Cara Menjual Produk Dengan Cepat
Cara Menjual Produk Dengan Cepat

3 Cara Menjual Produk Dengan Cepat dan terbukti berhasil

Sedesa.id Cara Menjual Produk Dengan Cepat , banyak di antara kita sebagai pelaku usaha atau pengelola Badan Usaha seperti halnya pengelola BUMDes tentu menginginkan usaha atau unit usaha yang dijalankan dapat memberikan pemasukan dari hasil penjualan produk atau jasa yang ditawarkan. Namun sering kali kita tidak mempersiapkan berbagai strategi sejak awal dalam upaya menjual produk, sehingga produk dan jasa yang kita buat tidak kunjung mendapat tempat alias tidak laku-laku juga di pasaran.

Di dalam memulai sebuah usaha momok yang begitu menakutkan adalah pertanyaan mengenai; apakah ada yang nantinya akan menggunakan produk atau jasa yang kita tawarkan? Apakah produk dan jasa yang kita tawarkan akan laku di pasaran? Apakah akan ada pelanggan dari produk atau jasa yang kita tawarkan? Bagaimana jika ternyata pasar tidak menerima produk kita?

Pertanyaan-pertanyaan mengenai penerimaan produk, apakah laku dan tidak laku memang menjadi pertanyaan umum ketika hendak memulai sebuah usaha, dan sering kali pertanyaan tersebut menjadikan pelaku usaha pemula ketakutan bahkan banyak yang akhirnya mengurungkan niatnya untuk meneruskan atau menjalankan usahanya ketika di bulan-bulan awal usahanya berdiri, mereka sudah merasa bahwa pasar tidak membutuhkan produk atau jasa mereka, sebelum melakukan evaluasi mendalam dari sebab mengapa produk mereka tidak laku.

Memang mengerikan dan menakutkan sekali ketika produk kita tidak laku. Bagaimana mengatasi produk tidak laku? Mengenai penyebab dan cara mengatasi produk kita tidak laku di pasaran, telah kita bahas pada artikel sebelumnya, sahabat sedesa dapat membaca pada artikel berikut: 6 Cara Mengatasi Produk Tidak Laku ini terbukti berhasil

Kita sebagai pelaku usaha tentu menginginkan agar produk atau jasa yang kita tawarkan disambut baik oleh pasar,  penyambutan tersebut adalah dengan dibelinya produk kita atau lakunya produk kita dan pada akhirnya akan memberi keuntungan dalam perputaran usaha yang kita jalankan. Dan bagi pelaku usaha tentu menginginkan mendapat sambutan pasar dengan cepat.

Tidak dapat dipungkiri bahwa pelanggan menjadi kunci utama dalam menjalankan sebuah usaha, apa pun jenis usaha yang akan kita jalankan, kita harus benar-benar memastikan bahwa usaha kita memiliki pelanggan, dan untuk memiliki pelanggan kita harus menerapkan berbagai strategi khusus. Pelanggan adalah mereka yang selama ini telah loyal terhadap produk atau jasa kita, mereka yang akan menggunakan produk dan jasa kita secara berulang, dan mereka telah percaya dengan produk atau jasa kita.

Menjadi pertanyaan adalah, pelanggan tentu saja tidak bisa tercipta dengan cepat. Karena seseorang yang membeli produk atau menggunakan jasa kita tentu tidak akan langsung percaya begitu saja dengan produk dan jasa kita, tentu akan ada pertimbangan sampai nantinya konsumen memutuskan menjadi pelanggan atau berlangganan yaitu dengan membeli produk atau jasa yang kita tawarkan secara berulang.

Bagaimana cara mempercepat pelanggan? Bagaimana cara menjual produk dengan cepat? Untuk mempercepat penjualan produk dan juga mempercepat terciptanya pelanggan yang setia, maka perlu beberapa cara yaitu sebagai berikut;

1. Cara Menjual Produk Dengan Cepat; Menjual Produk Dengan Harga yang Bersaing

Harga menjadi persoalan di dalam sebuah usaha, menentukan harga tidak selalu mudah, belum lagi ketika kita ingin menjual produk dengan cepat yang dimaksudkan sebagai upaya memperkenalkan produk terbaru ke pasaran, baik melalui promo atau pun pemberian diskon dan juga melalui pemberlakuan harga yang bersaing.

Di mata calon pembeli tentu saja harga adalah hal pertama yang menjadi penilaian. Maka, kita sebagai pelaku usaha harus bisa menetapkan harga yang benar-benar sesuai dengan produk atau jasa yang kita tawarkan. Sesuai dengan produk dan sesuai dengan daya beli atau target pasar yang kita pilih.

Memang dalam menentukan harga yang bersaing, kita sebagai pelaku usaha akan mengalami dilema, tapi semua akan kembali lagi bahwa dengan kita menciptakan harga yang bersaing dengan produk atau jasa sejenis di pasaran, maka kita dapat menarik calon pembeli atau konsumen produk, dan pada akhirnya bisa jadi dengan harga yang sesuai dan bersaing maka para konsumen ini nantinya akan kembali membeli atau menggunakan produk dan jasa yang kita tawarkan.

