Sedesa.id Tips Jualan Online Kali ini adalah bagaimana Cara Mendatangkan Konsumen Usaha Online. Di dalam menjalankan sebuah usaha kita akan menghadapi tantangan besar yang menentukan keberlangsungan dan kesuksesan usaha kita yaitu tantangan untuk menarik konsumen, hal ini baik usaha kita offline atau pun Online.
Mendatangkan konsumen adalah upaya untuk mengajak mereka yang masuk dalam target pasar kita untuk menjadi pengguna produk atau jasa yang kita tawarkan. Mungkin terdengar mudah, layaknya orang jualan, tinggal menunggu orang datang atau orang membutuhkan akan membeli.
Tapi ternyata tidak semudah itu, apa lagi seperti era digital saat ini yang mana konsumen memiliki segala sumber informasi mengenai produk, apa lagi jika produk yang dipasarkan telah tersedia secara Online.
Di dalam era digital seperti saat ini konsumen atau calon pembeli, dengan mudah dapat mencari informasi detail produk yang akan dia beli atau dia inginkan mulai dari informasi produk yang memiliki harga paling murah, atau memiliki fitur paling mereka inginkan dan segala keunggulan serta kekurangan, juga, selain itu konsumen juga dapat melihat review atau ulasan dari mereka yang telah membeli.
Nah bagaimana tips jualan online, cara untuk mendapatkan pelanggan di era digital? Era di mana berjualan tidak hanya dalam dunia offline namun juga Online? Ketika kita mulai memutuskan untuk merambah pasar Online, tentu kita akan bertemu dengan begitu banyak para pesaing yang tidak kita kenal dan entah di mana tempatnya.
Menyiasati hal itu maka kita tentu wajib untuk memiliki strategi jitu dalam menarik dan mendapatkan konsumen, selain itu kita juga perlu memiliki strategi yang tepat untuk mempertahankan konsumen dari produk kita, agar mereka terus membeli produk atau jasa yang kita tawarkan.
Di era digital yang serba terkoneksi dengan kehadiran internet seperti saat ini, cara untuk menarik konsumen dapat dilakukan dengan banyak tips jualan online di antaranya; menggunakan testimoni, foto produk yang menarik, endorsemen, hingga penawaran harga spesial.
Testimoni atau Ulasan Pelanggan
Tips jualan online yang pertama adalah Testimoni dan ulasan pelanggan. Testimoni dari mereka yang telah membeli dan menggunakan produk atau jasa kita akan memberikan pengaruh dan penilaian tersendiri bagi calon pembeli baru.
Dengan melihat testimoni misalnya, seseorang akan benar-benar yakin akan produk atau jasa yang kita tawarkan, karena telah ada orang lain yang menggunakan dan merasa puas atas produk atau jasa yang kita tawarkan.
Testimoni ini jika dalam perkembangan Online Shop seperti saat ini misalnya bisa juga berbentuk sebuah ulasan, misalnya ketika kita menjual produk kita di market place, akan ada ulasan/komentar dari mereka yang telah membeli, biasanya dalam bentuk bintang, atau pun dalam bentuk tertulis di sertai foto produk yang telah mereka beli.
Semakin bagus ulasan yang diberikan para pembeli sebelumnya, akan semakin menarik calon pembeli baru.
Sering kali keputusan seseorang untuk membeli atau tidak sebuah produk atau jasa yang dijual secara Online adalah dari testimoni dan juga ulasan pelanggan. Karenanya penting bagi kita sebagai pelaku usaha yang juga mencari peruntungan di ranah Online, untuk memperhatikan setiap testimoni dan juga ulasan pelanggan atas produk atau jasa yang kita tawarkan.
Seberapa dahsyat dan berpengaruh ulasan pelanggan di dalam bisnis atau usaha Online? Silakan membaca ulasan lengkap dalam artikel berikut: Cara Jitu Dongkrak Penjualan dengan ulasan
Foto Produk dan Desain Promosi
Tips jualan online yang umum adalah memahami foto produk dan desain promosi. Tentu kita paham bahwa di dalam melakukan penjualan secara Online di perlukan sebuah foto yang benar-benar dapat menggambarkan seperti apa produk atau jasa yang kita tawarkan.
