Sedesa.id Apa kabar Sahabat Sedesa.id? Semoga dalam keadaan baik dan dipenuhi keberkahan, sehingga dapat beraktivitas dan menjalankan usaha dengan baik. Dalam kesempatan kali ini saya kembali berbagi tentang Tips Digital Marketing, yaitu Cara Sukses Jualan Online di Media Sosial. Seperti apa? Mari kita bahas bersama.
Sahabat Sedesa, kita sebagai pelaku usaha baik yang merupakan usaha individu seperti halnya UKM atau usaha yang sifatnya milik desa seperti Badan Usaha Milik Desa atau BUMDes, tentu kita tidak dapat memandang sepele keberadaan media sosial, terutama dalam proses memasarkan dan memperkenalkan atau media promosi dari produk atau unit usaha kita ke pada masyarakat luas.
Mengapa penggunaan media sosial untuk jualan menjadi penting? Jawabannya sangat sederhana, sebab saat ini orang-orang saling terhubung di media sosial, saling terhubung dalam jaringan internet. Keberadaan internet dan media sosial ini, menjadikan pasar tidak hanya tumbuh secara konvensional, namun ada pasar baru yaitu pasar Online. Keberadaan pasar Online atau calon pembeli di era digital ini dapat kita ‘tarik’ untuk menjadi pelanggan/pembeli kita salah satunya melalui media sosial.
Pengguna media sosial dari tahun ke tahun terus mengalami peningkatan yang signifikan, terdiri dari berbagai usia, berbagai jenis kelamin, latar pendidikan, dan strata sosial-ekonomi. Bisa dikatakan, media sosial telah menjelma menjadi dunia kedua dari kehidupan sehari-hari. Sehingga komunikasi dan aktivitas manusia di kehidupan nyata juga akan dikabarkan melalui media sosial.
Perkembangan media sosial ini, menjadi peluang pasar yang besar bagi pelaku usaha dan pelaku umkm, karenanya muncul satu cara baru dalam memasarkan atau menjual produk yaitu melalui media sosial atau internet. Penjualan yang sebelumnya bertemu secara langsung, membuka toko atau gerai, kini beralih melalui pembelian secara Online dengan media katalog toko Online, baik dengan web sendiri, Marketplace, atau media sosial.
Peran dari media sosial sebagai media memasarkan atau istilah kerennya marketing Online ini tidak terbatas hanya pada mempromosikan atau sekedar menarik pembeli semata, namun jauh lebih dari itu media sosial juga akan menjadi citra produk atau citra dari usaha yang kita miliki. Karenanya menjadi penting, dalam menjaga citra di media sosial ini sebab kepercayaan pembeli terhadap produk atau usaha kita salah satunya dinilai dari bagaimana kehadiran kita di media sosial.
Dalam upaya memasuki pasar Online, terkadang kita kehabisan waktu untuk mengelola media sosial dari usaha kita, hal ini menjadikan banyak interaksi yang masuk dari calon pembeli kemudian belum dapat dikonversi menjadi keputusan pembelian atau terjualnya produk usaha kita. Ketika kita tidak mampu melakukan konversi ini tentu sangat disayangkan. Karena, kurang cepat tanggap kita dalam mengelola media sosial untuk usaha kita dapat menyebabkan rasa tidak percaya atau ragu-ragu dari calon pembeli terhadap toko Online atau akun media sosial usaha kita.
Oleh sebab itu, sebagai pelaku usaha yang saat ini ‘mulai menjajaki’ jualan Online menggunakan media sosial sebagai ujung tombak dalam melakukan pemasaran maka perlu memperhatikan hal-hal dasar di dalam membuat atau menjalankan strategi berjualan Online. Cara Sukses Jualan Online di Media Sosial dimulai dari memiliki akun yang terpercaya dan benar-benar mencerminkan produk/usaha kita, seperti apa? Berikut ulasannya:
1. Bedakan Media Sosial Akun Pribadi dan Akun Usaha
Penting bagi pelaku usaha untuk beralih ke akun bisnis di media sosial, walau memang akun pribadi pun dapat digunakan untuk berjualan, namun jika kita berpikir jangka panjang maka sebaiknya mulai membuat akun usaha dan melakukan branding terhadap akun tersebut sebagai bentuk perwakilan usaha kita di ranah jualan Online.
