Strategi Email Marketing
Strategi Email Marketing

Strategi Email Marketing Dalam Memasarkan Produk

Sedesa.id Strategi Email marketing Dalam Memasarkan Produk. Pernahkah sahabat mendapat sebuah email yang isinya menawarkan sebuah produk, atau email yang memberikan update artikel dan informasi yang berhubungan dengan produk atau suatu layanan? Jika pernah, maka sahabat sudah pernah melihat yang namanya email marketing.

Mari berkenalan lebih dalam dengan email marketing, sebagai seorang pemasar memanfaatkan stratgei email marketing sanggatlah penting agar penjualan dari produk kita meningkat. Mengapa demikian? Hal ini tidak terlepas dari perubahan era atau zaman, saat ini kita telah memasuki era digital, yang mana keberadaan email menjadi wajib bagi setiap orang yang terkoneksi melalui smartphone mereka.

Email marketing adalah cara pemasaran yang bisa dikata paling efektif dalam upaya membangun koneksi dengan para calon pelanggan, dengan menggunakan strategi email marketing kita  dapat mengarahkan orang yang pernah menggunakan produk kita untuk menjadi pelanggan setia kita.

Mengapa email mampu menarik calon pelanggan dan mampu menciptakan loyalitas pelanggan? Kita merujuk pada penelitian yang dilakukan oleh Radicati Group, dalam penelitiannya disebutkan bahwa lebih dari 34% orang di seluruh dunia menggunakan surat elektronik atau email.

Dan saat ini, penggunaan email tidak hanya untuk kebutuhan bisnis saja, tidak sekedar untuk berbalas pesan, saat ini email benar-benar terkoneksi di smartphone, yang mana smartphone hari ini menjadi bagian tidak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari, jika kita pengguna android misalnya, pasti kita membutuhkan email untuk registrasi, dan secara otomatis kita terkoneksi melalui email.

Bagaimana cara menggunakan atau memanfaatkan strategi email marketing dalam memasarkan produk? Mari kita bahas mengenai strategi email marketing secara lengkap berikut ini:

1. Mencari Daftar Alamat Email Potensial

Pertama yang harus kita siapkan dalam melakukan strategi pemasaran melalui email adalah dengan kita memiliki daftar email potensial. Daftar email potensial ini adalah mereka yang kemungkinan besar membutuhkan atau memang memiliki ketertarikan dengan produk atau jasa yang kita tawarkan. Pertanyaannya adalah bagaimana Cara Mendapatkan Alamat Email?

Untuk mendapatkan alamat email bisa dengan berbagai cara, misalnya jika kita memiliki website alamat email pengunjung bisa didapatkan dari newsletter di website kita, email juga bisa didapat ketika kita menyelenggarakan pameran (buku tamu/buku kunjungan),  selain itu bisa juga dengan metode  membagikan ebook yang relevan untuk calon pembaca dan pembeli.

Dari beragam email yang masuk, baik itu melalui website, newslatter, hasil pengisian kunjungan dalam pameran, dan lain sebagainya maka selanjutnya kita perlu untuk melakukan pemilahan, mana email yang benar-benar email artinya bukan email spam atau email tidak aktif. Setelah itu kita juga dapat melihat dari mana sumber email tersebut, misalnya dari pengguna yang dowload ebook, bisa jadi dari judul ebook kita mendapat informasi dari ketertarikan seseorang yang akan menjadi pelanggan kita.

2. Membuat Isi Kampanye/promosi dari Email Marketing

Isi dari pada email marketing bisa berupa  teks dan gambar, selain itu juga bisa berisi alamat url atau rujukan situs yang bisa di klik. Namun jangan sampai kita menggunakan bahasa yang menyesatkan atau klik bait.

Agar kampanye/promosi menggunakan strategi email marketing ini berhasil, maka penting untuk kita membuat isi dari kampanye atau promosi ini semenarik mungkin, gunakan bahasa yang sesuai, dan tidak perlu bertele-tele atau mubazir kata-kata.

Jika mengirim berupa gambar/poster dari produk, maka jangan lupa menyertakan caption atau keterangan dari gambar dan tetap letakan link url yang dapat menjadi rujukan.

Jika dimaksudkan untuk langsung berjualan, maka email marketing harus menyertakan informasi yang lengkap mengenai detail produk, dan bagaimana cara membeli atau mendapatkan produk tersebut.

Jika strategi email marketing dimaksudkan untuk menyapa atau membangun interaksi dengan para pembeli, maka beri informasi yang menarik atau sesuatu yang mereka butuhkan yang berhubungan dengan produk. Sebagai contoh jika usaha Anda adalah usaha jual beli kain batik, maka email bisa berisi tips dan trik merawat kain batik yang baik dan benar.

