Strategi Promosi di Media Sosial
Strategi Promosi di Media Sosial

Strategi Promosi di Media Sosial yang Efektif dan Efisien

Sedesa.id Strategi Promosi di Media Sosial yang Efektif dan Efisien. Saat ini media sosial sudah menjadi bagian tidak terpisahkan dari kehidupan dan aktivitas sehari-hari manusia. Orang-orang saling berkomunikasi dan terhubung dengan adanya jaringan internet dan didukung adanya sosial media sebagai wadah sosial di ranah digital. Orang yang sebelumnya tidak saling kenal pun dapat saling bertukar kabar dan melakukan pertemanan digital, lihat saja bagaimana hari ini orang-orang saling terhubung melalui Facebook, Instagram, Twitter, dan berbagai layanan media sosial lain.

Bagi pelaku usaha seperti hanya pelaku usaha kecil menengah, pelaku usaha desa, pengelola Badan Usaha Milik Desa atau BUMDes, dan bagi setiap orang yang sedang berusaha masuk di dunia usaha, tentu jangan sampai melewatkan yang namanya sosial media. Tentu bukan untuk sekedar bermain media sosial, namun mencari peluang pasar dari keberadaan media sosial, menjadikan media sosial sebagai salah satu media dan saluran yang dapat dijadikan sebagai alat untuk promosi dan melakukan pemasaran produk.

Strategi Promosi di Media Sosial yang Efektif dan Efisien

Di dalam memanfaatkan media sosial untuk kebutuhan promosi dan juga penjualan produk atau jasa yang kita miliki, tentu kita dapat menggunakan berbagai alat yang disediakan oleh setiap media sosial. Misalnya saat ini seperti Facebook, Instagram telah mendukung akun bisnis, yang mana dikhususkan untuk kebutuhan pelaku usaha. Maka kita harus paham isi dari fitur yang ada di dalam akun bisnis yang ditawarkan oleh media sosial yang kita pilih.

Di dalam melakukan promosi yang efektif dan efisien ketika menggunakan Facebook dan Instagram misalnya, kita bisa melakukan promosi dengan menyesuaikan demografi calon audiens yang kita sasar.

Ketika kita melakukan kampain atau promosi  di media sosial kita juga harus memahami bagaimana tingkat keberhasilan dari promosi kita, hal ini bisa dilakukan dengan melihat jenis trafik yang masuk di dalam masa promosi yang kita lakukan di media sosial. Melalui data trafik ini kita nantinya bisa menilai dan melakukan evaluasi tingkat keberhasilan promosi di media sosial, sehingga bisa melakukan perubahan agar lebih efektif dan efisien.

Di dalam penggunaan media sosial untuk promosi atau melakukan kampain produk setidaknya ada tiga jenis trafik yang datang ke akun bisnis kita, ketika  kita melakukan promosi atau kampain di media sosial;

1.  Trafik yang tidak bisa dikontrol (trafik cuma-cuma)

Trafik jenis ini sering disebut sebagai trafik cuma-cuma, karena berasal dari pengunjung yang suka rela atau datang dengan sendirinya. Biasanya karena konten yang dibuat dalam melakukan promosi adakah konten yang menarik atau konten yang memiliki manfaat sehingga banyak orang tertarik dan berkunjung, jika di media sosial hal semacam ini bisa menjadi viral karena banyak pengguna yang membagikan ulang.

Bagi kita sebagai pelaku usaha, ada baiknya kita belajar bagaimana membuat konten promosi yang menarik, untuk mengisi akun bisnis media sosial kita tidak perlu selalu berhubungan dengan promosi produk atau penjualan, cobalah untuk membuat konten di luar produk, yang dapat memberi manfaat dan menarik minat pengunjung.

2. Trafik yang dapat dikontrol (trafik berbayar)

Trafik berbayar adalah trafik dari hasil melakukan iklan di media sosial, seperti telah disinggung sebelumnya misalnya kita ingin menarget pengguna di satu kota, menarget usia dan jenis kelamin, nah kita bisa menggunakan fitur berbayar yang disediakan oleh penyedia jasa sosial media.

Apakah Anda pernah melihat konten yang muncul di beranda sosial media Anda, padahal Anda tidak mengikuti atau berlangganan akun tersebut? Biasanya ada disertai keterangan iklan atau bersponsor, nah itu adalah contoh model promosi berbayar.

Di dalam melakukan promosi berbayar, kita bisa menentukan siapa yang akan kita perlihatkan promosi kita (audien kita) dan  kita dapat memantau secara real time perkembangan trafik, selain itu kita juga bisa mengontrol agar pengunjung mau menjadi follower atau datang ke website/ toko online kita.

Layanan berbayar ini bisa kita dapatkan misalnya melalui Google Adwords, Facebook Ads, Instagram Ads, dan fitur berbayar dari media sosial lain. Jika kita memiliki anggaran iklan yang cukup, tidak ada salahnya kita melakukan promosi berbayar.