Penting bagi kita untuk menunjukkan produk atau jasa kita dalam bentuk foto yang utuh dan detail, misal jika yang kita jual adalah baju, maka kita foto secara penuh, kemudian kita foto bagian detailnya (apa saja yang ada di baju tersebut, misal gambar atau tulisannya) baik tampak depan, samping dan belakang.
Selain foto yang baik dan detail, kita perlu mengolah foto tersebut dalam sebuah poster, maka diperlukan desain promosi yang pas. Desain promosi ini dimaksudkan untuk memberikan kesamaan dari setiap foto produk yang kita unggah atau tawarkan, desain harus memiliki keunikan dan ciri khas yang akan menarik pelanggan dan menjadikan mereka ingat dengan produk atau jasa kita.
Bagi sahabat sedesa yang masih kesulitan dalam membuat desain untuk promosi produk atau jasa, bias belajar menggunakan desain yang telah saya buat sebelumnya di sini: Youtube Cara Ari Untuk sahabat yang ingin mendowload template desain promosi produk yang sudah saya buat silakan mendownload di sini: Download Desain Powerpoint Untuk Promosi
Endorsemen dan Iklan Online
Saat ini endorsemen menjadi salah satu strategi yang banyak digunakan oleh pelaku usaha baik di ranah Online atau pun offline. Endorsemen untuk produk yang dilakukan misalnya dengan meminta para influencer atau selebgram, youtubers, dan para pengguna media sosial yang memiliki pengikut banyak untuk mempromosikan produk atau jasa kita.
Endorsmen selama ini masih memberikan hasil yang cukup menarik dalam upaya menarik pelanggan untuk membeli atau menggunakan produk dan jasa kita. Sebenarnya konsepnya sama seperti halnya testimoni, namun endorsmen kita membayar seseorang untuk memberikan ulasan baik atas produk kita di akun media sosial mereka. Endoremen ini juga sebenarnya masuk sebagai iklan Online.
Iklan Online selain model endorsemen influencer kita bisa melakukan iklan dengan memanfaatkan layanan yang tersedia dari penyedia media sosial seperti halnya Facebook dan Instagram.
Untuk dapat menggunakan layanan iklan ini, maka kita perlu membuat akun media sosial bisnis, endorsemen dan ikla online ini terbukti sebagai tips jualan online yang berhasil. Baca Artikel berikut: Cara Sukses Jualan Online di Media Sosial
Penawaran Harga Spesial
Tips jualan online selanjutnya adalah dengan penawaran harga spesial. Harga spesial? Siapa yang tidak ingin mendapatkan harga spesial? Harga yang jauh lebih murah? Semua orang, semua pelanggan, semua pembeli tentu mau.
Harus diakui sejauh ini, masih menjadi daya tarik utama cara mendapatkan konsumen secara cepat adalah dengan memberikan penawaran harga spesial. Kita dapat melihat hal ini baik usaha Online mau pun usaha offline, strategi untuk memberikan harga spesial selalu berhasil menarik konsumen.
Apa saja penawaran harga spesial? Penawaran harga spesial, bisa berupa diskon atau cashback. Diskon adalah harga spesial berupa potongan harga di muka yang dikemas dalam bentuk persentase dari harga jual misalnya diskon 30% dari harga Rp 100.000.
Cashback adalah memberikan penawaran harga spesial yang mana pembeli akan mendapatkan potongan harga dalam bentuk pengembalian uang. Berbeda dengan diskon, potongan harga dengan sistem cashback ini baru berlaku setelah pembeli melakukan membayar sejumlah transaksi sebelumnya dengan harga normal.
Sebagai pelaku usaha tentu kita tidak asing dengan model potongan harga berupa Diskon dan Cashback kedua model penawaran ini mungkin telah kita gunakan selama ini sebagai strategi untuk menarik konsumen. Pertanyaannya sekarang mana yang dirasa lebih efektif, apakah diskon atau cashback?
