi dan penawaran atau pemasaran produk secara tepat.
Tentu ada banyak faktor lain yang menjadi kunci sukses jualan online, apa yang telah kita bahas bersama di atas adalah sebagai dari banyak faktor yang ada. Pada dasarnya ketika kita telah memasuki pasar online, kita akan dengan sendirinya mengasah kemampuan kita dalam memahami seperti apa konsumen di ranah online.
Demikian pembahasan kali ini mengenai Tips Sukses Jualan Online dengan memahami keinginan Konsumen, semoga dapat memberikan gambaran bagi sahabat sekalian. Semangat dalam upaya menjadi pelaku usaha online yang sukses. Jika ada masukan atau cara lain dapat berbagi di kolom komentar. Semoga bermanfaat. Salam. Ari Sedesa.id