Sampai saat ini memang masih banyak pelaku usaha yang masih menggunakan akun media sosial pribadi untuk jualan dan memasarkan produk. Seperti telah dijelaskan sebelumnya bahwa kondisi ini tidak sepenuhnya keliru, karena dalam memasuki pangsa Online kenyataannya mereka yang menggunakan akun media sosial pribadi untuk berjualan Online pun masih dapat menciptakan pemasaran yang baik. Akan tetapi perlu dipahami dan jangan sampai lupa bahwa dengan kita menggunakan akun pribadi maka kita tidak sedang membangun citra produk dari usaha yang kita jalankan.
Oleh sebab itu dalam Cara Sukses Jualan Online di Media Sosial maka kita perlu membuat akun khusus untuk jualan atau akun khusus yang mempresentasikan usaha kita. Keberadaan akun media sosial atau akun bisnis ini kemudian akan menjadi pembentuk dari citra produk yang kita jual. Kemudian melalui akun bisnis ini segala informasi mengenai produk dan informasi menarik yang berhubungan dengan usaha kita, dapat kita berikan kepada konsumen, hal ini dimaksudkan agar konsumen mengenal produk kita, bukan hanya mengenal secara personal siapa kita, seperti ketika berjualan Online menggunakan akun pribadi.
Berjualan dengan akun bisnis atau akun usaha akan lebih terlihat profesional di mata calon pembeli. Coba sahabat perhatikan, penyedia sosial media pun sudah memberikan dukungan luar biasa kepada pelaku usaha dengan hadirnya akun bersifat bisnis, misalnya kita lihat Facebook, Instagram dan whatsapp, ketiga media sosial ini sangat mendukung keberadaan akun untuk bisnis, dan secara tegas memisahkan antara akun bisnis dengan akun pribadi di platform mereka.
2. Pemilihan nama yang tepat dan sama di berbagai media sosial
Setelah mengambil keputusan untuk memisahkan antara akun pribadi dan akun bisnis, selanjutnya adalah menentukan nama usaha yang tepat di media sosial. Ini tentu penting, karena bisa jadi nama usaha kita sudah dipakai orang lain di media sosial. Karenanya, kita perlu melakukan modifikasi nama dari usaha kita di ranah digital (bukan berarti mengganti nama usaha yang ada) hanya menyesuaikan dengan ketersediaan di media sosial.
Nama akun jualan Online ini juga penting diperhatikan tidak hanya dalam satu platform, namun di banyak platform media sosial, misal di Instagram namanya adalah @NAMAUSAHASAYA maka di Facebook dan Twitter juga perlu menggunakan nama yang sama.
Kesamaan nama di lintas platform ini menjadi penting, agar pembeli atau pelanggan paham dan mudah mengingat produk kita, jangan sampai ada nama yang jauh berbeda dari usaha kita antara satu media sosial dan media sosial yang lainnya.
Untuk itu penting melakukan cek terlebih dahulu apakah nama usaha kita masih tersedia di media sosial yang akan kita gunakan. Sahabat bisa menggunakan layanan yang tersedia di: NAME CHK
Tinggal masukan nama yang akan digunakan dan klik cek, nanti akan muncul keterangan di platform apa saja nama yang sahabat ketikan masih tersedia.
3. Akun Jualan Online aktif dan memiliki postingan rutin
Cara Sukses Jualan Online di Media Sosial selanjutnya dan yang sangat penting adalah akun jualan Online kita harus aktif, salah satunya dengan melakukan posting secara rutin, posting di sini tidak harus melulu soal produk, namun bisa juga tips atau info menarik yang dibutuhkan oleh pengunjung atau calon pembeli.
