Belajar Digital Marketing Website Sebagai Identitas Usaha
Belajar Digital Marketing Website Sebagai Identitas Usaha

Belajar Digital Marketing Website Sebagai Identitas Usaha

Sedesa.id Belajar Digital Marketing Website Sebagai Identitas Usaha: Saat ini keberadaan internet sudah menjadi bagian tidak terpisahkan dalam kehidupan sehari-hari, karenanya kita sebagai pelaku usaha, perlu menjadikan internet sebagai salah satu  media dalam melakukan promosi dan juga penjualan produk atau jasa. Dalam seri belajar digital marketing kali ini kita akan membahas mengenai website sebagai identitas usaha.

Seberapa penting pelaku usaha hari ini memiliki website bagi usahanya? Jawabannya adalah  sangat penting, ini berlaku baik kita sebagai pelaku usaha individu, usaha kelompok bahkan usaha di tingkat Desa seperti halnya Badan Usaha Milik Desa, penting untuk memiliki  sebuah website dari usahanya, yang mana keberadaannya menjadi ‘rumah’  atau ‘etalase’ dari produk atau jasanya di ranah digital atau internet.

Website berfungsi menjadi ‘rumah’ atau ‘etalase’ dari usaha kita, website juga menjadi  identitas dari usaha yang kita jalankan, semakin mudah orang menemukan produk atau jasa kita di internet, maka semakin tinggi kemungkinan produk atau jasa yang kita tawarkan akan mendapatkan pelanggan atau pembeli, dalam dunia digital  seperti saat ini penjual dan pembeli tidak lagi terbatas  ruang dan waktu, karenanya perlu wadah di ranah  digital  agar produk kita dapat diakses atau ditemukan oleh calon pembeli.

Website bagi pelaku usaha seperti halnya BUMDes berguna sebagai media promosi. Promosi adalah upaya mengiklankan/mengenalkan/menginformasikan produk atau jasa yang  mana melalui promosi ini akan menghasilkan penjualan atau menciptakan  loyalitas atas merek atau produk  usaha  kita. Promosi ini menggunakan berbagai cara komunikasi, yang pada intinya adalah memberikan informasi tentang produk, informasi ini bersifat verbal dan juga visual.

Digital Marketing Website sebagai identitas usaha

Digital Marketing menggunakan website adalah dengan menjadikan website sebagai pusat promosi usaha dan produknya, sehingga website harus menyediakan fasilitas — fasilitas yang mendukung, di antaranya:

• Website Konsisten Secara visual

Dalam membuat website yang diperuntukkan sebagai identitas usaha kita, kita harus memperhatikan desain yang konsisten secara visual, desain website harus konsisten dengan logo serta  warna pada media sosial dan  kompatibel untuk berbagai perangkat.

Hal ini dimaksudkan agar semua warna/visual yang ditampilkan dalam website dan juga media sosial memiliki kesamaan, sehingga pengunjung/pelanggan akan  memahami visual dari produk usaha kita,  misalnya jika biru adalah warna yang kita pilih, maka pelanggan akan paham jika ada di media sosial desain promosi yang digunakan dengan dominasi warna biru adalah  produk yang memang resmi dari usaha kita.

• Isi website (konten)

Di dalam sebuah website konten menjadi kunci utama dari keberhasilan website, untuk itu konten harus menarik, informatif dan efektif. Oleh sebab itu di dalam membuat konten perlu keterampilan khusus, jika memang di rasa perlu tidak ada salahnya menggunakan jasa pembuat konten untuk memastikan konten website kita sesuai dengan produk kita dan  tetap menarik, informatif dan juga efektif.

• Memiliki Fitur Interaktif

Website yang baik harus memiliki fitur interaktif dengan pengunjung berbagai kanal, seperti surel, media sosial serta mudah  untuk di share.  Ini menjadi penting, karena pengunjung biasanya ketika mendapatkan informasi akan menyebar luaskan kepada orang lain, orang terdekat, sebagai bentuk rekomendasi.