Di dalam  menentukan harga bersaing, tentu saja kita harus melakukan serangkaian survei terlebih dahulu terhadap produk atau jasa sejenis yang telah ada di pasaran dan yang menjadi pesaing dari produk kita. Selain harga pesaing kita juga perlu melihat daya beli masyarakat, kemudian setelah memperhitungkan semuanya, baru kita bisa menentukan berapa harga yang kira-kira dapat menarik konsumen pesaing kita.

Di dalam menentukan harga bersaing, tidak cukup hanya dengan mematok atau memasang harga lebih rendah dari pesaing saja. Akan tetapi bisa dengan melakukan skema program, misalnya bisa dengan program potongan harga langsung, program diskon atau program beli satu gratis satu, dan berbagai program menarik lainnya.

2. Cara Menjual Produk Dengan Cepat; Melakukan Promosi Produk

Untuk melakukan penjualan dengan cepat dan mendapatkan konsumen secara terus menerus, maka salah satu hal yang tidak  boleh diabaikan adalah dengan melakukan promosi produk secara konsisten. Ingat di dalam era digital seperti saat ini sebagai pelaku usaha kita jangan sampai melupakan promosi, sebab promosi adalah salah satu cara  kita dalam memperkenalkan produk kita ke pasar atau masyarakat yang lebih luas.

Promosi akan menjadikan produk kita diketahui secara luas, dan pada akhirnya akan terjadi pembelian. Jika pun ketika produk kita sudah ramai peminat atau konsumen, kita harus tetap melakukan promosi, kita tetap perlu untuk menyediakan biaya untuk promosi. Promosi bisa dilakukan dalam bentuk iklan atau penawaran produk secara langsung.

Sebagai contoh, produk-produk yang sehari-hari kita jumpai atau bahkan kita gunakan utamanya produk harian, tidak berhenti dalam melakukan promosi baik melalui iklan di televisi atau pun sosial media. Mengapa demikian, karena mereka ingin untuk terus menambah pelanggan dan mempertahankan pelanggan. Oleh sebab itu, sebagai pelaku usaha, kita pun harus memiliki alur promosi dan skema promosi yang jelas, selain itu tentu membutuhkan anggaran atau biaya promosi yang baik dan benar untuk bisnis kita.

3. Cara Menjual Produk Dengan Cepat; Meningkatkan Kualitas Pelayanan yang Baik

Sebagai pelaku usaha tentu kita menyadari bahwa pelayanan adalah hal penting dalam dunia usaha. Pelayanan yang baik akan menjadikan konsumen betah dan ingin kembali menggunakan atau membeli produk kita, hal ini berkaitan dengan rasa nyaman.

Pada titik tertentu konsumen terkadang tidak lagi peduli dengan harga murah jika pelayanannya tidak baik, mereka tetap akan meninggalkan produk, karena pelayanan sering kali menjadi indikator keputusan membeli. Pelayanan yang baik bisa berarti; pelayanan yang cepat, pelayanan yang memuaskan, pelayanan yang informatif, ramah dan lain sebagainya.

Oleh sebab itu kita harus bisa menyeleksi calon pekerja kita, pekerja yang memiliki kepribadian dan sifat melayani. Sebab mereka yang akan menjadi wajah dari usaha kita di mata konsumen. Bagaimana pelayanan yang baik? Bisa membaca artikel sebelumnya: Bagaimana Menjaga Kredibilitas Usaha Agar Pelanggan Tidak Pergi

Memberikan pelayanan yang baik, tepat dan cepat, akan menjadi kunci dalam upaya menciptakan pelanggan yang loyal. Pelanggan yang loyal, tidak lagi peduli dengan permainan harga dari pesaing kita, sebab mereka telah nyaman dengan layanan kita, layanan sering kali lebih utama dari sekedar selisih harga.

Kesimpulan

Ada banyak cara yang dapat kita terapkan dalam usaha kita sebagai upaya menjual produk dengan cepat, namun lebih penting dari pada itu adalah bagaimana menciptakan pembeli yang loyal, pembeli yang akan berulang membeli produk atau jasa kita, pembeli yang akan menjadi agen pemasar secara sukarela dari produk kita, pembeli loyal ini yang menjadi bagian tidak terpisahkan dari keberlangsungan sebuah usaha.

Cara di atas juga tidak hanya dapat dilakukan oleh pelaku usaha individu atau UMKM namun juga dapat diterapkan oleh pengelola BUMDes, ketika unit usaha BUMDes ingin melakukan penjualan produk dengan cepat maka pengelola BUMDes dapat melakukan langkah-langkah di atas sebagai upaya untuk menjual produk dengan cepat.

Karenanya dengan menjalankan tiga cara di atas, semoga dapat menjadikan kita lebih mudah dalam melakukan usaha penjualan produk dari usaha kita. Lebih mudah pula dalam upaya mendapatkan para pembeli yang loyal, sehingga produk kita benar-benar memiliki pasar yang akan selalu membeli.  Selamat menjalankan usaha, tetap semangat untuk terus belajar. Semoga artikel ini bermanfaat. Salam. Ari Sedesa.id

More Stories
Peluang Usaha
Ini Pertimbangan dalam Memilih Usaha Sukses