Akun jualan Online yang aktif menjadi indikasi pertama seseorang untuk memutuskan membeli atau tidak. Jika melihat akun jualan sudah lama tidak aktif, biasanya calon pembeli akan ragu, dan tidak jadi membeli produk yang ada. Bagaimana cara calon pembeli melihat aktif tidaknya aku jualan Online? Calon pembeli biasanya akan melihat kapan terakhir update dari akun jualan kita, jika sudah lama akun jualan Online kita tidak melakukan update maka akan menumbuhkan rasa ragu pembeli, mereka akan mengira akun jualan Online kita sudah tidak menjual produk tersebut atau sudah tidak aktif lagi.
Oleh sebab itu perlu adanya rencana atau penjadwalan untuk membuat postingan di media sosial akun jualan yang kita kelola. Kita hanya perlu membuat konten, lalu melakukan penjadwalan, sehingga setiap hari akan ada update, ini tentu bisa menyiasati bagi pengelola usaha yang sibuk.
Bagaimana cara membuat penjadwalan di Instagram? Simak jawabannya di sini: Cara Posting Otomatis di Instagram (Autopost)
4. Membuat tagar (hashtag) sebagai identitas usaha kita
Di dalam media sosial, baik itu media sosial Instagram, Facebook, Twitter, menggunakan atau memiliki fasilitas tanda tagar (#) tanda tagar ini juga perlu kita perhatikan dalam membuat akun jualan Online. Kita perlu untuk membuat tagar yang unik dan juga dapat mencerminkan usaha kita, sehingga nantinya pembeli dapat menemukan usaha kita tidak hanya dari akun media sosial kita saja tapi dari tagar yang kita buat.
Walau tentu saja sudah banyak tagar yang muncul ketika kita menarget jualan Online, karena banyaknya produk yang memiliki kata kunci sama. Namun tidak menjadi masalah, kita tetap menggunakan tagar populer juga dilengkapi dengan tagar yang kita buat sendiri untuk mencerminkan atau sebagai tanda usaha kita.
5. Interaksi dengan calon pembeli adalah kunci
Cara Sukses Jualan Online di Media Sosial selanjutnya adalah menciptakan interaksi dengan calon pembeli. Ketika kita sudah melakukan berbagai strategi penjualan, kita telah membuat posting dan aktif di media sosial, maka selanjutnya kita perlu untuk membangun interaksi dengan pengikut atau calon pembeli yang ada di media sosial kita.
Pertanyaan yang sering muncul adalah bagaimana cara membangun interaksi dengan pengikut dan calon pembeli kita? Sebenarnya ada banyak cara yang dapat kita lakukan untuk membangun interaksi dengan pengikut atau calon pembeli yaitu; dengan menyukai postingan mereka, dengan mengomentari postingan mereka, dan berinteraksi dengan mereka dengan wajar, jangan sampai terkesan membuat spam.
Cara paling sederhana misalnya kita menemukan akun pembeli yang pernah membeli produk kita, maka kita harus melakukan sapa kepada mereka melalui komentar atau pesan langsung yang isinya apresiasi karena telah melakukan pembelian, kita jalin komunikasi, tanya kabar mereka, dan usahakan natural bukan untuk jualan. Hubungan baik antara penjual dan pembeli akan menciptakan peluang pasar yang lebih baik di masa mendatang.
Kesimpulan
Dari lima hal di atas, mungkin terlihat sederhana, sehingga sering para pelaku usaha tidak mengerjakan hal tersebut dengan serius. Ini akan berbahaya, karena akan akan semakin sulit mendapatkan pembeli di media sosial, semakin kita acuh maka akan semakin kita ditinggalkan pasar di media sosial.
Perkembangan dunia usaha hari ini bisa dikatakan serba digital, utamanya dalam hal memasarkan produk atau jasa. Dan era digital terus berkembang, begitu juga dengan strategi mengenai bisnis online terus berkembang mengikuti pola dari platform apa yang kita gunakan. Oleh sebab itu, pelaku usaha agar terus melakukan update pengetahuan dan perkembangan mengenai dunia digital di ranah usaha ini. Demikian semoga bermanfaat. Salam. Ari Sedesa.id