Jawabannya jika kita sebagai pelanggan atau calon konsumen, tentu diskon akan lebih menarik dibandingkan dengan cashback. Mengapa? Karena sistem diskon memberikan potongan harga secara langsung, beda dengan cashback yang ada jeda waktunya.
Selain itu cashback dalam usaha Online seperti saat ini biasanya pengembalian dana dalam bentuk deposit atau uang virtual. Sehingga dirasa lebih merepotkan, sebagai pembeli.
Bagi kita sebagai pelaku usaha Online, model potongan harga berupa cahsback tentu akan sangat menguntungkan bagi usaha kita.
Karena dengan model cashback, kita dapat membentuk yang namanya loyalitas konsumen. Karena sistem cahsback akan memungkinkan para kembali berbelanja di toko Online kita lagi untuk menggunakan cahsback yang mereka miliki dari belanja sebelumnya.
Jika kita cermati Cashback menjadi strategi yang sangat umum digunakan para pelaku usaha besar baik offline maupun Online. Sebagai salah satu contoh misalnya di pasar offline, cahsback yang dilakukan oleh Matahari dan Ramayana.
Dari keduanya kita dapat belajar model cahsback dengan minimal belanja sekian makan konsumen mendapat kupon cahsback untuk produk tertentu sejumlah sekian. Dengan adanya cahsbak menyebabkan pelanggan kembali membeli produk guna menggunakan cahsback yang didapatkan, begitu seterusnya, sampai terjadi loyalitas.
Baik melakukan potongan harga secara diskon atau cahback, sama-sama memiliki kelebihan dalam upaya kita untuk menarik konsumen. Kita sebagai pelaku usaha, perlu untuk memikirkan perencanaan yang matang di dalam melakukan diskon atau cahsback untuk produk atau jasa kita.
Kita juga harus paham bahwa pemberian promo diskon dan cashback ini akan memotong margin dari penjualan kita, maka diperlukan strategi yang tepat agar tidak mengalami kerugian.
Kesimpulan
Kesimpulan cara-cara di atas harus kita lakukan, kita bisa memilih mana yang dirasa paling tepat untuk kondisi usaha kita saat ini. Jika ternyata kita belum memiliki ulasan atau testimoni misalnya, maka sebaiknya kita mencari cara bagaimana agar para pembeli mau memberikan ulasan dan testimoni yang baik atas produk kita.
Jika ternyata selama ini foto produk kita yang kurang menarik, maka perlu untuk melakukan pengambilan foto yang baik dan menarik. Selain itu perlu untuk membuat desain yang menjadi ciri dari produk dan usaha kita.
Jika dana kita cukup, tidak ada salahnya menggunakan jasa influencer dengan melakukan endorse, atau kita juga bisa melakukan iklan di media sosial, perlu ada anggaran khusus memang untuk kedua hal ini. Atau kita gunakan cara yang paling umum, yaitu dengan memberikan potongan harga.
Strategi di atas tidak terbatas untuk dilakukan oleh pelaku usaha individu atau pelaku usaha UMKM saja, namun juga dapat dilakukan oleh unit usaha Badan Usaha Milik Desa atau unit usaha BUMDes di dalam upaya mempromosikan dan menjual produk dan jasa dari BUMDes.
Saat ini banyak unit usaha BUMDes yang sudah hadir di ranah pasar online dengan menawarkan berbagai produk unggulan desa, produk unggulan desa dari unit usaha BUMDes ini tidak kalah dengan produk yang ada di pasaran, sering kali justru produk unit usaha BUMDes memiliki ciri khas yang tidak ada di pasaran, namun masih belum banyak yang mengetahui sehingga diperlukan cara untuk melakukan promosi. Promosi Produk Bumdes
Pada akhirnya, semua pilihan ada di tangan kita, bagaimana cara yang tepat bagi kita untuk menarik konsumen pada bisnis atau usaha Online. Semoga artikel ini bermanfaat. Selamat menjalankan dunia usaha, semoga sukses selalu. Salam. Ari Sedesa.id