3. Lakukan pengiriman email

Langkah selanjutnya setelah memiliki daftar alamat email potensial yang bisa kita kirimi email marketing, maka kita tinggal mengirimkan promosi kita ke daftar email tersebut.

Tentu akan memakan waktu yang sangat lama jika kita mengirim satu persatu, karenanya kita membutuhkan alat atau tools dalam melakukan strategi email marketing, dengan alat ini kita bisa mengirim email secara bersamaan, atau dalam jumlah banyak email tanpa perlu klik atau kirim satu persatu.

Layanan atau tools yang dapat digunakan adalah sebagai berikut: 1. KIRIM.EMAIL 2. MailChimp 3. Constant Contact 4. HubSpot (Bagaimana cara menggunakan tools tersebut akan saya update dalam artikel selanjutnya)

4. Melakukan Evaluasi dari keberhasilan pengiriman email marketing

Setelah kita mengirimkan email, maka selanjutnya kita perlu melakukan evaluasi apakah email yang kita kirimkan tersampaikan dengan baik, apakah ada timbal balik, berapa orang yang menerima email dan membuka email kita, berapa banyak orang yang melakukan klik dari link yang kita sertakan.

Di dalam strategi email marketing kita mengenal namanya email open rate dan click trough rate, yang mana kedua fasilitas ini tersedia di dalam tols yang kita gunakan dalam mengirimkan email.

Email Open Rate : Melihat berapa banyak penerima yang membuka email yang dikirim.
Click Trough Rate : Mengetahui seberapa banyak penerima melakukan klik  pada link URL yang dikirim.

Email open rate dan click trough rate ini penting sebagai bahan analisa keberhasilan pengiriman email marketing. Untuk itu perlu strategi khusus untuk dapat meningkatkan open rate dari email yang dikirim

5. Penting untuk diperhatikan dalam email marketing agar berjalan dengan sukses

a. Pastikan list alamat email yang akan dikirim adalah list paling update dan aktif.
b. Buat segmentasi untuk list alamat email, hal ini dapat dilakukan melalui analisa dari beberapa kategori misalnya berdasarkan 10kasi, berdasarkan sejarah    transaksi, berdasarkan kebutuhan konsumen.
c. Hindari SPAM Filter, agar email yang dikirim berhasil dibuka
– Kirim email tersebut dari IP address yang baik. Yang dimaksud IP address  yang baik di sini adalah IP address yang belum pernah digunakan oleh orang lain yang pernah mengirim email spam sebelumnya.
– Kirim dengan menggunakan domain yang sudah diverifikasi.
– Pastikan semua kode yang digunakan bersih dan rapi.
– Gunakan merger tags untuk personalisasi bagian To: di email Anda.
– Beritahu subscribers bagaimana cara memasukan email kita ke whitelist dan minta mereka untuk menambahkan Anda di address book mereka.
– Hindari bahasa-bahasa sales. Mereka terhitung sebagai spam triwer words  atau kata-kata yang dianggap spam seperti “beli”. “diskon”. atau “cash’
– Jangan menggunakan clickbait atau mengakali penerima email dengan subject line Anda
– Sertakan cara mudah bagi pelanggan untuk berhenti berlangganan jika  mereka sudah tidak mau menerima email dari Anda.
d. Perhatikan waktu pengiriman email.
e. Buat subject line yang menarik perhatian.
f. Tulis isi email Anda seakan-akan Anda hanya mengirimkannya pada satu orang

Kesimpulan

Dalam  upaya memperkenalkan produk kepada calon pembeli dan dalam rangka mempererat hubungan dengan konsumen, tidak ada salahnya kita memanfaatkan berbagai media yang tersedia dalam melakukan pemasaran produk, seperti memanfaatkan email ini. Kekuatan utama dalam menjalankan strategi digital marketing adalah konsistensi dan ketepatan target, artinya kita jangan sampai dianggap membuat spam karena terlalu banyak memberikan informasi yang hanya berhubungan dengan produk dan tawaran pembelian.

Maka, penting bagi kita untuk menyediakan berbagai informasi menarik bagi pelanggan kita, informasi yang bisa berhubungan dengan usaha atau produk kita dan juga informasi yang di luar dari produk dan usaha kita namun masih relevan untuk dibagikan kepada pelanggan kita misalnya tips-tips penting tentang isu yang sedang hangat dimasyarakat.

Demikian pembahasan mengenai strategi email marketing, semoga dapat memberikan gambaran bagi kita bersama bagaimana menerapkan strategi email marketing dalam usaha memasarkan produk dan usaha kita. Semoga artikel ini bermanfaat, dan selamat mencoba. Salam. Ari Sedesa.id

Artikel Menarik
Hak Masyarakat dalam Pembangunan Desa dan Tata Kelola Pemerintahan Desa
Hak Masyarakat dalam Pembangunan Desa dan Tata Kelola Pemerintahan Desa