Oleh sebab itu, penting ketika membuat website memperhatikan website  yang mendukung fitur interaktif, misalnya sebagai contoh di website sedesa.id ini, di setiap akhir artikel selalu ada tombol yang dapat digunakan para pembaca  untuk membagikan  artikel ke media sosial.

• Website SEO (Search Engine Optimized)

Webiste  yang baik adalah memiliki  SEO (Search Engine Optimized yaitu ringan diakses, aman dan konten yang sesuai dengan jenis usaha. Untuk memahami seperti apa SEO tentu perlu waktu dan belajar secara khusus, karenanya tidak ada salahnya ketika membuat website sekaligus mencari jasa yang dapat memberikan training atau pelatihan website SEO baik secara website dan juga konten.

• Memiliki konten dinamis

Website usaha bukan hanya menampilkan informasi produk atau jasa saja,  bukan hanya menjadi landing page, akan tetapi perlu adanya konten dinamis. Website yang baik buat usaha sebaiknya memiliki konten dinamis seperti berita, blog atau artikel yang selalu diupdate secara teratur dan isi yang konsisten.

Dengan adanya konten dinamis tersebut, maka pengunjung bisa  mendapatkan informasi lebih, bukan sekedar ‘jualan produk’ namun  juga berbagai informasi  penting dan menarik lainnya, dan tentu saja  yang berhubungan dengan usaha yang kita jalankan. Misalnya jika usaha kita adalah pakaian, maka memberikan informasi konten tentang cara merawat pakaian, cara memadu padankan pakaian bagi wanita, dan lain sebagainya.

• Website Usaha Terdapat Fitur Katalog Produk

Tujuan dari membuat webisite bagi pelaku usaha adalah untuk memperkenalkan dan mempromosikan produk atau jasanya di ranah digital, karenanya perlu ada fitur katalog produk dalam website, yang mana fitur ini dibuat dengan gambar dan deskripsi yang lengkap.

Keberadaan katalog produk di dalam sebuah website, akan mempermudah pengunjung website untuk melihat secara lebih detail produk  atau jasa yang ditawarkan,  dan ketika pengunjung ini akan melakukan pembelian  mereka tidak kesulitan,  tinggal melakukan melalui fitur yang telah disediakan pada katalog tersebut.

Kesimpulan

Di dalam era serba digital seperti saat ini, sebagai pelaku usaha  penting bagi kita untuk mengambil peluang dan memperluas jangkauan pasar,  salah  satunya dengan hadir di ranah digital yaitu di internet dengan  membuat website dan sosial media pendukung.

Anda dapat belajar digital marketing di berbagai website berbasis komunitas, bisa dengan mengikuti seminar/pelatihan yang saat ini sering diadakan di kota-kota, namun bagi Anda yang sulit mengakses pelatihan digital marketing, Anda bisa belajar digital marketing secara otodidak dengan mengikuti panduan misalnya melalui Youtube dan juga bisa mengikuti pelatihan berbasis kelas online.

Tentu kita telah banyak tahu tentang berbagai market place yang saat ini menyediakan jasa atau tempat untuk berjualan produk, lalu ada anggapan untuk apa membuat website. Jawabannya seperti di atas, website berguna sebagai identitas dari pada usaha yang kita jalankan. Ketika website di kelola dengan baik,  maka  akan semakin  banyak orang yang mendapat informasi suatu produk akan membaca/menemukan usaha kita, dan pada  akhirnya akan terjadi pembelian.

Demikian pembahasan kali ini mengenai Belajar Digital Marketing Website Sebagai Identitas Usaha

Semoga  bermanfaat, dan menjadikan kita memiliki gambaran  betapa pentingnya keberadaan internet dan  era digital hari ini yang perlu kita ikuti perkembangannya sebagai pelaku usaha . Bagi sahabat sedesa yang membutuhkan pembuatan website baik untuk pribadi, usaha atau Badan Usaha Milik Desa, atau website desa bisa menghubungi saya , untuk saya bantu. Semoga bermanfaat. Salam.  Ari Sedesa.id

Artikel Menarik
dasar hukum pendirian BUMDes terbaru
Dasar Hukum Pendirian BUMDes Terbaru