3. Trafik milik sendiri (organik trafik)

Semua pelaku di dalam digital marketing tentu menginginkan untuk memiliki atau sampai pada kemampuan mendatangkan organik trafik. Mengapa? Karena trafik milik sendiri atau organik trafik adalah trafik yang paling efektif dan efisien, di mana pengunjung yang melihat promosi kita adalah mereka yang  memang database kita atau followers dari akun media sosial kita.

Ketika akun media sosial kita telah ramai dan banyak followers, misalnya di Facebook, maka ketika kita membuat konten promosi akan ada yang secara sukarela melakukan atau membagikan konten kita, dan tidak sedikit yang memang sudah menjadi pelanggan kita, merek selalu menunggu promosi atau penawaran terbaru dari produk kita.

Untuk mendapatkan trafik yang organik maka diperlukan keseriusan di dalam menggarap sosial media yang kita gunakan untuk tujuan bisnis, harus senantiasa aktif dan memberikan konten yang bermanfaat bagi pengguna. Mendapatkan trafik organik adalah menjadi strategi promosi di media sosial yang efektif dan efisien paling penting.

Berikut ini adalah Strategi Promosi di Media Sosial yang Efektif dan Efisien :

  1. Siapkan Koten dan Atur  Jadwal postingan misalnya paling sedikit dalam satu minggu satu konten  untuk satu media sosial. Perlu menyiapkan konten untuk jangka panjang, karena kesuksesan media sosial adalah dengan terus aktif mengunggah postingan konten.
  2. Jangan promosi yang berlebihan apa lagi melakukan penjualan secara langsung melalui media sosial. Jangan sampai isi media sosial bisnis kita hanya foto/video produk. Sudah jelas  tidak menarik, dan pengunjung akan enggan berlangganan atau menjadi followers.
  3. Berikan respons yang cepat dan produktif ketika ada pertanyaan ataupun reaksi dari pengunjung.  Respons menjadi penilaian tersendiri bagi pengunjung, maka upayakan untuk merespons dengan sepat dan gunakan bahasa yang membangun kedekatan dan bahasa yang produktif.
  4. Buatlah konten yang menarik dan berharga dengan mengupload konten yang memberikan nilai bagi para pengunjung, seperti informasi menarik, tips, cara, dan berbagai informasi menarik dan berguna seputar produk.
  5. Dorong pengunjung agar terlibat dengan kita, salah satu caranya yaitu dengan membuat konten yang melibatkan pengunjung, misalnya dengan mengadakan Give Away. Seperti kita sering lihat misalnya Give Away Produk A dengan syarat follow akun dan membuat foto. Model Give Away ini akan meningkatkan followers dan juga membangun interaksi.
  6. Sesekali cobalah untuk membagikan konten viral misalnya dalam bentuk video yang unik, menarik dan menghibur, hal ini akan meningkatkan reaksi dari pengunjung dan mampu memberikan ketertarikan pada akun bisnis kita. Namun harus diingat, video harus yang masih sesuai dengan norma dan tidak melenceng terlalu jauh dari tujuan bisnis kita.
  7. Bangun komunitas dengan mempengaruhi pengunjung agar menjadi followers kita, karena pada akhirnya followers akan menjadi pelanggan, dan pelanggan akan berpotensi menjadi pelanggan yang loyal, yang akan berdampak untuk menjadi agen pemasar secara suka rela di ranah digital.

Kesimpulan

Setiap dari kita sebagai pelaku usaha di era digital ini tentu tidak ingin ketinggalan zaman, utamanya dalam hal memasarkan produk. Bagaimana pun telah terjadi pergeseran dari cara belanja, dan hal ini harus kita ikuti, dan tidak cukup dengan kita hanya sekedar beralih ke pasar Online dengan membuka Online shoop atau bergabung dengan market place dan membuka website sendiri, perlu juga dibarengi dengan kegiatan promosi, dan mencari atau menjangkau kedekatan dengan calon pembeli di ranah digital.

Cara yang bisa kita lakukan adalah salah satunya dengan hadir di media sosial, menyapa para calon pembeli, menyapa pasar online, masyarakat digital. Dengan kita hadir dan sering muncul, mereka akan mendapat informasi mengenai produk kita, mendapat kedekatan dengan kita, dan pada akhirnya terjadi pembelian, lebih jauh mereka juga akan menjadi pemasar gratis bagi akun bisnis kita, selama kita bisa mengelola konten dan followers dengan baik.

Demikian pembahasan kali ini mengenai Strategi Promosi di Media Sosial yang Efektif dan Efisien. Semoga memberikan gambaran, dan memberikan manfaat bagi kita bersama. Selamat mencoba dan terus belajar menjadi yang terbaik. Terima kasih telah berkunjung. Salam. Ari Sedesa.id

Artikel Menarik
BUMDes Tridadi Makmur Unit Usaha Wisata Puri Mataram
BUMDes Tridadi Makmur Unit Usaha Wisata Puri Mataram